BLANTERVIO103

Gelar Rakornas di Surabaya, Menperin Agus Gumiwang Siapkan SDM Industri Produktif dan Berdaya Saing Global

Gelar Rakornas di Surabaya, Menperin Agus Gumiwang Siapkan SDM Industri Produktif dan Berdaya Saing Global
27 July 2023

 


Selamat pagi teman-teman semua.

 

Bagi saya peroleh undangan dan berkesempatan hadir di acara penting dan dihadiri pula oleh orang-orang positif dan penuh manfaat adalah suatu berkah yang luar biasa.


Rabu 26 Juli 2023, saya berkesempatan hadir di acara Rakornas SDM Industri 2023.


Berangkat dari rumah pukul 08.30 dengan diantar suami naik motor hingga gerbang Stadiun Bung Tomo, di kecamatan Benowo - Surabaya. Kemudian saya lanjut naik Armada Wira-Wiri sampai di pemberhentian gedung siola. Next insya Allah saya mau review Armada Wira-Wiri ini yaaa.




Sampai di lokasi pukul 10:03. Awalnya saya sedikit bingung sih. Yah bagaimanapun, itu adalah wilayah yang sama sekali tidak saya kuasai. Terbaru ke sana adalah ketika saya hamil anak kedua untuk mengurus perpindahan KTP. Sedangkan sekarang si anak sudah berusia empat tahun lebih. Wakakakakak, lama banget kan?


Untungnya, sebelum berangkat saya sudah peroleh gambaran dari teman-teman di grup WhatsApp, yang juga peroleh undangan ke sana, sama seperti saya. Posisi lokasi kegiatan ada di seberang Siola, jadi saya tidak perlu berganti kendaraan lagi, setelah turun dari Wira-Wiri.


Menyeberang jalan raya, dan sampai di hotel Double Tree by Hilton Surabaya, saya tidak langsung masuk, pasalnya baru jam 10:03, sedangkan acaranya akan dimulai pukul 11:00. Jadi saya mondar-mandir dulu di sekitar gedung hotel.



Etapiiii, kemudian saya merasa tidak enak diri. Karena banyak orang yang memperhatikan. Terlihat kayak orang hilang kali ya? Atau saya yang kepedean? Wakakakakak.


Kemudian saya pun masuk ke lobi hotel, dan langsung diarahkan oleh (mungkin petugas penerima tamu) naik ke lantai tiga. Ternyata sudah ada dua orang teman Blogger yang datang dari Kota Malang ketika saya sampai di tujuan.


Proses Registrasi

 

Begitu sudah berada di lantai tiga, seorang panitia datang menyambut, dan memandu saya untuk melakukan registrasi sebagai peserta undangan. Yaitu dengan memindai Qris dengan ponsel. Setelah itu menuju ke meja registrasi.


Urusan registrasi peserta selesai, saya dan dua teman dari Kota Malang keliling duludari satu stan ke stan lainnya, untuk melihat-lihat dari dekat berbagai produk yang dipamerkan.



Targetkan Negara Industri Tangguh


Pukul 13:00, acara pun dimulai. Mundur dua jam karena Menperin ada agenda di tempat lain juga.


Dibuka oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kertasasmita, acara yang mengambil tema industri 4.0 kompeten dan berdaya saing global ini, menperin menekankan betapa pentingnya ketersediaan SDM industri yang memiliki produktivitas tinggi.




Seperti yang sudah beliau ungkapkan, "Salah satu yang harus jadi perhatian adalah produktivitas. Dengan jam kerja yang sama, seperti yang dilakukan negara lain, kita harus mampu menciptakan produk-produk yang lebih baik. Jadi, kita harus mampu beradaptasi terhadap paradigma dari waktu ke waktu yang semakin berkembang, misalkan terkait energi terbarukan dan digitalisasi, untuk menuju green product."


Pak Menperin juga menyampaikan target kontribusi industri terhadap produk  domestik mencapai 19,2%, dan pertumbuhan sektor pengelolaan nonmigas 6,4% pada tahun 2025 mendatang. Hal itu seiring dengan target Indonesia yang ditargetkan Indonesia agar bisa menjadi negara industri tangguh pada tahun 2035. Wah semoga tercapai yaaa.


Penandatanganan MOU dan Meresmikan Gedung Pendidikan


Selain hal di atas, pada acara Rakornas 2023 ini, juga dilakukan penandatangan MOU BPSDMI, dengan beberapa perusahaan. Di antaranya PT. Mayora, PT. Denso, dan Petrokimia Gresik.





Selain itu, Menperin juga meresmikan gedung pendidikan pada satuan kerja vokasi Kemenperin.


Pameran Produk Dari Berbagai Sekolah


Selain menyimak pembahasan Bapak menperin, acara rakornas juga dimeriahkan dengan berbagai pameran produk berkualitas dari sekolah yang tersebar di Nusantara.




Yang sangat menarik, dari berbagai produk unggulan tersebut, beberapa di antaranya adalah produk yang terbuat dari bahan bekas. Salah satunya adalah produk aroma terapi  berbahan dasar minyak jelantah, yang dipamerkan oleh Perguruan Tinggi Politeknik Ati Padang.


Terakhir, rangkaian kegiatan rakornas SDM Industri tahun 2023 yang bertempat di Surabaya ini, masih akan berlanjut hingga 28 Juli 2023 lho. 

Share This Article :
Ida Raihan

TAMBAHKAN KOMENTAR

1897012769711992300