BLANTERVIO103

Starlink, Layanan Internet Orbit Rendah Menjangkau Kebutuhan Masyarakat Meskipun di Pulau Terpencil

Starlink, Layanan Internet Orbit Rendah Menjangkau Kebutuhan Masyarakat Meskipun di Pulau Terpencil
29 May 2024

review-starlink


Saat ini ketergantungan masyarakat kepada internet sudah semakin tinggi. Bukan hanya di perusahaan, atau mereka yang bekerja kantoran. Namun kebutuhan internet kini telah memasuki semua lapisan masyarakat. Dari anak-anaknya hingga dewasa. Bahkan diakui atau tidak, internet saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat kita.


Kehidupan tidak bisa lagi dipisahkan dengan internet, karena dengan adanya internet banyak kegiatan menjadi lebih mudah. Mulai dari sekadar menghilangkan suntuk, mendengarkan lagu, bermain game, menonton drama luar negeri kesukaan, mengobrol dengan kerabat yang jaraknya jauh, hingga untuk menjalankan bermacam-macam bisnis secara online. Seperti mengunggah produk dagangan ke sosial media dan e-commerce, atau belanja kebutuhan di Tokopedia.


Rasanya, internet sudah memberi kita ruang lebih luas untuk bergerak. Menjangkau yang takterjangkau.


pic: starlink.com


Sayangnya, tidak semua layanan internet stabil. Alih-alih puas dan terhibur, terkadang ada saja kendala yang membuat kepala berasa keluar tanduk, sangking kesalnya terhadap provider yang lelet, bahkan tidak keluar signal sama sekali.


Pernah ngalamin? Saya dong, sering banget!


Kalau sudah begitu, rasanya, butuh sesuatu yang baru, dan bisa memuaskan hati setiap kali melakukan hal yang berkaitan dengan kegiatan online.


Apa donk?


Starlink Indonesia Solusi Internet, Kapanpun dan di Mana Saja


Bicara soal internet dan segala kebutuhannya, saat ini starlink sedang ramai menjadi pembicaraan. Jika kamu membuka media sosial, maka akan sangat mudah ditemukan, banyak orang sedang membahas kemunculan starlink.


Jangan bilang kamu ketinggalan berita ya!



pic: starlink.com


Lalu, apa sih starlink itu?


Yaitu layanan internet satelit yang mengorbit rendah di bumi, untuk memberikan akses internet dengan kecepatan tinggi. Dikembangkan oleh spaceX. Sebuah perusahaan Amerika yang berfokus pada penerbangan luar angkasa dan pembuatan roket, yang didirikan oleh Elon Musk pada tahun 2002.


Pada 19 Mei 2024 lalu, bertempat di Bali, Elon Musk resmi meluncurkan starlink di Indonesia. Menambah deretan layanan internet provider yang dapat kamu pilih, untuk mendukung semua aktivitas onlinemu.


Konon, starlink mampu menjangkau hingga ke pelosok manapun, bahkan di tengah lautan sekalipun, selama masih ada langit dan listrik. Wow banget gak sih?


Perbedaan Starlink Dengan Provider Lainnya


Lalu apa sih yang membedakan starlink dengan provider internet lainnya? Dan apa kelebihannya?


Pada dasarnya mereka semua adalah sama. Yaitu sama-sama penyelenggara layanan internet (ISP). Namun, perbedan itu memang ada.


Jika pada layanan ISP yang sudah tersedia sejak lama di Indonesia lebih banyak mengandalkan  serat optik untuk transmisi data, maka starlink menggunakan internet berbasis satelit serta menggunakan gelombang radio untuk menerima dan mengirimkan data dari bumi.


pic: starlink.com

Kelebihan Starlink


Menjangkau Daerah Terpencil

Saya ingat sekali, awal-awal tinggal di sini, mau memasang internet sulit sekali, karena jaringan kabel penuh. Alhasil saya tidak jadi pasang internet sampai detik ini.


Sekarang dengan hadirnya starlink, kesulitan semacam itu tidak perlu terjadi lagi. Orang yang tinggal di pelosok sekalipun tidak perlu pusing, karena belum adanya kabel provider yang masuk.


Berbeda dengan provider lokal yang menggunakan fiber optik, layanan internet milik Elon Musk ini berbasis satelit orbit rendah (LEO), sehingga pengguna bisa menikmati internet tanpa kabel fiber optik dan menara seluler.


Latensi Yang Lebih Rendah

Starlink menggunakan satelit LEO untuk menyalurkan internet. Hal ini menjadikannya memiliki latensi yang rendah,  karena posisinya yang lebih dekat dengan bumi. Dengan begitu, starlink mampu menyalurkan data lebih cepat dibanding provider internet lainnya.


Terminal Starlink Mudah Dipasang

Pemasangan terminal starlink juga sangat mudah, karena memang sudah didesain sedemikian rupa untuk memudahkan pengguna.


Auto Pointing 

Berbeda dengan satelit biasa yang lebih dulu ada, perangkat starlink ini bisa auto pointing.


Maksudnya, sistem si perangkat starlink dapat mengarahkan diri sendiri ke satelit tanpa harus diarahkan oleh pengguna secara manual.


Bahkan bila satelit yang dilangit konstelasinya bergeser, dia akan ikut bergeser secara otomatis. Ini tentu sangat membantu, terutama bila sedang berada di lokasi yang sulit dijangkau internet.


Woah… sekeren itu yak…


Paket Dan Harga Starlink


pic: starlink.com

Nah, selanjutnya untuk berlangganan, kamu bisa langsung cek harga starlink atau memilih salah satu dari paket starlink berikut.


  1. Perumahan - ini cocok untuk keluarga. Harga berlanganan hanya sekitar 750.000/bulan, dengan kuota tanpa batas. Cukup bangetlah ya buat yang bekerja dari rumah.


  1. Starlink Jelajah - Ini bisa digunakan buat kamu yang suka petualangan. Ke pelosok-pelosok maupun ke hutan. Karena starlink jelajah bisa dibawa berpindah pindah tempat, dan tetap peroleh layanan maksimal, selama masih ada listrik, dan di bawah langit. Harga langganan Rp. 990.000/bulan.


pic: starlink.com

 

3. Starlink Kapal

Starlink kapal memungkinkan pengguna tetap terhubung dengan dunia luar melalui internet. Karena starlink kapal menjangkau wilayah perairan dengan kecepatan lebih tinggi dan layanan prioritas.


Untuk starlink kapal, harga langganannya adalah Rp. 4. 345.000.


Namun, untuk mulai berlangganan starlink, pengguna harus beli starlink kit lebih dahulu, dengan harga mulai dari Rp4,680,000.


Untuk membeli perangkat starlink, kamu bisa langsung ke website resminya, atau ke Tokopedia. E-commerce terpercaya untuk belanja semua kebutuhanmu. Sekaligus mengembangkan bisnis online dengan cara mudah dan gratis.


Kuylah, mumpung lagi ada potongan harga yang lumayan…

Share This Article :
Ida Raihan

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 58 comments:

  1. Hmmm kalo udah "hasil karya" Elon Musk biasanya teruji nih kualitasnya.
    Semoga layanan internet ke depannya semua tanpa kabel yaa, biar ngga semrawut jalanan kota..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Iya Mbak. Ngeliat jalan raya banyak kabel sumpek ya. Tapi kalo make satelit ya khawatir juga kan Mbak buminya? Huhu...

      Delete
  2. Heboh nih berita soal Om Elon dan starlink.
    Keren ya bisa menjangkau daerah terpencil, sehingga di mana pun bisa menjangkau internet

    ReplyDelete
  3. Kehadiran layanan jasa import memang menantang para penggiat domestik di lini usaha yang sama. Beginilah jika menghadapi masa perdagangan bebas. Persaingan menjadi pola yang harus ditangani oleh usaha-usaha dalam negeri. Khusus untuk Starlink, saya langsung teringat pada satelit SATRIA 1 yang diluncurkan tahun lalu. Satelit milik negara yang bekerja erat dengan PSN (Pasifik Satelit Nusantara). Layanannya sama dengan cakupan yang juga sama.

    ReplyDelete
  4. Wah lagi rame nih tentang Starlinknya Elon Musk
    Saya ngerasain kalo sedang di area tertentu, jauh banget dari pusat kota, akses internet auto lelet
    Jadi bagus banget layanan Starlink dengan orbit rendah dan layanan lebih luas

    ReplyDelete
  5. Kalau internet perumahan udah umum ya, kerennya di Stralink ada Starlink Jelajah dan Starlink Kapal. Wah, ini akan memungkinkan semua bisa mengakses internet dengan berpindah pindah termasuk di dalam kapal, tapi tetap dengan layanan maksimal

    ReplyDelete
  6. Lha udah hadir di Indonesia rupanya Starlink ini. Tapi ini kayaknya buat kelas menengah ke atas ya mbak, paling murah per bulannya 750 ribu. Termasuk mahal buat saya

    ReplyDelete
  7. Terobosan baru utk akses internet lebih memadai, dari kemarin memang rane yg bahas starlink.
    Sebagai negara kepulauan, semoga aja starlink bisa jd solusi utk akses inet yg lebih stabil

    ReplyDelete
  8. Whoaaa jadi starlink ini ternyata provider internet punyanya Elon Musk ya kak? Kukira itu apaan karena banyak seliweran di feed medsosku tapi aku gapaham starlink ini apa. Tapi bener banget sih koneksi internet lemot itu bikin tandukkan kak. Apalagi kalau lagi dikejar deadline

    ReplyDelete
  9. Keren yaa.. starlink jaminan internet lancar dimanapun.
    Ini penting bagi yang tinggal atau sedang travelling ke daerah-daerah pelosok di Indonesia.

    ReplyDelete
  10. Kenapa deh baca Starlink malah jadi inget abang-abang penjual kopi keliling hehehe. Kira-kira starlink ini bakalan merayap untuk provider handphone gak ya? Keren juga sih sampai menjangkau pelosok. Semoga bisa dimanfaatkan untuk masyarakat yang ingin menjangkau dunia internet dengan lancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya. Mungkin ke depannya bakal bisa buat hape juga

      Delete
  11. Harga alatnya lumayan mahal juga yah. Satu perangkat bisa 4 jutaan gt. Tapi okelah untuk tempat yg ga kejangkau sama provider lokak

    ReplyDelete
  12. Wah baru tahu Starlink udah masuk Indonesia. Secara harga pun bersaing dengan penyedia internet lokal ya. Padahal kecepatannya kenceng banget. Starlink jelas bisa jadi pilihan provider internet di daerah terpencil

    ReplyDelete
  13. Brand baru ini ya untuk internet dan sepertinya produknya sangat bagus jadi kepo pengen coba juga

    ReplyDelete
  14. Starlink nih pnya oom Elon yak, pakai satelit yak jadi ga perlu kabel menjuntai keren nih inovasinya

    ReplyDelete
  15. ouwww ini yg pas elon musk ke sini bulan kemarin yaa..dan ternyata starlink ini punya si doi...klo sudah level internasional gt harusnya teruji sie ya meskipun biaya yg dikeluarkan memang sedikit pricey drpd yg lainnya

    ReplyDelete
  16. Lebih simple dan pastinya lebih memudahkan ya teknologi Starlink ini. Cocok banget buat kita yg skg apa2 serba butuh internet, kalo pake starlink gini udh pasti aman meskipun harus ke daerah terpencil sekaligus. Keren bener emang nih terobosannya.

    ReplyDelete
  17. Nah baru aja kmren aku bahas ini sama doi. walaupun mahal tapi emg maju bgt teknologinya. save dluuu kak soon semoga bisa berakih ke starlink hihi

    ReplyDelete
  18. aku baru tahu provider internet merk starlink ini, ternyata punya Elon Musk. Tapi aku pernah mendengar starlink ini dari salah satu customer hanya sekilas saja.

    ReplyDelete
  19. Lagi ramai ya ini Starlink, tetapi ini bagus banget buat di kampung halamanku karena susah banget sinyal internet. Terkadang kalau mudik itu dan masih ada kerjaan nulis suka pusing sama sinyal. Sinyal aja aku pusingin, nih. Lebih enak kan ini kalau ada Starlink.

    ReplyDelete
  20. Pas banget di perumahanku blom ada internetttt... kayanya cocok pakai Starlink ini, soanya kalau pake data ya lumayan banget lo hehehhe

    ReplyDelete
  21. Finnaly Indonesia masuk juga Starlink jadi daerah terpencil bisa menikmati internet juga nih. Aku peasaran dengan biaya langganannya selama ini, akhirnya bisa tau infonya juga bervariasi ternyata ya

    ReplyDelete
  22. Seliweran terus di fyp jadi pengen coba star link ini. Kebetulan di daerah ku suka susah signal.

    ReplyDelete
  23. Wah kayaknya aku perlu langganan starlink layanan internet satelit yang mengorbit rendah di bumi, untuk memberikan akses internet dengan kecepatan tinggi ya

    ReplyDelete
  24. Dari kemarin aku penasaran dengan Starlink ini kak. Terutama biayanya. Ternyata masih bisa dijangkau, nggak mahal banget. Cocok buat yang suka traveling ke pelosok

    ReplyDelete
  25. jujur dari pas dia launching penasaran sih mau coba karna katanya secepat itu buat sebuah koneksi di indonesia..
    tapi kalo dipikir" bingung mau naro antenanya dimana wkwk
    antena starlink ini rawan banget dicuri kalo di Indonesia kayanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya ya. Kan harus di tempat terbuka ya. Wakakkakak

      Delete
  26. bener banget, kalau koneksi internet lemot tuh bikin emosi djiwa kak. Waaa starlink katanya mampu menjangkau hingga ke pelosok ya, bahkan tengah laut. Wuiiih jadi penasaran pengen cobain

    ReplyDelete
  27. Saat banyak deadline dan internet lemot, beneran pengen gigit laptop, hahaha perlu cobain nih kak layanan internet cepat dari Starlink

    ReplyDelete
  28. Benar banget kak kalau kehidupan masyarakat di dunia ini gak bisa lagi dipisahkan dengan internet. Emang benar sih dgn adanya internet banyak kegiatan menjadi lebih mudah. Beberapa waktu lalu kami juga lagi mau cari pilihan lain untuk ganti provider. Kayaknya Starlink ok juga ya. Tapi sudah masuk daerah kami belum ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mana aja Mbak, selama ada langit katanya.

      Delete
  29. baru beberapa hari yang lalu saya baca novel dengan backgroun perusahaan Starlink, Perusahaan yang katanya jadi incaran banyak epncari kerja. Eh sekarang baca tentang Starlink dan produknya.

    ReplyDelete
1897012769711992300