Pages

02 August 2016

Agar Jodoh Segera Datang, Mulai Dari Yang Terkecil



Ada banyak sekali sahabat-sahabat kita yang sering mengeluhkan kesulitan menemukan pasangan hidup, padahal segala macam jenis usaha telah dilakukannya. Di sebuah komunitas perjodohan, sering saya temui keluhan-keluhan yang memberikan gambaran betapa sulitnya mereka mencari pasangan hidup.
“Kapan ya jodohku datang?”
“Jodohku, di mana dirimu?”
“Yaa Allah, kenapa aku belum juga Kau pertemukan dengan jodohku?”
“Semoga tahun depan aku sudah tidak sendiri lagi.” Dan banyak lagi pertanyaan-pertanyaan sejenis yang belum menemukan solusi.
Ketika ada yang mempertanyakan balik, “Sudah sejauh mana usahamu dalam menjemput jodoh?” Mereka pun menjawab, “Sudah banyak cara namun belum juga berhasil.”
Persoalan jodoh memang sulit-sulit gampang. Ada sebagian orang yang begitu mudah menemukan jodohnya. Ada juga yang begitu sulit. Harus melalui penantian panjang dulu, hingga usia mendekati kepala empat belum juga dipertemukan dengan sosok tambatan hati. Lalu bagaimana sih solusinya? Mungkin kamu yang tengah galau dalam penantian bisa mencoba cara berikut ini.

1.      Perhatikan TAMPILANmu. Banyak yang berharap segera bertemu dengan pasangan hidup, mengikuti komunitas-komunitas perjodohan, hadir di pertemuan-pertemuan, selalu aktif di organisasi, sibuk kontak sana, kontak sini, menyebar proposal, namun terlupa memperhatikan penampilan. Ingat, Guys, usaha memang harus, tetapi kamu tidak boleh lupa bahwa menampilkan diri sebaik mungkin juga memiliki nilai plus di mata orang lain. Itu juga bagian dari usaha. Banyak yang mengatakan fisik tidaklah penting. Yang penting adalah hati. Hmm… yakin? Bagi saya pribadi, tampilan pasangan hidup adalah bagian penting yang harus saya utamakan. Memangnya mau punya suami/istri yang buluk? Dekil? Bau? Orang yang terlihat bersih, segar, ceria, meskipun secara wajah tidak cantik/tampan tetap akan tampak lebih menarik ketika dipandang. Sebaliknya, biarpun dia tampan/cantik jika tampak kuyu, tidak merawat badan, kusam, tampak jarang mandi, maka orang yang melihatnya pun jadi malas, dan meyayangkan kelebihan wajahnya yang seharusnya menarik. Jadi, Guys, jika ingin segera bertemu dengan pasangan hidupmu, cobalah perhatikan tampilanmu. Kenakan pakaian yang layak ketika berada di tempat pertemuan-pertemuan. Sisir rambut dengan rapi bagi yang tidak berhijab, dan setrika dengan rapi pakaianmu. Plus perhatikan pula warnanya. Jangan sembarangan memadupadankan sehingga membuat mata yang memandang silau. Jangan lupa, bau badanmu juga diperhatikan ya…
2.      Perhatikan Lingkungan. Ini masalah KEBERSIHAN. Ada orang yang begitu jorok terhadap lingkungannya sendiri. Meludah sembarangan tanpa pedulikan orang-orang di sekitarnya. Coba bayangkan, jika kamu sedang di tempat umum, lalu melihat seseorang meludah, membuang dahak dengan suara yang menjijikkan, apa yang akan kamu lakukan? Apalagi jika kamu sedang makan. Tentu kamu akan bergidik dan menjauh dari orang tersebut. So, Guys, jangan pernah lakukan itu. Jika terpaksa ingin meludah ketika sedang berada di tempat umum, cobalah menyingkir dulu, cari toilet, tempat sampah, atau got. Karena, meludah di tempat umum selain kotor dan bau, secara etika juga kurang beradab.
3.      JANGAN LELET/LEMOT: Suatu hari, salah seorang sahabat saya bercerita. Ada dua wanita yang bersahabat. Sebut saja namanya Hera dan Husna. Hera memiliki wajah yang lumayan cantik dengan tubuh yang menarik. Sedangkan Husna, bisa dikata memiliki wajah yang pas-pasan, dan tubuhnya kecil. Di kemudian hari, Hera bertemu dengan seorang pria yang menarik perhatiannya. Dan ternyata, si pria juga tertarik dengan kecantikan Hera, sehingga setelah perkenalan itu si pria ingin melakukan pertemuan lagi dengan Hera. Tibalah hari yang ditentukan, dimana keduanya sepakat untuk bertemu di suatu tempat. Namun kali ini Hera mengajak temannya, Husna.  Ketika pertemuan berlangsung, awalnya si pria sama sekali tidak tertarik kepada Husna yang berparas biasa saja. Tetapi, setelah sekian lama mengobrol, ternyata si pria mendapati Husna lebih menyenangkan untuk teman diskusi. Husna lebih nyambung dengannya, sehingga si Pria merasa lebih nyaman dengan Husna., Alhasil, pertemuan itu membuahkan pernikahan antara Husna dan si pria di kemudian hari. Semoga kisah tersebut bisa dipetik pelajarannya.

Adalah sangat penting bagi kita membekali diri dengan ketangkasan dan kecerdasan. Tidak lola ketika diajak bicara. Karena, ketika kita berbicara dengan seseorang, tentu kita akan sangat gembira jika yang diajak bicara nyambung. Kita akan merasa nyaman karenanya. Tidak sedikit seseorang yang berpenampilan jauh lebih menarik namun tidak terpilih hanya karena sulit diajak bicara. Sebaliknya ada banyak seseorang yang berpenampilan biasa saja namun bisa mengalahkan kecantikan karena kemampuannya mengimbangi lawan bicaranya. So, Guys, yuk be smart. Kamu bisa mengikuti training-training pengembangan diri, dan banyak membaca buku, bergaul, agar kamu tidak ketinggalan info terkini, plus, tidak kaku ketika berbicara dengan orang lain. Orang yang baru kamu temui sekalipun. Siap?


Ida Raihan
Jati Pilar, Rabu, 03 Agustus 2016 (08:06)

5 comments:

  1. Jodoh emang takdir Allah, tapi kita juga perlu usaha untuk menjemputnya ya mbak.. etapi kalau yg namanya jodoh, mau lemot, jorok dll bisa ketemu aja kliknya, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha... iya sih Mbak. Bersyukur saya kliknya sama orang yang cerdas, dan bersih. Alhamdulillah...

      Delete
  2. Temen saya bilang, 'Jasmi, jodoh itu harus dibeli. Belinya pake sedekah'. Ah, semoga Allah mempermudah urusan jodoh para jomblo kayak saya. hehehe

    Salam kenal mba, www.theamazingjasmi.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupz! Saya setuju itu Mbak.Saya menyinggung masalah itu juga di postingan saya yang lain. Tapi saya lupa di posting di WordPress atau di dokumen group pernikahan. Hehe...

      Minimal saya sudah mempraktekkannya juga :)

      Delete
    2. Haha.. Saya suka baca postingan2 yg menyemangati utk nikah. Jadi gak galau lagi. ^^

      Delete