3 Camilan Rumahan Direkomendasikan

 


 

Zaman sekarang ini, susah mencari pekerjaan. Jangankan mencari pekerjaan, yang sudah ada pekerjaan saja masih bisa kena PHK, apalagi musim covid - 19 begini entah sudah berapa ratus jiwa yang terpaksa di rumahkan oleh perusahaan, karena mengalami penurunan produksi. Kalau sudah begitu, jelas mau tidak mau harus mau berdamai dengan keadaan berpikir keras agar dapur bisa tetap mengepul demi mencukupi kebutuhan keluarga. kalau sedang jenuh, baca-baca review aja dulu di blognya Blogger Buku. Banyak review buku di sana.

 

Namun, tenang saja. Setiap kesulitan pasti akan ada kemudahan. Percaya saja kalau Tuhan sudah mengatur rezeki kita masing-masing. Sisanya hanya tergantung kita mau usaha atau tidak. Yang jelas, kita sebagai manusia jangan mudah putus asa. Harus semangat berikhtiar menjemput rejeki. Musim pandemi seperti sekarang mah kesampingkan dulu rasa gengsi. Yang pentig kebutuhan terpenuhi lebih dulu.

 

Ngomong-ngomong soal pekerjaan, khusus buat emak yang hanya berdiam diri di rumah, atau para remaja yang ingin mendapat uang tambahan. Tenang saja, zaman canggih begini In Sya Allah mudah untuk membuka lapangan kerja buat diri sendiri.

 

Makanan adalah kebutuhan pokok manusia, maka dari itu, kita bisa memanfaatkan hal ini untuk berbisnis yaitu kuliner rumahan. Kuliner apa saja sih yang cocok dan mudah dikerjakan di rumah?

Yuk disimak, ini yang saya merekomendasikan:

 

Cilok

Cireng

Cimol

 

Kenapa begitu? Berikut alasannya:

 

Karena buatnya mudah

Bahannya Murah

Awet

 

Untuk detailnya, mari kita bahas.

 

3 Kuliner Rumahan Direkomendasikan Bagi Pemula

Cilok

Siapa yang tidak kenal jajanan ini? Jajanan yang mudah dijumpai, baik itu di sekolah atau di pinggir jalan. Jajanan ini bisa untuk semua kalangan. Dari anak-anak, sampai orang dewasa pun banyak yang suka.

 

Sewaktu kami masih tinggal di Cikarang, setiap kali pergi ke Swalayan suami memiliki penjual cilok langganan. Ia berada di depan agak ke samping pintu masuk Swalayan. Meskipun pulangnya tidak melewati jalanan tersebut, suami sering memilih putar balik demi bisa peroleh cilok kesukaannya. Cilok di bakul tersebut memang sangat enak. Perpaduan kekenyalannya pas, dan sausnya juga enak, jadi wajar jika dalam sehari bisa menjual ribuan butir.

 

Makanan khas ini berasal dari Jawa Barat. Cilok terbuat dari tepung aci atau tapioka, lalu untuk kuahnya biasanya memakai kuah kacang yang dicampur dengan saus dan kecap. Cilok bentuknya bulat, sama seperti bakso, hanya saja berbeda ukuran dan bahan dasarnya. Nah, untuk bagian dalam cilok pun bermacam-macam. Ada isi sosis, keju, telur dan lain-lain. Tergantung kreasi pedagangnya, sih. Cilok juga ada yang original. Tanpa isi.

Jajanan cilok sangat mudah dibuat karena bahan-bahannya pun gampang didapatkan. Emak juga tidak perlu keluar banyak modal untuk membuat cilok.

 

Ya, cilok sangat direkomendasikan karena membuatnya tidak ribet dan tidak lama. Cilok juga awet jika dimasukkan ke dalam kulkas. Emak cukup jualan cilok di rumah lalu bisa mempromosikannya di media sosial.

Cireng

Nah, makanan ini masih saudaranya cilok lho, Mak. Mudah didapat di penjual-penjual gorengan di pinggir jalan. Dimakan sambil gigit cabe aja rasanya udah maknyus.

 

Cireng adalah singkatan dari aci goreng, bahasa Sunda untuk tepung kanji yang digoreng. Jajanan ini juga khas dari Jawa Barat. Membuat cireng juga tidak terlalu susah, karena cukup memakai tepung tapioka, daun bawang, perisa seperti garam dan lada, bawang putih, air dan minyak goreng. Makanan ini sampai sekarang juga masih hits kok. Apalagi selain rasa original, cireng juga sudah banyak yang memakai varian isi, sosis, daging ayam, sapi, keju, bakso dan lain-lain. Hmm, dijamin lezat dan laku keras!

 

Emak juga bisa menambahkan rasa baru sesuka hati sebagai inovasi baru lho. Hehe.

Cimol

Cimol juga merupakan saudara dari cilok dan cireng lho, Mak. Lho, kok saudaranya banyak banget, sih? Wakakak. Pan biar bisa saling curhatan Mak. Intinya sih, karena bahan dasar mereka sama, yaitu tepung tapioka atau tepung kanji.

 

Namun, meskipun mereka saudaraan, tapi rasanya berbeda-beda kok. Masing-masing memiliki rasa yang unik dan menetap di hati para penggemar. Wajib dicoba nih buat semuanya. Hehe.

 

Cimol adalah singkatan dari aci digemol. Cimol merupakan jajanan yang sangat ringan. Makanan yang berbahan dasar tepung kanji ini, dibuat bulat-bulat berukuran sedang.

Cimol biasanya dijual di pinggir jalan atau di sekolahan. Cara membuatnya  juga mudah dan praktis. Adonan tepung tapioka dibentuk bulat-bulat, kemudian digoreng dengan minyak dingin. Apinya jangan terlalu gede ya, Mak. Biasanya, cimol disajikan dengan bumbu  tambahan seperti bubuk balado atau rasa lainnya. Cimol sangat enak jika dimakan selagi masih hangat. Kalau sudah dingin akan sedikit keras.

 

Saya pribadi, dibanding dua jajanan sebelumnya, saya lebih suka cilok dan cireng. Saya jarang sekali makan cimol karena kadang terasa capek ngunyahnya. Hehe.

 

Nah, bagaimana Mak? Bahan-bahannya sangat mudah dan murah bukan? Selain mudah dan murah, makanan ini juga awet jika disimpan di kulkas.

Dengan begini, Emak bisa mengubah jajanan di atas menjadi ladang bisnis, sekaligus bisa menjadi camilan di rumah untuk keluarga. Jadi double untung, kan?

 

Sekian ulasan dari saya, semoga bermanfaat.


Ida Raihan
Ida Raihan

Hanya Seorang Ibu Rumah Tangga Dengan Dua Orang Anak Yang Suka Menulis Dan Membaca

8 comments:

  1. Penggemar camilan tiga CI hadirr. Aku termasuk yang suka banget sama jajanan aci ini. Dan emang bener, alasan pertama suka jajanan ini tuh ya karena murah. Dapetnya banyak. Terus bikin kenyang. Waktu masih sekolah, kalau abis jajan tiga ci ini. Otomatis kuat perut sampe sore. Kebetulan aku dulu sekolahnya masuk siang kan ya. Jadi, kadang suka ngantuk kalo ngga ngunyah

    ReplyDelete
  2. mbak ida ini 3 camilan andalan banget ya apalagi buat anak2..sebagai orang sunda ku mendukungmu hihi hidup aci!

    ReplyDelete
  3. Cimol sampai sekarang saya masih penasaran so belom pernah dapat hehehe

    ReplyDelete
  4. 3 C ini bahan bakunya Aci atau tepung tapioka semua ya mbak ..tapi aku belum pernah bikin sukanya beli aja heheh boleh lah pan kpn ku coba bikin..

    ReplyDelete
  5. Cemilan yang mba ida ulas ini emang enak dan mumer juga ya. Mau bikin sesering mungkin juga ga masalah ya

    ReplyDelete
  6. Ternyata ada singkatan nya : cilok, Aci dicolok, cireng, Aci digoreng, cimol, Aci digemol

    ReplyDelete
  7. Belum pernah nyobain cimol mbak. Kalau cilok, sering. Jika anak jajan cilok, emaknya ikutan. Hihihi. Enaknya buat sendiri ya mbak.

    ReplyDelete
  8. saya biasanya cemilan yang sering dibikin, pangsit goreng, tinggal beli kulit pangsit terus dipotong dan digoreng haha, selain itu bikin cilor deh pakai makaroni tapi enggak pakai aci. rasanya juga enaak.

    ReplyDelete