20 November 2018

Kenapa Nulis Blog, Manfaat Inilah Yang Saya Dapat



Awalnya saya hanya mengenal dunia kepenulisan di offline. Saat itu adalah pertengahan 2007. Hingga suatu hari, komunitas yang saya ikuti mengadakan workshop kepenulisan, dan narasumbernya menganjurkan peserta untuk memiliki akun di Multiply. Ketika Multiply sedang booming, seiring dengan Yahoo Messenger. Malam sesampainya di rumah, saya pun langsung  membuat satu akun dengan nama gaul khas cowok. Semula tiada yang mengenali bahwa pemilik akun tersebut adalah cewek, namun seiring berjalannya waktu, orang pun tahu bahwa pemilik akun tersebut adalah seorang cewek.

Di multiply, saya menulis apa saja yangbingin saya tulis. Tentang pengalaman sehari-hari yang kebanyakannya adalah sampah. Bahkan terkadang perdebatan dengan teman di Yahoo Messenger yang tidak layak posting pun tidak luput dari keisengan jemari ini untuk mempostingnya di blog multiply. Anehnya saya peroleh kepuasan, meskipun jika saya baca-baca ulang saat ini, saya merasa sangat malu dengan ulah jemari ini pada waktu itu.


Akhir 2012, multiply menjadi almarhum. Teman-teman sibuk bermigrasi ke blogger dan wordpress. Saya ikut-ikutan dengan menyelamatkan semua postingan di sebuah blog yang saya buat pada awal 2011. Apakah lantas saya aktif ngenlog sejak itu? Ternyata tidak. Saya masih lebìh suka menulis keroyokan bersama teman-teman penulis lainnya. Menulis antology. Dan hingga terbit buku solo saya berupa novel tentang pengalaman dakwah dan kerja di Hong Kong. Novel berjudul Cintaku di Negeri Jackie Chan. Setelah itu, saya kembali lama meninggalkan dunia kepenulisan. Saya sibuk bekerja. Dan mulai semangat lagi ketika 2016, menyadari bahwa manfaat ngeblog itu stangat luar biasa.

Saya baru menyesal kenapa tidak aktif ngeblog, begitu tahu teman-teman seangkatan banyak yang berhasil membantu perekonomian keluarga dari ngeblog. Namun penyesalan hanyalah berupa penyesalan, tanpa adanya tindakan apapun yang saya lakukan. Nulis tetap semau dewek.

Pixabay


Dan akhirnya kini, saya menyadari (sekali lagi) bahwa menulis di blog sangat saya butuhkan.

Pertama, saya bisa menceritakan kegiatan yang bermanfaat. Dan berbagi inspirasi dengan teman-teman lain. Misal kegiatan mengajari anak disiplin, menghadiri sebuah acara motivasi, atau melkukan kegiatan produktivitas lainnya.

Kedua: Dengan aktif di blog, saya jadi termotivasi untuk terus produktif dengan karya-karya bermanfaat (mengusahakan semaksimal mungkin), agar pengunjung blog saya bisa peroleh kebaikan dari padanya.

Ketiga: Semakin saya aktif nulis di blog, share tulisan, maka semakin bertambah kenalan sesama blogger, sehingga jangkauan silaturrahmi pun semakin luas.

Keempat: Selain pertemanan yang terus bertambah, wawasan juga semakin bertambah. Dengan melakukan blogwalking, dan membaca postingan blogger lain, maka otomatis, ada ilmu pengetahuan yang terserap di memory. 

Kelima: Terapi diri. Ini paling penting. Dengan menuliskan apa yang tercetus dibenak, secara otomatis hati jadi lega. Pikiran lebih rileks karena sudah mencurahkan semua isi kepala dan hati.

Keenam: Mengasah kreativitas otak. Sehingga tidak beku karena lama tidak diasah dengan kegiatan menulis. Dengan menulis di blog minimal seminggu sekali pasti saya bisa mengajak senam otak dan menuangkannya dalam bentuk catatan sederhana. 

Ketujuh: Konon kabarnya menulis di blog juga bisa mendatangkan income. Wow... keren ya? Kalo saya sih belum pernah ngerasain. Semoga segera Allah turunkan rezeki saya dari ngeblog ya. *Ngarep pake banget. Hehe...

Itulah tujuh alasan saya kenapa ingin terus menulis di blog. Semoga bermanfaat.

26 comments:

  1. relasi emang saya dapat karena ngeblog hal yang ga akan mungkin saya dapetin kalau ga ngeblog kenal sama bloger kece dari sabang sampe merauke pokoknya ngeblog itu banyak manfaatnya..

    btw mba keren ih uda ada buku solonya jadi pengen baca :p

    ReplyDelete
  2. Aku dulu pertama kali nulis juga di multiply, lanjut kemudian blogspot dan akhirnya sampai pada blogku yang sekarang ini. Banyak sih manfaat ngeblog, diantaranya nambah temen dan nambah pengetahuan.

    ReplyDelete
  3. Semangat menulis, Mbak.. karena memang menulis banyak manfaatnya. Dulu saya juga sempet punya akun di multiply, tapi entah apa kabar sekarang. Terus bikin akun blogspot, terus mati karena gak pernah diupdate dan lupa pakai email yang mana. Mulai tahun 2013 bikin blog baru lagi tapi ya mulai aktif tahun 2015 akhir, hihihii

    ReplyDelete
  4. Sama MBA Saya juga dulu sempat buat blog di multiply :)

    ReplyDelete
  5. Masya Allah.. semangat terus mba.. semangat berbagi lewat tulisan 👍

    ReplyDelete
  6. aku dulu nulis di friendster, terus lanjut wordpress dan blogspot, malah gak sempat ngerasain multiply walau punya akunnya :)

    ReplyDelete
  7. Iyah mba dari blog juga lumayan dapat pemasukan buat beli pulsa. Hehe

    ReplyDelete
  8. Bloggin banyak manfaatnya yaaa, seneng!

    ReplyDelete
  9. stuju banget, blogging tidak melulu menulis, publish blog dan selesai. Tapi ada kegaitan blogwalking yang dapat menambah wawasan dan ilmu dengan berkunjung ke blog teman yagn memiliki konten dan tema menulis yang berbeda

    ReplyDelete
  10. Iya mba, blog jadi portofolio kita, aku berapa kali dapat job mengajar dan ngejuri karena Nemu blogku hehe

    ReplyDelete
  11. Dan sayangnya, dengan seabreg manfaat ngeblog itu, saya masih saya semau dewek :D. Belum konsisten gitu deh mbak..TFS mb ida. Nive sharing

    ReplyDelete
  12. Semangat ngeblognya Mba, biar makin banyak menebar kebaikan,aku suka baca tulisan mba ida raihan

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah ya kita bisa ngeblog. banyak sekali manfaat ngeblog yang kita dapat. Saya kalo gak ngeblog gak kebayang deh bakal gimana. Kudet, stres, dan gak punya banyak temen.

    ReplyDelete
  14. Ngeblog membuat bunda punya temen lbh dari 2K Jumlah yg fantaxtis utk blogger renta. Nunlahnya nengalahkan jumlah friends anak bunda, hehe...that'the beauty of blogging.

    ReplyDelete
  15. Poin yg ke7, awalnya saya gak ngerti dan tahu kalau ngeblog bs dpt income. Alhamdulillah, setelah sekian lama ngeblog, mulai deh dpt kesempatan CP dan blogpost berbayar lainnya. Alhamdulillah, semoga berkah ngeblognya.

    ReplyDelete
  16. Halo mba Ida, alhamdulillah memang rejeki ngeblog ada jalannya. Dan semoga mba Indah bisa merasakan kenikmatan itu ya mba :)

    ReplyDelete
  17. Setuju semuanya aku Mba Ida. Manfaat ngeblog sangat banyak ya, termasuk terapi inilah yang saya sukai. Jadi apa yang dipikiran, apa yang dalam beban bisa ringan dilepaskan. Semangat ngeblog Mbaa

    ReplyDelete
  18. Aku setuju dengan ketujuh manfaat ngeblog di atas. Punya banyak kenalan baru bahkan menjadi teman dekat seperti udah kenal lama

    ReplyDelete
  19. banyak manfaat ngeblog yg sdh sy rasakan juga...
    makanya betah ngeblog deh...

    ReplyDelete
  20. Aku juga pernah nih nulis di Multiply. Kalau sekarang sih di blog sendiri dan memang banyak sekali manfaatnya. Mulai dari berkenalan dengan banyak klien, menambah wawasan dan tentunya income tambahan.

    ReplyDelete
  21. Betul banget, saya juga merasakan kalau ngeblg tu kegiatan yang bermanfaat banget. Bisa tambah kenalan jg. Trus jd bikin ngrasa wah kita tu blm ada apa2nya, krn ternyata banyak org hebat di luar snaa (itu yg setidaknya kurasakan hehe)

    ReplyDelete
  22. Semoga makin produktif ya mba dengan update blog secara rutin. Saya lagi nyoba untuk konsisten ngeblog nih, biar enggak angot2an ngeblognya.

    ReplyDelete
  23. Semangat terus menulis blog mbak. Ngeblog bener" hobi yang penuh manfaat ya. Apalagi bisa menghasilkan. Kan asik tuh hobi yg dibayar.

    ReplyDelete
  24. Banyak manfaat yaa dengan ngeblog aku dulu mudah sekali lupa sekarang udah nggak terlalu lagi

    ReplyDelete
  25. Mbak ida geng multiply juga yaaa? Aku pernab beberapa x ngeblog di mp tapi tahun2 segitu aku udah fokus di blogspot. Malah tulisanku di mp otomatis terpost ke blogspot.

    ReplyDelete
  26. Saya juga Mbak, nyesel kenapa gak dari dulu ngeblognya, :(

    ReplyDelete