BLANTERVIO103

Hemat Ngadepin Promo Online

Hemat Ngadepin Promo Online
11 May 2019


Sudah enam hari Ramadhan berjalan. Rasanya begitu cepat bukan? Baru kemarin dimulai, tidak terasa sudah dapat satu minggu.


Seiring dengan berkurangnya Ramadhan, maka lenaran pun semakin mendekat. Emak-emak sudah mulai sibuk pilah-pilih, gamis mana yang pas untuk merayakan kemenangan nanti. Cocok di badan, cocok di dompet.

Mencari-cari pakaian suami dan anak-anak. Berpindah dari satu toko online ke toko online lainnya. Melirik promo diskon besar-besaran yang ditawarkan oleh market place di online. Wow... udah ngincer apa aja nie, Mak?

Tahan diri ya Mak? Promo di Ramadhan ini jangan sampai membuat kalap mata. Santai aja dulu, sambil menunggu THR turun. Bagi yang masih memiliki THR tentunya. Kalo saya mah sudah gak bisa ngarep. Pasrah dengan pemberian suami sajah. Dan karena hal itu saya mesti pandai-pandai mengatur keuangan.



Menyikapi hal tersebut saya pun membuat plan. Apa saja yang harus saya beli untuk kebutuhan lebaran nanti. Beruntungnya pengeluaran saya belum sebesar orang-orang yang memiliki rumah sendiri, yang harus menyediakan kue lebaran dan jamuan ketupat seperti umumnya lebaran. Kami termasuk pasangan muda yang belum diribetkan dengan hal-hal semacam itu. Lebaran tahun ini masih bergabung dengan mertua.

Berikut adalah cara saya menghadapi promo diskon di online, demi meminimalisir pengeluaran.

1. Prioritas
Tidak perlu memaksakan beli ketika melihat barang menarik lagi promo diskon. Tetap utamakan kebutuhan. Seperti pakaian anak misalnya. Karena biasanya anak-anak sangat membutuhkan pakaian lebih ketika lebaran. Khususnya yang di masih batita.

2. Benar-Benar Butuh
Membeli yang benar-benar dibutuhkan saja. Biasanya emak-emak kalau melihat barang diskon kan kalap mata. "Mumpung diskon." Katanya. Gak peduli sedang butuh atau tidak. "Siapa tau nanti butuh." Hayooo siapa yang pernah begitu? Ngaku.

3. Gunakan Pencatatan
Ini biar kita gak lupa apa saja yang kudu dibeli. Jangan sampai kita kelupaan, dianggap uang masih sisa banyak, lalu dibelikan ini itu, pas barang sampai, ternyata keinget ada yang belum dibeli, sementara uang sudah habis. Berabe deh.

Kayaknya itu aja sih cara saja ngadepin promo online. Barangkali ada emak yang mau menambahkan?
Share This Article :
Ida Raihan

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 20 comments:

  1. Ketiga hal di atas selalu jadi warning saya dalam belanja mbak, apalagi kalau bicara soal prioritas antara kebutuhan dan keinginan.

    ReplyDelete
  2. Bersyukurlah saya karena bukan termasuk penggila belanja online.
    Saya lebih suka belanja langsung di toko, lihat dan pilih barangnya. Jadi emang harus sediain waktu untuk ke tokonya dan pilih barang yang bener2 pas.

    ReplyDelete
  3. duluuu, mungkin aku termasuk yg heboh kalo belanja online apalagi mendekati lebaran. tp makin kesini, kayaknya prioritas udh berubah :D. aku jg lbh mentingin traveling drpd sekedar beli baju yg jujurnya udh numpuk dan banyak yg blm kepake malah.

    prinsipku skr 1 mba, kalo sampe lemari ga bisa menampung baju yg baru, berarti stop beli, ato buang baju yg lama sebanyak baju yg dibeli

    ReplyDelete
  4. kalo aku biasanya cara nipu diri, aku masukin whislist doang, terus aku close deh, dan lupa, dan gak jadi belanja, dan selamattttt hehehe

    ReplyDelete
  5. Saya termasuk yang memanfaatkan masa diskon ini untuk nyetok barang yang beneran dibutuhkan sepanjang tahun Mbak. Hihihi.... Setuju banget dengan poin 1 sampai dengan 3, nya. Kalau beneran bisa memanfaatkan dengan baik dan benar, promo-promo ini menguntungkan sebenarnya. Hanya jangan sampai kalap ya....

    ReplyDelete
  6. Setuju mba, tapi kadang-kadang masih suka kebablasan untuk belanja hal yang diluar bajet bulanan. Semoga aku kedepanya makin konsisten

    ReplyDelete
  7. Iyaa...
    Aku sering banget begini niih...mumpung diskon, pasti nanti kepake juga deeh...

    Tapi ujung-ujungnya, itu barang mangkrak.
    Kalo ga ada expired datenya siih...aman. Tapi kalo ada kaan...mau ga mau kudu dipake...
    Huhuu~

    ReplyDelete
  8. Hemmm kalau aku beli promo online terus tak jual lagi mbak solusinya.. Hehehe...

    ReplyDelete
  9. memang bener ya musim menyambut lebaran gini suka laper mata liat diskonan langsung kalap habaha

    ReplyDelete
  10. Cara paling simpel buatku adalah gak install appsnya eCommerce dan langsung skip-skip kalau liat iklannya :))))

    ReplyDelete
  11. Betul tuh penting banget mencatat semua kebutuhan supaya ga bocor wkwkwk.

    ReplyDelete
  12. Aduh. Aku merasa ditampar liat postingan ini huahhahahaaa. Maklum kalau diskon malah ajangnya unt belanja, tp mang suka bablas ya jd belanja yg ga penting *sigh.

    ReplyDelete
  13. Kemaren yg bikin ngerem belanja adalah niatan minim sampah dgn pakai apa yang udah ada... tapi akhirmya jebol juga pengen beli baju lebaran anak2 hihihi

    ReplyDelete
  14. setuju beli kalau bener2 butuh kadang emang suka laper mata udah punya model 1 eh beli lagi yang beda warna doang wkwkwk

    ReplyDelete
  15. Bener banget nih. Kalau udah buka internet bawaannya pengen belanja di online shop aja huhu.. Harus tahan diri terus nih!

    ReplyDelete
  16. nambahin caraku ya mbak, bikin perbandingan harga barang di beberapa toko online. Ribetnya emang yang dicari, jadi kan bs berhari-hari tuh membandingkan trs ternyata ga butuh, atau bisa diganti barang lain.. ga jadi deh jajan hehehe

    ReplyDelete
  17. Sepakat sama kiat-kiat di atas, mba!
    Belilah sesuai kebutuhan bukan kemauan, eeaaa ^^
    ... nah saat promo online beginilah, hal itu kita buktikan.
    Berhasil atau malah zonk, hihihi

    ReplyDelete
  18. Dulu ia, sekarang sudah ngga lagi, belajar dari pengalaman biar ngga kebablasan hahaha....

    ReplyDelete
  19. Seneng deh kalau ada promo gt ya aku biasanya manfaatin

    ReplyDelete
  20. Betul banget, kalau dana darurat sudah full, dana pendidikan siap, baru deh boleh sedikit belanja belenji itu juga cari yg diskon ya :)

    ReplyDelete
1897012769711992300