BLANTERVIO103

Ciptakan Suasana Pesisir di Rumah dengan Gaya Desain Nautical

Ciptakan Suasana Pesisir di Rumah dengan Gaya Desain Nautical
13 January 2023
pinjaman-uang-mudah

Apakah Anda penyuka suasana pantai yang santai dan menenangkan? Jika iya, rumah bergaya desain nautical atau coastal bisa menjadi pilihan. Tema ini biasa juga disebut gaya beach house, sebab terinspirasi dari arsitektur dan konstruksi interior khas pesisir pantai.

Sesuai namanya, desain bertema nautical atau coastal identik dengan kesederhanaan, kenyamanan, dan ketenangan, seperti suasana tepi pantai. Meski didesain dengan sederhana dan minimalis, namun mendesain interior rumah tetap membutuhkan biaya yang tidak murah.

Anda bisa memanfaatkan pinjaman uang untuk memperoleh dana dan mewujudkan desain rumah impian. Namun sebelum itu, sebaiknya, kenali dulu apa saja elemen esensial dalam desain nautical, agar Anda bisa mendesain interior sesuai keinginan.

Ciri Elemen Desain Nautical untuk Interior Rumah

Coastal style berfokus pada suasana atau atmosfer ruang yang menghadirkan nuansa menenangkan seperti sedang berlibur di pantai. Untuk menghadirkan gaya nautical di dalam rumah, berikut beberapa elemen desain yang perlu Anda perhatikan.

  • Unsur Warna Laut

Pemilihan warna adalah unsur terpenting untuk menghadirkan kesan sesuai keinginan. Untuk menciptakan kesan ala pantai, Anda bisa menggunakan unsur warna laut seperti biru muda, navy, putih, krem, hijau, abu-abu, atau warna lain dengan tone serupa.

Anda juga bisa mengkombinasikan warna bernuansa lain dengan warna khas laut, asalkan tetap menghasilkan nuansa tenang dan nyaman. Warna-warna ini bisa diterapkan untuk berbagai elemen, mulai dari dinding, lantai, hingga furnitur. 

  • Motif Garis dan Tekstur

Salah satu ciri khas dari desain nautical adalah penggunaan motif atau pola bergaris warna putih biru. Anda bisa menerapkan motif ini pada furnitur atau elemen dekorasi untuk mempermanis aksen ruangan, misalnya pada karpet.

Selain motif, Anda juga bisa menerapkan tekstur khas pantai dan laut. Misalnya menggunakan karpet berwarna polos atau abstrak dengan tekstur khas pasir putih. Sebagai alternatif, Anda juga bisa bermain dengan tekstur furnitur kayu, sofa, atau mengaplikasikan layer tirai.

  • Furnitur Natural

Furnitur khas gaya nautical lebih banyak menggunakan material alami, terutama kayu solid. Bahkan, penggunaan perabot berunsur plastik atau sintetis sangat jarang ditemukan dalam desain khas pesisir pantai.

Untuk bermain dengan warna, Anda bisa mengecat ulang furnitur kayu Anda dengan warna seperti coklat, krem, putih, atau biru. 

Meskipun membutuhkan biaya ekstra, namun Anda bisa memanfaatkan pinjaman uang ke bank sebagai modal renovasi desain interior.

  • Dekorasi Beraksen Pantai

Lanjut ke dekorasi, gaya interior coastal umumnya memberikan sentuhan khas pesisir melalui aksesoris ala pantai. Misalnya, Anda bisa menggunakan cangkang kerang, tiruan koral, bintang laut, atau botol berisi pasir pantai.

Selain dekorasi bergaya natural khas alam pesisir, Anda juga bisa menggunakan aksesoris berbau nautical lainnya seperti lukisan atau miniatur jangkar, perahu, kapal, ship’s wheel (kemudi kapal), dan lain-lain.

  • Ruangan Luas dan Lapang

Pantai dikenal identik dengan suasana yang lapang dan luas, seolah tidak berujung. Untuk menciptakan ilusi dan kesan yang sama, ruangan Anda harus dibuat sesantai dan seminimalis mungkin.

Anda bisa mengurangi penggunaan furnitur atau pernak-pernik berlebihan agar ruangan tampak lebih lega. Jika punya anggaran cukup, Anda bisa merenovasi ruangan agar lebih luas. 

Jika tidak, Anda bisa menggunakan jendela kaca besar atau cermin lebar dalam ruangan untuk memberi kesan lebih lapang.

Rekomendasi Furnitur Bergaya Nautical


Salah satu elemen yang paling menguras budget dalam mendesain rumah bergaya nautical adalah furnitur. Karena menggunakan furnitur berbahan natural, biaya yang dibutuhkan juga lebih besar. Anda perlu menyiapkan pinjaman uang minimal sebesar Rp250-300 juta sebelum mendesain untuk dialokasikan pada furnitur.

Jadi, sebaiknya kenali apa saja rekomendasi furnitur bergaya nautical yang bisa mengubah kesan ruangan secara signifikan. Sebagai referensi, beberapa furnitur berikut ini perlu Anda perhatikan.

  • Kasur

Untuk membawa suasana ala pantai di kamar tidur, Anda perlu memperhatikan furnitur utamanya yaitu kasur. Anda bisa memilih kasur kayu dengan bed lembut yang nyaman berbahan busa, latex, atau spring bed, dengan sprei berwarna lembut khas laut.

  • Sofa

Anda bisa menggunakan sofa dan kursi berwarna natural, dipadukan dengan meja minimalis sebagai temannya. Jika menyukai gaya yang sedikit lebih meriah, coba padukan sofa kain polos dengan bantal kursi dalam berbagai motif yang konsisten.

  • Karpet

Pemilihan karpet yang tepat bisa membuat ruangan terlihat lebih lapang dan tenang. Jika motif furnitur lainnya sudah ramai, Anda bisa memilih karpet polos tanpa motif. Sebaliknya, pilihlah karpet bermotif eklektis jika furnitur lain dirasa masih minimalis.

  • Meja dan Kursi Makan

Untuk memberi gaya ala coastal, cobalah bermain dengan meja dan kursi makan berbahan natural seperti kayu. Sebagai alternatif yang lebih unik, Anda bisa menggunakan bahan dari anyaman rotan tradisional bergaya tropis.

  • Dekorasi

Pernak-pernik adalah komponen penting untuk mempermanis desain interior. Pastikan untuk selalu menambahkan corak menarik seperti bebatuan, dedaunan, kulit kerang, tekstur pasir, dan sejenisnya untuk menghidupkan suasana ruangan.

Desain Rumah Impian Bersama Pinjaman Uang dari DBS KTA

Renovasi interior rumah bergaya nautical memang cukup memakan biaya. Oleh karena itu, pinjaman uang ke bank dapat menjadi pilihan sumber dana. Salah satu opsinya adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Sebagai salah satu layanan perbankan terkemuka di Indonesia dan Asia, bank DBS Indonesia menghadirkan pinjaman DBS KTA. Produk pinjaman tanpa agunan ini menawarkan banyak keunggulan menarik, di antaranya sebagai berikut:

  • Dana pinjaman hingga Rp300 juta tanpa jaminan.

  • Proses persetujuan singkat hanya membutuhkan 3-5 hari kerja.

  • Tipe bunga flat yang rendah, mulai dari 0,88% per bulannya.

  • Waktu cicilan (tenor) panjang, bisa hingga 36 bulan.

  • Syarat aplikasi pinjaman mudah dan anti repot. Hanya butuh e-KTP, NPWP, penghasilan minimum Rp5 juta, kredit bank lain minimum 10 juta, dan domisili Jabodetabek.

DBS KTA adalah opsi terbaik untuk Anda merealisasikan desain rumah impian. Tunggu apa lagi? Kunjungi https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page,  dan dapatkan pinjaman uang untuk biaya renovasi interior rumah Anda sekarang!


Share This Article :
Ida Raihan

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 20 comments:

  1. Wah.. terimakasih utk ide dekorasi interior nya ya.. hmm, jd ingin mengubah interior rumah juga nih karena melihat contoh2 kerennya..

    ReplyDelete
  2. Design rumah impiankuuuu!! sangat dibutuhkan sekali untuk penderita insomnia sepertiku yang memang gak suka kebisingan dan butuh suasana yang menenangkan XD

    Semoga Allah mudahkan untuk membangun rumah impian dari sisi finansial. Btw, semakin mudah juga ya, bund karena ada DBS KTA ini. Menarik!

    ReplyDelete
  3. Unik juga desain nautical ini.
    Jadi serasa makin dekat dengan alam, dan membuat adem suasana juga saat masuk ke dalam rumah

    ReplyDelete
  4. Keren yah kak, suasana seperti ini merupakan suasana yang sangat mahal loh, bisa menikmati kenyamanan dan keindahan, apalagi furniture yang digunakan itu pas banget pasti makin nyaman

    ReplyDelete
  5. Sekarang boleh ya KTA utk renov/ bangun rumah gtu? Makin gampang juga krn gak pakai agunan. Bunganya jg mayan kecil, membantu buat org yang sedang mewujudkan rumah impiannya ya mbak. Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  6. Warna kamar tidurnya cakep banget 😍 sukaaa. Saya lebih suka warna dinding rumah yang cerah. Tapi ternyata nggak harus melulu warna putih ya. Warna seperti warna pasir ini juga cantik 😍

    ReplyDelete
  7. Bikin betah ya kalo punya rumah dengan desain dan arsitektur kayak gini.. Di rumah aja, jadi serasa liburan tiap hari

    ReplyDelete
  8. Boleh juga nih ide rumah dengan gaya nautical gitu. Lebih cenderung ke arah warna pantai ya, ke arah biru gitu ya lebih tepatnya. Rumah jadi cerah nih kalau nuansanya dibikin nautical.

    ReplyDelete
  9. Sebenarnya kamar simple dan minimalis dengan dominan warna putih begini jadi memiliki kesan luas gitu ya..
    Kebayang nyamannya kalau rumah dekat laut, denger suara debur ombak setiap hari, setiap detik.
    Healing everyday...mashaAllah~

    ReplyDelete
  10. Baru denger gaya desain nautical

    Asik bgt jadi di dalem rumah nuansa tropisnya lebih kental..

    ReplyDelete
  11. Dulu saya suka menghayal punya rumah di pinggir laut atau danau/sungai (yang ada suara gemericik airnya). Dalam pikiran saya, punya rumah di pinggir laut itu bakalan menenangkan

    ReplyDelete
  12. huaaa Mbak, punya rumah yang suasana pesisir gini rasanya pasti nyaman banget ya, berasa tiap hari mantai gak siiih ini, gak perlu keluar rumah jauh-jauh lah ya untuk dapatin vitamin sea buat healing, asyiiikknyaaaa...

    ReplyDelete
  13. Wah skg ada gaya nautical . Menarik sekali. Apalagi ada KTA yg dukung utk renovasi rumah.

    ReplyDelete
  14. Menurutku Gaya Desain Nautical itu lebih simple ya, keren!
    dan terlihat lebih luas ruangannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak,
      Jadinya minimalis yang bikin luas.
      Bisa jadi pilihan buat desain di rumah

      Delete
  15. Benar funiture mahal apalagi kalau bisa multi fungsi . Enak sih bisa ruangan gam sesak penuh dengan barang

    ReplyDelete
  16. wah dekorasi interior nya bagus banget! suka lihatnya. membayangkan akan terasa nyaman tinggal di sana xD aku baru tau sih style seperti ini disebut Gaya Desain Nautical. suka!

    ReplyDelete
  17. kerennn banget inspirasu desainnya kak, aku tertarik deh untuk memiliki rumah dengan desain ala-ala pantai gitu.

    ReplyDelete
  18. Bagi penyuka pantai seperti aku akan betah dirumah Rumah dengan gaya desain nautical

    ReplyDelete
  19. Salah satu impian saya kalau punya hunian sendiri adalah yang bergaya minimalis. Udah gitu kalau misalnya ada suasana pantainyal, wah makin betah deh di rumah

    ReplyDelete
1897012769711992300