Mengenali Alergi Deterjen dan Cara Mengatasinya

Mencuci pakaian adalah aktifitas manusia yang hampir setiap hari dilakukan sebagai tuntutan hidup sehat. Membiarkan pakaian kotor mengakibatkan timbulnya kuman yang bisa menyebabkan segala macam penyakit khususnya penyakit kulit. Tetapi bagaimana bila aktifitas mencuci terganggu karena penyakit yang disebabkan oleh alergi deterjen? Alih-alih mencuci menggunakan deterjen agar pakaian lebih bersih, yang ada justru tangan menjadi sakit akibat alergi deterjen. Hal  itu tentu tidak menyenangkan. Pastinya aktifitas lain juga ikut terganggu. Sebelll.



Deterjen, Sendok, Putih, Cuci, Air, Pencucian, Bubuk


Ciri-Ciri Alergi Deterjen

Tidak semua orang mengetahui gejala-gejala alergi deterjen. Padahal penting untuk mengetahui ciri-ciri alergi deterjen agar  bisa segera mengambil langkah tepat apabila mengalami hal tersebut. Terlebih bagi mereka yang memiliki jenis kulit sensitif, akan mudah sekali terkena alergi deterjen ini.

Bila mengalami gejala-gejala seperti di bawah ini, kemungkinan terkena alergi deterjen,  Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan :

1.      Kulit Terasa Kering dan Bersisik

Mengenali gejala alergi deterjen yang paling mudah untuk dilihat secara kasat mata adalah kulit terasa kering serta bersisik. Bagian kulit yang terkena langsung oleh deterjen kehilangan kelembaban alamiahnya.  Apabila kandungan zat kimia pada deterjen memiliki tingkat keasaman sangat tinggi dan tidak cocok kontak langsung dengan kulit, maka kulit pun akan terasa kering dan bersisik.

2.     Kulit Kemerahan Serta Muncul Ruam

Kulit terlihat kemerahan terkadang disetai kemunculan ruam pada bagian kulit yang kontak langsung dengan deterjen, ruam tersebut jika disentuh akan terasa perih dan seperti terbakar. Kulit kemerahan karena alergi deterjen tidak selalu muncul ruam, namun jika dibiarkan maka dalam beberapa waktu barulah ruam itu muncul.

3.      Kulit Terasa Gatal

Cara mengenali gejala alergi deterjen selanjutnya adalah rasa gatal pada bagian yang terkena deterjen. Rasa gatal yang timbul berbeda-beda pada tiap orang, ada yang langsung terasa gatal saat baru terkena deterjen, ada pula yang keesokan hari atau 2 hari setelahnya. Ada juga yang disertai kulit kering dan bersisik atau kulit kemerahan juga muncul ruam.

4.      Masalah pernapasan

Deterjen bercampur air akan menguap, kemudian terhirup melalui hidung dan masuk paru-paru sehingga mengakibatkan sesak napas, pilek dan hidung tersumbat. Tidak banyak orang mengalami gejala ini, namun laporan tentang gangguan pernapasan karena kontak langsung dengan deterjen memang ada.

Cara Mencegah dan Cara Mengatasi Alergi Deterjen

Anda akan mencuci tetapi alergi deterjen menghalangi anda melakukan aktifitas tersebut? Silahkan simak ini tips dan trick agar terhindar dari alergi deterjen.

1.    Pilih deterjen yang ramah terhadap kulit

Zat yang terkandung dalam deterjen sangat berpengaruh pada reaksi kulit terhadap deterjen, biasanya beda merk deterjen akan beda pula kandungan deterjen tersebut, tapi apabila deterjen yang anda gunakan saat ini menyebabkan alergi, beralih ke deterjen lain yang ramah terhadap kulit adalah keputusan yang baik.

Rinso Gentle Deterjen Bubuk 700GR

Rinso Gentle pilihan terbaik apabila ingin mengganti deterjen anda, Rinso Gentle yang ramah dan lembut di tangan didesain agar cocok untuk kulit sensitif, dengan formulasi khusus mengandung ph rendah atau netral, jadi tak perlu lagi takut alergi deterjen.

Rinso Gentle yang aman terhadap kulit sensitif  tetap tangguh dalam kemampuan membersihkan noda, tidak kalah dengan Rinso Anti Noda. Rinso Gentle cepat terserap serat kain karena mudah larut dalam air dan tidak meninggalkan residu sehingga membuat Rinso Gentle cocok untuk digunakan segala kebutuhan mencuci.

Selain ramah terhadap kulit Rinso Gentle juga mudah dibilas, cukup sekali bilas pakaian langsung bersih dari busa, itu karena Rinso Gentle dilengkapi dengan tekhnologi SmartFoam. Deterjen Rinso Gentle memiliki sertifikasi halal dan teruji secara dermatologis, sehingga kita akan merasa aman dan nyaman ketika memilih Rinso Gentle sebagai deterjen keluarga.

2.      Mengompres Kulit Dengan Air Dingin

Bila terlanjur terkena alergi dan membuat kulit kemerahan, segera kompres dengan es batu, untuk menghambat munculnya ruam pada kulit. Caranya bisa dengan membungkus es pada kain kemudian letakkan pada bagian yang kemerahan. Mengompres dengan air dingin merupakan cara alami untuk mengatasi alergi deterjen.

3.     Obat Antihistamin

Obat Antihistamin menjadi salah satu pilihan apabila cara alami tidak cukup membantu. Obat ini digunakan untuk mengobati alergi deterjen sebagai terapi topical, selain itu anda juga bisa menggunakan obat berbentuk salep oles salah satunya Krim Hidrokortison untuk dipakai pada ruam kulit, krim ini dijual bebas di apotik sehingga mudah didapatkan. Sedangkan Obat Antihistamin beberapa jenisnya harus menggunakan resep dokter, jadi sangat dianjurkan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda.

4.      Memakai sarung tangan saat mencuci

Menggunakan sarung tangan karet menjadi salah satu pilihan agar tidak terkena alergi deterjen. Sarung tangan akan menjaga tangan dari kontak langsung dengan deterjen ataupun cairan yang mengandung deterjen. Bila belum terbiasa menggunakan sarung tangan karet saat mencuci sebaiknya lakukan secara perlahan saja, agar air yang mengandung deterjen tidak terciprat dan mengenai mata.

Dengan mengenali dan mengetahui cara mengatasi alergi deterjen, kita bisa mengantisipasi terjadinya alergi terhadap deterjen. Semoga aktifitas mencuci yang dihantui oleh alergi berubah menjadi pekerjaan yang menyenangkan.

Ida Raihan
Ida Raihan

Hanya Seorang Ibu Rumah Tangga Dengan Dua Orang Anak Yang Suka Menulis Dan Membaca

20 comments:

  1. Salam kunjungan dan follow disini ya. Salam kenal dari Malaysia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo... Salam kenal Kak. Senangnya dikunjungin dari Malaysia

      Delete
  2. temenku juga ada yang alergi ke deterjen nih, agak susah jua karna semua deterjen udah di cobain dan nggak ada yang cocok , kayanya ini baru ya, mau aku rekomendaiin ke dia aah hehehe,

    ReplyDelete
  3. Aku nih suka ga kuat tangannya kalau pake deterjen. Perihnya bisa berhari-hari. Rinso gentle ini boleh juga dicoba

    ReplyDelete
  4. Aku baru tau loh mbak ada alergi detergen, karena selama ini aku merasa aman-aman saja. Apalagi aku juga pengguna Rinso sejak lama sekali, bahkan dari jaman kecil sudah menggunakan Rinso. Boleh nih aku kasih sharingnya ke teman yang punya alergi detergen.

    ReplyDelete
  5. Ternyata ada juga alergi deterjen yah, baca ini jadi tau ciri2nya, pantas kulit suka gatal hehe

    ReplyDelete
  6. Rinso gentle ini cocok banget dipakai buat nyuci baju anakku. soalnya bahannya cocok dan gak bikin iritasi

    ReplyDelete
  7. Kalau alergi ini sebenernya disebabkan oleh kandungan tertentu atau ujug2 ya alergi detergen aja mba? AKu jadi penasaran hehe.. makasih infonya

    ReplyDelete
  8. Aku juga setia mbak pake merk satu ini! Rasanya tiap cuci pakaian tuh makin bersih

    ReplyDelete
  9. Anakku pernah ada yang alergi seperti ini. Dulu iya, langsung ganti ke detergen yang lembut. Alhamdulillah sekarang mah enggak lagi.

    ReplyDelete
  10. Aq pake rinso juga tapi yang cair mba khusus untuk mesin cuci top loading, salah satu cara untuk menghindari dari alergi detergen juga gak sih dg pakai detergen cair

    ReplyDelete
  11. Aku juga kurang suka sebenarnya kalau tangan harus bersentuhan langsung sama deterjen, suka bikin kulit kering. Kayanya harus pakai sarung tangan juga deh.

    ReplyDelete
  12. Waah makin mantul aja nih Rinso sekarang ngeluarin produk Rinso Gentle yang lebih aman bagi yang alergi detergen

    ReplyDelete
  13. Dulu kupikir alergi detergen itu lebay eh ternyata mengalami sendiri. Memang harus pilih2 nih kalo urusan sabun

    ReplyDelete
  14. Mba, infonya bermanfaat banget, anakku suka timbul ruam merah mungkin karena alergi detergent, wah jadi tau nih, makasi yaaaa

    ReplyDelete
  15. kalau tangan saya selalu panas dan gatal kena detergen, berarti saya termasuk alergi yak. untung sekarang gak nyuci pakai tangan lagi

    ReplyDelete
  16. Aku juga pake rinsoo.. cucok deh nggak pernah alergi yg parah paling cuma kering aja itupun jarang bgt dan nggak parah juga

    ReplyDelete
  17. Deterjen bahannya emang panas sih ya. Krn banyak soda apinya mungkin? 🤔
    Tapi baguslah sekarang ada yg ramah kulit dari Rinso ya 😊

    ReplyDelete
  18. Bener nih, alergi detergen bisa mengakibatkan dermattitis atopik. Makasih informasinya Mba

    ReplyDelete
  19. wah keren nih, aku baru tau kalo rinso ada keluarin yang baru buat yang alrgi sama deterjen. Berguna banget nih.

    ReplyDelete