Ketika Anak Aktif Tiba-Tiba Jadi Pendiam

Anak aktif, kreatif


Beberapa kali mengunjungi Gress Mall, Nurul (3 tahun) selalu berlari menuju tempat bermain anak-anak di lantai dasar. Padahal setiap ke Gress Mall selalu buru-buru karena meninggalkan bayi di rumah. Nadine yang belum 9 bulan.


Biasanya kami ke Gress Mall jika ada keperluan mendesak, seperti mencari buku untuk refrensi menulis, ini biasanya tidak cukup hanya sekali datang, karena pasti ada saja kekurangannya. Atau mengecek elektronik yang kami butuhkan. Jadi tidak memungkinkan sekali jika harus menuruti keinginan Nurul untuk bermain di tempat permainan anak yang saya sebutkan di atas. Alhamdulillah meskipun kecewa, marah, Nurul tidak sampai tantrum saat tidak diijinkan bermain.

Jatuh Sakit

Akhir bulan Januari lalu, saat sedang bermain, saya temukan Nurul seperti kehilangan gairah, anak itu tiba-tiba terlihat kuyu dan lemas, saat saya tawarkan untuk berbaring Nurul mengikuti dengan patuh, lalu terlelap dan pulas. Karena ini tidak seperti Nurul biasanya, saya pun curiga. Benar saja, saat saya sentuh dahinya, panasnya sudah terasa menyengat. Seketika saya cek dengan thermometer. Benar, suhu badannya sudang ada di angka 38,7. Malam kemudian, belum ada perubahan, padahal sudah saya kompress dan dibalur dengan asam Jawa dan bawang merah parut. Dua hari masih belum ada perubahan. Hinggal 4 hari, akhirnya kami memutuskan membawanya ke dokter.



"Ini anak yang aktif itu kan ya?" Tanya dokter yang memeriksa Nurul. Ah, dokter sudah pada hafal dengan keberadaannya. Dia satu-satunya anak yang tidak mau diam saat di ajak ke klinik. Selalu berusaha merangsek ke ruang lainnya, naik ke meja, berdiri di kursi, penasaran dengan komputer, lari-larian, angkat-angkat kursi, dan lain-lain. Padahal banyak anak yang seusianya ikut ke klinik, tetapi tidak ada yang seheboh dia. Nurul Ikhlas terlalu aktif sehingga menjadi perhatian banyak orang. Setelah selesai periksa, dokter memberikan obat.

Ketika Bunda Kehilangan Sosoknya

Berhari-hari, panas Nurul belum turun juga. Rasanya sediiih menyaksikan anak yang setiap hari membuat emosi jiwa itu terkulai lemas, anak yang selalu menciptakan masalah dengan tingkahnya, tiba-tiba anteng tiduran, tidak merengek, tidak menangis. Tidak mau makan, tidak mau jajan, padahal biasanya seriing lari keluar rumah dan pulang bawa jajan, bundanya terpaksa menuntunnya agar mengembalikan. Dia ambil di warung ikut-ikutan teman. Berkali-kali Bundanya harus memberinya wejangan, "hanya boleh ambil jajan kalau Nurul bawa uang. Faham?" Dibalas dengan anggukan lalu minta jajan.



Hatiku sedih ketika pintu terbuka Nurul hanya menatap tanpa ada keinginan untuk kabur seperti biasanya. Padahal jauh hari sebelumnya, saya sampai merasa putus asa menghadapinya. Sehingga ayahnya mengikat pati semua jendela, mengunci semua pintu agar dia tidak kabur. Hari itu saya benar-benar merasa kehilangan ketika Nurul tiba-tiba menghentikan kebiasaannya.

Janji Mengajak Bermain

Dua mingguan Nurul tergolek lemas, tidak tertarik dengan semua mainan, apalagi makanan. Di puncak rasa kehilangan Bunda berkata, "Nurul, ayo sembuh. Nurul pingin mainan di mall itu kan? Kalo sembuh Bunda ajak main kesana. Baaanyak bola. Nurul bisa main sepuasnya. Mau?" Nurul mengangguk. "Kalau gitu, sembuh ya."

Seketika sembuh? Tidak, Maak. Masih butuh semingguan lagi untuk dia benar-benar pulih dari sakitnya.



Pemenuhan Janji 

Setelah Nurul benar-benar sembuh, akhirnya kami memenuhi janji mengajaknya bermain di tempat permainan di Gresik Mall (diulas terpisah insya Allah). Tadinya ini mau menulis review tempat bermain di GressMall itu sih, tetapi intronya kok segini panjaang jadi dibagi dua aja deh. Hahahaha.
Ida Raihan
Ida Raihan

Hanya Seorang Ibu Rumah Tangga Dengan Dua Orang Anak Yang Suka Menulis Dan Membaca

37 comments:

  1. duh sedih banget kalo anak yang biasanya aktif tetiba seperti kehilangan gairah ya...

    Tapi emang sejak awal tahun, mulai deh tuh musim pancaroba, banyak orang yang jadi sakit termasuk saya sekeluarga juga kena batuk flu hingga demam.

    Semoga sehat selalu nak Nurul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langkah yang tepat memang membawanya periksa ke dokter. Biar ketahuan sakit apa dan dikasi obat yang sesuai.
      Jangan lupa rajin minum vitamin setiap hari.

      Delete
  2. Aduh kalau anak sakit bawaannya lemessss bgt mbaaa. Aku lemes. Kayak ikutan sakit2 nih badan.

    Apalagi klo dia udh gada gairah main kayak biasanya. Sedih ya. Ahhh tp sekarang kakak Nurul udh sembuh. Sehat2 ya nakkkk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, biasanya gitu, jadi ikut meriang emak.

      Alhamdulillah udah sehat lagi. Aamiin.

      Delete
    2. Bener. Duh jd inget sakitnya kontraksi melahirkan ya mba. Duhhh meni pedih pisan.

      Semoga kt dijauhkan dr sakit penyakit. Amen.

      Delete
  3. Jangan mba yang seorang ibu ke anaknya, saya aja nih kalau ponakan sakit padahal biasanya berisik, lari-lari dan aktif seperti nurul rasanya jadi aneh dan sepi. Nurul yang melihat ke kamera dari bawah gemes deh. Alhamdulillah dah sembuh ya sekarang dan jadi main ke GressMallnya. Aku turut seneng :)

    ReplyDelete
  4. Kalo anak sakit rasanya ada yang kurang banget. Suasana rumah jadi sepi. Sama kayak saya, langkah pertama diobati tradisional dulu, kalo masih gak ada perubahan, baru ke dokter

    ReplyDelete
  5. Aku bacanya juga ikut khawatir dan sedih , Alhamdulillah sudah sehat ya, selamat bermain dan jalan jalan lagi di gresik mall :)

    ReplyDelete
  6. Kalo anak-anak alami gejala sakit, kita sebagai ortu pasti worries banget ya

    ReplyDelete
  7. Waduh...de Nurul namamu samaan sm tante nih hehehe 😅😘 Itu main bedak apa ya di atas meja? Anak aktif tiba2 jd pwndiam bisa jd karena ada keinginan yg blm direalisasikan oleh orangtua tapi takut bilangnya. Akhirnya seneng kan jd main ke Gresik Mall 😍 yeyeye.

    ReplyDelete
  8. sehat terus ya dedek, lebih baik liat anak-anak aktif walaupun kadang bikin berantakkan hehehe

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah, Nurul sudah kembali sehat. Aktif seperti sebelumnya ya Nurul dan bermain dengan ceria kembali.

    ReplyDelete
  10. Biarkan saja anak aktif yg bikin berantakan rumah, karena ada masanya buat anak. Jadi biarkan anak berekspresi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Walaupun kadang bener bener kerasa capek.

      Delete
  11. Bisa merasakan sih gmn kl anak tetiba jd pendiam. Tq sharingnya yaa kak

    ReplyDelete
  12. Anak yang biasa aktif kemudian jadi diam karena sakit memang bikin sedih. Alhamdulillah sekarang sudah sembuh. Seneng deh ya diajakin jalan-jalan ke mall :)

    ReplyDelete
  13. Duh jadi inget anakku nomor 2, lasak bukan main
    Tapi kalo sakit bikin nangis emak nya

    ReplyDelete
  14. Semoga sehat terus ya dik Nurul, tetap lincah tapi waspada kalau ada bahaya.

    Mbak, itu yang diatas meja bedak apa tepung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bedak. Wakakka, tepung di kursi deket dapur biasanya

      Delete
  15. Betul ya mbak kan ada pepatah harus bersyukur rumah berantakan artinya ada anak2 yg sehat yang bikin berantakan.

    Semoga sakitnya jadi bikin lebih pinter ya Nurul, semangat!

    ReplyDelete
  16. Semoga Nurul sehat selalu ya Mbak...kalau anak sakit memang rasanya pengin kita aja yang sakit ya hiks. Dari yang semual aktif jadi pendiam bahkan lemas badannya
    Semoga semua sehat selalu ya Mbak

    ReplyDelete
  17. kalau anak sakit itu emg yang paling sedih dari seorang ibu ya mba, rumah jadi sepi karena suara kencengnya pas main- main hilang, semoga sehat selalu ya mba anaknya Amin...

    ReplyDelete
  18. Halo dedek Nurul, sehat selalu ya sayang.
    Alhamdulillah ya mba, udah sembuh dan kembali ceria
    kalau saya ngerasain ibu sakit langsung bawaannya pengen pulang dari rumah mertua dan menjaga beliau hehehe. Apalagi ntar kalo aku jadi ibu, nggak karuan ya rasanya pasti

    ReplyDelete
  19. Saya kadang sebal ama si kakak yang cereweeeettnya minta ampun, soalnya dia cowok dan mulutnya tuh nggak berhenti ceriwis sampai nggak ngapa-ngapain dong hahaha

    Tapi pas dia sakit dan diam, kok saya jadi sedih banget :D
    Anak-anak memang penuh kisah ya, semoga anak-anak sehat selalu ya :)

    ReplyDelete