BLANTERVIO103

Pantai Delegan, Pilihan Menarik Wisata Bareng Keluarga, Pasca Pandemi

Pantai Delegan, Pilihan Menarik Wisata Bareng Keluarga, Pasca Pandemi
04 September 2022

 

Wisata+Pantai+Delegan


Saat ini, Indonesia belum benar-benar terbebas dari kasus Pandemi Covid-19. Namun bersyukur sekali, karena kita sudah bisa kembali menikmati suasana dunia luar. Baik untuk urusan kerja, belanja, maupun liburan di akhir pekan, ke tempat wisata pilihan, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.


Pasti sudah sangat rindu kan ingin jalan-jalan, berwisata atau piknik bareng keluarga? Yes. Untuk memberi amunisi kepada jiwa dan tenaga, agar ketika kembali bekerja sudah semangat dan segar.


Salah satu tempat pilihan wisata yang nyaman dan seru di daerah Jawa Timur, tepatnya kabupaten Gresik adalah, Pantai Delegan.


Sejujurnya, kami sudah lama ingin ke sana. Namun karena jaraknya yang sangat jauh, dari lokasi kami tinggal, yang masih terletak di kawasan Kota Surabaya, dan juga adanya pembatasan akibat pandemi, akhirnya keinginan itu hanya mengendap saja di dalam angan untuk sekian purnama. Alhamdulillah pada akhirnya keinginan itu terturutkan. 


Pantai Delegan terletak di ujung utara kabupaten Gresik, dan berdekatan dengan Lamongan. Sebab itulah, sebagian orang menyebutnya, sebagai Pantai Delegan Lamongan. Namun secara administratif, ianya masih masuk ke wilayah kabupaten Gresik – Jawa Timur. Jika kamu berangkat dari kota Gresik, maka, butuh sekitar satu jam perjalanan untuk sampai ke Pantai Delegan.


Saat itu, kami datang ke tempat tersebut bersama Ibu Mertua, atas ajakan keluarga Mbak/Mas Ipar, dengan mengendarai mobil pribadi milik mereka, dan membutuhkan waktu sekitar satu jam lebih perjalanan. Berangkat dari rumah sekitar pukul sembilan pagi, dan sampai di tempat pukul sepuluh lebih. 


Begitu sampai, dan keluar dari parkiran, mata kami langsung disambut oleh keramaian manusia dan kios yang berjajar menjual souvenir dan mainan anak. Untuk masuk ke lokasi pantai, kita hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 saja perorangnya. Murah meriah donk. 


Lalu apa sih yang menarik dari Pantai Delegan ini? Cusss lanjut baca.


Lokasi Istirahat Langsung Menghadap Pantai


Meskipun jaraknya lumayan jauh dari kota Gresik, Pantai Delegan sangat worth it untuk dikunjungi.


Memiliki tempat duduk-duduk yang nyaman beralas tikar. Menghadap ke pantai dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Sambil istirahat setelah perjalanan, kita bisa melihat orang-orang yang sedang berenang, atau bermain pasir dengan sangat leluasa. Selain itu, mata juga dimanjakan dengan keindahan air laut dan pasir putih, yang terhampar luas. Jangan khawatir dengan cuacanya. Yah, seperti yang kita semua tahu, kondisi pantai memang selalu panas di siang hari. Namun di Pantai delegan ini, tempat kita duduk-duduk berderet banyak pepohonan, sehingga hawa sejuk dapat melindungi kita dari sengatan panas hawa pantai di siang hari. Namun begitu, buat Mak-Emaknya, jangan lupakan sunblock atau sunscreennya yaa. Hihi…


Untuk tempat istirahat ini, sudah tersedia banyak tikar, kamu bisa memilih tempat yang kosong untuk bersantai bersama keluarga di sana, jika malas membawa tikar sendiri. Kalau kami sih sudah membawa tikar dan makanan sendiri dari rumah. Hemat, wakakakak.


Bukan berarti tidak jajan sama sekali donk, anak-anak tetap meminta membeli makanan. Untuk harga makanan, seperti umumnya di tempat wisata, ada selisih harga tentunya.





Fasilitas Berenang Luas


Fasilitas berenangnya sangat luas. Ah elah, namanya juga pantai, Mpoook. Hahahaha.


Awalnya saya tidak berminat ikut nyemplung ke dalam air, tetapi melihat anak-anak sangat bahagia leluasa bermain, atas rayuan suami pula, sayapun tergoda. Padahal saya tidak membawa ganti jilbab, dan pakaian dalam, lho. Hihi.


Saat kami berkunjung, sebenarnya ombak laut terlihat tenang. Namun sekali dua, ombak besar juga menampar, menambah keseruan bermain air. Untuk fasilitas renang, kita bisa menyewa ban yang disediakan tidak jauh dari lokasi, dengan harga Rp. 10.000 - 15.000, tergantung besar kecilnya ban.


Hamparan Pasir Yang Bersih


Suka bermain pasir memang identik dengan anak-anak, walau tidak menutup kenyataan, kalau orang dewasa juga banyak yang masih suka bermain pasir. Sebagiannya berdalih menemani anak. Nggak masalah, yang penting bahagia, karena tujuan awal piknik juga agar bahagia kan?


Untuk yang suka bermain pasir, tidak jauh dari pantai, ada banyak toko yang menyediakan mainan alat mencetak pasir. Mungkin kamu dan nak-anak mau membuat istana pasir. Dengan harga sekitar Rp. 30.000 – 60.000, tergantung ukuran.


Layang-Layang Dan Naik Sampan


Berikutnya yang tak kalah asik dan seru adalah, bermain layang-layang. Berlarian di pantai pasti akan semakin lengkap dan menyenangkan jika sambil membawa dan menerbangkan layang-layang. Setuju? Nah, di Pantai Delegan juga ada banyak yang bermain layang-layang.


Tentu saja, kamu tidak perlu repot-repot membawa layangan dari rumah, karena di Pantai Delegan sudah ada yang menyediakan.


Aktivitas Lainnya Yang Bisa Dilakukan di Pantai Delegan


Bosan dengan semua permainan yang sudah saya sebutkan di atas, kamu bisa menuju wisata lainnya yang lebih menantang. Yaitu naik sampan dan menjelajah pantai dengan keseruan berbeda bersama keluarga. Atau mau menjajal Banana boat? 


Aktivitas lainnya yang bisa kamu lakukan di Pantai delegan adalah, memancing, belanja souvenir, kulineran, atau bermalas-malas di kursi malas. Jangan ketinggalan, poto-potonya ya, agar bisa dipamerin di Instagram. Banyak spot Instagramable lho.



Share This Article :
Ida Raihan

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 15 comments:

  1. Penasaran mba sama suasana pantainya. Ada foto-fotonya yang lain gak mba? Seru nih kayaknya mantai

    ReplyDelete
  2. heheeuu namanya jg pantai ya mba, luas bebas mau sampai mana ajaa renangnya :D ehh
    nama pantainya cakep bener Delegan. Aku baru tau, kudetnya akoh. Asyiknya main pasir, anak2 mah betah ya pasti. Ngeri nggak mau pulang deh anak2 aku hihi

    ReplyDelete
  3. Itu tempat berenangnya luasss banget ya kwkw..Pantai gitu lho. Komplit juga nih Pantai Delegan jadi pilihan wisata asik dan seruuu. Anak-anak pasti seneng bikin istana pasir

    ReplyDelete
  4. Ke pantai itu emang wisata paling menyenangkan, ortu senang anak juga senang. Dan aku jadi inget, udah lama bgt enggak mantai...

    ReplyDelete
  5. Aku masih jarang berkunjung ke Jawa Timur, nama-nama pantainay juga masih asing. kemairn ini sempat ke Tulungagung. Ternyata kalau Pantai Delegan adanya di Gresik ya. Kalau pantai ini bisa buat wisata enak juga ya naik boat

    ReplyDelete
  6. Anak-anakku paling seneng liburan ke pantai. Tapi masih seputaran Jawa Barat. Belum sampe Gresik nih. Semoga nanti bisa ke sana.

    ReplyDelete
  7. Aku pikir beneran ada burung camarnya, hhiihii..
    Ternyata..

    Btw, mertua pas cari pesantren di Gresik juga sempat mampir ke Pantai Delegan. Tapi aku sendiri belum pernah. Seru juga yaa.. di Pantai Delegan ada banyak mainan seru.

    ReplyDelete
  8. Waawww menyenangkan sekali ya makk, Gresiik akuu b3lum pernah explore pantainya next time aahhh.(gusti yeni)

    ReplyDelete
  9. Catet niiih... kalau pas ke Gresik kudu diagendakan ke Pantai Delegan. Vibesnya oke banget untuk liburan bareng keluarga.

    ReplyDelete
  10. wah baru tahu pantai delegan di gresik, saya tuh suka pantai, betrah duduk duduk lama di pasir sambil mandangin air :)

    ReplyDelete
  11. sudah lama enggak main di pantai nih mbak, karena rumahku jauh dari pantai. satu-satunya pantai terdekat ya ancol ya hhihi itu pun dah jarang banget ke sana. btw asyik ya biaya masuknya murah banget cuma 10K, bisa nih jadi salah satu rekomendasi pantai kalau ke sana

    ReplyDelete
  12. Wah naik kapal di Pantai Dengan ini bisa melihat burung burung dari jarak dekat indah banget nih, apalagi ombaknya cukup bersahabat ya

    ReplyDelete
  13. Seneng yaa kalau datang ke tempat wisata dan bersih tempatnya. Btw, iyaa anak2 si tetep jajan meskipun kita udah bawain bekal. Hahaha

    ReplyDelete
  14. Seneng yaa kalau datang ke tempat wisata dan bersih tempatnya. Btw, iyaa anak2 si tetep jajan meskipun kita udah bawain bekal. Hahaha

    ReplyDelete
  15. aku kangen deh , Mak, ajak anakku ke pantai liburan, tapi di sini pantai jauh-jauh, yang deket tuh kondisinya gak banget dan ada yang bahaya juga. Ini bagus ya pantainya

    ReplyDelete
1897012769711992300