Es Teh Minuman Sejuta Umat


Teh, Teh Manis, Es Teh, Sariwangi


“Minumnya apa?”
“Es Teh.”

Cung, siapa yang sering mendengar percakapan di atas? Saya, olwes donk. Bahkan sangking seringnya mendengar itu, anak saya yang baru berusia satu tahun pun jika diajak makan di warteg dan ditanya, “Minum apa?” jawabnya langsung “Es teh.” Wakakakak.


Yupz! Di rumah makan, restoran, warteg, hingga warung kopi emperan sekalipun, yang namanya es teh akan sangat mudah kita jumpai. Tahu kan, minuman sejuta umat gitu loh. Hahaha.

Di Indonesia, minuman teh masih menjadi menu favorit. Itu dibuktikan pada 2018 lalu, Indonesia menduduki peringkat ke 14 sebagai penduduk yang mengkonsumi teh terbesar di seluruh dunia. Mungkin karena minuman teh sangat mudah cara membuatnya, yang hanya mengandalkan air panas, gula, dan teh. Apalagi aroma teh juga bisa untuk relaksasi. Yang bisa membuat kaum emak yang sedang suntuk tetap berada dalam tahap kewarasan ketika menyeruput dan mencium aroma teh.


Macam-Macam Minuman Teh



Teh hangat, teh jawa, resep teh jawa



Seperti yang telah kita ketahui, minuman yang berbahan dasar teh saat ini sudah semakin banyak varian rasanya, baik yang berupa kemasan dalam botol, kotak, maupun suguhan yang dibeli di tempat makan. Teh dengan berbagai kombinasi dari buah pun rasanya sangat segar.

Di antaranya:

Teh Original
Teh dengan rasa original dengan aroma khas, dan bisa membuat kaum emak yang lagi suntuk merasa lebih waras ketika menghirupnya ini rasanya sudah sangat nikmat. Cara membuatnya pun sangat mudah. Cukup dengan memasukkan gula, dan teh ke dalam gelas, tuangkan air panas, siap dikonsumsi. Di warung kopi, rumah makan, maupun restoran, harga teh hangat maupun dingin dijual dengan sangat murah. Hanya dengan membayar Rp. 3000 – 5000, kamu sudah bisa menikmati teh hangat mau pun es teh satu gelas besar.

Teh Lemon
Teh lemon atau yang sering kita dengar dengan sebutan lemon tea. Teh dengan campuran lemon ini sudah sangat familiar. Sedikit rasa asam yang dihasilkan dari perpaduan teh dan lemon semakin menambah segar rasa tehnya. Diminum hangat enak, di campur dengan es batu juga akan menjadi es teh yang segar.

Teh Melati
Sepakat ya, kalau perpaduan aroma teh dan melati yang sangat harum membuat teh terasa semakin nikmat. Saya sih ho’oh bangeet.

Thai Tea
Teh Thailand ini sudah tersedia di banyak kafe di seluruh Indonesia. Hanya saja untuk menikmatinya, kamu perlu mengeluarkan uang lebih berlipat-lipat dibandingkan the original. The dengan rasa rempah ini memang melibatkan beberapa jenis rempah, yaitu bunga lawang dan kayu manis.

Rasa lain dan banyak kita temui dalam bentuk kemasan adalah, teh apel mint, teh markisa mint, dan masih banyak jenis teh lainnya. Semua ini akan sangat nikmat ketika kita minum dalam keadaan dingin.


Sejarah Teh


Teh pertama kali ditemukan oleh seorang Kaisar China bernama Shen Nung. Kaisar yang hidup pada 2737 sebelum Masehi itu bukan hanya dikenal sebagai seorang Kaisar, tetapi juga sebagai The Divine Healer, Sang Penyembuh dari Ilahi.

Konon, suatu hari, Sang Kaisar sedang berada di kebunnya, dan ingin meminum air hangat, ketika air yang masih panas terhidang, angin bertiup sehingga menggugurkan beberapa daun dari pohon yang ada di sekitarnya. Di antara dedaunan yang gugur itu ada yang masuk ke dalam air panas miliknya. Seketika tercium aroma yang sedap. Penasaran, Sang kaisar memutuskan untuk mencicipi air yang bercampur daun tersebut. Kaisar pun mendapati minuman tersebut sangat nikmat dan menyegarkan tubuh.

Di Indonesia, teh pertama kali masuk pada tahun 1684, berupa biji teh yang dibawa dari Jepang oleh seseorang berkebangsaan Jerman bernama Andreas Cleyer, seorang ahli botani. Jadi teh itu bukan tanaman asli Indonesia ya Gaes. Waktu itu Andreas menjadikan teh sebagai tanaman hias.

Pada tahun 1826 tanaman teh mulai melengkapi Kebun Raya Bogor, di lanjut ke beberapa daerah, di antaranya, Garut, Purwakarta dan Banyuwangi. Sejak itulah masyarakat Indonesia mengenal Teh.

Ida Raihan
Ida Raihan

Hanya Seorang Ibu Rumah Tangga Dengan Dua Orang Anak Yang Suka Menulis Dan Membaca

20 comments:

  1. Aku penyuka teh mbak, hehehe. Dulu sempat kerja praktek juga di perkebunan teh. Jenis-jenisnya serta segala tetek bengeknya dari awal hingga sampai ke konsumen. Sari Wangi melati wangi dan nikmat banget. Jadi kangen ngeteh di kebun teh nih...

    ReplyDelete
  2. Es teh minuman pemersatu umat juga lho. kalo saya lebih suka dengan teh original apalagi yg masih berbentuk kayak serbuk itu kak, rasanya benar-benar maknyus pokoknya. ha

    ReplyDelete
  3. Nemu teh secara ga sengaja rupanya si kaisar... tapi memang kebiasaan nge teh sambil menikmati cemilan dan bercengkerama dengan sahabat sudah menjadi sebuah budaya positif bersama untuk saling mengenal dan menghabiskan waktu.. setidaknya bagi saya dan teman2

    ReplyDelete
  4. Keluarga saya teh lovers, Mbak Ida hahaha. Pokoknya tiap hari minum teh. Bahkan kalau kepengin, pagi dan sore. Saya kalau pergi-pergi, kadang bawa teh sebotol hahaha.
    Dan saya juga suka sariwangi model bulat ini, Mbak. Tapi yang Sari Murni. Mungkin next saya coba yang melati ini.

    ReplyDelete
  5. Teh memang favorit semua orang. Mau pagi, siang, maupun malam, minuman teh bisa cocok untuk semua suasana. Apalagi makin kesini, makin banyak variasi teh yang bermunculan dan rasanya juga enak-enak semua.

    ReplyDelete
  6. Perasaan Cina nemu makanan-makanan mesti ga sengaja gitu ya, hihihi. Teh hijau aku mah maunya biar awet muda, hihihi *maunyaaaaa

    ReplyDelete
  7. Lho, Sariwangi udah ada varian teh melati?? Produknya yang baru ato aku yang baru tau?

    Enaknya sore minum teh sambil makan gorengan. Ah, itu sering aku lakuon sama nenek aku dlu.

    ReplyDelete
  8. Aku lagi suka green tea hehe. Matcha-matcha gitu. Tapi teh lemon atau melati selalu dihati. Pilihan paling aman deh mau minum dimanapun

    ReplyDelete
  9. Kalau di rumah masih suka dengan teh original, kadang suka bikin teh hijau tanpa gula juga, ala-ala diet gitu haha.. Minuman kedua setelah air putih ini, karena bisa ketemu sama semua makanan hahaa

    ReplyDelete
  10. Apapun makanannya pasti pelengkapnya es teh ya kak soalnya gimana ya udah pas aja gitu wkwk. Suka bgt sih kalau sama teh lemon, asem kecut seger ey

    ReplyDelete
  11. ngeri juga sih mba, jika minum teh es terus :( karena takut terkena diabetes dan kencing manis.. mungkin bisa diganti dengan air putih hangat. Namun saya suka juga dengan teh es

    ReplyDelete
  12. Sariwangi juga merupakan favorit keluarga saya terutama saya karena bikinnya itu mudah banget dan Praktis Jadi tidak perlu menyeduh dulu seperti teh tubruk tinggal cemplung, diaduk jadi deh teh buat keluarga

    ReplyDelete
  13. Wahh memang jati langganan kalo pas pagi dirumah nih, jadi hal yg wajib deh sekarang sepertinya wkwk

    ReplyDelete
  14. Sajian teh yang biasa say minum biasanya cuma es teh dan teh panas saja. Selain itu belum pernah coba sajian teh yang Mbak sebutkan di atas, termasuk thai tea. Padahal teh thailand ini juga sudah tersedia di mana-mana ya di indonesia. Kapan2 pengen coba ah.

    ReplyDelete
  15. Kalau disuruh milih teh Mana yang Paling disuka, aku suka minum lemon tea atau Thai tea. Tapi kalau suruh milih Teh atau kopi, aku bakal milih kopi hehe.

    ReplyDelete
  16. Saya paling suka Teh Lemon hangat. Hahaha sejuta umat banget deh minuman ini memang. Pun di rumah pastilah saya nyetok teh merk Sariwangi ini. Brand sejuta umat juga nih.

    ReplyDelete
  17. Es teh memang segar dan nikmat mbak. Apalgi panas2 kek gini. Mntap.. Btw, mksh buat sejarah teh nya ya kak. Nambah wawasan baru nich

    ReplyDelete
  18. Klo saya mah favoritnya lemon tea, mbak. Di mana pun kapan pun pasti pesennya lemon tea.
    Klo anakku sukanya thai tea, karena mungkin lagi ngehits ya.
    Tapi minuman teh memang menyehatkan karena mengandung semacam thiamin, zat yg menenangkan. Cocok diminum klo kamu lagi galaw *eeaaa

    ReplyDelete
  19. Aku memang lebih sering minum kopi, tapi aku juga suka minum teh untuk waktu-waktu tertentu, terutama teh hangat ketika udara dingin dan hujan. Atau kalau nggak buat sarapan, makan biskuit sambil dicelup teh, duh nikmatnya.

    ReplyDelete
  20. Mama saya pengen banget ke Bogor tapi belum ada kesempatan, yang dikejar kebun raya Bogor. Rupanya di Bogor ada juga perkebunan teh dan sudah lama gitu ya... Teh itu memang enak diminum dingin maupun panas.....

    ReplyDelete