08 May 2019

Skippy, Solusi Mudah Menu Berbuka



Kesibukan mengurus bayi baru lahir dan kakaknya yang belum genap tiga tahun (baru 30 bulan), membuatku  merasa keteteran mengurus pekerjaan sehari-hari. Terutama masalah cucian dan memasak. Beruntungnya terkadang ayahnya anak-anak masih bisa membantu mencuci pakaian dan itu sudah  sangat meringankan pekerjaan saya.

Ramadhan tiba. Jika biasanya pagi sekali sebelum suami berangkat kerja saya menyiapkan sarapan, di bulan Ramadhan tentu hal itu tidak saya lakukan lagi. Sarapan suami dimajukan pada jam sahur. Dan biasanya di jam ini saya hanya memanaskan sisa makanan dari berbuka. Memasaknya untuk makan saya dan anak-anak menunggu jika si sulung sudah bangun. Dan pilihannya adalah ceplok telur, dadar, atau goreng nugget.  Simple. Jelang berbuka baru mulai masak lagi.




Nah, di sinilah masalahnya. Kesibukan mengurus dua batita tidak selamanya bisa menyesuaikan jadwal yang telah ditetapkan. Si bayik jelas jam tidurnya masih belum stabil. Sementara si sulung juga sepertinya masih belum bisa membedakan antara siang dan malam. Taunya bermain saja sehingga tengah malam pun terkadang minta keluar untuk jajan. Lalu paginya bangun siang. Jam tidur siang pun menjadi berantakan. Kadang baru mau tidur di atas jam dua siang. Akhirnya pada jam masak dia bangun. Anak-anak kalau baru bangun tidur pasti rewel. Alhasil pada jam masak malah sibuk ngurusin anak. Gak sempet masak deh. Kalau suami lagi gak makan di rumah sih gak masalah. Tapi kalau pas lagi di rumah kasihan dong waktunya berbuka  nggak ada makanan.



Menu Pengganti
Yah solusinya adalah, membuat menu pengganti yang simple. Tidak membutuhkan banyak waktu untuk menyediakannya. Biasanya saya menyediakan the hangat manis, kurma, gorengan, atau roti. Minimal untuk membatalkan puasa dan ganjel laper sampai saya sempat memasak.

Dan kali ini, pilihan saya adalah roti selai kacang dari Skippy. Selain rasanya yang creamy dan enak, menu inilah yang sangat mudah untuk membuatnya. Tidak memerlukan waktu lama.

Itulah ceritaku. Bagaimana denganmu para Emak? Apa kreasimu dengan Skippy?

22 comments:

  1. Bulan puasa yang praktis praktis memang biasanya yang disukai para ibu. Biar gak ribet secara puasa itu sendiri udah bikin lemas ya. Dengan roti selei kacang yang bergizi juga bisa ganjal perut kok.

    ReplyDelete
  2. Saya pernah bikin ayam ungkep dengan Skippy. Pernah juga bikin smoothie pakai Skippy. Semua rasanya enak

    ReplyDelete
  3. Praktis banget dan dijamin enak ya. Yg penting si kecil makin semangat puasanya

    ReplyDelete
  4. Saya suka banget dengan skippy peanut cream ini mbak. Teksturnya lembut, bisa dipakai selai untuk makan roti tawar, bisa juga dijadikan saus cocol kalau kita makan cilok atau bisa dijadikan campuran memasak Cotto Makassar

    ReplyDelete
  5. Enak banget mbak, memang saya suka dengan skippy peanut ini mau diaplikasikan apa aja bisa. Apalagi pakai sajian kurma dan teh hangat, mantap...

    ReplyDelete
  6. Skippy ini dimakan pake apapun kayaknya cocok dan enak yaa, Mba. Mulai dari dijadikan selai roti tawar sampe jadi campuran masakan "berat" juga bisa :)

    ReplyDelete
  7. Skippy mah emang enak bgt, gak diapa2in juga ya Mba. Apalagi campur roti kyk si adek.. Nikmatnyaa :)

    ReplyDelete
  8. Sama mba...selain mi aku juga kadangkala detik roti dan ubarampenya kalau2 kepepet harus buka/sahur sementara masakan blm siap.. praktiiis..hehe..

    ReplyDelete
  9. Aku udh nyobain selai ini. Memang enak banget, teksturnya lembut:)

    ReplyDelete
  10. Huaa Skippy itu favorit banget dikeluarga ku terutama anakku yang bungsu pasti ya roti atau biskuit pakai skippy.

    ReplyDelete
  11. Yup apalagi punya anak yang belajar puasa. Jadi penolong banget ini si Skippy supaya anak semangat nunggu bedug

    ReplyDelete
  12. Selai kacang juga bagus untuk penambah energi anak. Yang chunky bisa jadi saus makanan ^_^

    ReplyDelete
  13. Drama bersama anak batita dan bayi ini memang butuh perjuangan.
    Aku dulu dengan anak berjarak 2 tahun, tiap menyiapkan sahur, sambil bolak-balik ke kamar untuk menyusui.
    Belum lagi, kaka yang kerap ikut sahur.

    Alhamdulillah,
    Hikmahnya...ketika mereka sudah usia 8 dan 6 tahun seperti sekarang, mereka sudah terbiasa bangun sahur dan membantu Mama di dapur.

    Memang...
    Semua ada saatnya.

    ReplyDelete
  14. Kalo ada skippy ga usah pake apa apa mba klo aku. Colek aja langsung pake sendok. Enakkkk hahaha

    ReplyDelete
  15. Wah si ade enak banget lagi makan roti pakai Skippynya sampai ngiler nih aku hihihi. Memang praktis ya kalau ada skipy mau buat camilan apa aja bisa

    ReplyDelete
  16. Skippy tuh ga diapa apain sdh enak ya..aku suka banget ngegado.hehe..

    ReplyDelete
  17. Aku saking suka sama Skippy kadang makannya nggak pake roti tapi diratahin gitu aja pakai sendok hihi

    ReplyDelete
  18. Selai kacang efektif juga buat booster berat badan anak lo Mbak. Masuk dalam item snack yang diapprove dokter anak kami....

    ReplyDelete
  19. Selama ramadan ini aku belum berbuka pakai roti nih.. setelah baca tulisan mba, jadi terinspirasi nih, apalagi buat anak kecil ya yang sedang belajar puasa, bisa jadi reward makanan bergizi saat berbuka nih.. thanks for sharing mba

    ReplyDelete
  20. anakku ada masa di mana di adoyaaan banget makan selai kacang dan hanya selainya yang dimakaaan hehehe. It's tasty indeed..makanya pada sukaaa

    ReplyDelete
  21. Anak-anakku ga begitu doyan selai kacang sih mak, justru emaknya yang hobi nggayemi hihiii... Tapi lihat kreasi teman2 dengan skippy, jadi tertarik juga loh untuk bikin. Ngumpulin ide dulu aaahh..

    ReplyDelete
  22. Di rumah yang doyan banget selai kacang tuh aku, apalagi dimix cokelat...lezat banget deh. Tapi aku belum pernah coba skippy jadi penasaran

    ReplyDelete