Pages

13 April 2017

Seremnya Menyaksikan Ruqyah


Suasana ruqyah massal di acara Ta'aruf bersama Ustadz Arif
Pernah ruqyah? Atau menyaksikan orang diruqyah? Kalau belum, saya akan menceritakan sedikit tentang ruqyah dari apa yang saya saksikan pada tanggal 2 April 2017 lalu. Saat saya menghadiri acara pertemuan Majelis Ta'aruf, yang salah satu acaranya adalah ruqyah massal. Saya menyaksikan bagaimana awalnya peserta duduk anteng menyimak apa yang dibaca oleh Ustadz dan tidak lama kemudian beberapa peserta ambruk, tubuhnya kaku, bergetar. Ada yang mencengkram, teriak-teriak, dan menangis kesakitan.



Sayangnya saya tidak berhasil wawancara dengan Ustadz yang melakukan ruqyah saat itu. Saya pun menemui praktisi ruqyah yang telah saya kenal sejak lama. Mukhtar Ibnu Kholil yang kini membuka praktek di kediamannya daerah Serang - Banten, Jawa Barat.

Ahya, ruqyah juga bisa menghalau setan dan jin yang naksir kita lho? Sering dengerkan cerita orang lambat menikah karena dihalangi mahluk sejenis jin? Saya sih tidak percaya, tetapi percaya tidak percaya, jin memang ada yang suka merasuk ke tubuh manusia untuk menguasai. Karena itulah manusia harus melawan dan mengusirnya. Salah satu caranya adalah dengan ruqyah.

Cerita dikit: Sewaktu saya single dulu, ada beberapa orang yang bilang, ada mahluk lain yang terus mengikuti saya, dan mahluk ini selalu berusaha menghalangi saya dari  proses menikah, karena itulah ta'aruf saya selalu gagal di tengah jalan. Saya tetap tidak percaya. Namanya jodoh belum datang kok dikait-kaitkan dengan hal mistis?

Tetapi suatu hari ketika jam istirahat kerja tiba, saya ngobrol dengan seseorang yang memiliki kemampuan lebih, sambil ngobrol dia meraih pundak saya yang memang sedang sakit, tiba-tiba dia terdorong, lalu bertanya, "tubuhmu ada isinya ya?" Awalnya saya mentertawakan, "Iya. Isi makanan, tadi ngemil dan minum jus." Tetapi seketika saya diam ketika orang tersebut memberi penjelasan dengan serius. Tidak lama setelah itu saya pulang kampung, entah mengapa orangtua saya melakukan ruqyah kepada saya (tiga atau empat kali gitu) selama saya di kampung. Dan ketika saya kembali lagi ke Jakarta, saya dipertemukan dengan seseorang yang kini menjadi suami saya. :D

Prosesnya pun sangat mudah. Sama sekali tidak ada rintangan apapun. Mengalir seperti air. Beda sekali dengan mantan-mantan ta'arufan saya yang sebelumnya. Yang konon salah satu dari mereka pun ada yang bilang, "ada mahluk lain di diriku" yang berusaha menghalangi. Dan satu calon lagi, gurunya yang mengatakan hal itu. Wallahualam.

Nah... Untuk kamu yang sulit menerima seseorang menjadi pendamping hidupmu, bisa dicoba lho dengan meruqyah diri. Bisa minta pertolongan ahlinya atau dilakukan mandiri. Namun jangan sampai melenceng ya, tetap sandarkan semuanya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Back to laptop

Pengertian Ruqyah
Kata ruqyah berasal dari bahasa Arab, yang artinya adalah mantra/jampi-jampi.

Selama ini jika kita mendengar kalimat mantra/jampi-jampi pasti pikiran kita akan mengawang, membayangkan dan mencerna sebuah tindakan yang negatif. Dukun pelet, dukun santet, dan sejenisnya. Hal yang berbeda dengan ruqyah. Meskipun sama-sama mantra, bacaan ruqyah ini diambil dari kitab suci Al-Qur'an. Yang sebenarnya tidak jauh beda dengan doa. Doa yang dibacakan untuk kesembuhan dari Al-Quran dan As-Sunnah

Manfaat Ruqyah
Ruqyah bisa untuk segala jenis penyakit, baik penyakit jasmani maupun rohani. Di antaranya:

1. Mengusir setan dan jin.
Ada jin yang suka mengganggu manusia, dengan masuk dan menghuni tubuh, sehingga manusia yang tubuhnya ada jin akan merasa berat menjalankan ibadah. Ruqyah bisa mengusir jin tersebut. Namun pun begitu, seseorang yang telah diruqyah harus terus meningkatkan amalan, agar jin tidak kembali lagi.

2. Melindungi Diri
Ruqyah juga bisa sebagai alat untuk melindungi seseorang dari jin yang berusaha masuk ke dalam tubuh. Karena itulah semua orang muslim bisa/boleh melakukan ruqyah baik kepada orang lain maupun diri sendiri, agar terbebas dari gangguan jin, sehingga seseorang tidak malas untuk beribadah.

3. Ruqyah Obat Jasmani dan Rohani
Ruqyah bukan hanya urusan dengan penyakit gangg
uan jin. Gangguan medis pun bisa diobati dengan Ruqyah. Karena sejatinya Ruqyah itu doa, dan doa bisa menembus semuanya. Tidak ada yang bisa merubah takdir kecuali doa. Jadi jika bicara manfaat ruqyah, maka ada banyak sekali. Bagusnya, pengobatan dengan cara ruqyah ini, tidak ada efek sampingnya sama sekali.

Bacaan Ruqyah Mandiri
Adapun bacaan ruqyah adalah sebagai berikut:

Surat Al-Fatihah 11x
Ayat Kursi 11x
Surat Al-Ikhlas 11x
Surat Al-Falaq 11x
Surat An-Naas 11x
Surat Al-A'raf ayat 117-122, 11x
Surat Yunus Ayat 81-82, 11x
Surat Thahaa Ayat 68-70, 11x

Demikianlah sedikt yang saya ketahui mengenai ruqyah. Semoga bermanfaat.

NOTE: Hasil wawancara dengan praktisi ruqyah dan dari beberapa sumber website.

Ida Raihan
Cikarang, Kamis, 13 April 2017 (19:03)

16 comments:

  1. Sama kita, Mba.
    Aku juga ruqyah dulu, ga lama dpt jodoh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sini ruqyah ternyata sangat penting juga ya Mbak.

      Delete
  2. Catet cara meruqyah sendiri. Pengen ruqyah dari dulu cuma entah kenapa kok berat langkahnya. Semoga saat ini ada keberanian deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu ada jinnya Mbak. Maoanya kerasa beraaat mau ibadah. Hihi. Buruan diruqyah atuh :)

      Delete
  3. Soal jin yg menghalangi ini emang ada benarnya lho. Kalau orang Jawa bilanh dipageri.
    Akupun begitu jeng, susah nikah kaarena dipageri 2 orang cowok. Ibuku yg cari tahu kok aku ggal terus mau nikah.
    Setelah itu baru deh aku lancar nikah ma suami.
    Aku pun peengen belajar rugyah mandiri atau ke ahlinya, soalnya ada sesuatu yg ganjal di tubuhku sepeerti maalas ibadah. Terkdng sampai tak laawan lho huhuhu
    Makaasih sharingnya ya jeng. Coba kuterapin bacaannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ada kesaksian. Berati bisa dipercaya ya masalah itu. Cepetan atuh ruqyah, biar semuanya menjadi baik dan ibadah juga makin mantap.

      Delete
  4. Aku selalu bersemangat buat lihat orang yang di ruqyah mbak meskipun aslinya takut dan deg degan juga. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih serem ah Mbak. Takutnya tiba-tiba bangun terus kita dikabruk gitu. Hihi...

      Delete
  5. Aku catet ruqyah mandirinya mbak, aku butuh ruqyah deh, soalnya kok aku sering malas ibadah, sulit ikhlas, dan gampang marah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaa kondisi saya juga sedang maleeees beribadah.

      Delete
  6. Sebenernya kalo kita sendiri rajin membaca doa2 itu sendiri, bisa jg ga ya utk mengusir jin2 jahat itu mba? Aku jujur nya takut k tempat ruqyah gini.. Kesannya kok kyk bakal ga sadar dan melakukan hal2 yg serem kayak teriak2 ga jelas tadi.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mbak. Kan ada ruqyah mandiri. Jadi bisa dilakukan sendiri di rumah. Itu doa doa.

      Delete
  7. Saya juga pernah melihat ruqyah, Seram amat mbak. Merinding saya melihatnya, setelah itu nunggu hasilnya di luar aja deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi... Kalo sewaktu-waktu ketemu orang kesurupan bakalk kabur dunk? :D

      Delete
  8. Thank you sharingnya mbak, kalau saya pribadi takut melihat proses ruqyah soalnya waktu itu ada yg ngamuk dan jinnya nakutin, serem banget. Hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga gak berani deket-deket Mbak. Takut digabruk. Hihi...

      Delete