BLANTERVIO103

Jenis-Jenis Privilege yang Perlu Dimanfaatkan agar Sukses

Jenis-Jenis Privilege yang Perlu Dimanfaatkan agar Sukses
25 July 2023

 

Jenis-Jenis-Privilege-yang-Perlu-Dimanfaatkan-agar-Sukses


Memiliki privilege memberikan peluang lebih besar bagi Anda dalam meraih kesuksesan. Privilege adalah hal istimewa yang membuat seseorang mempunyai modal lebih unggul dibanding orang yang tidak memilikinya. Dengan adanya privilege, seseorang memiliki potensi untuk berhasil dalam urusan karier, percintaan dan lainnya. 


Namun bukan berarti orang yang memiliki privilege bakal langsung sukses begitu saja. Akan jadi percuma jika privilege yang ada tidak bisa Anda manfaatkan dengan baik. Jadi jika Anda memiliki hak istimewa maka harus pandai memanfaatkannya untuk memperbaiki dan meningkatkan kehidupan Anda.


Misalnya jika Anda terlahir dari keluarga kaya. Dengan banyaknya uang yang bisa Anda peroleh, Anda harus bisa mengelola dan menggunakan uang secara cerdas. Salah satu caranya dengan membuka rekening online untuk memudahkan dalam mengatur keuangan. Uang yang ada dapat Anda gunakan untuk membuka bisnis, mengikuti kursus untuk meningkatkan skill dan lainnya.


Privilege tidak hanya berupa harta kekayaan atau warisan dari orang tua. Ada sejumlah privilege atau hak istimewa yang turut berperan dalam memudahkan kehidupan seseorang. 


Jenis-Jenis Privilege

Selama ini banyak orang memahami bahwa privilege adalah kepemilikan modal berupa harta atau kekayaan. Padahal privilege ada banyak jenisnya, tidak hanya soal uang. Jika Anda tidak memiliki privilege kekayaan, bisa jadi Anda memiliki hak istimewa dalam hal lain. 


Berikut ini beberapa jenis privilege yang mungkin Anda miliki dan membuat Anda lebih beruntung dari pada orang lain.


  1. Privilege Kekayaan

Jenis privilege yang paling populer dikenali masyarakat adalah hak istimewa dalam hal keuangan. Privilege kekayaan adalah modal harta atau kekayaan yang dimiliki seseorang secara cuma-cuma. Misalnya seseorang yang terlahir dari keluarga kaya atau mendapat warisan dari keluarganya. 


Orang dengan modal privilege kekayaan bisa menikmati banyak hal yang tidak bisa didapatkan oleh orang lain. Misalnya menggunakan uangnya untuk studi di sekolah terbaik, pergi jalan-jalan ke luar negeri, membeli barang mewah, selalu mengonsumsi makanan bergizi dan sebagainya. 


Meski dinilai menguntungkan, namun privilege kekayaan juga bisa menjadi bumerang apabila tidak digunakan dengan baik. Misalnya anak orang kaya yang menghambur-hamburkan harta orang tuanya untuk berjudi, party dan hedon. Apabila Anda cerdas, maka privilege tersebut bisa Anda manfaatkan untuk berinvestasi, menjalankan usaha, berdonasi dan lainnya. 


  1. Privilege Kesehatan

Privilege juga bisa berupa kesehatan. Seseorang yang memiliki tubuh sehat dan lahir dalam keadaan normal tanpa cacat dinilai menjadi salah satu jenis privilege. Sebab mereka lebih beruntung daripada orang yang menderita penyakit atau terlahir tidak normal, seperti cacat anggota tubuh, buta, tuli dan sebagainya. 


Sayangnya masih banyak yang tidak menyadari pentingnya memiliki tubuh yang sehat. Dengan fisik yang sehat dan normal, Anda bisa melakukan berbagai pekerjaan dengan optimal. Berbeda jika dibandingkan dengan orang-orang disabilitas, di mana mereka memiliki keterbatasan saat ingin melakukan sesuatu. 


  1. Privilege Fisik

Jenis privilege lain yang membuat sebagian orang lebih beruntung dibandingkan orang lain adalah privilege fisik. Tidak bisa dipungkiri bahwa di dunia ini ada orang yang terlahir dengan wajah cakep dan ada yang parasnya biasa saja. Selain itu, ada orang yang memiliki postur tubuh ideal dan ada yang badannya gendut atau kurus. 


Apabila Anda memiliki tubuh yang ideal dan berparas rupawan, maka itu adalah salah satu privilege yang harus Anda manfaatkan. Sudah jadi rahasia umum bahwa orang good looking lebih diuntungkan dalam banyak hal, mulai dari mudah mendapatkan pasangan, gampang diterima kerja, dan lainnya. Namun jangan sampai privilege fisik ini justru membuat Anda sombong dan memandang rendah orang lain. 


  1. Privilege Modal Sosial



Privilege modal sosial juga salah satu jenis hak istimewa yang harus Anda manfaatkan dengan baik. Modal sosial adalah adanya akses menjalin hubungan atau relasi dengan banyak orang. Privilege yang satu ini akan membantu Anda lebih mudah meraih kesuksesan, apalagi jika modal sosial Anda berjejaring dengan pengusaha tajir, bos-bos perusahaan maupun pejabat tinggi pemerintahan. 


Ada sejumlah orang yang beruntung mendapatkan modal sosial secara cuma-cuma. Misalnya seorang anak yang dikenalkan dengan rekan atau kolega bisnis orang tuanya. Tapi banyak juga orang yang membangun modal sosial dari hasil keringat atau jerih payah sendiri selama perjalanan hidupnya. 


Di era digital sekarang, pemaknaan modal sosial pun semakin luas bentuknya. Di media sosial, modal sosial bisa berupa memiliki banyak followers atau pengikut. Para selebgram atau influencer termasuk orang yang memiliki modal sosial di dunia maya. Dengan adanya modal sosial tersebut mereka bisa meraih simpati hingga mendapat peluang untuk meraup cuan lebih mudah. 


  1. Privilege Tempat Tinggal 

Lokasi tempat tinggal ternyata juga termasuk dalam salah satu jenis privilege. Privilege tempat tinggal bisa dalam skala desa, kota, hingga negara. Contoh paling mudah bisa dilihat di Indonesia, dimana adanya kesenjangan akses pendidikan antara masyarakat yang tinggal di kota dengan mereka yang mukim di daerah pelosok. 


Warga yang tinggal di Indonesia bagian timur misalnya, mereka tidak seberuntung masyarakat di pulau Jawa dalam memperoleh akses pendidikan, internet, transportasi dan lainnya. Tentu saja lokasi geografis tempat tinggal ini juga berpengaruh pada kesempatan dalam meraih cita-cita. 


Orang yang tinggal di tempat yang memadai dari segi pendidikan, infrastruktur dan lainnya pastinya akan lebih mudah meraih kesuksesan. Oleh karena itu, Anda harus bersyukur dan memanfaatkan privilege tempat tinggal. 


  1. Privilege  Gender

Gender atau jenis kelamin merupakan pemberian dari Tuhan. Namun di kehidupan masyarakat, faktanya terdapat privilege dari segi gender. Ada faktor budaya yang membuat salah satu gender jadi diuntungkan atau mendapat kelebihan, sedangkan gender lainnya dirugikan. 


Contohnya, pria atau laki-laki dinilai lebih unggul dan kuat dibandingkan perempuan. Perbedaan hak istimewa pada gender ini juga sering ditemukan di tempat kerja. Misalnya seorang laki-laki selalu dipandang lebih cocok menjadi pemimpin dibandingkan perempuan. 

Gunakan Rekening Online Agar Memudahkan Pengelolaan Keuangan

Setelah mengetahui jenis-jenis privilege di atas, apakah Anda masih mau mengeluh dan menyalahkan nasib? Daripada sibuk iri dengan kehidupan orang lain, lebih baik Anda memanfaatkan privilege yang Anda miliki. Misalnya Anda terlahir dari orang tua yang kaya atau mempunyai modal harta, maka gunakanlah uang yang ada secara bijak dan cerdas. Untuk memudahkan dalam mengelola keuangan, Anda perlu membuat rekening online


Manfaat rekening online sangatlah banyak untuk kebutuhan mengelola uang di era digital seperti sekarang. Salah satu rekening online terbaik yang bisa Anda pilih adalah PermataME. PermataME adalah tabungan online yang disediakan oleh PermataBank. Pembukaan rekening bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. 


Informasi lebih lengkap mengenai rekening online PermataME dan proses pendaftarannya bisa Anda cek di sini.

Share This Article :
Ida Raihan

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 24 comments:

  1. Privilege itu banyak banget jenisnya ya Mbak. Selama kita hidup, pasti banyak banget privilege yang diberikan Allah untuk kita. Cuma ada diantara kita terkadang kurang menyadarinya, makanya suka iri lihat privilege orang lain. Beruntung lah kalau dari sananya kita semua dibekali privilege yang kita inginkan. Kalau belum merasa punya, saatnya menciptkan ya Mbak :)

    ReplyDelete
  2. Woww, begitu indah privilege yang sebenernya kita miliki terutama kesehatan, fisik dan lain2nya yang diseutkan di atas. Apalagi di era sosial media adalah privilege yang luar biasa untuk membangun networking, plus yang ga kalah penting mempunyai rekening online pulaa, Ahh, mau kepoin tabungan onlinenya PERMATAME

    ReplyDelete
  3. Nah ini ya, seringkali orang cuma menganggap privilege itu sebatas kekayaan dan fisik aja. Padahal kesehatan juga merupakan privilege. Bahkan kayaknya yang paling mahal dan penting. Huhu aku nih salah satunya yang sering menyia-nyiakannya. Hayuk ah kita manfaatkan dengan baik. :D

    ReplyDelete
  4. Dimanfaatkan dgn sebaik2nya yg manfaat yaaa jangan sampai semena2 gitu. Ada nih yg gender, mentang2 perempuan tapi pas bayar di kasir nggak mau antri 😆😆 bahkan beli ikan aja ada yg nggak mau antri alasannya bawa anak mau sekolah buru2 jadinya.. huaaaa
    Rekening online salah satunya yg bermanfaat. Online nggak perlu keluar rumah bayaran skul anak

    ReplyDelete
  5. Ternyata privillige itu beragam ya, gak melulu tentang kekayaan. Ya intinya memang banyak yg harus disyukuri dlm hidup ya

    ReplyDelete
  6. Setuju banget sih, kalo memang punya privilage itu harus digunakan sebaik mungkin, karena mempunyai privilage itu adalah kesempatan untuk memulai segala usaha, dengan adanya rekening online itu pasti sangat membantu orang -orang yang berbinis ini untuk mengelolah keuangannya.

    ReplyDelete
  7. Saya termasuk yang beranggapan kalau privilege adalah kepemilikan modal berupa harta atau kekayaan. Ternyata privilege ada banyak jenisnya, ya, tidak hanya soal uang.
    Sepakat, kalau memiliki hak istimewa seperti itu, sebaiknya harus pandai memanfaatkannya untuk memperbaiki dan meningkatkan kehidupan, ya...

    ReplyDelete
  8. Terima kasih ulasannya Mba, Masya Allah kita juga harus bersyukur dengan berbagai previlege yang diberikan oleh Allah , dengan menggunakannya untuk hal baik kayak yang Mb ulas ini.

    ReplyDelete
  9. paling utama sih privilege kesehatan karena dengan kondisi sehat kita jadi bisa beraktivitas untuk menghasilkan uang yaa

    ReplyDelete
  10. Sepakat, privilege itu memang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, bukan hanya untuk "keuntungan" sesaat saat ini saja. Dan privilege ini bukan cuma harta kekayaan, tapi banyak jenisnya

    ReplyDelete
  11. Privilege itu bukan hanya harta ya, banyak banget sebenarnya jenisnya... Yang penting bersyukur dan memanfaatkannya dengan baik...

    ReplyDelete
  12. Nah kan. Jadi setiap orang punya privilege tersendiri. Gak diborong semua, tapi pasti punya salah satunya. Jadi mari dimanfaatkan dengan baik dan jangan lupa tetap bersyukur

    ReplyDelete
  13. Kalau menurutku yang namanya menggunakan previlege itu sah-sah saja asal benar ya. Dalam artian juga harus digunakan dengan baik, kadang yang namanya previlege suka disalah gunakan.

    ReplyDelete
  14. Seringkali privilege ini membuat orang jadi tinggi hati..reminder ini!
    Tak perlu mengeluh dan menyalahkan nasib apalagi iri dengan kehidupan orang lain, lebih baik memanfaatkan privilege yang kita miliki secara bijak dan cerdas.

    ReplyDelete
  15. selama ini previlege identik dengan kekayaan dan jabatan
    ternyata kesehatan, fisik, dan media sosial bisa jadi previlege ya
    selama kita bisa memanfaatkannya dengan baik insyaAllah bisa bantu kehidupan jadi lebih sukses

    ReplyDelete
  16. Ternyata privilege nggak hanya harta
    Tapi juga hal lain ya mbak
    Kalau soal harta emang baiknya dikelola dgn tabungan online

    ReplyDelete
  17. Privilij oh privilij. Paling seneng kalau ada org ber-privilage tapi dia manfaatin dengan baik sehingga kasi kontribusi juga ke sekitarnya.
    Oh ya yg namanya tabungan sekarang mulai banyak yang pindah ke digital ya. Permata pun bikin. Enaknya kalau tabungan digital tuh tinggal dunlud aja aplikasi dan bikinnya pun online.

    ReplyDelete
  18. Privilage itu bisa beragam ya tergantung kita mempresepsikan atau menyederhanakan segalanya menjasi wujud rasa syukur kepada Tuhan, seperti yang di sebutkan diatas misalkan privilage diberi kesehatan atau anggota tubuh lengkap.normal kadang kita lupa akan hal remeh spt itu yaa...

    Naah setuju banget dengan rekening online karena sangat memudahkan segala urusan atau bisnis.

    ReplyDelete
  19. Ngobrolin soal privilege ini memang tiada habisnya ya..
    Karena setiap orang bisa memiliki kesempurnaan dalam hidup berikut kemudahan yang menyertainya. Dengan membuka rekening online, semoga segala privilege tetap bisa ter-maintenance dengan sempurna.

    ReplyDelete
  20. setelah ditelisik lebih dalam lagi ada banyak aspek apa itu privilege ya, bukan terukur dari segi harta atau jabatan saja.

    ReplyDelete
  21. melihat beragam privilage yang ada sebenarnya setiap manusia memiliki kelebihan masing-masing yang patut disadari dan disyukuri. Kalau melihat privilege milik orang lain malah yang muncul iri dan dengki.

    ReplyDelete
  22. alhamdulillah diberi kesehatan ini prevllage yang paling berharga , karena jika punya uang banyak tapi sakit-sakitan juga jadinya lelah sendiri. tapi kalo diberi nikmat kekayaan yang berlimpah alhamdulillah sekali

    ReplyDelete
  23. Jadi ingat perdebatan tentang previlege di Twitter, bagaimana seorang motivator mengajarkan tentang kerja keras dan usaha, sedangkan ia dari keluarga konglomerat jadi ngga masuk wejangannya hehe

    ReplyDelete
  24. Seandainya punya semuaanya yaa,tp ga mgkn dong. Privilage kesehatan,ini juga penting lho,dari sehat kita bisa melakukan apapun yang kita mau,semoga sehat² kita semua :)

    ReplyDelete
1897012769711992300