BLANTERVIO103

Tips Merawat Botol Susu Bayi, Dengan Sabun Cuci Botol Terbaik Rekomendasi SehatQ

Tips Merawat Botol Susu Bayi, Dengan Sabun Cuci Botol Terbaik Rekomendasi SehatQ
07 June 2023
Tips-merawat-botol-bayi


Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anaknya tumbuh sehat dan bahagia. Apa pun akan dilakukan dengan maksimal, demi melihat tumbuh kembang anak secara optimal, dan sesuai harapan.


Untuk itulah, orang tua harus selalu memperhatikan apa yang dikonsumsi anak-anak. Juga menjaga agar media yang digunakan selama mendampingi pertumbuhan mereka, dalam kondisi baik dan tidak membahayakan. Sehingga tidak terjadi masalah ke depannya.


Anak adalah aset terbesar dunia akhirat bagi kedua orang tuanya. Jadi harus benar-benar dirawat dan dijaga sebaik mungkin.


Bicara soal tumbuh kembang anak, tentu tidak luput dari asupan yang mereka konsumsi. Makan dan minum. Suatu hal yang harus diperhatikan dengan sangat ketat sebelum masuk ke dalam perut mereka. Pasti tidak mau kan anaknya sakit-sakitan? 


Lalu, apa saja sih yang harus diperhatikan?


Tentunya, bukan hanya soal makanannya yang harus bersih dan bergizi. Namun, tempat makan dan minumannya juga harus dijaga agar benar-benar higienis. Terutama sekali, yang anaknya masih bayi. Harus diperhatikan betul-betul botol susu mereka.


Yupz! Botol susu bayi. 


Membersihkan botol susu bayi tidak sama dengan saat kita mencuci perabot dapur, atau peralatan makan yang biasa digunakan orang dewasa. Tetapi butuh trik tersendiri, agar pencernaan bayi tidak terganggu. 



Cara Mencuci Botol Bayi


Setidaknya ada dua macam cara mencuci botol bayi. Yaitu dengan cara manual, dan, atau menggunakan mesin khusus pencuci botol.


Sejauh ini saya sendiri belum pernah menggunakan mesin. Karena memang tidak punya. Jadi saya memakai cara manual.


Dulu saya selalu berpikir, mencuci botol bayi adalah hal sederhana yang perlakuannya bisa kita samakan dengan saat kita mencuci alat makan pada umumnya. Namun kemudian saya tahu, perut bayi tidaklah sesederhana itu. Mereka bisa mengalami masalah perut jika penanganan alat makan dan minumnya tidak tepat. Mereka bisa muntah, diare, dan sebagainya. Duh bahaya kan ya? Sedih kalau sudah melihat anak mengalami masalah kesehatan tu.


Penggunaan sabun untuk mencuci botol bayi pun tidak boleh sembarangan. Dianjurkan menggunakan sabun cuci botol bayi khusus yang terjamin keamanannya. Misal yang tidak mengandung SLS (Sodium Lauryl Sulfate), dan sudah memiliki label food grade. Yang berarti, kandungan dalam produk terdiri dari bahan yang aman, jika tidak sengaja tertelan oleh bayi.




Langkah Mencuci Botol Bayi


Pertama sekali yang harus dilakukan sebelum mencuci botol bayi adalah, mencuci tangan yang bersih, menggunakan sabun cair dan sebagainya. Gosok tangan minimal 20 detik, untuk memastikan tangan benar-benar bersih sebelum menyentuh botol bayi.


Kedua:

Pisahkan botol di setiap perbagiannya. Seperti botolnya, tutup, dot, dan sebagainya. Kemudian cuci dengan air kran, atau air yang mengalir, hingga sisa-sisa susunya hilang. Kemudian masukkan ke dalam air hangat. Rendam beberapa menit, agar, jika ada kuman yang tertinggal, mati karenanya.


Ketiga: gunakan sikat khusus botol bayi, untuk menyikat dan menjangkau seluruh bagian dalam botol, hingga ke pangkalnya. Jangan lupa untuk menggunakan sabun cuci botol terbaik dan sudah terbukti membunuh kuman di laboratorium terakreditasi,


Keempat: Bilas dengan bersih, dan pastikan tidak ada susu ata minyak yang tersisa. Kemudian keringkan dengan baik.


Terakhir, merawat botol bayi mungkin memang terlihat sederhana. Namun, bukan berarti boleh digampangkan. Karena, walau bagaimana, semua hal yang berkaitan dengan bayi memerlukan penanganan khusus.


Apalagi menjadi orang tua di zaman sekarang, tidak sesulit zaman dulu. Karena sekarang banyak hal sangat mudah untuk dijangkau. Termasuk tips dan ilmu pengetahuan, tentang merawat dan mendampingi tumbuh kembang anak.


Ilmu dan berbagai tips banyak bertebaran di sekitar. Kita bisa mendapatkannya dari mana saja. Salah satunya adalah dengan membaca dari website atau aplikasi kesehatan.


Saya sendiri suka membuka aplikasi SehatQ untuk menemukan artikel kesehatan dan mencari berbagai informasi mengenai tumbuh kembang anak serta kesehatan keluarga.


Bagaimana denganmu, Mak. Barangkali Emak semua memiliki tips lain dalam merawat botol bayi dan peralatan makan anak-anak, sehingga bisa lebih tenang dalam menjalani moment mendampingi tumbuh kembang buah hati? Yuk share di kolom komentar.

Share This Article :
Ida Raihan

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 3 comments:

  1. Mencuci botol pun ada teknisnya ya supaya kotoran tidak menempel di pinggiran area bawah botol yang suka sulit terjangkau pas dibersihkan. Tipsnya penting banget ini supaya higienis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Mom. Botol susu bayi juga harus diperlakukan dengan baik. Hehe..

      Delete
  2. sangat bermanfaat, terima kasih atas tipsnya ya kak :D

    ReplyDelete
1897012769711992300