7 Hal Yang Akan Dilakukan Jika Covid-19 Berlalu


Saya tu selalu merasa takjub setiap kali membaca blog post seseorang yang mengulas atau menceritakan perjalanannya saat travelling, wisata, baik wisata sejarah, alam, maupun kuliner. Saya selalu merasa iri dan mempertanyakan, bagaimana mereka bisa melakukannya? Lagi dan lagi. Wow, Itu pasti sangat menyenangkan ya. Apalagi jika membaca blognya Kak Citra Pandiangan yang sering posting perjalanannya yang ciamik. Ke Bali lah, Malaysia lah, Singapura lah de el el. Ajiiib banget dah pokoknya. Lengkap rasa iri Esmeralda. Hikz hikz hikz…

Etapi, saat ini pasti semua sama ya, sedang tidak bisa kemana-mana, hayooo masih #StayAtHome kan? #DiRumahAja? Saya yakin begitu.

Meskipun banyak yang sudah mulai bosan di rumah terus, kita tetap wajib bisa menahan diri agar semua ujian ini segera berlalu. Di rumah juga banyak yang bisa dilakukan kan? Bisa searching apa saja hal menyenangkan yang bisa dilakukan bersama keluarga selama di rumah saja. Sudah banyak blogger yang menuliskan tips-tips menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah. Memasak, ngulik resep baru, membuat kemah kecil, dan berbagai kreativitas lainnya.

Kembali ke tema. Kali ini saya hanya ingin menuliskan keinginan. Ya, keinginan saya ketika wabah corona ini kelak berlalu dan kita semua bebas beraktivitas seperti semula. Semoga segera tiba waktunya.

Pasti Mak Emak juga pada memiliki rencana kan? Ayo kita berbagi cerita.

Mengajak Anak Mengunjungi Taman Favorit

Yang pertama bakal saya lakukan sepertinya adalah, mengajak anak-anak kembali mengunjungi dan bermain di taman favorit terdekat yang biasa kami kunjungi setiap minggu. Ada dua taman di kota Gresik yang menjadi favorite kami. Yaitu Taman GKB dan Taman Petro Kimia. Sekilas  kedua taman ini sama. Sama-sama ada fasilitas bermain anak-anak yang menyenangkan, dan penjual camilan yang bertebaran di beberapa sisi taman. Perbedaannya, jika di taman Petro semua permainan gratis, di GKB ada beberapa pilihan yang berbayar. Seperti Naik odong-odong, kereta, mobil-mobilan, memancing, dan lain-lain.

Mengajak Anak Ke Pasar Pagi

Sederhana banget sih, tetapi kami cukup senang jika di minggu pagi bisa pergi ke tempat ini. Yah walau sekadar jajan receh ala pinggir jalan, tetapi kebersamaan dengan keluarga cukup membuat kami saling merasa nyaman dan bahagia. Apalagi, itu juga kesempatan bagi anak kami mengenal dunia luar dengan bermain dan berlompatan bersama banyak teman yang masih asing baginya, di rumah balon. Anak bisa tertawa dan berinteraksi dengan teman sebayanya di sana.

Wisata Ke Malang

Wisata ke Malang Ini menjadi impian sejak lama. Sudah menabung pulak sebenarnya, tetapi, di musim pandemik corona ini, terpaksa celengan dibongkar untuk menutup beberapa kebutuhan. Hikz hikz mewek. Tetapi bikin bersyukur juga, meskipun receh, celengan bisa sangat bermanfaat untuk menutup kebutuhan tanpa perlu berhutang. Alhamdulillah.

Harapannya sih, akan ada keajaiban usai ujian covid-19 ini sehingga rencana untuk berwisata ke Malang bersama keluarga dapat kesampaian. Aamiin yaa Razaaqu yaa Kariim.

Kumpul Bareng Teman Sesama Mantan PMI

Keinginan ini juga sudah lama. Ingin reunian dan membuat tapinlo bareng teman-teman mantan PMI

Silaturrahmi Keluarga di Jawa Tengah

Ini juga wacana sejak lama. Awalnya akhir tahun 2019 lalu, kemudian mundur awal tahun 2020, lalu mundur lagi bulan Maret 2020, soo on, dan sepertinya tidak perlu lagi diucapkan kapan kapannya. Tunggu saja hingga keadaan kembali kondusif.

Surabaya saat ini masuk zona merah, akibatnya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar)  diberlakukan sejak 28 April 2020 lalu. Sudah beberapa jiwa meninggal akibat covid-19, jadi semua harus patuh untuk di rumah saja jika memang tidak ada urusan mendesak.

Berkunjung Kembali Ke Jakarta

Kangen? Jelas. Selama kurang lebih 10 tahun tinggal di Jakarta jelas banyak kenangan di sana. Komunitas, pertemanan, pertemuan, keluarga baru, bahkan jodohku pun ditemukan di sana.

Masjid At-Tin, Taman Mini, Bekasi, Raya Tengah (Jakarta Timur) adalah tempat-tempat terindah kisah hidupku. Walau pun ada satu dua yang mengusik dan menyebalkan.

Saya ingin kembali ke Jakarta, menjenguk mereka semua.

Mudik Ke Lampung

Walau bagaimana, saya wanita kelahiran Lampung. Bertumbuh di sana dengan segala kepahitannya. Pahit? Hahaha, terdengar lebay ya? Tetapi memang itu kenangan yang tersisa. Inner child yang belum bisa saya jinakkan hingga kini. Yang terkadang membuat saya frustasi sendiri. 

Lalu kenapa masih ingin kembali menjejakkan kaki di sana?

Yah, kedua orang tua saya masih ada di sana. Saya perlu bertemu mereka, memeluk mamak saya, mencium tangan mamak dan bapak. Saya masih mempunyai banyak tetangga yang mengenali saya meskipun banyak yang saya lupa. Saya ingin kembali mengunjungi mereka.

Dulu, saya meninggalkan Lampung (dulunya Lampung Utara, berubah menjadi lampung saja, sejak ada pemekaran) sejak usia sekitar 14 tahun. Wajar kan ya kalau banyak wajah yang saya lupa, dan menjadi tidak betah tinggal di sana? Iyah saya sudah tidak betah tinggal di wilayah kelahiran dan bertumbuhnya saya. Maafkan kota kotakuh.

Liburan Ke Hong Kong

Ini keinginan yang sudah lama juga. Pernah tinggal di Hong Kong selama beberapa tahun, membuat saya selalu kangen liburan di sana. Saya percaya suatu hari, saya bakal bisa liburan ke sana lagi meskipun sampai saat ini belum ada gambaran dana untuk itu. Yah walau dengan bernarap keajaiban dari Allah. Siapa tahu, ye kan?

Hong Kong, negara kecil yang penuh dengan keindahan, dari sana lah aku mulai berkarya. Dari sana aku mulai berani mengeksplorasi diri dengan beberapa karya tulis. Lomba menulis, berkirim ke media cetak, ikut ke dalam antology, hingga menerbitkan buku solo. Semua menjadi kenangan yang tidak akan pernah bisa dilupakan.

Tempat-tempat indah di Hong Kong selalu menawan untuk dikunjungi meskipun berkali-kali.

Itulah 7 hal yang ingin saya lakukan bersama keluarga ketika musim pandemik covid-19 berlalu nanti. Saat ini biarlah, merelakan diri untuk di rumah aja demi kesehatan bersama. Bagaimana rencanamu, Gaes?, 


Ida Raihan
Ida Raihan

Hanya Seorang Ibu Rumah Tangga Dengan Dua Orang Anak Yang Suka Menulis Dan Membaca

38 comments:

  1. Ternyata asli Lampung ya, aku cuma melintas aja di sana. Belum pernah mampir ke tempat wisata di Lampung.

    Aku jadi penasaran dengan cerita Ida di Hongkong. Pernah dituliskan di blog kah, mau baca ah.

    ReplyDelete
  2. Semoga terwujud mbak. Memang ya ketika gerak terbatas, maka angan untuk melakulan hal apapun menjadi semakin menggebu. Kayak aku nih, sudah hampir lumutan kayaknya soalnya 2 bulan dirumah aja ahahaha

    ReplyDelete
  3. Wah, saya juga pengen ke Malang, mbak. Udah rencana jauh-jauh hari dan masih dalam tahap menabung bekal liburan

    ReplyDelete
  4. Aku kepengen ke Bali naik mobil pribadi sih rencananya hehehe : Lihat sikon aja sih, nyetirnya bergantian dengan suami :D Atau mau ke Malang, Bandung dll pokoknya jalan2 terus deh sama belanja pakaian anggota keluarga. Makanya sejak kemarin2 udah berbenah rumah biar arpi.

    ReplyDelete
  5. Waaahh...banyak bangetttt list rencana jalan2nyaaa. Bikin mupeeng. Ngajakin anak2 ke taman tuh emang mneyenangkan dan mereka ngga bosan. Anakku juga, sering minta ke taman yang sama karena banyak mainannya. :D Btw, ke Jatengnya mana nih, Mbak? Aku Jateng juga. :D

    ReplyDelete
  6. Aku pengen ke Warkop aja dulu ngumpul sama rekan kerja, teman, sahabat dan keluarga , trus hahhaa hihii ngobrolin pandemic, ahhh kebyang deh kehangatan suasananya

    ReplyDelete
  7. Saya pengen ajakin neng Marwah keliling kota Bandung dan main ke mall, ke taman, kasian dia di rumah terus hehe

    ReplyDelete
  8. Aku punya sahabat di Gresik dan lama nggak ketemu, terus pas habis pandemi ini rasanya ingin roadtrip ke daerah timur termasuk Malang juga... Semoga kita dikasih kesempatan kesehatan dan rezeki untuk mewujudkan ya Mba

    ReplyDelete
  9. WIh sudah berapa lama gak balik ke Lampung, Mbak Ida?
    Semoga setelah pandemi selesai bisa segera balik ke Lampung yaa.

    ReplyDelete
  10. aku kangen mau pulang ke rumah di Citra Indah huhuhu.. semoga setelah pandemi ini aku bisa stay di sana ya dan mba bisa melakukan ke-7 hal yang disebutkan di atas

    ReplyDelete
  11. semoga segera berlalu ya pandemi ini supaya kita bisa leluasa berkegiatan dan traveling lagi..

    ReplyDelete
  12. diawali dr mimpi/imaji dan nanti tinggal realisasi saat selesai pandemi. semoga terwujud rencana-rencana Mbak Ida :)

    ReplyDelete
  13. Samaaa...pengen mudik klo pandemi ini selesai udah rindu ibu bapak sm adik2 di kampung halaman

    ReplyDelete
  14. aku pengen pulang ke rumah ketemu bapak huhuhu dah kangen tak tertahankan ini. Semoga rencananya berjalan baik ya mak. sambil berdoa semoga corona segera berlalu

    ReplyDelete
  15. Menurut beberapa pendapat kabarnya Covid 19 ini belum bisa pulih dan sirna dalam 2 tahun mendatang. Jadi ya harus mengetatkan ikat pinggang, berhemat dan menjaga agar kita tetap sehat dan tidak boros. Kalau saya mungkin yang jelas mengurangi traveling.

    ReplyDelete
  16. Wah sama nih, abis covid berlalu, yang aku kepengen lakukan adalah jalan-jalan bareng anak-anak dan keluarga. Kasian mereka gak ke mana2. Aku sih, walopun kepepet, masih bias ke luar rumah. Tapi anak-anak bener2 di rumah terus. Semoga covid 19 lekas berlalu ya.

    ReplyDelete
  17. Wah kamu pernah tinggal di Hongkong mbak? Kalau aku ketika pandemi berlalu aku pengin banget ke Jogja sama ngajak anak ke taman bermain

    Karena selama dirumah aja, dia mulai bosan dengan rutinitas mainan itu-itu aja
    Hehehe

    ReplyDelete
  18. Semoga wabah ini cepat berlalu Mba... dan semua rencana yang disiapkan dapat dijalankan dengan lancar...

    ReplyDelete
  19. Walau punya kenangan yang kurang menyenangkan tentu kita pasti kangen dengan kampung halaman, ya Mbak aku pun kangen mudik ke Bengkulu

    ReplyDelete
  20. Aamiin~
    Semoga pandemi ini segera berakhir seperti yang kita semua harapkan.
    Happy banget bisa travelling beres pandemi ini yaa, kak..

    ReplyDelete
  21. Rencanaku pengen pergi ngaji tiap hari minggu di salah satu masjid di Bandung, jalan ke hutan Djuanda, ketemu temen dan nonton film lagi di bioskop. Abis itu jalan ke luar kota. Dah kangen ngebolang ini

    ReplyDelete
  22. semoga bisa diwujudkan ya mba ida, kalo saya sih belum ada rencana mau kemana-mana, masih wasa wasa aja, mungkin nanti beguyur ajalah, sampai semua normal lagi

    ReplyDelete
  23. Ipeh juga, Kak. Pengen banget ke Malang kalau pandemi berakhir. Pengen ngebolang lagi, sama pengen ke Bromo lagi tapi dari jalur lain. Ah, banyak pengennya akuh, hehe.

    ReplyDelete
  24. masyaallah... semoga pandemi segera berakhir dan kita semua bisa beraktivitas seperti biasa ya mbak, amiin. Saya pun pengen ajak anak-anak jalan-jalan ke Kota malang jika wabah sudah pergi nanti

    ReplyDelete
  25. Sama mbak, kangen banget jalan-jalan sama keluarga. Minimal ngajak anak main di taman bermain atau berenang di kolang renang umum. Ketemu keluarga juga pengen, udah kangen banget soalnya.

    ReplyDelete
  26. Aku gak muluk-muluk kak Ida.. aku udah kangen banget pergi ngaji. Dan setisp hari selama Ramadhan ini juga selalu berdoa agar virus cepat berlalu. Terasa banget semua sendi kehidupan terkena imbasnya

    ReplyDelete
  27. Mudiiiik, sama banget mbak. Saya kangen banget mudik itu di selama perjalanannya. Di dalam perjalanan rasanya banyak banget menemukan kebebasan padangan.

    ReplyDelete
  28. Ayolah kita ke Malang bareng nemuin ivonie, mbak hanik dll atau Ayo kita liburan bareng ke Hongkong sebelum pasport expired. Sekalian ke makau dan shenzhen ya 🀣🀣 10 hari cukup kah buat kita jalan😍😍😍

    ReplyDelete
  29. Saya pun punya banyak hal yang ingin dilakukan ketika Covid-19 berlalu, semoga pandemi ini segera berakhir ya, Mbak. Insyaa Allah.

    ReplyDelete
  30. udah panjang perjalanannya yaa Mbak Ida... asli Lampung, pernah tinggal di Hong Kong trus 10 tahun di Jakarta. Hmm banyak hal yang telah dikecap dan dirasakan ya Mbak

    ReplyDelete
  31. Wah benar itu anak-anak harus dibiasakan ikut ke pasar, apalagi jika punya anak perempuan biar terbiasa dan gak penggeli kaya aku.. kalau udah ke pasar tradisional paling nggak suka haha padahal kan bagus ya untuk meningkatkan ekonomi dan daya beli. Aku juga mau ke Bandung usai pandemi ini, kangen liburan

    ReplyDelete
  32. Aamiin semoga terwujud ya, Mbak. Semogaa mereka yang sampai hari ini masih ga peduli disadarkan Tuhan.

    Yang saya ingin lakukan setelah pandemi berakhir adalah jajan kopi ke kafe. Kangen banget. hahaha...Lalu ajak anak - anak berenang, konsul ke dokter gigi untuk gigi saya yang sering ngilu dan ke dokter THT untuk ABG saya yang sering ngeluh bagian belakang telinganya sakit.

    ReplyDelete
  33. Makasih tipsnya bunda, sangat bermanfaat baget buat para pembaca

    ReplyDelete
  34. saya pengen jalan-jalan juga kalo pandemi ini berakhir. ya ampun kangen banget dengan jalan-jalan haha dan bebas mau kemana saja. semoga pandemi ini bisa benar-benar berakhir ya mba. Aamiin

    ReplyDelete
  35. Saya juga pengen mengunjungi mertua, terus rame-rame makan bersama di manaa gitu. Lebaran kali ini sepii sekali..

    ReplyDelete
  36. wih rencana-nya banyak sekali kak, kalo aku cukup ingin mudik ke kampung dan pergi ke tempat wisata di sana bersama keluarga udah itu aja. setelah itu pergi cari uang lagi

    ReplyDelete
  37. Waah ada rencana wisata ke Malang
    mewakili orang Malang, welcome to Malang mba!
    Semoga menemukan banyak kebahagiaan selama liburan ke Malang :D

    ReplyDelete
  38. pasti saya auto pulang kampung. minta suami cuti biar bs puas di rumah mama dan mertua. kebetulan beliau semua sekota sih duh kapan yaa pandemi berlalu

    ReplyDelete