06 May 2019

Pahala Bagi Wanita Yang Tak Puasa



Pada bulan Ramadhan, terdapat pahala yang berlipat-lipat bagi ummat manusia. Karena itulah ummat Islam saling berlomba-lomba melakukan kebaikan. Meningkatkan kualitas ibadah. Yang sebelumnya malas membaca Al-Qur'an, pada bulan Ramadhan banyak yang ingin segera mengkhatamkan bacaan, sehingga bisa diulang-ulang hingga khatam berkali-kali.



Bukan hanya pada persoalan ibadah saja yang ditingkatkan, sedekah dengan harta pun semakin digiatkan. Bulan yang penuh rahmat dan ampunan ini, memang harus betul-betul dimanfaatkan. Bulan dimana hembusan nafas orang yang berpuasa, bisa menjadi  tasbih.

Lalu bagaimana dengan wanita yang tidak bisa ikut berpuasa? Jangan khawatir. Wanita yang tidakdapat menjalankanpuasa karena uzur, seperti sedang menstruasi, nifas, hamil dan menyusui tetap bisa berburu pahala dengan cara membantu menyediakan makanan berbuka dan sahur bagi mereka yang berpuasa. Inilah yang saya lakukan di puasa hari pertama ini. Menyiapkan menu sederhana untuk berbuka suami. Saya tidak puasa karena masa nifas setelah melahirkan pada 26 April lalu.



Adapun yang  saya persiapkan untuk berbuka suami adalah, Fried Chicken Slice ala-ala saya. Biar saya tulis saja resepnya ya, siapa  tau ada emak yang punya sisa dada ayam lagi kebingungan mau dimasak apa. Kebetulan saya juga paling gak suka sama dada ayam, jadi cara ini bisa menjadi alternatif.

Yuk ah cussssbiar gak kelamaan.

Fried Chicken Slice 

Bahan Dan Marinasi Ayam:
1 potong dada ayam
¼ sdt  merica bubuk
¼ sdt garam (menyesuaikan ya jika suka asin)
¼ sdt Kaldu bubuk rasa sapi
¼ sdt  ketumbar bubuk
Air untuk celupan secukupnya
Minyak untuk menggoreng secukupnya.

Tepung Dan Bumbu:
1 gelas tepung terigu
¼ sdt garam
¼ sdt kaldu bubuk rasa sapi
¼ sdt merica bubu

Cara  Memasak:
Cuci bersih ayam, potong-potong sebesar 2 jari.
Masukkan bumbu marinasi. Aduk rata,  diamkan minimal 30 menit (saya satu jam).
Siapkanminyak di wajan. Nyalakan kompor.
Sambil menunggu minyak panas, campur tepung yang sudah diayak dengan bumbu.
Gulingkan potongan ayam ke tepung, celupkan ke air, gulingkan ke tepung lagi. Masukkanke wajan sambil sering diaduk. Angkat jika  sudah golden brown dan mateng. Fried Chicken Slice siap dihidangkan.

Itulah salah satu cara saya bisa lakukan dalam rangka berburu pahala di bulan suci Ramadhan.

Dan untuk amalan  lainnya, bisa juga dengan banyak-banyak berzikir, membaca Al-Qur'an, berbuat kebaikan, maupun bersedekah.


26 comments:

  1. Sedang tidak bisa puasa bukan halangan mencari keberkahan, ya. Sesederhana menyediakan menu makan untuk orang yang berpuasa pun menjadi dulang pahala.

    ReplyDelete
  2. Mbak, ini bisa pakai ayam kampungkah? apakah ada tipsnya kalau menggunakan yampung?

    ReplyDelete
  3. Betul Mbak, meski tidak bisa puasa karena memang sedang berhalangan, kita tetap bisa mencari pahala di bulan Ramadhan. Allah itu Maha Adil memang. :)

    ReplyDelete
  4. Banyak amalan untuk perempuan yang sedang berhalangan. Terlebih perempuan yang sudah berkeluarga, bikin makanan untuk berbuka aja udah nambah pahala.

    ReplyDelete
  5. Menu makanku hari ini ada ayam yang kutepungin nih, biar anak-anak mau makan dengan lahap. Mbak Ida habis lahiran yaaa

    ReplyDelete
  6. Bulan ramadhan adalah bulan yang sangat tepat untuk kita memetik pahala sebanyak-banyaknya yaa, Mba, jadi walaupun kita sedang berhalangan, masih tetap mendapatkan pahala, salah satunya dengan menyiapkan makanan sahur/berbuka bagi yang berpuasa :)

    ReplyDelete
  7. Fried Chicken Slide, ini resep yang mudah dan sederhana tapi enak banget kalau dimakan di sore hari mbak. Pengen euy buat segera, ditambah Jus Jeruk kayaknya enak nyemil ini mbak. Thanks resepnya.

    ReplyDelete
  8. Waaa thank you for sharing, mbak. Menarik untuk dicoba.

    ReplyDelete
  9. Gak Puasanya juga bukan karena gak mau tapi emang gak bisa kan ya. Jadi ya sebagi perempuan kudu nerima dan nyari ladang padahal lain

    ReplyDelete
  10. Meskipun sedang haid tapi amalan bisa tetap berjalan, jangan mau ketinggalan berbuat baik di bulan penuh berkah ini ya mbak

    ReplyDelete
  11. Saya juga demikian mbak, sebisa mungkin menyiapkan masakan untuk suami dan anak, baik saat buka puasa maupun sahur...dan bagi keluarga saya menikmati masakan rumahan jauh lebih nikmat ketimbang makan di luar, meski masakan yang saya masak sederhana bentuknya.... barangkali ini yang dinamakan berkah ya mbak.

    ReplyDelete
  12. Ayam.
    Menu keluarga sepanjang masa.
    hahahaa....di gimanain aja, pasti laris.
    Apalagi di slice begini.

    Di nikmati selagi hangat, kriiuk kriuuk~

    ReplyDelete
  13. Aku sering nih bikin fillet goreng tepung gini. Aku biasanya pake tepung terigu premix yang khusus buat fried chicken itu. Anak-anak sukaaaa. Beli fillet ayam 1/2 kg pun jadi banyak. Anak-anak kenyaaaang.

    ReplyDelete
  14. MashaAllah.. bulan ramadan segala kebaiakan yang dilakukan tidak akan rugi ya.. justru pahalanya sangat banyak.. bismillah semoga kita yang sedang halangan namun tetap menyiapkan hidangan berbuka dan sahur, tetap mendapat pahala yang banyak.. aamiin

    ReplyDelete
  15. Maa syaa Allaah ya mbak, sekalipun wanita berhalangan tidak bisa ikut puasa tapi ia tetap bisa mendapatkan pahala serupa dengan orang yang berpuasa hanya dengan membuatkan atau memberi makan orang yang berpuasa btw boleh juga resepnya nih

    ReplyDelete
  16. Makasih resepnya mba Ida, jadi punya alternatif menu nih untuk enrbuka luasa, apalagi anak-anak suka chicken slice kayak gini, perempuan mah walaupun nggak luasa terueup sibuk pas bukn puasa, nyiapin sahur dan berbuka untuk keluarga

    ReplyDelete
  17. Wah ini kayaknya enak ya...ayam tepung crispy kesukaan anak-anak ku nih...jd pengen coba bikin nih

    ReplyDelete
  18. Mbk aku suka banget resepnya izin praktekin ya mbk huhu

    ReplyDelete
  19. Barokallah mba Ida, selamat atas kelahiran anaknya duh seneng banget pastinya ya mba rumah jadi tambah ramai.
    Pahala sebenarnya mudah diraih ya mba, alhamdulillah

    ReplyDelete
  20. iya bener mbak, berburu pahala sdh disediakan channelnya masing2 ya sama Allah, masyaa Allah. Selamat y mbak tas kelahiran si kecil, barakallahu

    ReplyDelete
  21. Iya Mba, lg berhalangan puasa tidak menghalangi menjemput pahala Ramadhan. Sehat2 ya Mak

    ReplyDelete
  22. Waah enak nih buat buka puasa, Resepnya praktis dan bahan2nya gampang banget didapat. Makasih udah saring resepmya mbak :D
    Kyknya dicemilin jg enak yaaaa

    ReplyDelete
  23. hehe bener ya buat wanita yang gak berpuasa tetap bisa mendulang pahala di bulan Ramadhan ,aku menyusui tapi Alhamdulillah masih puasa

    ReplyDelete
  24. Rajin sekali mbak. Aku dua kali hamil selalu ga kuat puasa. Giliran hamil ketiga kuat malah jadi ragu2 janin kenapa napa enggak ya

    ReplyDelete
  25. Enak banget mba keliatan nya �� untung udah buka ya, tapi emang bulan ramadhan itu ajang ngejar pahala ya mba hehe utamanya dari dapur. Boleh dicoba juga nih resepnya

    ReplyDelete