01 December 2018

5 Tips Hidup Sehat Versiku



Hidup di zaman serba instant harus pandai-pandai menjaga diri biar idup gak instant juga *eh?, itu susah-susah gampang. Masalahnya ada banyak hal menarik yang harus dihindari. Harus pandai membawa diri. Harus pandai pilih makanan, de el el.


Saya type orang yang serampangan sebenarnya, tetapi sejak saya menyadari diri tidak lagi muda *eh?, saya mulai harus menjaga kesehatan.

Ada beberapa hal yang saya lalukan agar diri tetap sehat dan bugar. Di antaranya:

1. Tidur cukup waktu. Saya type yang gampang oleng jika waktu tidurnya kurang. Dulu sebelum menikah saya sering sekali kesulitan tidur. Hampir setiap malam hanya kelimpungan sana sini di atas kasur. Dan baru bisa tidur jelang subuh. Sedangkan subuh saya harus bangun untuk sholat, dan persiapan masuk kerja. Hal ini membuat saya kurang tidur, sehingga sering mengantuk di jam kantor, akhirnya mudah emosi karena kepala jadi berat dan pusing.

Alhamdulillah, sejak punya kesibukan di rumah tangga, ditambah hati lebih tentram karena hidup berasa lengkap *cieeh..., dengan hadirnya seorang suami yang baik dan setia, juga seorang bidadari yang cantik nan shalihah, tidur saya jadi lebih nyenyak dan teratur. Alhasil, saya sudah tidak pernah pusing-pusing lagi, dan emosi pun lebih terjaga. *Kode buat jomblo agar segera menikah. Semoga dimudahkan.

2. Menjaga Makanan. Sebagai anak kost, dulu saya sering sekali jajan chiki-chikian buat stok jika lagi santai di kamar. Minuman instant, plus mie instant seringnya kalau beli tidak tanggung-tanggung. Bisa satu dus sekalian. Biar gak bolak-balik pergi belanja. Maklum jomblo yang kemana-mana harus sendiri. Ngojek atau angkot. Alhamdulillah, sejak menikah makanan saya lebih terjaga, dan mulai bisa menghindari makanan yang serba instant, apalagi didukung suami yang juga peduli dengan kesehatan.



3. Olahraga. Meskipun hanya berjalan santai bersama keluarga di Car Free Day, seminggu sekali, atau ikut senam jika belum ketinggalan, ini lumayan membantu agar tubuh bergerak. Dan biasanya fikiran juga lebih fresh usai melakukan ini. Hati pun lebih bahagia. Maklum, sebagai emak-emak yang kesehariannya berjibaku dengan rutinitas rumah tangga, kadang diri ini merasa suntuk juga. Alhamdulillah suami pengertian dan senang mengajak jalan sekadar penyegaran. Tidak perlu biaya mahal. Hehe...

4. Memilih tetap Waras. Nah kalo ini kaitannya dengan mental kali ya. Sebagai ibu rumah tangga, tentu kita sering dihadapkan dengan urusan rumah tangga yang terkadang membuat penat lahir batin. Misal anak rewel terus, rumah berantakan lagi dan lagi, cucian masih numpuk, kerjaan gak kelar-kelar. Akhirnya membuat si emak berdikir yang nggak-nggak. Pingin bim salabim, semua beres. Bim salabim, menghilang jejak diri. Wow amazing. Jika sedang menghadapi masalah seperti itu, saya memilih waras saja Mak. Membiarkan sementara semua pekerjaan, duduk santai atau berselancar di maya sambil ngeteh atau ngopi *lebih demen cappuccino sih. Biasa setelah itu fikiran bisa jernih lagi, untuk kemudian menangani kasus *haisy... gaya banget, satu persatu.



5. Terakhir nie Mak, Melakukan detoxsifikasi. Yupz! Dengan hanya mengkonsumsi buah untuk beberapa hari. Tujuannya agar tubuh melakukan pembersihan. Dan itu akan membuat badan terasa lebih segar dan ringan. Awal-awal kayak gak sanggup sih Mak, secara makanan biasa lebih terasa menggoda. Tetapi dengan niat tulus, *tssssaaaah, godaan pun lewaaaat setelah sehari dua hari berhasil.

Itu saja lima tips hidup sehat ala saya. Bagaimana caramu? Yuk sharing, siapa tahu bisa menjadi inspirasi.

No comments:

Post a Comment