MASIGNALPHAS2101
1897012769711992300

Memulai Usaha Tanpa Modal

Memulai Usaha Tanpa Modal
Add Comments
13 August 2020

Usaha tanpa modal, usaha modal kecil, bisnis modal kecil, bisnis tanpa modal



Usaha tanpa modal, emang bisa?

Di zaman yang serba canggih begini, ternyata masih ada lho yang meragukan kalau kita bisa buka usaha tanpa modal. Padahal kalau kita mau lebih terbuka dan berusaha, peluang usaha tanpa modal itu benar-benar ada. Buat siapa saja, tidak peduli single atau double. Toh single juga tetap perlu menabung kan? Seperti yang telah diulas oleh Kak Citra dalam blognya. ChitChat com


Dulu ketika saya masih ngantor di Jakarta, saya masih melakukan usaha sampingan saat jam istirahat tiba, atau selesai jam kantor, saya selalu menggunakan kesempatan itu untuk mencari uang tambahan. Saya sadar, tinggal di ibu kota yang biaya hidupnya serba mahal, menegaskan bahwa saya harus berjuang agar bisa terus bertahan. Saya pun tidak terlalu memanjakan diri agar bisa mencukupi semua kebutuhan saya.


Awalnya bagi saya, itu adalah cara agar saya bisa bekerja sambil berbisnis. Saya menggunakan uang orang tua dari menjual kebun mereka. Bagi saya ini cara termudah untuk peroleh pinjaman modal usaha tanpa jaminan. Sayangnya saya salah ambil partner. Produk yang saya dapatkan kualitasnya jauh sekali di bawah harga yang lumayan tinggi. Alhasil usaha saya tidak berjalan. Produk mangkrak, dan modal pun sama sekali tidak kembali. Saya mengalami kerugian yang jumlahnya lumayan ketika itu.


Tidak ingin mengulang kesalahan, saya mulai berfikir keras, bagaimana cara peroleh uang, tetapi tidak menambah hutang. Punya bisnis tanpa modal.


Sejak itu, saya cari-cari info di google, market place, facebook, dan beberapa kenalan. Saya memutuskan gabung dengan sebuah online shop, setelah bertemu beberapa online shop yang menjual sepatu untuk saya pasarkan, dan menjadikannya sebagai usaha sampingan tanpa modal.


Ceroboh sih, karena saya tidak kenal siapa ownernya, dan orang mana. Saya hanya bermodalkan nekat dengan informasi yang saya dapatkan dari facebook. Menjadi dropshiper, karena saya pikir, meskipun harus mengeluarkan modal, ini termasuk usaha modal kecil, karena saya tidak perlu stok barang. Tetapi tentu saja deopshiper tidak perlu mengeluarkan uang, karena pembeli sudah pasti mentransfer uang pembelian lebih dulu.


Usaha Rumahan Tanpa Modal


Usaha tanpa modal, usaha modal kecil, bisnis modal kecil, bisnis tanpa modal


Sebenarnya ada banyak usaha rumahan tanpa modal. Di antaranya membuka online shop. Ini yang paling mudah. Sepeeti yang saya lakukan di atas, usaha online tanpa modal bisa dimulai dengan menjadi dropshiper suatu produk.


Caranya, kita cukup meminta katalog dan gambar produk dari agen, atau reseller, yang mau diajak kerja sama, dalam artian, mereka membuka peluang bagi yang hendak dropship, kemudian upload gambar tersebut di media sosial, seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dan market place seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, dan lain-lain. Percayalah, jika kita bersungguh-sungguh, tekun, telaten, hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha. Sering denger kalimat tersebut bukan?


Tinggal tambahkan saja harga jual produk dengan profit yang kita inginkan. Atau meminta potongan harga agar bisa bersaing dengan toko online lainnya


Menjadi dropshiper itu usaha yang paling mudah, karena kita tinggal memasarkan tanpa ribet produksi, stok produk, tanpa paking, tanpa mengirim. Saat ada pembeli, suruh mereka transfer ke rekening kita sesuai harga yang disepakati. Lalu kita meneruskan uang pembayaran pembeli tersebut ke pemegang produk, tinggal dikurangi profit kita. Enak bukan?


Kedua, Membuka Catering

Menerima pesanan makanan dalam porsi besar juga kita tidak perlu modal. Karena sebelum memulai mengerjakan pesanan, kita bisa meminta uang muka (DP) lebih dulu ke yang memesan. Ini juga sudah saya bahas lebih lengkap di blog post sebelumnya, Pilihan Bisnis Modal Kecil.


Menjual Jasa

Jasa ini bisa macam-macam jenisnya. Ada jasa membuat pakaian, membuat design website, undangan, dan lain-lain. Pilih mana yang kita sreg saja ketika melakukannya.


Sewaktu mamak saya masih muda dulu, selain membantu bapak bertani, beliau menghabiskan waktunya untuk menjahit. Upah dari menjahit sungguh lumayan, dari padanya mamak bisa membeli mesin jahit. Sebelumnya, ketika belum memiliki mesin jahit mamak melakukannya dengan jahit tangan, setelah dana terkumpul mamak baru bisa membeli mesin jahit langsung dari tokonya. Masih segel dong.


Dari hasil menjahit pula kami menyambung hidup ketika hasil panen tidak mencukupi. Begitu juga biaya sekolah, yang ketika saya masih kecil tidak ada sekolah gratis.


Intinya, menjual jasa juga bisa menjadi usaha yang nyaris tanpa modal di awal dengan keuntungan yang menggembirakan.


Ketiga, Melayani Pemesanan Kue

Ini tidak jauh beda dengan catering. Modal bisa meminta si pemesan untuk transfer uang muka (Down Payment) lebih dulu. Sehingga pelaku usaha tidak harus mengeluarkan biaya di awal. Bisnis pembuatan kue juga sangat menggiurkan lho, karena saat ini kue box sangat digemari untuk suatu acara.


Nah itu tadi 3 Jenis usaha rumahan tanpa modal, Gaes. Kalau pun ada dana yang harus dikeluarkan, jumlahnya sangatlah sedikit, yang serupa dengan uang belanja sehari dua hari saja.


Memulai Bisnis tidak harus langsung menyewa tempat yang jumlahnya belasan hingga puluhan juta pertahun. Tetapi bisa diakalin dengan memulai dari rumah, dari dapur sendiri. Gimana, setuju kan Gaes?


Semoga kita semua diberi kemudahan dalam menjemput rezeki, dimudahkan semua urusan, baik di musim pandemi saat ini maupun setelahnya. Semoga ujian covid-19 segera berlalu. Sehat kita semua bersama keluarga.


Surabaya, Kamis, 13 Agust 2020 (19:05)

  1. Ternyata Bisa Ya Usaha Tanpa Modal, kalau saya min jaga konter ajah sambil NgeBlog

    ReplyDelete
  2. Asal kita mau usaha pasti terbuka lebar pintu rezeki ya. Btw dulu pulang masih harus kerja di jkt? Nggak langsung merried ya? Btw semangat sista palagi sekarang market place, go food, grab food banyak. Cukup dari dapur semua usaha bisa dimulai

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah saat ini lagi jalanin usaha jasa. Sama jadi markerter produk, ngga pakai modal juga kak. Asiknya lagi bisa dapet ilmu berlimpah terkait dunia bisnis. Tulisan ini cocok buat yang lagi butuh untuk nyari usaha online

    ReplyDelete
  4. Online shop, dengan menjadi reseller atau dropshipper kayak hanya butuh modal sedikit. Yg penting punya jaringan yg bisa dipercaya atau mau percaya dengan kita.

    ReplyDelete
  5. Jadi reseller sistem dropship memang banyak diminati saat ini kak Ida karena nyaris tanpa modal. Cukup tawarkan ke orang lain via internet ya kan..

    ReplyDelete
  6. Terimakasih loh mba, pencerahan nya. Jadi semakin terpacu untuk memulai usaha juga.
    Apalagi sekarang kebutuhan semakin lama semakin mahal, jadi perlu pemasukan tuk mencukupi kebutuhan sehari hari.
    Kalau mencoba usaha sesuai kemampuan dan hobby yang dipunya, Insya Allah ya mba, ada jalan nya.

    ReplyDelete
  7. Banyak kok ya mba usaha tanpa modal. Yang penting niat dan tekad dulu. Saya skrng mulai usaha memang dengan modal tapi yang minim banget tapi udh 3 bulan ini jalan ya bisa aja walau modal minim.

    ReplyDelete
  8. Ternyata kalau ada niat,apapun usahanya bisa dilakukan ya kak.
    Apalagi meski belum ada pengalaman sekali sebelum nya dalam berbisnis, dan seperti yang kakak bilang tadi, bisa dimulai buka bisnis dari rumah.

    ReplyDelete
  9. Betul mbak bnyk cara menuju Roma eh maksud sy menuju tambahan pendapatan..cara diatas sdh sy jln i semua nah klo skrg tinggal cara blog untuk dapetin tmbhn cuan hehe

    ReplyDelete
  10. Mempunyai bisnis merupakan salah satu cita2ku nie kak, biar kalau udah ga dipakai lagi jadi pegawai,tetap punya penghasilan,tapi ada bisnis tanpa modal kak, namanya dropshiper aku blm eksekusi sie baru niat aja.

    ReplyDelete
  11. yap setuju nih jual jasa itu emang tanpa modal haha, dulu pas awal bisa nulis artikel di salah satu media online. bener2 tanpa modal tapi tiap bulan dapat gaji, begitu juga ngeblog dan buka jasa percantik blog. Alhamdulillah ya, jual jasa tuh.

    ReplyDelete
  12. bisa mbak ida..asalkan kita udah ad marketnya pasti mah bisa. jadi reseller jg bisa atau jadi jasa mempercantik blog jg bs hehe

    ReplyDelete
  13. Hadirnya medsos semakin membuka peluang untuk berusaha ya... asal mau dan konsisten aja... niscaya berhasil

    ReplyDelete
  14. Berbisnis itu memang harus jeli, gak cuma soal uangnya, tapi juga mengenal partner kerja.

    ReplyDelete
  15. ku lagi belajar bisnis online juga, tapi memang harus pakai model, untung bisa nyicil pernak-pernik jadinya ga ke rasa ngeluarin duit banyak... Terus persis kaya sista jelaskan marketing menggunakan sosial media aja

    ReplyDelete
  16. Wah ternya bisa bikin usaha modal nol gitu ya mbak. Menarik nih, makasih informasinya kak

    ReplyDelete