MASIGNALPHAS2101
1897012769711992300

Kegiatan Baru Selama WFH

Kegiatan Baru Selama WFH
Add Comments
07 June 2020


Enam tahun menjadi istri pria Surabaya tidak serta-merta membuat saya menjadi warga Surabaya. Butuh proses panjang sebelum akhirnya resmi menjadi pemegang KTP Surabaya sejak awal Maret 2019 lalu. Tanpa perencanaan, semua mengalir begitu saja. Sama seperti halnya perjalanan cinta kami sebelum akhirnya dihalalkan, *eaaaa. Semua proses begitu mudah dan mengalir, seolah semua restu telah berkumpul bersama kami. Kami pun bahagia hingga detik ini. Dengan kehidupan simple apa adanya, seperti kata Kak Siswiyantisugi dalam blognya Siswiyantisugi.com

Lau, tahun 2020, menjadi tahun yang sangat berbeda bagi masyarakat Indonesia, mungkin juga masyarakat seluruh dunia. Pasalnya, sebuah kebiasaan baru terjadi, keseharian manusia dipenuhi dengan kehati-hatian, dan kewaspadaan. Anak keluar pintu langsung dikejar, diteriakin, "masuuuk.". Ada corona, kata mereka. Alhasil roda kehidupan terdengar lebih senyap dari biasanya. Kami harus menunda jalan-jalan pagi di taman pilihan setiap minggunya. Kami harus menjauhi tempat bermain anak-anak, dan mengurung mereka di dalam rumah. Alhasil harus menyediakan banyak mainan di rumah. Jika kami bisa keluar, maka harus menutup mulut dan hidung dengan masker. 

Lalu, apa kabar dengan emaknya ini? Hahaha. Mestinya sama seperti yang lainnya sih. Sedikit jenuh dan kepengen bisa ngelayap seperti sebelumnya. Pelampiasannya mentok di mie instant pedas, teh manis, lemon tea (tepatnya teh jeruk nipis karena gak ada lemon), dan kopi susu atau kopi coklat. Sesekali bikin kue bareng anak perempuan kami. Ngebakso juga belum bisa. Tidak ada yang jualan baso di sini, harus keluar dulu, untuk ngebungkus. Deuh kurang sreg. Mending ngerebus mie instant. Wakakakak, receh banget yak. Hihi. Lagi pula, saya masih sedikit trauma untuk membeli makanan matang, pasalnya, pernah malam jelang Ramadhan, saya kelaparan di jalan, niat mau beli soto ama nasi goreng, eh abang penjualnya garuk-garuk telinga, lepas tu langsung megang mie buat campuran nasi gorengnya. Tanpa cuci tangan! Ampyuuun dah. Akhirnya gak jadi makan malam itu. Saya tidur dalam keadaan lapar.

Sebenarnya musim pandemi ini menjadi moment yang paling baik bagi banyak keluarga. Sebab pada saat seperti ini, work from home (WFH) menjadikan sebuah keluarga berkumpul di dalam rumah, sehingga bisa melakukan banyak kegiatan bersama anak-anak. Jika biasanya harus meninggalkan anak di rumah dengan pengasuh, atau dengan nenek dan kakeknya, adanya WFH, membuat anak tetap dalam pengawasan kedua ibu bapaknya secara langsung. Melakukan banyak hal, bahkan hal-hal yang sebelumnya tak terpikirkan untuk dilakukan bersama keluarga pun akhirnya bisa dilakukan. Hal yang sangat menyenangkan bukan? 

Saya sendiri, belum banyak melakukan sesuatu yang berarti selama di rumah aja di musim pandemi ini. Kegiatan saya hanya aktivitas rutin harian seorang ibu rumah tangga dengan kesibukan menjaga dua bocah yang sangat aktif bergerak. Disambil dengan ngumpulin receh via ngeblog dan mainan sosial media, seraya memasarkan dagangan online. Hasilnya, lumayanlah buat jajan lucu bareng anak-anak.

Jadi apa dong kegiatan yang berbeda, dan belum pernah terpikirkan sebelumnya?

Kami sih,
Memberi makan ikan di sungai
What? Ikan di sungai? Iyah kamu gak salah baca. Setiap pagi sungai deket rumah airnya pasang, pada saat itu ikan pada naik ke permukaan, mereka mencari makanan, nah saya suka mengajak anak sulung menaburkan sisa nasi atau roti kepada ikan-ikan itu. Membagi makanan kami dengan mereka adalah hal yang sangat menyenangkan. Semoga suatu hari kesampaian memiliki kolam ikan sendiri. Aamiin.

Menggambar Dan Mewarnai
Anak sulung kami yang baru berusia tiga tahun, selalu minta digambarkan jika melihat ada kertas kosong dan pulpen atau pencil. Jadi saya dan ayahnya sering bergantian membuat gambar untuk kemudian diwarnai sesuka hati oleh si sulung.

Mencuci Bersama
Meskipun baru berusia tiga tahun, saya mencoba mengajari si sulung untuk mencuci pakaian. Minimal kaos atau celana dalamnya sendiri, meskipun cuma satu atau dua helai. Dengan begitu dia tahu bahwa saat kami ada di tempat pencucian pakean, dia tidak hanya bermain air, tetapi ada kerjaan yang dihasilkan. Meskipun setelah itu, dia akan membuat emaknya ini berkali-kali teriak karena keguyur air selang yang dia pakai untuk bermain.

Itulah kegiatan kami saat di rumah bersama saat ini. Sebagai upaya untuk menghilangkan rasa bosan yang mulai menyerang.

itu pun terkadang sulung kami masih sering kabur dari rumah untuk mencari teman bermain di luaran, ketika kami sedikit teledor tidak mengunci pintu. Jadi pintu harus selalu dikunci rapat. Itu pun terkadang dia masih bisa melakukannya dengan melewati pintu samping.

Apa kegiatan kamu dan keluarga? Boleh banget ya sharing di kotak komentar. Siapa tahu bisa diambil pelajarannya oleh pembaca blog ini, atau menginspirasi kami untuk melakukan hal serupa. Kan berpahala. Apalagi sebagian dari masyarakat masih banyak yang belum tau sampai kapan akan di rumah saja, karena meskipun kehidupan new normal mulai diterapkan, tidak serta-merta membuat kita bebas ngeluyur kemana suka. Demi kehati-hatian swbaiknya tetap di rumah saja bila tiada kwpwrluan di luaran. Setuju kan Mak?

Semoga pandemi lekas berlalu, dan kita semua bisa beraktivitas seperti sebelumnya. Aamiin.

  1. Pagi mBa, aku juga menikah dengan pria asal Pemalang nih, sampe saat ini belum ganti KTP
    masih rempong urus, aapalagi soal ttd bapak yang ga di rumah susah. Semoga ak bisa dilancarkan seperti dirimu. KEgiatanku wfh masak bareng suami, makan bareng, nonton bareng belanja bareng ahahha

    ReplyDelete
  2. Wow! Di dekat rumah mbak Ida ada sungai? Asyik sekali ya hidup dekat dengan alam. Anak2 pasti senang banget main di sungau apalagi kalo ikannya banyak gitu.

    ReplyDelete
  3. Kegiatan kita sama, Mbak 😄 Kecuali kasih makan ikan karena tidak ada sungai di dekat rumah kami.

    ReplyDelete
  4. Astaga kasih makan ikannn. Gemes banget. Anakku sukaaa bgt sama ikan. Kalau dia bisa kasih makan ikan pasti seneng bangettt. Ikuttt dong tante.

    ReplyDelete
  5. Akhir-akhir ini aku menekan pengeluaran makan diluar. Demi mimpi indah ya kan? Kalau jajan terus kapan punya tabungannya.

    Ikan apa yang sering muncul say? Nggak dipancingin gitu? kan seru, pakai umpan nasi/roti bisa lho

    ReplyDelete
  6. wih kegiatan mbaknya asik sekali, bisa memberi makan ikan. kalo aku selama WFH hanya bermain game dan nonton tv aja dari pake sampai malam dan palam sampai pagi. gitu aja terus

    ReplyDelete
  7. Kegiatan di rumah hampir sama aja sih mbak dengan sebelum2nya...karna kalo IRT ya gitu2 jg rutinitasnya..yg besa apa ya? Paling jadi coba2 baking aja krn request suami hehehe

    ReplyDelete
  8. Main inline skate di dalam rumah, main kucing yang dateng ke rumah samaaaa bebersih rumah.
    Anak-anak juga seneng bantuin mama masak dan angkatin jemuran.
    Hehhee....Happy dirumahaja, kak Ida.

    ReplyDelete
  9. Seru banget pasti ya, kak. Kegiatan ngasih makan ikan ini. Jadi bisa sekalian refreshing tanpa harus ribet

    ReplyDelete
  10. wah di daerah rumah saya udah enggak ada sungai adanya kali haha, tapi itu gatau deh ada ikannya enggak. jadi inget di kampung masih asri dan air sungainya bening. ikannya pada muncul, seru bangeeet. happy selalu mba ida dan keluarga.

    ReplyDelete
  11. kegiatan selama pandemi sy jadi rajin masak otomatis rajin makan terus badan jd lebar deh hihihi..emang ya apapun suasana dan situasi dibawa happy saja.. yg penting sehat ya mbak

    ReplyDelete
  12. Kami udah hampir stag di rumah terus. Anak-anak Udah mulai bosan dengan rutinitas yang diberi. Karena itu lagi itu lagi. Duh gak kebayang kak Ida, itu akan dilalui hingga tahun depan.

    ReplyDelete
  13. Ada hikmahnya juga ya WFH itu ternyata. Kalau Mbak Ida mencoba kegiatan baru seperti yang disebutkan itu, kalau saya jadi lebih sering olah raga di dalam rumah karena gak dianjurkan di luar rumah.

    ReplyDelete
  14. Seru banget sista, kegiatan kasih makan ikan... Awalnya aku baca kalimat pertama, what kasih makan ikan di sungai hihi rupanya seru juga untuk kegiatan anak

    ReplyDelete
  15. Sama mbak, karena belum punya kolam sendiri kadang saya suka ajak anak ngasih makan ikan di kantor pas sore hari saat orang sudah banyak pulang :D. Kebetulan kantornya dekat rumah juga.
    Bosan banget sebenarnya pengen jalan-jalan, tapi ya harus cari alternatif hiburan di rumah atau sekitar rumah aja deh.

    ReplyDelete
  16. Wah, asyik banget mbak rumahnya dekat sungai dan banyak ikannya. Kalo saya udah bakal siap pancingan ini mbak

    ReplyDelete
  17. seru banget yah kegiatan sama anak di rumah
    main di sungai jadi semakin menambah pengalaman anak yaa

    ReplyDelete