BLANTERVIO103

Intip Rincian Biaya Terupdate Renovasi Rumah 2 Lantai 2023

Intip Rincian Biaya Terupdate Renovasi Rumah 2 Lantai 2023
24 March 2023

 

Biaya-Renovasi-Rumah-2-Lantai-2023

Penyambutan tahun baru memang identik dengan hal-hal baru, renovasi rumah lantai 2 misalnya. Rasanya seperti membuka lembaran baru, apalagi dengan tinggal di rumah dengan desain impian. Kamu pun dapat segera mewujudkannya dengan memanfaatkan pinjaman KTA

Sudah bukan rahasia lagi jika biaya renovasi rumah itu menguras budget. Namun, bukan berarti kamu harus menunda terus hingga tabungan mencukupi. Padahal ada berbagai solusinya, menggunakan pinjaman dana bunga rendah bisa jadi salah satu contohnya. Yuk, dapatkan info lengkapnya seputar renovasi rumah lantai 2 sebagai berikut. 

Inspirasi Rumah Lantai 2 Type 36

Rumah type 36 adalah ukuran yang paling sering dijumpai di perumahan di Indonesia. Meski minimalis, tapi cocok juga jika dijadikan rumah lantai 2. Berikut beberapa inspirasi ide rumah lantai 2 dengan type 36. 

  1. Rumah Minimalis Lantai 2 Type 36, Tanah 80 m2

Untuk rumah type 36 dengan luas tanah sekitar 80 m2 memang terbilang besar ukurannya. Kondisi tersebut dapat dimanfaatkan untuk memperluas ruang garasi, sangat cocok buat kamu yang beberapa kendaraan. 

Selain itu, sebaiknya juga disisakan area khusus sebagai halaman atau taman kecil sehingga rumah tampak asri. Atau, kamu juga bisa memprioritaskan sisa lahan untuk taman ketimbang garasi. Sementara bagian lantai 2 dapat dijadikan balkon kecil dengan desain kaca minimalis buram dan partisi. Jangan pula lupakan kanopi untuk garasi. 

  1. Rumah Minimalis Type 36 Desain Modern

Sekarang ini, punya rumah minimalis nan modern adalah impian banyak orang terutama untuk kalangan muda. Strategi desainnya, untuk garasi ditempatkan di dalam dan bagian rumah dibangun tanpa ada teras besar. Tujuannya agar tamu bisa langsung masuk saja ke dalam rumah. 

Sedangkan bagian lantai 2, areanya dapat dibuat memanjang dari atas garasi sampai teras. Trik ini akan membuat rumah kamu memiliki banyak ruang yang lengkap dengan paparan sinar mataharinya. Soalnya, kamu bisa menempatkan jendela pada setiap sisinya.

  1. Rumah Minimalis Lantai 2 Type 36, Tanah 60 m2

Bertempat tinggal di rumah dengan luas tanah 60 m2 dengan type 36? Jangan khawatir, ukuran tersebut juga bisa dijadikan rumah lantai 2. Pastinya, rumah akan dibangun lebih tinggi untuk menawarkan kesan lebih luas dan lapang meski lahannya terbatas. 

Untuk memaksimalkan hal tersebut, kamu bisa tambahkan mezzanine agar lebih banyak ruang untuk penyimpanan. Disarankan juga untuk memilih cat warna yang terang, tapi tidak memunculkan kesan yang sempit. 

  1. Rumah Minimalis Lantai 2 Type 36, Tanah 72 m2

Sedikit lebih besar dibandingkan luas tanah sebelumnya, maka kamu bisa membuat taman kecil dengan tanah yang luasnya 72 m2 ini. Atau, bisa pula dijadikan garasi untuk kendaraan. 

Pada area teras, dianjurkan membuatnya lebih tinggi ketimbang bagian depan rumah. Ini sebagai pemisah antara teras dengan garasi. Di sisi lain, desain tersebut juga bertujuan untuk melindungi rumah dari hujan dan sengatan matahari. 

Estimasi Biaya Renovasi Rumah Lantai 2 

Kira-kira, berapa biaya untuk renovasi rumah jadi lantai 2? Mari simak pembahasan selengkapnya seputar modal renovasi tersebut berikut ini. 

  1. Renovasi Rumah Lantai 2 Type 36

Kali ini akan dibahas soal rumah khusus type 36. Rumah dengan tipe tersebut memiliki luas tanah sekitar 60 m2. Bangunannya sendiri umumnya terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang keluarga yang bersatu sama ruang makan, dan dapur sederhana. 

Jika rumah tersebut direnovasi jadi lantai 2, diperkirakan luas bangunannya berubah menjadi 72 m2. Adapun estimasi biayanya bisa mencapai angka Rp126 juta - Rp144 juta. Itu pun, kamu perlu memakai pondasi yang standar. Pinjaman KTA sangat mencukupi untuk biaya renovasi sebesar itu. 

Namun, apabila kamu butuh dana lebih, kamu juga bisa mengajukan pinjaman lebih dari nominal tersebut. Jangan sampai hanya karena persoalan biaya, kamu memilih untuk merenovasi rumah dengan material yang seadanya. Hal ini sangatlah riskan bagi keselamatan dan ketahanan rumah tersebut kedepannya. 

Ajukan saja pinjaman dana bunga rendah yang besarnya cukup buat beli material yang berkualitas agar rumah kokoh dan kuat tahan lama bangunannya. Kamu dapat memanfaatkan dana pinjaman untuk memperkuat biaya dinding dengan menggunakan formula semen dan pasirnya sebesar 1:5.  

  1. Jenis Pekerjaan Renovasi Rumah Lantai 2 Type 36

Ada banyak jenis pekerjaan yang harus dilakukan dalam renovasi rumah lantai 2 type 36 tersebut. Beberapa pekerjaan yang butuh biaya besar, yakni pengerjaan struktur kolom (Rp4.9 juta), balok (Rp4.9 juta), sloof (Rp4.9 juta), pengecatan (Rp1.2 juta), instalasi listrik (Rp1.5 juta), sanitasi air (Rp1.3 juta), dan sebagainya. 

Belum lagi dengan biaya tukang, alat, dan material selama renovasi yang pastinya memakan banyak budget. Itu akan terjadi jika kamu tak menggunakan pinjaman KTA yang dapat dimanfaatkan sepuasnya untuk renovasi rumah sesuai impian. 

Butuh Dana Renovasi Rumah? Serahkan Saja pada digibank KTA

Pinjaman yang ditawarkan oleh digibank KTA memberikan banyak kemudahan bagi para nasabahnya. Berikut berbagai kelebihan yang bisa kamu nikmati jika memilih pinjaman dana bunga rendah dari digibank KTA. 

  • Sistem online 24 Jam secara Online di Aplikasi digibank by DBS

  • Waktu Approval 60 Detik Saja

  • Persyaratan Tanpa Dokumen Fisik

  • Jumlah Pinjaman Bebas Diatur 

  • Dana Langsung Cair Maksimal Rp200 Juta

  • Batas Pelunasan Cicilan Hingga 36 Bulan

  • Persyaratan Mudah (berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, atau Semarang, memiliki e-KTP dan NPWP, dengan minimal gaji Rp5 juta per bulan).


Pinjaman KTA adalah solusi bagi kamu semua yang butuh pendanaan untuk kehidupan yang lebih baik. Selama bijak mengelola finansial, KTA bukanlah momok yang perlu dihindari. Melainkan pilihan alternatif guna mencapai impian seperti bertempat tinggal di hunian yang nyaman tersebut. 

Demikian seputar info mengenai inspirasi tipe rumah lantai 2 beserta estimasi biayanya yang bisa kamu jadikan referensi. Makin berminat untuk mengajukan KTA? Segera cari tahu informasi selengkapnya di sini.

Share This Article :
Ida Raihan

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 24 comments:

  1. pengen rasanya aku renov rumah, mau bikin 2 lantai karena anak2 sudah membesar dan perlu kamar masing2, ya alloh semoga bisa nabung dan bisa punya 'mesin uang' yang bisa dijadiin dana untuk renov rumah, amiiinn

    ReplyDelete
  2. Ternyata banyak kelebihan dari pinjaman dana dari Digibank KTA. Persyaratannya pun tergolong mudah, tidak ribet ya. Bisa digunakan untuk renovasi rumah dengan cicilan yang tidak memberatkan. Jumlah pinjaman bisa diatur sesuai kebutuhan. Mantap!

    ReplyDelete
  3. Iya renovasi rumah itu memang butuh biaya besar mbak, apalagi kalau ternyata merembet kemana-mana dari rencana awal, biaya jadi tambah besar.
    Eh ada pinjaman KTA, bisa nih dimanfaatkan bagi yang mau renovasi rumah tahun ini

    ReplyDelete
  4. Memang harus cermat deh kalau menghitung biaya renovasi. Termasuk siapin juga dana tak terduga. Karena bisa aja saat direnov, ada aja tambahan biayanya

    ReplyDelete
  5. Wah makasih infonya, mbak. Kebetulan ada rencana untuk renovasi dan ningkat rumah juga. Tapi begitu mikir biaya, mikir 1000 kali deh, haha. Karena ningkat rumah ini sama aja kaya bikin rumah baru kurang lebihnya kan. Apalagi rumahku belum sempat dikasih cakar ayam untuk rumah tingkat dari awal. Jadi harus bobok buat nyuntik cakar ayam ke atas. Dan ini jelas nambah biaya lagi yang nggak sedikit, huhu.

    ReplyDelete
  6. Iya teh Ida, buat sebagian orang dan yang terutama pekerja tetap ya, Pinjaman KTA adalah solusi untuk yang butuh pendanaan, kalo aku berhubung suami istri freelancer jadi agak ngeri ngeri sedap mo minjem

    ReplyDelete
  7. Aku kayaknya terakhir renovasi rumah 2 lantai dengan tema compact house itu lumayan banget menguras tabungan. Heheheee..,. Terus kebayang deh kalau tahun sekarang pasti sudah naik biayanya ya.

    ReplyDelete
  8. Biaya renovasi rumah itu menguras budget, butuh biaya besar. Bisa saja ya kita menabung dulu supaya bisa merenovasi rumah. Tapi bisa juga mengajukan KTA bagi yang ingin cepat-cepat merenovasi rumah

    ReplyDelete
  9. rumah jaman now memang lucu - lucu modelnya yaaa mba dan untuk renovasi kita bisa ambil inspirasi dari banyak tempat, dengan menyesuaikan anaggaran yang ada

    ReplyDelete
  10. Renovasi maupun bikin baru, memang butuh dana yang tidak sedikit yaa, makanya harus diusahakan dan disiapkan dengan baik.

    ReplyDelete
  11. Aduh mau banget deh renovasi rumah. Kebetulan rumahku memang udah tua. Aamiin, semoga bisa segera renovasi rumah. Kepengennya sih nanti kalo tabungan udah cukup.Aamiin, semoga tabunganku bisa segera banyak biar bisa renovasi rumah. :D

    ReplyDelete
  12. Biaya renovasi rumah memang lumayan ya. Untungnya ada digibank by DBS yang bisa membantu kita.

    ReplyDelete
  13. Hwaa...tempo hari saya dan suami sama2 mengutarakan mimpi untuk merombak rumah mungil (uk 45/72). Dengan ukuran lahan segitu dan mentok kanan-kiri khas rumah kompleks, mau ga mau perluasan hanya bisa ke atas.

    Ya sejauh ini masih mimpi sih, wong rumahnya jauh di kota lain (sementara kami di kota yg sekarang mengontrak), tapi kalau kata Nidji, mimpi adalah kunci. Setidaknya kami nyicil kunci dulu deh hehehe..

    ReplyDelete
  14. Baca postingan ini saya selalu sholawat
    Semoga diijabah punya rumah dua lantai

    ReplyDelete
  15. Aduh, pengen banget renovasi naikin rumah jadi dua lantai. intip intip biaya renovasinya jadi ada bayangan deh sekiranya apa saja yang dibutuhkan. Doakan segera terealisasi ya renovasi rumah jadi dua lantai meskipun minimalis

    ReplyDelete
  16. KTA emang membantu orang yang sedang punya keperluan...asal keperuannya bukan foya foya dan bayarnya disiplin... mahal juga yaa biaya renov.. kalo dibantu sama Digibank KTA sik memudahan banget ya

    ReplyDelete
  17. Terima kasih, kak Ida..
    Seneng banget bisa dapet itung-itungan kasar mengenai biaya renovasi rumah 2 lantai. Karena saat pertama kali beli, biasanya memang memilih developer yang sudah siap dengan pondasi untuk diluaskan ke atas. Secara kebutuhan ruang seiring dengan perkembangan ekonomi keluarga.

    ReplyDelete
  18. Biaya renovasi rumah bertipe minimalis sekalipun lumayan yah, jadi persiapan keuangannya harus benar-benar baik terkadang ada saja biaya tidak terduga yang muncul tanpa direncanakan sebelumnya.

    ReplyDelete
  19. Wah aku banget ini
    Dulu saat merenovasi rumah menjadi tingakt 2, aku juga mengajukan pinjaman di bank

    ReplyDelete
  20. its my dream bisa renovasi rumah solusinya KTA yaa nanti aku share artikel in i sma pak suami biar jadi pertimbangan dia untuk renovasi rumah secepatnya

    ReplyDelete
  21. Biaya renovasi rumah ini lumayan juga ya, secara sekarang ini harga material juga udah pada naik. Jadi mending memang punya KTA sih membantu banget buat renov rumah.

    ReplyDelete
  22. Sebenarnya pengen renovasi rumah juga, etapi biayanya tuh lumayan. Apalagi harga material juga naik. Sementara, cat ulang dulu saja.

    ReplyDelete
  23. wah ternyata ada rincian gini bikin mudah ya, soalnya aku bakalan rekap rumah juga nih, semoga dimudahkan urusannya ya

    ReplyDelete
  24. Cocok nih bagi yang ingin membangun rumahnya lagi. Akupun lagi cari-cari budgeting yang pas untuk meningkatkan rumah. Butuh disiplin ketat nih buat nabung juga

    ReplyDelete
1897012769711992300