BLANTERVIO103

Masak Ikan Mujair No Amis Club (Asal Mula Ikan Mujair)

Masak Ikan Mujair No Amis Club  (Asal Mula Ikan Mujair)
24 October 2022

 

resep+ikan+mujair


Siapa yang belum tahu ikan mujair? Pasti sudah tahu semua kan ya? Yang belum tahu, pergi aja ke rumah makan Padang, lalu lihat di etalase, jika ada ikan goreng warna hitam yang dibelek, nah itu dia.


Ikan mujair sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ianya merupakan ikan populer yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Rasanya yang lezat, dengan dagingnya yang berwarna putih dan lembut, membuat ikan ini sangat nikmat diolah menjadi lauk dalam berbagai bumbu, untuk menemani nasi putih yang hangat. 


Hampir semua orang tahu apa itu ikan mujair, namun saya yakin masih banyak yang belum tahu sejarah keberadaan species asal Afrika tersebut, sampai di Indonesia. Benar?


Coba deh tanya orang di sekitarmu, siapa saja yang belum tahu asal mula nama ikan mujair? Hehe… saya juga tahunya belum lama, dan tanpa sengaja.


Saat itu Mas Ipar sedang memotong kuku di dekat pintu ruang televisi, sambil mengobrol dengan suami yang sedang duduk di kursi makan. Saya agak lupa, apa yang sedang kami perbincangkan ketika itu, sepertinya tidak jauh dari seputar makanan. Kemudian melancong ke soal sejarah.


"Ikan mujair itu juga kan asalnya dari nama orang." kata Mas Ipar ketika itu. Yang kemudian diiyakan sama suami.

"Orang Jawa Timur," kata Suami. Hingga lama kemudian, saya baru sempat mencari tahu detailnya.




Asal Usul Ikan Mujair


Nama aslinya adalah Iwan Muluk (ada pula yang menyebut Iwan Dalauk), seorang pria dengan tujuh anak, kelahiran Desa Kuningan Blitar - Jawa Timur. Awalnya, pria kelahiran 1890 itu adalah penjual sate, tetapi karena suatu hal, usahanya tersebut mengalami kebangkrutan.


Pada tahun 1939, pria yang dikenal dengan sebutan Mbah Moedjair itu pergi ke Sungai Serang Pantai Selatan, untuk melakukan tirakat. Saat itulah ia melihat ikan yang menurutnya sangat unik, di muara sungai Serang Selatan. Dikatakan unik karena induk ikan yang habitatnya hidup di laut itu, memasukkan anak-anaknya ke dalam mulut ketika ia merasa terancam. Wow, ikan saja melindungi anak-anaknya sedemikian rupa, Gaes.


Mbah Moedjair membawa beberapa ikan temuannya pulang ke rumahnya. Tujuannya adalah untuk dikembangbiakkan di air tawar. Sayangnya, ia mengalami kendala. Ikan-ikan yang ia bawa pulang dari sungai itu pada mati. Apakah Mbah Moedjair menyerah? Tentu saja tidak. Kalau menyerah, kita pasti tidak akan menemukan ikan mujair di Indonesia saat ini. Ye kan?


Melihat ikan-ikan temuannya pada mati, Mbak Moedjair kembali lagi ke sungai yang jaraknya puluhan kilo meter dari rumahnya. Sayangnya, lagi-lagi percobaannya membudidayakan ikan tersebut kembali gagal. Lagi dan lagi.


Apakah setelah itu, Mbah Moedjair menyerah? TIDAK, Sodara! Mbah Moedjair tetap mencoba, hingga percobaannya yang ke 11! Wow… siapa nih yang baru mencoba usaha sekali dua kali, gagal, terus menyerah? *ngumpet di balik jemari dah ah.


Percobaannya yang ke 11 Mbah Moedjair berhasil, Gaes. Jadi kalo kamu merintis usaha, jangan langsung menyerah kalau baru gagal tiga empat kali mah. Self reminder.


Nama Ikan Mujair


Keberhasilan Mbah Moedjair dalam membudidayakan ikan, akhirnya terdengar oleh Asisten Residen Jawa Timur, yang juga seorang peneliti, bernama Schuter, yang kemudian mewawancarai Mbah Moedjair. Dari situlah akhirnya diketahui, ikan mujair berasal dari perairan laut Mozambik, Afrika. Atas keberhasilan tersebut, dan untuk menghargai penemunya, ikan tersebut diberi nama mujair.


Mbah Moedjair meninggal dunia pada tahun 1957, dan dimakamkan di wilayah Blitar Jawa Timur. Jadi pengen ziarah ke sana kan ya? 


Resep Memasak Ikan Mujair Bumbu Kuning Tanpa Amis Club




Beberapa hari lalu, suami yang sedang bekerja tiba-tiba menelepon. Doi memang sering sih melakukan ini ketika hendak pulang kerja. Menanyai apakah kekasih tercintanya ini ingin dibelikan sesuatu. Nah menelepon kali itu adalah untuk menanyai apakah saya mau dibelikan ikan mujair. Setelah diskusi sebentar dengan Ibu Mertua, akhirnya saya putuskan, mau. Tidak lama kemudian suami pulang dengan membawa 2kg ikan mujair ukuran tanggung.


Soal olahan ikan, menu di keluarga kecil kami masing-masing orang memiliki selera yang berbeda-beda. Suami suka ikan berkuah banyak, orang sini (Surabaya - Romokalisari), menamainya pindang atau kelo kuning. Bumbunya sangat sederhana, bawang putih, kunyit, asam, garam, penyedap, dan cabe utuh. Sedangkan Anak Bungsu maunya ikan goreng, sementara Anak Sulung dia tidak mau ikan, apapun olahannya. Huhu Emak mengsedih.


Nah… kalau kesukaan Emaknya, lidah Lampung yang suka pedas ini tidak kuat jika mengikuti selera makan keluarga Surabaya. Alhasil saya memilih masak yang berbeda lagi. Biasanya kalau tidak ikan mujair sambal lengkuas, ya bumbu kuning pedas.


Untuk postingan kali ini, saya akan berbagi resep ikan mujair bumbu kuning tanpa amis. Yuk simak.


BAHAN: 

4 ekor ikan mujair ukuran sedang


BUMBU HALUS:

5 butir bawang merah ukuran besar

3 siung bawang putih ukuran besar

20 cabe setan 

3 ruas jahe

3 ruas kunyit


BUMBU KASAR:

4 ruas lengkuas

2 lembar daun salam

4 lembar daun jeruk

2 biji tangkai sereh

3 biji asam Jawa

Garam secukupnya

Royco sapi secukupnya

Gula secukupnya

Air secukupnya.


CARA MEMASAK: 

Bersihkan ikan mujair, sisihkan

Cuci bersih bumbu, sisihkan. 

Potong-potong bumbu halus, tumis sebentar, lalu haluskan.

Geprek lengkuas dan sereh.

Tumis bumbu halus, hingga harum. Masukkan lengkuas, sereh, daun jeruk, daun salam, dan bumbu lainnya. Masukkan ikan. Aduk sebentar. Tuang air hingga ikan tenggelam, aduk sebentar. Tutup, biarkan air meresap. Koreksi rasa. Tutup lagi hingga air habis terserap. Ikan mujair bumbu kuning siap dihidangkan.


Makaaan. Yummy...


Surabaya, Senin 24, Oktober 2022 (17:32)




Share This Article :
Ida Raihan

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 17 comments:

  1. Makasih loh diingatkan kembali soal kisah asal muasal Ikan Mujair. Walau sekarang pamornya keganggu sama Ikan Nila tapi menurut Saya rasa Mujair tetap lebih enak entah kenapa. Yg penasaran itu ikan dari Mozambique gimana caranya sampai kesini ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sampai sekarang juga belum diketahui gimana itu ikan bisa sampai di perairan Indonesia.

      Delete
  2. wow enak sekali kelihatannya resep ikan mujair tanpa amis. Harus dicoba .Terima kasih atas rekomendasinya.

    ReplyDelete
  3. Daku baru tahu kalau berasal dari nama orang. Meski begitu, kalau ikannya udah digoreng bikin bahagia, karena renyah.

    ReplyDelete
  4. Aku paling suka banget ikan mujair yang masih kecil-kecil gitu mba, kalau di kampungku banyak yang jual. Digoreng garing enak banget.

    ReplyDelete
  5. Walah...ternyata ada sejarahnya ya soal nama ikan mujahir. Emang sih kalau dipikir-pikir kok nama ikan yang satu ini mirip nama manusia. Tapi gak nyangka ternyata nama si bapak.

    ReplyDelete
  6. Akh pengen banget masak, kebetulan ada ikan mujaer di kulkas. Besok mau langsung recook

    ReplyDelete
  7. Wah aq baru tau nih asal muasal ikan mujaer, thanks ya sangat bermanfat

    ReplyDelete
  8. Dua hari lalu saya baru saja makan ikan mujair goreng buatan ibu saya, dan ukuran ikannya besar banget. Dan kalo disuruh pilih saya lebih suka mujair bumbu kuning daripada mujair goreng. yummy

    ReplyDelete
  9. Baru tahu kalau ikan mujair namanya dari nama orang. Pantesan namanya Indonesia banget ya. Saya jadi kepikiran jangan-jangan ikan nila yang nemuin namanya nila. Ikan lele yang budidaya pak lele. Aduh pikiran saya kemana-mana.

    ReplyDelete
  10. ikan mujair memang paling enak sih, apalagi kalau makannya sama nasi anget

    ReplyDelete
  11. Mama ku suka banget masak ikan mujair, apalagi kalo d kampung, bapak suka mancing ikan dan sering dapat ikan mujair.

    Tapi aku yang gak suka ikan, hanya bisa menikmati aroma harumnya masakan mama.

    ReplyDelete
  12. Akunpaling jarang masak ikan karena rasaku membersihkannya sudah benar tp masih amis , huaaaa hiks hiks padahal anakku suka ikan. Resep dari kaka patut kucoba semoga berhasil ya

    ReplyDelete
  13. Wah, mantep banget nih mba resepnya. Rempahnya banyak pasti hasilnya juga memanjakan lidah, kapan-kapan mau coba ah, suka bosen juga masak ayam mulu. Hehe

    ReplyDelete
  14. Baru tau ttg asal mula ikan mujair yg tnyta itu adalah nama orang ya. Makasi ya mba, aku jadi tau nih. Btw, mau recook jg resepnya ya.. thanks lagi hihi

    ReplyDelete
  15. jujur aja, sebagai pecinta ikan (laut), saya tuh kadang-kadang penasaran dengan rasa ikan air tawar seperti mujair ini. Sepertinya kalo suatu saat nanti diberi kesempatan untuk menikmati ikan mujair, saya bakalan lebih suka mujairnya digoreng krispi

    ReplyDelete
  16. Wah, baru tau nih mbak asal usul ikanmojair. Seringnya beli dan masak aja hehehe. Ikna mujair ini enak banget dibumbu kuning gini mbak..maknyus

    ReplyDelete
1897012769711992300