Resep Nasi Goreng Kencur



Nasi goreng kencur ini sudah menjadi andalan  bagi keluarga saya turun temurun. Dari moyang sampai ke generasi sekarang.


Dulu saya tahunya nasi goreng  itu ya berbumbu kencur. Sampai ketika akhirnya saya keluar dari kandang (merantau) di usia 16 tahun, saya menemukan penjual nasi goreng yang menggunakan kecap. Jelas saya tidak tertarik, karena memang saya tidak doyan kecap waktu itu (saya mulai doyan kecap sejak menikah sama suami sekarang. Ceritanya terkontaminasi 😃).

Saat ini nasi goreng kencur sudah tidak asing lagi. Di beberapa daerah sudah ada penjual nasi goreng kencur. Salah satunya di kota Bandung (pernah nonton di tayangan televisi). Padahal dulu, ketika saya ikut suami belanja ke pasar di Jakarta Selatan, banyak orang heran ketika saya mencari kencur untuk menggoreng nasi.
“Jahe kali Mbak.” Begitu kata mereka. Padahal saya benar-benar sadar sedang mencari kencur yang akhirnya tidak saya dapatkan. Karena sekian banyak penjual bumbu, tidak ada yang menyediakan kencur.



Nasi goreng kencur ini sangat nikmat apabila disantap dengan daun kenikir atau petai China muda. Kamu pasti belum pernah nyobain kan? Bisa juga sih dengan lalapan jengkol atau petai  biasa. Plus ada ikan asinnya. Yuk dicobain.

Bikinnya gampang gak  pake ribet.  Cuss lanjuut...

Resep Nasi Goreng Bumbu Kencur

Untuk satu porsi

Sepiring nasi putih (enak juga pake nasi tiwul atau oyek)
2 Butir ukuran besar Bawang merah
2 Butir Bawag putih
5 biji cabe rawit (jika suka pedas bisa ditambah
2 ruas jari kencur. Garam dan   penyedap rasa  (jika mau. Saya tidak pakai).

Cara:
* Haluskan semua bumbu termasuk garam. Sisihkan.
* Panaskan minyak dengan wajan. Tumis bumbu halus. Masukkan nasi, aduk terus hingga bumbu dan nasi tercampur rata. Matikan api. Nasi goreng kencur siap dinikmati.

Nah, gampang banget kan Mak. Hayuk atuh praktekin sendiri ajaaaah. Kalau di kampung saya nasi goreng biasanya dinikmati jika pagi tiba. Untuk sarapan. Mari sarapan… 😃

Comments

  1. baru dengar nasi goreng kencur

    ReplyDelete
  2. Wah boleh juga nih buat variasi olahan nasi goreng... mudah2n anakku suka nasi goreng kencur kayak gini pas kucoba

    ReplyDelete
  3. Whoaaa, asyik banget kalo menu buka puasa kayak gini.
    jadi smangaaatt
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Eh rasanya gimana sama kencur belum pernah nyoba. Biaasanya kan pake kecap iki ora yo
    Jadi inget nasgor jaman dulu yang sama garam bawang itu loh

    ReplyDelete
  5. Rasanya enak ya aku pernah nyobain nasi goreng kencur, nasi goreng kunyit juga. Masaknya juga praktis banget

    ReplyDelete
  6. Aku suka banget bumbu kencur. Kalau buat nasi goreng pasti sedap.

    ReplyDelete
  7. wah baru tahu nasi goreng kencur. Pernah bikin nasi goreng kunyit malaah. Wajib dicoba nih.

    ReplyDelete
  8. Wahhhh baru tahu.
    Harus dicoba ini, kapan-kapan. Karena kencur kan juga banyak manfaat kesehatannya.

    ReplyDelete
  9. Saya pernah coba juga nih mbak nasi goreng kencur di salah satu resto. Emang yang ada rasa-rasa kencur tuh biasanya bikin selera makan meningkat karena bikin gurih dan lezat. Makasih mbak buat resepnya

    ReplyDelete
  10. Wah, aku jadi penasaran mba dengan rasanya, anakku pencinta nasi goreng, siapa tahu dia suka ya..

    ReplyDelete
  11. Kapan-kapan mau nyobain ah bikin nasi goreng kencur. Kencur biasanya ku beli untuk obat batuk.

    ReplyDelete
  12. Kencur ya, nice idea. Soalnya kadang punya kencur di rumah gak kepake. Penasaran gimana rasanya

    ReplyDelete
  13. baru denger nih aku nasi goreng kencur, nanti kapan kapan minta tolong mama buat juga ah

    ReplyDelete
  14. udah lama ga masak nasgor cikur. favorit suamiku banget ini. cuma kalo beli bumbu dapur jarang banget dapet kencur, harus beli terpisah lagi :D

    ReplyDelete
  15. Ibuku suka bikin dari aku kecil. Kencur salah satu bumbu andalan yang wajib dipunya.

    ReplyDelete
  16. Baru ngerti ada nasi goreng kencur beb, nais bgt masakannya

    ReplyDelete
  17. Aku tuh kalo baca kencur pikirannya cuma seblak doang kak hahaha

    ReplyDelete
  18. Wah, jadi inget masa kecil nih. Mamaku dulu suka masak nasi goreng kencur juga. Wanginya bikin nikmaaat

    ReplyDelete
  19. Kesukaan aku neeh inget waktu kecil klo nenek masak nasi goreng suka pakai kencur jga

    ReplyDelete
  20. Woowww baru tau ada nasi goreng kencur. Cuma tau masakan yang pake kencur itu urap dan seblak hehehee.. boleh nih dicobain kapan2, plus lalap kenikir ya.

    ReplyDelete
  21. Di Jogja juga kurang familiar nasi goreng dengsm kencur. Mau nyoba resepnya ah.... Tfs mb..

    ReplyDelete
  22. ngiler banget akuu pasti kerasa enak dan hangat deh

    ReplyDelete
  23. Di rumah kami nasi goreng kencur itu favorit mama banget. Tiap masak nasi goreng, pasti pakai kencur. Enak memang, ada aroma kencur gitu, apa ya namanya, seger-seger kencur gitu.

    ReplyDelete
  24. Aku juga suka mbak nasi goreng kencur tapi kalau bikin pasti suami nggak doyan, beda lidah sih. 😂 Sekarang udah jarang bikin nasgor kencur soalnya kencurnya masih mahal dan tanaman kencur di depan rumah belum panen

    ReplyDelete
  25. Terima kasih untuk resepnya, mbak :)
    Dulu alm. mama saya suka banget bikin nasi goreng ini.
    Setelah baca ini jadi mau bikin lagi untuk mengenang mama :)

    ReplyDelete
  26. AWWWW NASI GORENG NYA BIKIN AKU NGILER EUYYY . DITAMBAH DENGAN PETE YG KECIL. AKU NYEBUTNYA PETE CINA. ENAK BANGET PASTI

    ReplyDelete
  27. keliatannya tuh gampang yaa masak nasgor, tapi buat aku masak nasgor itu susah lhoh.. selalu gagal soal rasa kalau bikin nasgor, mending bikin ikan bumbu kuning atau pepes deh aku daripada bikin nasgor hehehe

    ReplyDelete
  28. Tapi jujur nasi goreng ini aku baru tau baca blog dari kakak, mksh kak infonya bisa dicoba nanti buat menu buka puasa

    ReplyDelete
  29. Lalu pake cabe yang banyak lalu jadilah seblak nasi hahhaha

    ReplyDelete
  30. bisa dicoba nih resepnya..
    aku juga ga begitu suka kecap mba..
    kalo masak nasi goreng biasanya ga pake kecap

    ReplyDelete
  31. Kalo makan nasi goreng kencur di resto sih pernah. Tapi aku belum pernah bikin sendiri di rumah. Mau dong nyontek resepnya Ida ini, pan kapan mau deh bikin untuk anak-anak, yang hobi banget makan nasi goreng

    ReplyDelete
  32. Wahhh.. bolehlah mbak dicoba.
    Kalau di Malang, nasi gorengnya mirip ini resepnya, tanpa kencur, malah dibanyakin kecambah.

    ReplyDelete
  33. Ini aku kalau buat pasti dikomen orang rumah, kaya bikin jamu, gitu deh. Tapi kok penasaran juga ya rasanya gimana

    ReplyDelete
  34. Belum Pernah Cobain mau deh resepnya ku kasih mamah mertua yg suka bngt modif masakan pasti Seger krn Ada Rasa kencurnya kayak urap

    ReplyDelete
  35. Kencur di bayanganku hanya untuk bumbu seblak.
    Kalau nasi goreng?
    Bene-bener, kak Ida...harus dicobain dulu, jangan-jangan malah jatuh cinta dan ketagihaann....

    ReplyDelete
  36. Blm pernah makan nasi goreng dikasi kencur :D
    Aku kok mbayangin jamu yang ngangetin perut ya mbak kalau keingat kencur. Rasa nasgornya jd ada pedes2nya gtu gak sih mbak?

    ReplyDelete
  37. huwa aku belum pernah ini Mba Ida
    enak ya kalo make kencur hmm baunya gimana ya wkwkwk
    penasaran aku. kapan2 coba bikin ah

    ReplyDelete
  38. mungkin yaaa krn lidahku ga terbiasa ama rasa kencur, jd agak aneh pas dicoba. Pernh ngerasain nasi goreng kencur pas sedang liburan ke bandung. penasaran aja kayak apa rasanya.. setelah dicoba, hmmm, mohon maaf, ga cocok ama lidah saya :( . jd sayang banget ga bisa ngabisin nasi gorengnya.. :(. jd sepertinya aku ttp lbh suka nasi goreng biasa :D

    ReplyDelete
  39. Aku tahunya malah nasi goreng ya dikasih saus tomat atau kecap, menarik nih perlu dicoba nasi goreng kencurnya.

    ReplyDelete
  40. Menarik nih, saya tahunya nasi goreng jahe, kayaknya kencur juga unik nih rasanya :D
    Dan menambah nafsu makan, apalagi kalau pedas :)

    ReplyDelete
  41. Saya jujur belum pernah cobain nasi goreng kencur, Mbak. Saya pun baru nyobain nasi goreng kecap pas merantau di Jakarta. Soalnya kalau di Makassar itu, ada nasi goreng merah yang pakai saos merah tapi tidak terlalu pedas hehehe.

    Boleh nih dicobain buat nasi goreng kencur.

    ReplyDelete

Post a Comment

back to top