10 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Ilmu Farmasi 2020, Yang Mana Pilihanmu?




Ilmu farmasi dianggap sebagai jurusan kuliah yang prospek kerjanya sempit. Wah, anggapan tersebut tentu saja tidak benar. Karena setidaknya ada 10 prospek dan peluang kerja lulusan ilmu farmasi 2020 yang bebas kamu pilih sesuai passion-mu. Bahkan, sebenarnya ada lebih dari 10 prospek dan peluang kerja lulusan ilmu farmasi 2020 karena lulusan ilmu farmasi bisa bekerja di bidang lainnya yang tak berhubungan dengan farmasi.
Usai menyimak ulasan lengkap ini, pandangan sempit tentang lulusan ilmu farmasi tentu akan berubah. Karena 10 prospek dan peluang kerja lulusan ilmu farmasi 2020 ini menjanjikan jenjang karier cemerlang dan gaji besar.
Apoteker
Ilmu farmasi memang identik dengan profesi apoteker. Kebutuhan terhadap apoteker kian meningkat seiring dengan berkembangnya industri farmasi dan bertambahnya jumlah apotek di tanah air. Seorang apoteker harus memiliki surat izin praktik yang menandakan bahwa apoteker tersebut sudah memenuhi syarat kompetensi yang ditetapkan.
Staf Industri Farmasi


Pixabay.com

Passion di bidang farmasi juga bisa membawamu menekuni pekerjaan sebagai staf industri farmasi. Kamu berkesempatan bekerja di industri besar yang bergerak di bidang pengembangan obat baru dan produksi obat. Ilmu yang sudah kamu pelajari selama kuliah membuatmu bisa berkontribusi membantu pengembangan produk obat baru sesuai kebutuhan masyarakat.
Pegawai Negeri Sipil (PNS)
Peran lulusan ilmu farmasi juga sangat dibutuhkan di instansi-instansi pemerintah. Jadi, tak ada salahnya bila kamu mendaftarkan diri sebagai calon PNS dan mengikuti proses seleksi sesuai aturan yang berlaku. Beberapa instansi yang pasti membutuhkan peran PNS dari lulusan ilmu farmasi yaitu Kementerian kesehatan serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
Staf Quality Control
Kamu yang berstatus sebagai lulusan ilmu farmasi juga cocok menjalani pekerjaan sebagai staf quality control. Satu dari 10 prospek dan peluang kerja lulusan ilmu farmasi 2020 ini membuatmu leluasa memilih bidang industri yang akan jadi tempat kerjamu. Semua bidang bisnis pasti membutuhkan proses quality control. Latar belakang pendidikanmu membuat kamu cocok ditempatkan sebagai staf quality control yang berhubungan dengan bahan kimia, makanan, dan obat-obatan.
Dosen
Profesi dosen membuatmu bisa memanfaatkan ilmu farmasi yang kamu miliki sekaligus menyalurkan passion mengajar. Supaya bisa menekuni pekerjaan yang satu ini, kamu harus menyelesaikan jenjang kuiah S2 terlebih dahulu. Nantinya, kamu berkesempatan mengajar di berbagai jurusan, mulai dari ilmu farmasi, teknik kimia, hingga teknologi pangan.
Konsultan Kecantikan 
Membahas tentang 10 prospek dan peluang kerja lulusan ilmu farmasi 2020 tentu kurang lengkap jika tidak menyebut konsultan kecantikan. Profesi yang satu ini memang semakin populer seiring dengan bertambahnya jumlah klinik kecantikan di kota-kota besar. Jika kamu menjadi seorang konsultan kecantikan, kamu harus menguasai prosedur treatment dan jenis obat-obatan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.
Tim Penyuluh Kesehatan
Peran lulusan ilmu farmasi juga sangat penting dalam menyukseskan penyuluhan kesehatan. Oleh sebab itu, biasanya tim penyuluhan kesehatan juga beranggotakan staf yang punya latar belakang pendidikan ilmu farmasi. Jika kamu lulusan ilmu farmasi yang menekuni profesi ini, kamu bisa memberikan penjelasan yang benar tentang manfaat obat atau bahaya bahan-bahan kimia kepada masyarakat.
Staf Laboratorium
Keahlian yang dimiliki lulusan ilmu farmasi juga sangat dibutuhkan oleh laboratorium klinik dan rumah sakit. Karena proses tes apa pun di laboratorium pasti berhubungan dengan bahan kimia dan prosedur medis lainnya. Selain dokter, para lulusan ilmu farmasi juga memiliki kemampuan untuk menangani proses tes di laboratorium.
Staf Industri Makanan
Tak banyak orang yang tahu kalau industri makanan juga membutuhkan disiplin ilmu farmasi. Karena proses pembuatan produk makanan apa pun harus terdiri dari bahan-bahan yang aman, bergizi, dan layak konsumsi. Staf industri makanan wajib memastikan bahwa produk tersebut benar-benar aman sebelum diedarkan.
Entrepreneur
Kalau kamu sudah punya modal yang cukup, kamu bisa memanfaatkan keahlianmu untuk membuka bisnis mandiri. Bisnis di bidang obat-obatan memang tak pernah sepi peminat karena obat sudah menjadi bagian dari kebutuhan. Kamu bisa bertindak sebagai apoteker pada bisnismu sendiri bila kamu sudah punya izin praktik.

Ulasan tentang 10 prospek dan peluang kerja lulusan ilmu farmasi 2020 tentu tak bikin kamu bingung lagi menentukan pilihan, ya. Banyak sekali peluang kerja untuk lulusan ilmu farmasi di zaman modern ini. Jadi, tak perlu takut akan menganggur terlalu lama asalkan kamu getol mencari pekerjaan. https://www.cekaja.com/info/8-pilihan-pekerjaan-jurusan-ilmu-farmasi-selain-jadi-apoteker/

Ida Raihan
Ida Raihan

Hanya Seorang Ibu Rumah Tangga Dengan Dua Orang Anak Yang Suka Menulis Dan Membaca

17 comments:

  1. 1 jurusan pendidikan bisa pilih bermacam-macam peluang ya mbak. SO, gak ada kata buat gak jadi manusia produktif.

    ReplyDelete
  2. Asik nih jadi namabah wawasan, karena kan selama ini kalo lulusan farmasi taunya kerja di apotek aja gitu

    ReplyDelete
  3. seorang kawan lulusan farmasi. garapannya sih sekarang ga pakai background keilmuannya sih. tapi tetep, lumayan buat tempat tanya2 :)

    ReplyDelete
  4. Banyak peluang untuk lulusan kuliah ilmu farmasi, ya. Bisa pilih sesuai passion. Sesuai bakat fitrahnya. Oh iya, Mbak, ada lagi, lho: konsultan gizi, konsultan ASI, catering khusus (misalnya katering untuk lansia, pengidap diabetes, atau pengidap autis). Pernah baca di mana, gitu, saya lupa.

    ReplyDelete
  5. Ternyata lulusan farmasi bisa juga jadi PNS ya mbak... heheeh aku kok baru tahu yaa... selama ini ya tahunya lulusan farmasi jadi apoteker, tenaga kesehatan di RS, dosen, dll...

    ReplyDelete
  6. Iya ya..dulu farmasi larinya ya ke apotik ternyata banyaaak peluangnya asa kita bisa memnfaatkannya. Info menarik, Mbak:)

    ReplyDelete
  7. Wah aku baru tahu ternyata lulusan Farmasi bisa peluang dimana aja dan manfaat banget ka artikelnya jadi kita makin tahu

    ReplyDelete
  8. PNS masih menjadi urutan teratas ya, meskipun memang persaingannya luar biasa ketat. Bersaing seluruh Indonesia hitungannya

    ReplyDelete
  9. Waah.. Trmyata banyak ya peluangny...
    Bisa Pilih sesuai passion nih..

    ReplyDelete
  10. Kakak saya dua orang lulusan farmasi semua, kerjaannya kini sebagai dosen dan apoteker. Emang yaa peluang kerjanya lulusan farmasi ini luas banget...

    ReplyDelete
  11. aku bukan lulusan farmasi, tapi pas baca ini jadi tau... ooh lulusan farmasi tuh begini ya kerjaannya hahahaha.

    ReplyDelete
  12. Baca ini jadi senyum-senyum sendiri karena keingetan suami. Dia juga sempet kuliah di farmasi sebelum akhirnya belok ke Stan, ehehehe. Temen-temennya yang farmasi juga macem2 sekali kerjaannya. Asyik kok

    ReplyDelete
  13. Ternyata banyak juga profeai di bidang farmasi ini ya.
    Saya taunya, dokter, perawat, dan apoteker saja.

    ReplyDelete
  14. Setelah dicari tahu ternyata banyak yah mba peluang pekerjaan untuk lulusan farmasi,jadi yang mau kuliah jurusan farmasi tidak perlu khawatir akan pekerjaan setelah lulus kuliah

    ReplyDelete
  15. Farmasi ini lahan basah. Jadi prospektif buat karir sejauh ini. Suamiku sudah 10 tahun di farmasi

    ReplyDelete