MASIGNALPHAS2101
1897012769711992300

Mengenal Kecerdasan Majemuk

Mengenal Kecerdasan Majemuk
Add Comments
17 May 2020
9 kecerdasan majemuk



Dulu, ketika saya masih bekerja pada sebuah keluarga, saya melihat anak-anak yang cerdas melebihi usia dan teman-teman sebaya mereka. Awalnya saya mengira semua itu berkat kepandaian kedua orang tua mereka dalam mendidik anak-anaknya, namun kemudian saya tahu, di dalam otak manusia ada kecerdasan majemuk (multiple intelligence). Kecerdasan majemuk yang dipadu padan dengan pendidikan yang benar, pasti akan menghasilkan kehidupan yang luar biasa. Akhirnya itulah yang saya temukan dalam keluarga itu. Kedua orang tua yang memiliki pemahaman ilmu parenting yang mumpuni, dipadu dengan anak-anak yang cerdas.


Kecerdasan majemuk pertama kali dikenalkan oleh seorang pakar pendidikan dan psikolog dari Universitas Harvard, yang juga penulis buku berjudul Frames Of Mind: The Theory Of Multiple Intelligences, Howard Gardner.

Lalu apa sih kecerdasan majemuk itu?

Karena setiap manusia memiliki kecerdasan yang berbeda, tentu setiap orang memiliki cara masing-masing dalam menyelesaikan permasalahan hidup mereka. Hal itu disebut sebagai kecerdasan majemuk.

9 Kecerdasan Majemuk, kecerdasan majemuk


Jadi, kecerdasan majemuk, adalah kemampuan seseorang dalam menyelesaikan setiap permasalahan hidup dalam kehidupan dunia nyatanya dan kemampuan menciptakan sesuatu yang bernilai.
Setidaknya ada 8 kecerdasan majemuk pada anak yang perlu dikembangkan.


Kecerdasan Verbal – Linguistik
Kecerdasan linguistik adalah kemampuan seseorang dalam melakukan percakapan, kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif. Atau lebih tepatnya kemampuan dalam mengolah kata. Baik secara lisan maupun tulisan. Anak yang memiliki kemampuan ini biasanya dia akan pandai berbicara, berdebat, berpidato dan sebagainya.

Kecerdasan Logika – Matematic
Kecerdasan logika matematika adalah kemampuan mengolah angka dan logika. Mahir dalam berhitung. Anak dengan kemampuan ini akan memiliki kemahiran menyelesaikan tugas dalam berhitung.

Kecerdasan Spasial – Visual
Anak dalam kecerdasan satu ini akan menyukai dunia desain, menggambar, melukis, mewarnai, dan sebagainya. Bahkan di dalam ruang imaginasinya dia kan selalu memvisualisasikan dari apa yang dia dengar dan bicarakan. Anak dengan kemampuan spasial visual, memiliki kemampuan mengingat dengan sangat baik.

Kecerdasan Kinestetik – Jasmani
Anak yang memiliki kecerdasan kinestik dan jasmani ini akan sangat menyukai dunia olah raga. Semua kegiatan aktivitas fisik, seperti berenang, naik sepeda, berlari, menari dan sebagainya akan menjadi kesukaannya. Anak dengan kemampuan ini cenderung tidak bisa diam, dia akan terus bergerak.


Kecerdasan Musical
Kecerdasan Musical adalah kemampuan bermain musik. Anak dengan kecerdasan satu ini akan memiliki kemampuan menciptakan lagu, bernyanyi, dan mengingati lagu. Dia mampu bermain musik dengan baik. Kemampuannya itu bisa terlihat ketika masa sekolah, dia akan berminat pada musik, menyukai pelajaran yang berbau musik.

Kecerdasan Interpersonal
Anak dengan kemampuan interpersonal memiliki kemampuan berorganisasi yang sangat baik. Dia pandai bersosialisasi, mudah berempati dan memiliki jiwa pemimpin. Dia juga pandai memahami orang lain, sehingga dia memiliki banyak teman.

Kecerdasan Intrapersonal
Anak yang memiliki kecerdasan intrapersonal merupakan anak yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Ketika dia memiliki karya, maka dia akan bangga terhadap karyanya sendiri. Dia juga mampu memahami diri sendiri. Dapat memahami kelemahan dan kekuatannya, serta motivasi diri sendiri. Kekuatannya, dia bisa mengendalikan perilakunya, dan pandai dalam mengambil keputusan maupun membuat rencana.

Kecerdasan Naturalis
Anak dengan kecerdasan majemuk naturalis, akan menyukai alam. Suka mempelajari spesies mahluk hidup. Suka kepada binatang, suka memelihara binatang. Dia juga memiliki kesukaan bertanam serta mengenal berbagai jenis tumbuhan.

Kecerdasan Eksistensial
Anak dengan kemampuan eksistensial ini cendering lebih banyak memiliki pertanyaan. Lebih banyak merenung dengan berbagai pertanyaan dibenaknya. Sebagian pakar mengkaitkan kecerdasan ini dengan kecerdasan spiritual, karena pelakunya selalu menghubungkan keberadaan dirinya dengan alam semesta dan Tuhan. Siapa dirinya? Untuk apa dia ada? Dan sebagainya.

Itulah 9 kecerdasan majemuk yang ada di dalam otak manusia. Para orang tua bisa mengenali kecerdasan masing-masing anaknya dengan mengamati aktivitas keseharian mereka, sehingga akan mudah mengarahkannya jika telah diketahui.


  1. Memang luar biasa nih tugas dan amanah yg harus diemban oleh orang tua, ya.
    Salah satunya bisa mengidentifikasi kecerdasan anak dan mengoptimalkannya

    ReplyDelete
  2. Kecerdasan pun ada kelasnya ya jadi memang beruntung sekali kita sebagai manusia diberikan salah satu kecerdasan itu. Apalagi kalau untuk anak-anak bisa terus digali kecerdasannya, karena aku yakin setiap orang pasti memiliki beberapa kecerdasan itu.

    ReplyDelete
  3. pertama kali aware tentang kecerdasan majemuk ini di tahun 2014, dari situ mulai mempelajari dan mencari tau lebih dalam lagi perkembangan kecerdasan anakku

    ReplyDelete
  4. Pada dasarnya semua anak memiliki kecerdasan masing-masing ya mak, tak sekedar pintar dalam nilai akademis. Punya banyak bakat dan potensi pun sebaiknya terus diasah dan dikembangkan dengan baik :)

    ReplyDelete
  5. Setiap orang punya kecerdasannya masing-masing dan memengaruhi karir dan perjalanan hidupnya. Beruntung sekali kalau sudah ditemukan sejak kecil, lebih cepat dipolesnya

    ReplyDelete
  6. Anakku termasuk yang memiliki kecerdasan visual mba. DIa suka mewarnai dan menggambar. Makasih sudah berbagi mba

    ReplyDelete
  7. Kecerdasan majemuk akan mengalahkan kecerdasan tertentu karena kecerdasan majemuk biasanya mampu mengolah informasi sehingga menimbang dan memutuskan dengan tepat sebuah masalah yang kemudian memperoleh keputusan terbaik.

    ReplyDelete
  8. Aku baru tau banget ada istilah ini mom .. kecerdasan majemuk ini.Karena setiap manusia memiliki kecerdasan yang berbeda, tentu setiap orang memiliki cara masing-masing dalam menyelesaikan permasalahan hidup mereka.

    ReplyDelete
  9. Tapi orang tua juga ada peran sih mbak menurutku yakni menstimulasi anaknya, krn walau ada bakat aja sepertinya gak cukup.
    Apalagi kalau ortunya lbh cepat menyadari kemampuan anaknya dan segera mengarahkan pasti lbh bagus lg hasilnya di masa mendatang #imho

    ReplyDelete
  10. Kecerdasan ininketika bisa diarahkan akan berpotensi ya mba jika anak sudah dewasa mesti bngt d support

    ReplyDelete
  11. Ternyata banyak jenis2 kecerdasan y.. jadi kita gak perlu gusar dengan kecerdasan yang dimilki anak2.. tugas kita juga nih untuk. mengasahnya..

    ReplyDelete
  12. Bener juga nih, kecerdasan anak itu sebenarnya udah terlihat sejak dini. Kalo orang tua mau memperhatikan lebih detil, kelihatan kok kecerdasan masing-masing anak itu.

    ReplyDelete
  13. Dua anakku punya kecerdasan berbeda, jadi menelusuri bakatnya pun berbeda caranya ya..cara belajarnya pun beda..

    ReplyDelete
  14. Walaupun salah satu kecerdeasan boleh jadi bakal lebih dominan, menurutku semua kecerdasan ini harus dikembangkan bersama ya. Jadi anak bisa hidup dengan seimbang, nalar jalan, empati juga jalan, insting seni juga jalan. Mudah2an sistem pendidikan kita kedepan juga bisa mengakomodir itu

    ReplyDelete
  15. Anakku masih belum.dominan hntuk kecerdasannya tp saat dites psikotes 2 bln lalu alhamdukulah anakku sih baik2 aja kecerdasannya hehehe

    ReplyDelete
  16. Kayaknya anakku cenderung ke kecerdasan eksistensial deh dominannya. Thanks mba sharingnya.. Daging banget ini

    ReplyDelete
  17. 8 Kecerdasan majemuk pernah aku tes juga ke anak-anak, anakku yang pertama hasilnya kecerdasan visual nih

    ReplyDelete
  18. Tidak mudah menemukan kecerdasan dominan pada anak yaa...
    Justru rata-rata orangtua memaksakan anak-anaknya memiliki kecerdasan logika matematik dan mengabaikan atau lupa mengasah kecerdasan dominan si anak.

    ReplyDelete
  19. Untuk setiap anak, mungkinkah memiliki kecerdasan beberapa yang berjalan bersamaan? Harus pintar-pintar mengolahnya ya kita sebagai orangtua agar tau cara memperlakukan anak sesuai kecerdasan yang dimilikinya.

    ReplyDelete
  20. Anak saya ada beberapa kecerdasan jadi memang benar kecerdasan majemuk ini terdapat bisa 1/2 pada satu orang anak Terima kasih ya mbak sudah mengulang kembali informasi ini

    ReplyDelete
  21. Bbrp bulan lalu anak sy psikotest minat dan bakat , kecerdasannya sesuai prediksi dan pengamatan sy. Tinggal dipacu nih biar bakatnya terasah

    ReplyDelete
  22. Aku juga pernah berbagi insight tentang manfaat eksplor dini bakat buah hati.

    ... semakin dini kita eksplor semakin dini juga kita menemukan kecerdasan hakiki buah hati.

    Kelak hal ini berguna saat memutuskan sekolah/jurusan untuk mengoptimalkan kecerdasan.

    ReplyDelete