07 April 2019

Fiber Crème Prngganti Santan Tinggi Serat



Masakan kesukaan saya adalah yang mengandung santan. Apalagi yang kental gitu. Seperti gule, kare, rendang. Suka bangeeet. Tetapi seperti yang kita ketahui, masakan bersantan dan berminyak tidak bagus untuk tubuh. Terlalu tinggi resiko jika kebanyakan konsumsi santan. Kolesterol, dan bisa berakibat terkena struk. Serem deh.


Untung sekarang ada Fiber Creme yang tinggi serat. Jadi saya bisa mengakali masakan bersantan ini dengan fiber creme.

Awalnya saya tidak tahu apa kegunaan Fiber Crème ini. Tetapi pas saya belanja ke swalayan di kota Gresik, produk ini sedang mengadakan promo, berada tepat di depan kasir, sehingga mudah sekali dilihat dan dibaca oleh pengunjung.




“Pengganti Santan Kaya Serat.” Tulisan itu tertera besar-besar di box tempat menaruh Fiber Crème.

Kebetulan, di rumah saya masih memiliki 6 ekor ikan emas dan ikan bandeng. Bisa saya olah menggunakan Fiber Crème.

Sesampainya di rumah, setelah istirahat sebentar, saya langsung eksekusi ikan emas dan bandeng. Saya campur karena ikan emasnya cuma satu ekor, yang lainnya ikan bandeng. Dan ternyata rasanya sama-sama enak.

Begini gule ala-ala saya. Tapi rasanya mantap kok.



Gule Ikan Emas Dengan Fiber Crème

Bahan:
6 ekor ikan (saya campur ikan emas samabikan bandeng)

Bumbu:
Bawang Merah
Bawang Putih
Jahe
Kunyit
Lengkuas
Kemiri
Ketumbar
Merica
Sereh
Daun salam
Asam Jawa
Gula pasir
Kaldu bubuk rasa sapi
Garam
Air 3 gelas belimbing

Cara Memasak:
Bersihkan ikan, goreng hingga kering. Sisihkan
Haluskan semua bumbu, kecuali daun salam, sereh, gula, asam Jawa, kaldu bubuk dan garam.
Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan garam dan kawan-kawannya. Tumis lagi. Masukkan ikan aduk rata. Masukkan air. Tutup rapat, biarkan sampai mendidih dan bumbu meresap.
Terakhir, kecilkan api, masukkan 4 sendok makan bubuk Fiber Crème. Terus diaduk hingga mendidih. Matikan api.
Gule ikan siap dihidangkan.

Selain bisa digunakan sebagai pengganti santan dalam masakan, Fiber Crème juga bisa digunakan untuk membuat bermacam-macam kue dan minuman lho. Saya biasa mencampurkannya ke dalam kopi. Dan rasanya memang mantap seperti halnya creamer.

Ida Raihan
Surabaya, Senin, 09 April 2019 (08:09)

74 comments:

  1. olaaah...ternyata ini gunanya fiber creme. sdh sering baca di cookpad. juga lihat produknya di alfamart. tp kok ya ga tgerak utk tau ini apa. padhaal berguna banget buat saya yg kadang msh pake santan. thanks sharingnya mbak ida.

    ReplyDelete
  2. astaghfirullah, saya baru tahu fiber creme gunanya ini! Kemaren beli untuk pengganti krimer kopi, sih.. dan rasanya gak enak hihi

    ReplyDelete
  3. Dari awal nonton iklannya di youtube sampai sekarang aku belum pernah nyobain gimana rasanya. Aku sih ngebayanginnya dia bakal gurih2 gitu ya. Boleh dicoba nih resepnya, bikin gule ikan pake Fiber Creme :)

    ReplyDelete
  4. Aku sering lihat resep pake fiber creme tapi belum pernah nyoba xixi. Lihat resep Ikan di gulai, kok pingin eksekusi ya.. Endeuss

    ReplyDelete
  5. Makanan bersantan memang enak di lidah ya, bisa-bisa bikin ketagihan juga kalau makan. NAh aku pernah lihat FIber Creme ini sebagai pengganti santan ya tapi belum pernah nyobain. Mau ah nyobain apalagi kaya akan serat ya jadi baguslah buat pencernaan.

    ReplyDelete
  6. Aku udah lama nih gak masak makanan bersantan sejak pindah ke Lampung lagi. Waktu di Padang setiap hari hehe...

    ReplyDelete
  7. Di rumahku, dalam seminggu bisa tiga kali masakan bersantan, kadang sayur kadang lauknya. Lagi mau mengurangi santan dengan ganti ke Fiber creme ini.

    ReplyDelete
  8. aku pernah liat fiber cream ini untuk penganti santan pas masak, bagus untuk menghalau kolesterol yang ada di dalam santan jadi lebih sehat kalau pake fiber cream. Cuman belum sempet nyobain pakai ini buat masak, kayaknya nanti pas lebaran cocok nih ganti semua makanan bersantan pake fiber cream :D

    ReplyDelete
  9. Wah... Lihat doang selama ini. Jadi skrg mau nyoba ahhhh

    ReplyDelete
  10. aku baru tahu fiber creme ini hahaha perasaan jarang lihat di minimarket apa akunya yang ga ngeh ya mba jadi pengen cari dan cobain

    ReplyDelete
  11. Aku juga lo suka sama yg bersantan2 padahal ga baik ya kebanyakan. Waah bisa pakai fiber ini solusinya ya.

    ReplyDelete
  12. Aku punya ini tapi belom coba pakai. Dapatnya dari gratisan beli produk. Ternyata bisa buat masakan yaa

    ReplyDelete
  13. Baru tahu kegunaan Fiber Creme. Udah sering denger mereknya. Tapi selama ini kirain cremer untuk minuman. Ternyata bisa untuk pengganti santan too... Kapan2 coba ahh.

    ReplyDelete
  14. Owalahh ini ternyata bisa buat santan yaa, kukira buat minuman 🙄

    ReplyDelete
  15. Jadi pengen coba, di rumah suka masak gulai2 khas orang Minang. Jadi mau coba ganti ke Fiber Creme.

    ReplyDelete
  16. Baru tahu kalau fiber creame bisa buat pengganti santan. Boleh dicoba nih, mba.

    ReplyDelete
  17. Lebih tenang makannya ya mba dengan santan berserat, fiber creame.. smoga aja pas blnja kebutuhan blm depan, aku lihat ini juga. Pengen nyobain. Aku juga sering masak bersantan mba,tapi biasanya ayam..atau pas pengem sayuran hijau, tapi berkuah santan

    ReplyDelete
  18. Aku udah nyoba fiber creme untuk masak soto betawi, jadinya malah enak dan nggak eneg

    ReplyDelete
  19. Jadi inget kalau saya pernah beli sebungkus. Masih ada di lemari. Tadinya buat minuman. Ternyata bisa juga buat makanan, ya

    ReplyDelete
  20. wah ada alternatif baru nih , mungkin bisa di coba buat yang ga doyan sama santan juga ya ka

    ReplyDelete
  21. Wah aku blm pernah coba fibercreme ke makanan yg asin. Pernahnya ke kolak, campuran avokad dan singkong thailand hehe. Mau coba resepnya ya mba :)

    ReplyDelete
  22. Produk begini tu aku banget, selain masalah kesehatan aku adalah pemalas yang malas meres2 kelapa, berasa rempong dan ribet hehe
    Trims infonya mak

    ReplyDelete
  23. Masakan bersantan? Itu mah bunda banget, makanya kolestrol gak turun2 nih. Alhamdulillah, mau cari divSwalaya ah Fiber Creme inibkl beneran bisa menggantikan peran Si Santan.

    ReplyDelete
  24. Aku pernah masak dengan ini dan memang okeee rasanya yaaa. Saya sudah menghindari yg bersantan sih memang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalua masak pakai ini biasanya habis berapa bungkus mba/ Untuk dessert juga enak lho..rasanya jadi gurih begitu

      Delete
  25. Teman-teman sudah banyak yang beralih dari santan ke fiber creme ini mbak. Saya sich belum pernah mencoba karena ndak begitu suka makanan bersantan. Di minimarket sering kulihat nih produknya, next mau coba buat makanan tak berkuah tapi butuh santan, speeti pukis gitu

    ReplyDelete
  26. Wah jadi penasaran gimana rasanya, apalagi itu menu ikannya bikin ngiler juga

    ReplyDelete
  27. Saya malah baru tahu nih Mbak produk fiber creme. Belum pernah lihat juga sebelumnya. Boleh nih kami coba beli kalau pas ke minimarket.

    ReplyDelete
  28. Kukira awalnya fiber creme cuma untuk kopi ternyata bisa jugat buat masak yah. Coba ah akapan2 heheh

    ReplyDelete
  29. Gule ikannya menggoda bgd mbk. Pgn nyeruput kuahnyaaaa, endolita kayaknya. Btw aku baru tau soal fiber crime ini. Seneng pastinya ada fiber crime yg hadir utk memudahkan bebikinan masakan yg pakai bahan santan. Makasih infonya ya mbk

    ReplyDelete
  30. Pengen cobain deh rasanya hehehe :D
    Menggoda banget liatnya.
    Saya sering liat fiber Crime ini tapi belum pernah coba sih, jadi pengen nyobain setelah baca ini hehehe

    ReplyDelete
  31. aku belum pernah nyobain ini nih, jadi penasaran pengen nyobain juga deh jadinya hehehe, kayanya praktis ya kalo laper malem malem

    ReplyDelete
  32. Pas ke market gitu pernah lihat nih produk Fiber Cream, tapi baru tahu dari tulisan ini ternyata ini santan ya? jadi bisa gitu buat bikin kue atau masakan yang bersantan. Lebih praktis nih sepertinya

    ReplyDelete
  33. Aku jarang merhatiin di minimarket ada Fiber Cream ini Mbak 😅
    Bagus ternyata kandungan gizinya, cukup praktis buat bahan makanan utk santan
    TFS mbak

    ReplyDelete
  34. Resepnya ini langsung saya save!! Pulang ke rukah, emak harus masakin😂

    ReplyDelete
  35. aku masih bingung si febre ceme ini bisa buat apa aja ya? btw resepnya menguggag banget nih mba

    ReplyDelete
  36. Aduh jadi pemgen icip icip makanan nya deh liat gini. Trs pengen praktek masak jg sendiri hwhw

    ReplyDelete
  37. yum pagi2 bikin lapar ya ka hihihi baru tau akutu kalo fibrecreme ini bisa dipake untuk masakan juga aku kira cuma buat kopi

    ReplyDelete
  38. Pernah lihat ini di supermarket. Menarik juga nih. Nanti bilang mama ah suruh ganti santan dg ini.

    ReplyDelete
  39. Aku kemaren lihat ini dalam kemasan botol, pengen beli tapi takutnya malah ngangur soalnya kau moodyan kalo masq. hihi ada yang sascet ternyataa.. mau cobain hihihi

    ReplyDelete
  40. Fiber cream ini teebuat dari apa ya kak?

    ReplyDelete
  41. Parno juga klo baca yang ada santan santannya secara gue kan kolesterol, untung ada penggantinya ya kak, tks for onfo

    ReplyDelete
  42. Keluarga saya juga penggemar masakan bersantan. Tetapi sudah mulai kurangi memasak panganan bersantan. Takut kolesterol suami jadi tinggi.
    Eh tapi saya masih tetap bisa masak menggunakan fiber creme, ya...menyehatkan pula

    ReplyDelete
  43. Kalo di rumah bapak aku nih yang suka banget masakan bersantan. Wah boleh nih Cobain fiber creme. Nanti aku kasih tahu ibu.

    ReplyDelete
  44. Jadi penasaran pengen nyobain masak pakai fiber creme, kayaknya lihat gule ikan mas nya yummy banget mbak bikin selera makan bertambah. Pasti masakan apapun akan terasa nikmat bila santannya fiber creme. Selain gurih juga sehat ya mbak.

    ReplyDelete
  45. wahh kaya serat ya, udah ada yang model instant beginian ya

    ReplyDelete
  46. Aku pengen nyobaib fiber creame ini. Tapi belum sempet beli. Penasaran soalnya. Karena di rumahku itu pengguna santan.

    ReplyDelete
  47. Baiklah terjawab sudah bahwa ternyata fiber cream ini pengganti santan. Next aku bakal beli dan cobain rasanya beda ngga ya?

    ReplyDelete
  48. Eh...kok aku buat minum kopi yaa...
    Hiihii..pengganti cream.
    Rasanya jadi manis siih...

    ReplyDelete
  49. Aku salah fokus sama gulenya, jadinga aku langsung laper pagi pagi. Hahahahaha

    ReplyDelete
  50. Jadi lebih enak nih masakan kalau pakai fiber c ini, mba. Dan setahuku juga makanan lebih sehat ya

    ReplyDelete
  51. Sekarang gak perlu ragu lagi memasak makanan bersantan ya, ada fiber creme yang bisa buat makanan lebih sehat

    ReplyDelete
  52. Sejak menjalani Food Combining, aku mulai ngurangin konsumsi santan. Padahal biasanya aku selu punya santan instan di kulkas, karena suka buat disiram di atas buah. Nah begitu tahu ada Fiber Creme, aku langsung beli yg botolan dan gantiin si santan.

    ReplyDelete
  53. Saya malah baru tahu tentang fiber creme ini. Ternyata bisa digunakan untuk pengganti santan ya mbak jadi pengen coba deh. Apalagi kandungannya juga kaya akan serat.

    ReplyDelete
  54. Buat saya yang males banget marut kelapa, ini bisa jadi alternatif masak yang praktis tapi tetep rasa masakannya gak berkurang lezatnya. ih langsung pengen ke supermarket cari fiber creme ini deh

    ReplyDelete
  55. Sekilas tadi aku kira ini creamer lho.. ternyata bukan ya.. tapi bisa dijadikan creamer untuk kopi juda makanan lainnya.. jadi praktis ya.. bisa makanan maupun minuman.. noted mba, aku mau coba juga ah.. liatnya aja udah menggoda untuk berkreasi menu nih

    ReplyDelete
  56. Aku belum pernah nyobain ini kak tapi kata teman enak rasanya dan bisa sebagai pengganti santan dia kalau lagi masak opor.

    ReplyDelete
  57. huwaaa keren ini fiber creme ya pengganti santen
    Aku belum pernah make Mba Ida, kapan-kapan beli tak jajal

    ReplyDelete
  58. Sebenarnya Fiber Creme ini komposisinya terdiri dari apa sih mba, koq bisa gantiin santan? Samakah rasa gurihnya?

    Jadi penasaran nih pengin nyobain bikin rendang dan sambal goreng ati pake Fiber Creme juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain kak Uniek...
      Nanti aku sowan ke rumah yaa..

      Assik~

      Delete
  59. Wah, bagus nih kalo tinggi serat. Bisa gantiin santan cair itu ya. Noted deh buat nanti kalo masak masakan bersantan. :)

    ReplyDelete
  60. huaa pada salah duga ya. aku jiga kirain buat kopi hahaha ternyata bisa gantiin santan toh. oalah. terimakasih mba resepnya enak bgt kayaknya

    ReplyDelete
  61. Ooo bisa jadi pengganti santan? Saya baru dengan fiber crime ini mbak. Kalau saya di rumah pas gak ada santan biasanya pakai susu plain. Coba deh kalau ke supermarket kucari jg si fiber crime ini :D TFS

    ReplyDelete
  62. Mau nih nyoba pake yg fiber creme, jd bisa dimakan ama suami yg suka makanan bersanten, tp ttp pasokan serat. Cakeepp

    ReplyDelete
  63. Serba guna banget ini ya, bisa buat santan bisa juga buat creamer. Kaya serat juga, paket komplitlah.

    ReplyDelete
  64. Ooo jadi fiber creme itu santan yang bisa juga dubuat creaner, baru tau aku

    ReplyDelete
  65. Baru tahu mbak gunanya fiber creme ini, saya sempet ditawarin tapi harganya mahal dan gak tau diapain gitu hehe btw jadi pengen ikutan nyicil resep masakannya. Nampak sedapp

    ReplyDelete
  66. Oalah, ternyata fiber creame ini bisa dijadikan pengganti santan toh. Btw, aku belum pernah cobain sih dan jarang juga masak pake santan. Tapi kayaknya perlu dicoba nih

    ReplyDelete
  67. Fiber creme emang solusi enak dan sehat pengganti santan yah kak,,liat masakannya jadi auto laper nih

    ReplyDelete
  68. Wah aku baru tau kalau dia pengganti santan. Coba ahhh nanti :))

    ReplyDelete
  69. Sehat juga ga yaa fiber creme ini kak?

    ReplyDelete
  70. waktu itu aku pernah ke supermarket dan ditawarin ini sama spg disana, katanya bagus untuk pengganti santan ataupun creamer yaa. sayangnya aku belom sempet beli. next aku pengen cobain ahhh

    ReplyDelete
  71. Jadi fiber creme ini bahannya dari apa Mbak? Hehehe... asli nih, saya pun kalau nggak gegara baca tulisan ini, mungkin juga akan nyangkain ini buat campuran kalau bikin teh atau kopi. Hehehe...

    ReplyDelete