Menjadikan Hobi Sebagai Penghasilan

Menjadikan-hobi-sebagai-penghasilan


Masih pandemi nih, Gaes. Beberapa sudah mulai mengeluh, uang tabungan semakin menipis karena dipakai untuk menutup kebutuhan sehari-hari. Padahal niat awal menabung buat kebutuhan sekolah anak kelak. Buat membangun usaha. Tetapi mau gimana lagi ya, mau tidak mau pilihannya ya menggunakan uang tabungan jika tidak ingin koleksi hutang untuk kebutuhan sehari-hari. Yang terpenting saat ini adalah, masih bisa makan, dan tidak berhutang. Seperti saya yang masih punya hutang kepada Mak Icha untuk menulis Tentang Liebster Award. Maafkan ya Mak, saya masih dikejar deadline menulis buku, jadi belum bisa juga melunasi hutang sayah. Semoga sebelum bulan September ini berlalu sudah bisa saya bayar.


Makanya harus memiliki bisnis biar ada pemasukan terus untuk kebutuhan sehari-hari. Etapi, suka bingung juga, memikirkan Ide bisnis rumahan yang tepat.

Tenaaang. Coba pikirkan tentang hobimu. Barangkali kamu bisa memanfaatkan hobimu sebagai penghasilan tak terbatas!   Berpikirlah sesaat dengan tenang, ingat-ingat lagi apa hobi dan minat (passion)  serta keahlian (skill) yang kamu miliki. Wujudkan  ide bisnis rumahan sesuai hobi, sertai dengan tekad yang kuat di samping bakat, antusiasme dan kerja keras.


Carilah peluang dari tren yang berkembang dan populer  di kalangan masyarakat luas saat ini. Apalagi di era serba daring ini media sosial bertebaran, bertumbuh seperti jamur. Semua banyak peminat dan penggunanya. Itu berarti lebih banyak wadah untuk mempromosikan bisnis rumahan kita. Ye kan?


Masih bingung? Lihat beberapa ide bisnis rumahan sesuai hobi di bawah ini.


BACA JUGA: TIPS PERTAHANKAN BISNIS DI TENGAH KRISIS PANDEMI


Manfaatkan-Hobi-sebagai-penghasilan


Berjualan Camilan/Makanan

Ibu rumah tangga biasanya memiliki hobi memasak yang merupakan modal awal untuk ide bisnis rumahan. Seperti yang dilakukan beberapa tetangga saya di sini, Surabaya. Di antara mereka ada yang menjual pizza, roti, susu kedelai dan sebagainya. Home made by order. Itu memberikan keuntungan yang lumayan untuk menunjang kebutuhan hidup sehari-hari.

 

Untuk informasi, kamu bisa cari melalui media online, seperti facebook, twitter, instagram, dan sebagainya, penganan apa saja yang digandrungi konsumen. Perhatikan cita rasa makanan yang dibuat, jangan lupa  untuk selalu memperhatikan faktor kebersihan. Sertakan merk dagang dengan nama yang mudah diingat dan trendi.

 

Jasa Menjahit Pakaian

Skill di bidang menjahit merupakan pendukung ide bisnis rumahan yang juga menjanjikan. Sebab kebutuhan akan pakaian, tidak akan pernah habis, selama masih ada manusia di bumi. Konsumen merasa lebih puas membeli baju sesuai selera, model dan ukuran yang mereka inginkan. Selain pakaian, produk  yang tengah ramai di pasaran adalah masker atau  jilbab masker. Promosikan produk jahitan kamu secara online, bersiaplah menerima banyak orderan.


BACA JUGA: TIPS MEMULAI USAHA TANPA MODAL


Fashion Baru Sampai Fashion Preloved

Industri fashion adalah bisnis yang tak pernah mati, selalu mengikuti perkembangan tren mode. Hobi dalam bidang fashion, dapat dikembangkan menjadi bisnis rumahan. Selain menjual berbagai produk fashion baru, fashion preloved saat ini tengah naik daun. Apabila kamu tidak memiliki cukup modal untuk ide bisnis rumahan ini,  maka  pilihlah sistem reseller atau dropshipper. Promosikan melalui media sosial, blog pribadi atau forum online lain. Posting konten menarik yang membuat konsumen penasaran. Terapkan strategi promosi yang jitu seperti menjual produk dengan cara live.


Berjualan Minuman Kekinian

Kopi adalah minuman yang digemari sepanjang masa. Bagi kamu pecinta kopi dan memiliki hobi meracik kopi, ini merupakan kesempatan emas.  Jual produkmu secara online, berikan pengalaman meminum kopi dengan citarasa dan aroma yang unik. Pilihlah kemasan menarik juga nama dagang yang trendi. Dijamin, para pecinta kopi dari berbagai kalangan mulai dari remaja, dewasa hingga orang tua antri di kedai kopimu. Wow, mantaaap.

 

Penulis Online

Salurkan hobimu dalam tulis menulis, dengan membuka jasa penulisan  artikel web dan konten untuk para blogger.  Bukankah ini merupakan ide bisnis rumahan yang menyenangkan? Jangan malas menambah pengetahuan dengan banyak membaca, baik melalui media daring ataupun buku. Asah kemampuan menulismu agar pelanggan bersedia membayar mahal. Setelah itu, kamu dapat mengelola web milikmu sendiri.

 

Kreativitas Kerajinan Tangan (Merajut)

Kamu tahu kan berapa kreativitas satu ini dihargai? Jika kamu belum tahu, cobalah bergabung di grup rajut di facebook. Maka kamu akan tahu harga hasil tangan yang satu ini. Terkadang tas saja harganya bisa mencapai 500.000 rupiah. Fantastis bukan?


Produk rajutan tangan masih digandrungi oleh konsumen baik lokal maupun mancanegara hingga kini. Barang-barang wearable, seperti topi, tas, sepatu, pakaian, syal. Juga aksesoris dan souvenir berupa, bros atau boneka amigurmi.


Asah hobimu dalam bidang handcraft dengan tekun, sebab ini adalah salah satu ide bisnis rumahan yang menjanjikan. Buatlah produk unik dengan metode rajut, pilih bahan yang sesuai. Jangan lupa maksimalkan promosi melalui media sosial dan toko online yang bertebaran.


Nah, sekarang sudah tidak bingung lagi kan? Jadi tunggu apalagi, segeralah memulai bisnis dari ide bisnis rumahan sesuai hobimu. Ingat, bahwa sukses adalah milik semua orang yang mau bekerja keras dan berdoa. Jangan pernah patah semangat untuk terus berusaha dan mengumpulkan pundi-pundi rupiah dengan cara apa pun selama itu tidak melanggar hukum. Baik hokum Negara maupun hukum agama. Ummat Islam menyebutnya, halal.


Semoga pandemi segera berlalu, sehingga kemudahan dalam segala aktivitas bisa kita rasakan kembali. 

Ida Raihan
Ida Raihan

Hanya Seorang Ibu Rumah Tangga Dengan Dua Orang Anak Yang Suka Menulis Dan Membaca

15 comments:

  1. Betul, kak. Masa-masa kaya gini. Kalau engga usaha nyari dari keran lain. Bisa bikin sesak napas. Bahkan, harus mau kerahin otot ikhtiar terutama buat yang masih usaha di tempat semula, tapi belum ada penampakan keuntungan yang menjanjikan.


    Tulisannya penambah semangat banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Kak. Harua jeli pokoknya mah melihat peluang.

      Delete
  2. Harus kreatif ya kondisi pandemi seperti ini. Hobi yg menghasilkan,sudah seneng dapat uang lagi

    ReplyDelete
  3. Masa pandemi begini memang lebih cocok usaha cemilan ya kak Ida.. secara kita di rumah terus. Biar gak bosan ya ngemil kan ya..

    ReplyDelete
  4. Mbak Ida betul sekali nasihatnya. daripada kita mengutuk kegelapan pandemi inikita harus bisa memanfaatkan peluang, jadikan momentum dan membaca celah untuk usaha ya mbak

    ReplyDelete
  5. Kalau saya jadi penulis online saja mbak sesuai kebisaan saya hehehe yang penting apapun hobi yg kita pilih sebisa mungkin produktif ya...

    ReplyDelete
  6. Pandemik gini kita harus smart untuk membuka peluang usaha sesuai hobi ya sista, namun rejeki itu Tuhan yang mengatur asal semangat dan pantang menyerah

    ReplyDelete
  7. Kalau udah hobby pasti melakukan sesuatu dasarnya senang dan tidak dipaksanakan, ternyata dari hobby itu justru mendapatkan cuan ya, apalagi masa sekarang ini lebih baik lihat apa yang kita bisa lakukan supaya bisa dapat cuan,ga usah banyak ngedumel. Aku sepertinya masih penulis online dulu nih belum merambah ke yang lainnya.

    ReplyDelete
  8. Baju-baju preloved sekarang lagi trend di group jual beli say. Hahaha kalau ngelive duh yang nonton sampai 300 an, kepolah saya kog ada baju 5000-10.000 ternyata baju preloved, mereka beli borongan. Untungnya lumayan banget ya ternyata. Sayang baju prelovedku tak ada wkwkwk

    ReplyDelete
  9. Banyak peluang yang bisa pakai ya bun asalkan kita mau bergerak insya Allah apa yang menjadi hobi kita akan berbayar.

    ReplyDelete
  10. bener ya mba asal kreatif mah apa aja juga bisa dijual dan dijadikan uang hihi. bener banget nih, dari hobi bisa jadi penghasilan. Saya pun juga begitu dari nulis jadi penghasilan, hehe.

    ReplyDelete
  11. Menjadi Penulis Online salah satu yang kami terapkan sekarang sama kawan-kawan, dan alhamdulillah, tinggal bagaimana kita menggarap potensi kitta dengan baik dan dijadikan sumber penghasilan hehehehe

    ReplyDelete
  12. Saya setuju banget mbak. Kalau mau usaha sebaiknya pilih yg minim resiko dan usaha krn hoby bisa jadi pilihan

    ReplyDelete
  13. Pernah ada nasihat yang mengatakan 'Pekerjaan terbaik itu hobi yang dibayar'

    ReplyDelete
  14. Sekarang mmah apa aja yang bisa dilakuin selama menghasilkan dan halal... hayuk aja... ya kak

    ReplyDelete