Serunya Belajar Ngeblog Bareng Ani Berta


Serunya ngeblog, belajar ngeblog, cara membuat blog, manfaat ngeblog


Selama bertahun-tahun ngeblog, saya hanya tahu menulis dan posting tulisan saja, tidak pernah saya berpikir banyaknya kekurangan yang terjadi di sana-sini.


Di bulan Agustus ini saya berkesempatan mengikuti workshop tentang seputar blogging yang diadakan oleh Indonesian Social Blogpreuneur (ISB) dengan pemateri Mbak Ani Berta. Dari sanalah saya tahu, bahwa ngeblog bukan hanya sekadar menulis dan publish tulisan semau kita. Ada ilmu yang harus diterapkan, ada tanggung jawab yang harus diemban, serta manfaat yang harus disampaikan.


Awalnya antara pede dan tidak, ketika mendaftar kelas yang akan diadakan ISB ini, pasalnya pasti banyak blogger yang lebih keren yang bakal dipilih. Namun rejeki memang tidak akan kemana, saya peroleh jawaban tak terduga. Saya terpilih untuk bisa mengikuti kegiatan ini. Rasanya sangat bahagia. Saya akan menjadi salah satu peserta yang akan mengikuti kegiatan workshop tersebut.


Saya pun langsung bergabung di grup yang digunakan untuk komunikasi dengan mentor dan teman-teman peserta lainnya. 


Pengalaman Pertama Menggunakan Google Meet

 

Saat baru gabung ke grup whatsapp, saya masih bertanya-tanya dalam hati, benarkah saya bakal bisa lanjut ke sesi selanjutnya? Bagaimana kalau kelasnya menggunakan Zoom? Sungguh, di awalnya saya sempat deg-degan juga bakal via apa kelasnya nanti, karena jika menggunakan Zoom, bisa dipastikan saya belum bisa ikut, karena memori sudah tidak kuat untuk menampung aplikasi baru di ponsel. Ternyata kelasnya menggunakan google meet. Alhamdulillah.

 

What is Google Meet?

 

Hehe, ternyata saya juga belum familiar dengan aplikasi google meet. Sempet googling juga  untuk mengumpulkan informasi, sebelum akhirnya bertanya ke grup juga. Beruntung pas saya bertanya di grup, jawaban Mbak Ani Berta sangat melegakan. Bahwa google meet bisa langsung bergabung jika memiliki akun gmail yang sudah login. Tidak harus download aplikasi, karena bisa digunakan dengan web dan dengan menggunakan laptop. Alhamdulillah senang banget donk saya.

 

Sebagai orang yang baru pertama kalinya menggunakan google meet, jelas saya sangat gugup sejak beberapa jam jelang dimulainya acara. Saya berusaha agar tidak melakukan kesalahan, dengan beberapa kali mencoba praktek sendiri menggunakan google meet. Agar ketika kelas dibuka, saya bisa langsung menggunakannya tanpa drama. Alhamdulillah ketika acara berlangsung, semua berjalan lancar sesuai harapan.

 

Ada terjadi sih, drama dengan anak sulung yang maunya nimbrung terus, dan ngerebutin micnya. Sudah gitu, pake bawa-bawa mie rebus ke kamar segala, karena minta makan tetapi juga penasaran bundanya ini sedang ngapain di depan laptop sambil videoan dengan banyak orang. Ckckckck.

 

Hari Pertama

 

Hari pertama, materinya adalah pengenalan blog bagi pemula, dan reminder bagi yang sudah ngeblog. Di bagian ini Teh Ani mengajak para blogger untuk meningkatkan kualitas ngeblog. Dan menjadikan blog sebagai tempat berbagi informasi dan manfaat. Ngeblog tidak melulu soal job (pekerjaan), dan uang. Yang penting kualitas. Jika kualitas blog sudah mumpuni, pekerjaan pasti akan menyusul. Well noted.

 

Poin selanjutnya yang saya dapatkan adalah, Tidak pelit dengan ilmu. Sebagai blogger, sudah seharusnya kita bisa mempersembahkan yang terbaik buat pembaca kita. Bisa menyuguhkan postingan yang dapat diambil manfaatnya oleh pembaca. Blog tidak melulu berisi iklan, bak etalase pada sebuah toko. Tertohok kan ya? Sering males nulis kalau bukan karena job. Hayoo siapa yang begitu? Ngakuu. Hihi.

 

Jangan beralasan tidak punya ide, mau menulis apa. Karena banyak hal yang dapat kita tulis. Misalnya, membuat tutorial memasak, tentang pendidikan, pernikahan, menulis tentang lingkungan, dan sebagainya.

 

Hari Kedua

 

Tema hari kedua adalah, membuat Content Plan blog dan Sosial Media, juga belajar mengenai struktur Blog. Ini berkaitan tentang membuat isi blog dengan baik dan benar, lebih ke teknis dalam menulis untuk postingan. Mencari bahan pendukung, data, dan juga konsistensi blogger dalam mengelola blognya. Bagaimana seorang blogger harus berusaha meminimalisir sebuah kesalahan pada tulisannya, dan mampu menciptakan ide-ide yang pas untuk dipersembahkan ke para pembacanya.

 

Selain itu, di hari kedua juga peserta diajari langkah-langkah membuat artikel, dan membuat outline. Wow, thanks to Mbak Ani Berta. Seumur-umur saya belum pernah memuat outline, dan belum paham bagaimana cara membuatnya, meskipun saya ngeblog sudah sejak tahun 2008 (Awalnya membuat blog di multiply.com), dan sudah pernah menerbitkan beberapa buku di penerbit mayor. Dan kali ini sungguh sebuah berkah, Mbak Ani Berta membagikan ilmunya kepada kami sekaligus memberi contoh sebuah outline. Masya Allah.

 

Hari Ketiga

 

Hari ketiga tidak kalah pentingnya. Ini menjawab kegalauan sebagian peserta tentang, mengelola blog lebih dari satu. Dan seberapa penting sih blog lebih dari satu? Di bagian ini peserta peroleh pertanyaan, “Pentingkah memiliki blog lebih dari satu?” jawabannya jelas beragam. Ada yang bilang penting, ada pula yang menjawab tidak.

 

Saya termasuk yang mengira blog lebih dari satu itu tidak penting. Sebab apa? Karena, blog satu saja sudah berasa sangat keteter dalam mengelola. Hihi. Sok sibuk ceritanya. Juga, satu blog sudah cukup karena bisa diisi macam-macam tulisan alis gado-gado. Lalu saya tercerahkan. Bahwa blog lebih dari satu juga penting karena besar manfaatnya. Salah satunya adalah bisa untuk dijadikan sebagai back link.

 

Selain bisa digunakan sebagai back link, blog lainnya juga bisa digunakan untuk branding diri, atau personal branding dengan nichie yang diminati.

 

Bagi yang tidak biasa dengan blog lebih dari satu, pasti bakal merasa sangat kerepotan. Untungnya, di sesi ini, Mbak Ani Berta juga mengajari kami para peserta bagaimana cara mengelola blog agar tidak menjadi beban dalam mengelolanya. Pokoknya mantaap sekali mengikuti kelas Berkarya Dari Blog ini.

 

Itulah beberapa pelajaran yang bisa saya tangkap dalam tiga kali pertemuan sebelumnya, masih panjang dan masih banyak ilmu yang bakal disampaikan oleh Mbak Ani donk di sesi berikutnya. Karena masih bakal ada 4 sesi lagi ke depannya. Semoga saya bisa mengikutinya hingga selesai semua sesi.


Ida Raihan
Ida Raihan

Hanya Seorang Ibu Rumah Tangga Dengan Dua Orang Anak Yang Suka Menulis Dan Membaca

24 comments:

  1. Halo, my (virtual) class mate!
    Seneng bgt bisa join workshop ini, ya.
    Teh Ani memang menyuntikkan semangat berbagi ilmu yg luar biasa
    Ilmunya dagiiingg dan mantab soul banget ya Mba

    ReplyDelete
  2. Wah mantap mbak, biarpun gak ikutan kelasnya mb Ani Berta, tapi saya juga bisa ikutan menyerap ilmunya lewat artikel ini. Well, saya pribadi ngeblog buat ngisi waktu luang, memanfaatkan waktu supaya tetep produktif, nggak cuma buat drakoran aja 🙈

    ReplyDelete
  3. Makasih sharingnya mbaa...aku jadi ingat blog 1 lagi yg berdebu 😃
    Udah lama nggak nambah ilmu ttg blogging aku..jadi melek lagiiii setelah baca inj

    ReplyDelete
  4. Aku udah lama gak ikut acara kaya gini. Ketemu Teh Ani tuh ada 4/5 tahun lalu kayanya. Aku punya beberapa blog dan jujur saya agak kerepotan. Tapi ya bawa hepi aja

    ReplyDelete
  5. wah beruntung sekali mak bisa menimba ilmu langsung dengan Teh Ani.. Dah cakep juga nih tapi blognya mak Idaaa, makasi sharingnya mak.. Semangat terus ngeblognya yaaa

    ReplyDelete
  6. Asik banget memang yah belajar bareng teh Ani ini, banyak ilmu yang diberikan. Barakallah banget yah, semoga jadi pahala untuk teh Ani.

    ReplyDelete
  7. seru banget yah belajar bareng teh Ani, banyak ilmunya yang bisa kita serap.

    ReplyDelete
  8. Aih senangnya yang bisa belajar ngeblog bareng Mbak Ani Berta. Ditunggu sharing tentang sesi berikutnya yaa

    ReplyDelete
  9. Mengelola satu blog saja belum konsisten, jadi gimana mau "beternak" blog ya?
    Tapi Mbak Ida udah dikasih tips2 keren sama Mb Ani Bertha. Dan terima kasih uda sharing ilmu di sini :)

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah bisa belajar banyak melalui Mbak Ani .... in syaa Allah kalo dipraktekin bisa makin semangat dan produktif ya Mbak Ida.

    ReplyDelete
  11. asyiknya bisa belajar bareng mba ani, duuu saya ketinggalan mba jadi gak ikutan, semoga next time ada lagi

    ReplyDelete
  12. Wah, ternyata memang banyak hal yang harus dipelajari sebagai seorang blogger ya. Tidak melulu tentang menulis dan posting. Hm, sangat bermanfaat sharing ilmunya mba. Tengkyu..

    ReplyDelete
  13. Aku termasuk blogger yang punya blog lebih dari 1, aku punya 3 blog. Maintainya emang berat, tapi ya itung2 cuma buat naruh dokumentasi perjalanan aku :)
    Semuanya sesuai dengan niche blog yg aku minati :)
    Iya setuju, blog itu sebagai branding and jati diri.

    ReplyDelete
  14. 3 kali pertemuan aja sudah sangat seru dan ingin rasanya melanjutkan ke pertemuan berikutnya ya mbak.. semoga senantiasa sehat dan bisa mengikuti pertemuan pertemuan berikutnya ya mbak

    ReplyDelete
  15. Google meet itu kayak zoom yang bisa banyak orang atau ga mbak? Atau empat mata aja? Seru ya banyak ilmunya

    ReplyDelete
  16. asiiik ya ikut2an webinar ngeblog kyak gini. nambah ilmuu bgt jd pengen ikutan. bagi2 dong mba infonya.,

    ReplyDelete
  17. Makasih ya mak udah sharing hasil belajarnya... Saya punya 2 blog nih, tapi yang blog buku sekarang udah jarang diisi, hiks...

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah ya masih bisa mengisi waktu dengan hal bermanfaat seperti belajar lbh jauh ttg blogging.
    Aku lbh suka pakai Google meet mbak, kursusanku pakai GM buat pertemuan online dan lbh gak rempong menurutku :D

    ReplyDelete
  19. Barokallah ya mba bisa ikut kelasnya, aku ga tahu infonya.
    Tapi bisa dapet ilmu darimu. Eaa... aku penasaran conton outlinenya mbak

    ReplyDelete
  20. Haturnuhun sudah berbagi, kak Ida.
    Kebayang yaa...abis dapat ilmu dari masternya, langsung makin semangat menulis dari hati.
    Bukan hanya job semata, tapi juga panggilan hati.

    ReplyDelete
  21. Terimakasih..udah di share di blog...yg nggak ikutan jadi tau juga..insha Allah diterapin...

    ReplyDelete
  22. Aku mau daftar kelas ini enggak jadi. Karena tahu diri sedang rempong-rempongnya sama krucils yang sekolah daring. Belum lagi PR yang numpuk. Takut enggak bisa menyerap ilmu dan mengerjakan tugas-tugasnya.
    Padahal aku yakin ilmu dari teh Ani daging banget tuh.
    Selamat ya Mbak sudah berkesempatan menimba ilmu blogging bareng teh Ani :)

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah jadi semangat menuntut ilmu ngeblog ya mba. Semoga berkah :)

    ReplyDelete
  24. Baca ini jadi keinget klo blog aku lagi jaraaaaang banget sempet kesentuh. Kadang aku ngerasa kehabisan waktu saking banyak banget yang harus dilakuin

    ReplyDelete