Pages

18 October 2018

Rindu Jakarta


FROM JAKARTA - BACK TO LAMPUNG. Rasanya bedaaa banget. Dan lebih terasa dua hari ini karena saya terpaksa harus menginap di rumah sakit. Mamak dan Bapak saya kecelakaan dan harus mendapatkan perawatan medis dua-duanya.



Di rumah tidak ada orang karena kami harus berbagi tugas menjaga Mamak dan Bapak yang dirawat di RS berbeda karena penanganannya juga berbeda. Ayah dirujuk ke RS yang lebih besar, sedangkan mamak masih bisa dihandle oleh RS terdekat.

Tidak ada yang mengirim makanan untuk kami. Jadilah kami harus mengusahakan sendiri. Nasib jeleknya di Lampung tempat saya tinggal, penjual makanan maasih sangat terbatas. Sehingga untuk menemukan soto saja kami harus motoran agak jauh. Karena juga harus mempertimbangkan kebersihan tempat berjualannya. Dalam keadaan begini, saya rindu Jakarta. Di sana, untuk makan apa saja, kita cukup 'membuka pintu rumah'. Mau yang lewat ataupun yang di restoran sangat mudah untuk dijangkau. Mudah ditemukan.




Malam masih mending, ada yang jualan ayam penyet tidak jauh dari tempat Mamak dirawat. Dengan sambel yang beda dengan Jakarta tentu. Kalo di Jakarta sambalnya lebih menonjolkan terasi dan tomat, di sini sambalnya lebih terasa ke kecap. Kalau dari segi ayam rasa sama. Lalapan sama (Yaelaaah, ya iyalah, yang namanya kol, kemangi, mentimun mentah mau ke luar negeri juga sama kali Maaak. Hihi...). Terakhir harga, sama dengan Jakarta. Masih di angka Rp. 15.000/porsi. Cuma di sini, ada bonus sayur asemnya Bru...

Makan malam selesai dengan penyetanlah ya. Giliran sarapan nih. Lagi lagi harus pusiiing. Yaelaaah urusan perut aja lebay!

Penting Bray, kata Ihsan di serial Upin Ipin tu, "Perut kenyang, hati senang." 😄

Sarapan kita kembali bingung mau makan apa. Jangankan pagi, siang dan malam aja susah ya cari makanan mateng mah di sini. Mie Ayam dan Bakso yang banyak. Saya ngebayanginnya aja dah eneg duluan perut. Maklumlah lagi on angkatan. :D

Akhirnya kami nemu nasi uduk. Satu porsi Rp. 5000. Dengan lauk sepotong telur dadar, sambal, dan taburan bawang merah. Ya. Nasi uduk di sini, harganya memang murah meriah, tetapi beda isilah sama yang di Jakarta. Nggak ada semur jengkol, nggak ada semur kentang ama tahu, nggak ada tumis bihun apalagi orek.


*Catatan Rindu Jakarta

56 comments:

  1. Ya Allah, semoga mamak dan bapak sehat kembali yaaa

    ReplyDelete
  2. Semoga Mbak diberikan kesehatan yaa, supaya dapat merawat Bapak dan mamak. Mamak dan bapak juga lekas sembuh, ada yang sudah rindu soto ayam Jakarta yaaa, itu nasi uduk murah meriah ya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin yaa Syafii. Makasih Maak.

      Iya nih rinduuuu

      Delete
  3. Semoga Ibu dan Bapak segera sehat dan pulih.
    Terus ngomong-ngomong soal Jakarta, heheeh iya, saya jadi keinget juga dulu pas di Jakarta. Buka pintu kost, langsung deh bisa wisata kuliner. Dari ketoprak, nasi goreng, bakso, ini dan itu, yang penting dompet ada uangnya.
    Saya juga merasakan hidup di kampung, mau apa kudu ke kota dulu. Jakarta memang luar biasa ya.. apa-apa sudah ada dan mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin

      Iyaaaa... siapin duit aja pokoknya mah.

      Begitulah hidup di kampung.

      Delete
  4. Semoga ayah dna ibunya lekas pulih dan bisa segera kembali ke rumah ya, mbak. Merawat orang di RS tu emang nggak mudah kok, saya berkali-kali ngalamin soalnya. Yang menunggu juga harus pintar jaga diri supaya nggak ikutan tumbang. Tetap semangat dan makan yang banyak, ya, mbak :)

    ReplyDelete
  5. Semoga lekas sembuh yaa mamak dan bapak..

    ReplyDelete
  6. MElihat nasi dengan taburan bawang merah goreng gitu saya suka langsung laper hihih. Btw cepet sembuh yaa ayah dan ibu nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuk sini makan nasi dengan bawang. Hahaha

      Aamiin.

      Delete
  7. Duh, kebayang repotnya harus merawat kedua orangtua sementara beda rumah sakit. Moga lekas pulih ya mba. Jaga kesehatan karena energi pasti terkuras.

    ReplyDelete
  8. Uduk kampung itu kenapa selalu menggoda. Saya lebih suka uduk kampung daripada uduk kota. Meski cuma pake oreg, bihun, sambel, kerupuk dan bawang goreng aja rasanya udah nikmat.

    Btw semoga cepet sembuh ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manding masih ada oreg dan bihunnya mak. Di sini mah kagak ada.

      Aamiin

      Delete
  9. Haha.. Urusan perut bikin lebay yaa!
    Tapi kalo ada keluarga yang dirawat di RS emang jadi sedikit repot dan butuh kesabaran dalam menjalaninya ya mak.

    Semoga Bapak dan Ibu cepat pulih kembali yaa. Aamiiin

    ReplyDelete
  10. Daku suka nasi uduk, terutama nasi uduk Jakarta, tiada duanya deh itu, perut kenyang hati senang, hihihihi

    ReplyDelete
  11. Wah, murah banget nasi uduknya 5rb ya. Tp ttp msh kangen jakarta ya. He. Sy blm prnh ke 2 tempat itu sih n blm menjelajah kulinernya tentunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di Jakarta harga dan antara 8 - 12 ribu Mak. Hayuuuk kesana

      Delete
  12. Semoga ayah dan ibunya lekas sehat ya Mbak Ida kapan bisa ketemuan ya Lampung semoga sukses

    ReplyDelete
  13. Semoga ibu dan bapak lekas sehat ya, Mbak... aamiin


    jauh dari orang jualan mah memang bikin sedih, akupun di sini juga gitu, Mbak... huhhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.


      Banget. Gak boleh males masak. Pokoknya kudu ngolah ndiri kalo laper mah.

      Delete
  14. Cepat sembuh ya mba orang tuanya kaya di kampung saya kalau cari makan susah, apalagi malam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makasih Mbak Erin. Iya di kampung orangnyamasih demen masak ndiri jadi langka yang jualan.

      Delete
  15. Tetap semangat ya kak, jaga kesehatan dan semoga orang tuanya lekas sembuh.

    ReplyDelete
  16. Semoga lekas sembuh ya Mamak dan Bapak. Kalo aku rindu Jogja ketika tinggal di Jakarta:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Saya juga ada mimpi untuk ke Jogja.

      Delete
  17. Hehehe ternyata di lampung ngga banyak org jualan lewat ya?

    ReplyDelete
  18. jadi bukan isapan jempol yaaa klo jakarta itu kota segala ada hahaha...

    ReplyDelete
  19. Beda daerah, beda juga harga dan porsi makanannya ya, Mbak hehehe... Nasi uduknya murah banget, tapi memang gak lengkap.
    Ya, yang penting perutnya keisi ya..supaya tetap sehat semuanya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa... sangat sederhana di sini mah.

      Delete
  20. Salam untuk bapak dan ibuknya Mbak Ida, doa terbaik semoga cepat diberikan kesembuhan. Semoga Mbak Ida dan keluarga lainnya juga diberikan kesehatan dan kekuatan sehingga bisa menunggui orang tuanya dengan kondisi stamina yg tetap fit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiinyaa Syafii. Makasih banyak ya Mbak Say. Semoga sehat selalu juga Mbak dan keluarga.

      Delete
  21. Semoga ibu dan ayahnya lekas pulih ya mbak.
    Wah ternyata di Lampung harga makanannya sama dengan Jkt ya. Tp dapat bonus sayur asem hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.

      Hiyu Mbak. Lumayan sayur asemnya.

      Delete
  22. Nasi uduk 5000 mah udah bikin bahagia kalau saya hahaha.
    Oiya cepat sembuh untuk ayahnya Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga udah kenyaaang banget Mbak. Porsinya dah banyak.

      Aamiin. Makasih

      Delete
  23. Kalau aku kangen Medan, kangen kulinernya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Medan ya... saya belum tau di sana apa kuliner mantapnya. Yang saya tahu, rendang jengkol teman saya yang dari Medan mantap rasanya.

      Delete
  24. Ya Allah, semoga ibu bapak lekas diberi kesembuhan ya Mbak. Semoga mbak sabar dalam merawat sakit keduanya.

    ReplyDelete
  25. Semoga yang sakit segera diberi kesembuhan, dan keluarga diberikan kesabaran. Aamiin ...

    Jadi ingat bapak, hiks :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makasih Mak.

      Semoga Bapak Mak Hana bahagia di tempatnya.

      Delete
  26. Semoga ibu dan bapak lekas sehat ya mbak, duh aku jadi kepengen nasi uduk ini jam segini. Agak susah nih nyari nasi uduk karebq banyakan nasi kuning.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makasih Mak...

      Kalo di Jakarta jam berapa juga ada nasi uduk Mbak.

      Delete
  27. Semoga bapak dan ibu lekas baikan ya mba. Beneran berasa letihnya emang kalau jagain orang sakit, apalagi di daerah yang susah cari makanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makasih ya Mbak. Iya Mbak. Saya juga langsung tepar nie kemarin.

      Delete
  28. Semoga kedua orang tua segera sehat ya... anggota keluarga yang lain juga selalu sehat..Alhmdulillah masih nemu makanan jadi meskipun ala kadarnya.

    ReplyDelete