Belum Paham? Kenali Pengertian Data Center

Apa Data Center, Data Center Adalah

Mungkin, kamu pernah mendengar kata data center. Entah itu di tempat kerja, tidak sengaja mendengar saat makan di kantin, pembicaraan teman-teman yang lain, tetapi kamu tidak memahami apa yang dimaksud dengan dua kata itu. Maka dari itu, kamu mencari penjelasannya melalui internet agar lebih paham dan bisa ikut membicarakannya.
Pengertiannya merupakan suatu fasilitas atau sebuah wadah yang dimanfaatkan oleh orang-orang sebagai tempat untuk komponen-komponen atau sistem pada komputer. Contohnya adalah seperti sistem pada telekomunikasi. Maka dari itu tidak heran jika orang-orang pun menyebut pusat data. Karena memang terdiri dari kumpulan data sistem komputer yang penting.
Lebih dari itu, pusat data ini tidak hanya sebagai wadah untuk komponen komputer melainkan juga sebagai tempat bagi server untuk website maupun database. Pusat data ini pula memiliki hubungan yang sangat erat dengan keamanan serta bahaya untuk program komputer, memiliki beberapa cadangan, atau bisa juga sebagai pengontrol lingkungan
Jika kamu memang ingin menggunakan pusat data, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Karena, pusat data yang sesungguhnya merupakan tempat yang paling detail dan juga sangat rapi, melihat di dalamnya terdapat  banyak sekali server, tidak hanya ratusan bahkan mencapai ribuan. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan, antara lain:
Lokasi
Dari segi lokasi, tentu harus di dalam bangunan yang sesuai dengan standar pusat data. Melihat bahwa yang ada di dalamnya merupakan sistem dan server yang penting bagi penggunanya. Maka dari itu, sebelum kamu benar-benar menggunakan suatu pusat data, kamu harus melihat secara langsung lokasi dari pusat data tersebut. Jangan sampai setelah mengeluarkan biaya yang lumayan besar, data yang penting masih bisa hilang.


Keamanan
Tidak hanya lokasi saja yang memerlukan standar data center, tetapi juga dari segi keamanan. Sudah dikatakan berulang kali bahwa pusat data berisi sistem dan server penting bagi penggunanya. Maka, sebelum kamu menggunakannya, pastikan pusat data tersebut menggunakan keamanan yang canggih. Bahkan, pastikan agar pusat data memiliki sistem cadangan bagi catu daya. Serta tidak lupa juga dengan pengatur suhu di dalam pusat data tersebut, dan komunikasi data.
Tata Kelola
Barang-barang yang penting tentu akan dijaga sebaik mungkin agar tidak rusak atau tergores sedikit pun. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem atau tata kelola agar semuanya menjadi tertata rapi. Hal ini juga akan meminimalisir kesalahan atau kekurangan dalam menjaga data akan tetap dalam kondisi baik.
Jika kamu sudah menemukan pusat data sesuai dengan hal-hal yang perlu diperhatikan di atas, kamu bisa menggunakannya. Namun, apabila kamu masih belum terlalu memahami apa itu pusat data, ada sedikit informasi lebih agar kamu mengenal pusat data lebih jauh. Pusat data merupakan hal yang menjadi prioritas paling utama ketika kamu membangun infrastruktur untuk IT.  Pusat data sendiri sekarang lebih terlihat atau dikenal sebagai parameter bisnis, saking banyaknya pengusaha yang menggunakan jasa pusat data.
Tidak main-main, pusat data menjadi hal yang terpenting karena menjadi prioritas utama. Apabila terjadi sesuatu yang buruk seperti misalnya gangguan dari orang luar, tentu akan berpengaruh bagi bisnis sang pemilik. Bisnisnya bisa mengalami penurunan bahkan hancur apabila tidak kunjung dibenarkan. Maka dari itu, dibutuhkan cadangan yang memang efisien untuk mengganti saat pusat data utama mengalami gangguan.
Bagi kamu yang memiliki bisnis besar, sudah saatnya kamu menggunakan data center sebagai wadah untu sistem komputer yang penting. Meski memang harus berhati-hati ketika ingin menggunakannya, kamu bisa memakai yang terpercaya yaitu NEX.
Ida Raihan
Ida Raihan

Hanya Seorang Ibu Rumah Tangga Dengan Dua Orang Anak Yang Suka Menulis Dan Membaca

19 comments:

  1. Harddisk juga bisa dibilang sebagai pusat data mba? Atau pusat data ini tdp di sistem yg dikomputerisasi aja?

    ReplyDelete
  2. Pusat data itu penting banget. Data yang sudah di kumpulkan terus dijadikan satu, nantinya akan sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan bisnis yang dijalani.

    Baca ini jadi lebih paham deh.

    ReplyDelete
  3. data center ini memang penting banget, sebagai pusat penyimpan data-data penting emang harus diperhatikan lokasi, keamanan maupun pengelolaannya

    ReplyDelete
  4. Perusahaan-perusahaan swasta, apalagi perusahaan plat merah pastinya invest banyak untuk data center ini ya mba.

    ReplyDelete
  5. Data center ini merupakan wadah yang vital dan penting. Bener kalo keamanannya mesti dijaga. Baca ini jadi lebih paham tentang pusat data.

    ReplyDelete
  6. Waah ilmu baru ini. Jadi tau apa itu data center dan fungsinya.

    ReplyDelete
  7. Jadi inget data center di tempat kerja suami. Pernah diajak kesana sekali, dan itu letaknya di lantai paling atas. Udah gitu AC dalam ruangan ada 5 deh kalo ngga salah, biar CPU tetep dingin katanya, soalnya nyala terus.
    Thanks for sharing kak, jadi tahu lebih detail lewat artikel ini

    ReplyDelete
  8. Untuk individu, apakah hard disk berkapasitas besar juga bisa disebut data center, Mbak? Atau, istilah ini hanya digunakan oleh suatu badan atau perusahaan, ya?

    ReplyDelete
  9. Di era IoT kayak gini, data center emang penting banget. Bukan cuma buat korporasi gede, bahkan pemilik bisnis kecil-kecilan udah mulai wajib membangun data center ya. Ke depannya bakal serba online nih

    ReplyDelete
  10. Jasa pusat data memang jadi incaran pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya. Tempat menyimpan data2 penting yang sewaktu-waktu dibutuhkan.

    ReplyDelete
  11. Pusat data mendukung usaha yang kita rintis ya kak Ida. Oo nanti aku kepoin Nex deh.. biar semakin ngerti fasilitas yang ditawarkan terkait pusat data.

    ReplyDelete
  12. Kalau dengar pusat data saya keinget Pemilukada, sebab pernah jadi data center gitu. Hehe... Sensus Indonesia pakai tagline Satu Data Indonesia

    ReplyDelete
  13. Selama ini saya sering banget denger kata data center, ternyata baru tahu maksudnya dari tulisan ini. Memang penting banget ya data center ini, terima kasih mba pencerahannya

    ReplyDelete
  14. Wah pusat data ini bener2 penting banget ya, harus beneran aman, biasanya keamanan nya berlapis2. Apalagi sekarang jaman digital, yang apa2 digitalisasi.

    ReplyDelete
  15. Data Center diperlukan perusahaan agar bisa simpan data penting dan mengembangkan bisnis. Memang baiknya punya sendiri lho....
    Yang pribadi kayak penulis aja, datanya sudah berapa, coba. Kayaknya butuh juga.

    ReplyDelete
  16. saya dulu kerja di data center loh, bagus nih mba tulisannya. apalagi kalo udah masuk ruangan server, dingin banget. kita yang paling deket aja sering pilek karena kedinginan haha. jadi curhat nih. makasih mba infonya.

    ReplyDelete
  17. Pencurian di data center itu kalo difilm2 keren ya.. adu kecanggihan. Kecanggihan dalam pengamanan data dan kecanggihan si pencuri dalam membobol data. Akhirnya jaminan sisi keamanan data itu penting.

    ReplyDelete
  18. Pusat data center ini kegunaannya banyak banget untuk mendukung usaha yang dirintis ya. AKu belum begitu paham sih, tapi mayan ngerti dari postinganmu mba apalagi ada yang terbaru soal Nec ini. Banyak fasilitas yang ditawarkan ya pastinya biar nggak kebobolan.

    ReplyDelete
  19. seperti halnya barang yang kasat mata data pun juga harus dijaga ya, makanya kita perlu simpan data di Data Center.

    ReplyDelete