06 December 2018

5 Hal Yang Ingin Saya Lakukan di 2019



Impian 2019. Secara serius belum kepikiran sih. Tetapi kalau keinginan-keinginan sederhana banyak. Bahkan di antara yang ingin saya tulis ini agenda tahun sebelum 2018 yang belum terlaksana. Sebelum 2018? 2017 donk? Iyah. Bahkan 2016. Wuih... niat nggak sih?



Haha... Niat nggak niat tetapi memang terlalu banyak kendala yang tidak bisa saya hindari. Di antaranya saya hamil dan melahirkan anak pertama di tahun 2016. Usaha kami collaps. Dan fasilitas yang semustinya saya gunakan untuk menggapai salah satu resolusi malah tiba-tiba gak berfungsi. Sudah keluar banyak biaya pun tidak berhasil mengembalikan fungsinya. *Hallah... malah curhat. Dasar emak-emak!

Baiklah... kita mulai saja. Menilik rencana dan mimpi saya di 2019.

1. Lahiran secara normal di bidan. Ini keinginan terbesar saya di tahun depan. Mengingat anak pertama lahir dengan cara secar, dan dokter menyatakan untuk bisa lahiran normal maka saya harus memiliki jarak minimal 3 tahun dulu untuk hamil lagi. Qodarullah, saya telah hamil lagi ketika usia anak belum ada dua tahun. Dan sekarang kandungan sudah memasuki usia 17 Minggu. Maka saya berkeinginan untuk tidak lahiran dengan menggunakan bantuan dokter, khawatir bakal disuruh secar lagi. Kalau bidan kan katanya lebih sabar menghadapi kelahiran. Iya nggak, Mak?

Semoga Allah memberi kemudahan.



2. Kembali mandiri bersama suami. Ini merupakan ujian berat yang harus kami hadapi di akhir tajun 2018. Bagaimana tidak? Ketika kami memutuskan untuk kembali ke kampung halaman saya, dan memulai usaha baru di sana, ternyata semua berjalan salah. Tidak ada satu pun rencana yang terealisasi. Tanah yang kering, air yang habis, dan pangsa pasar yang tidak mensukung untuk memulai usaha. Alhasil, kami berdua menganggur dan menumpang hidup pada orangtua kami hingga saat ini.

Harapan kami, sederhana saja. Bisa memiliki tempat tinggal sendiri, membangun kembali usaha, melunasi semua hutang, bisa bersedekah setiap hari, dan hidup bahagia bersama anak-anak.

3. Menyelesaikan tulisan Biografi seseorang dan Novel. Ini sebenarnya sudah saya tulis sejak 2013an. Tetapi karena banyak hal, jadi molorrr ampek tahunan. Hehe... semoga di tahun ini bisa selesai dan terbit mayor.

4. Berwisata ke Malaysia bersama keluarga. Yang ini belum ada gambaran budget ya, tetapi boleh kan kita bermimpi dulu? Siapa tahu tahun depan sudah ada rezekinya. Dan Allah berkehendak saya dan keluarga bisa melancong ke negeri jiran tersebut. Aamiin.

Nah keinginan ini salah satu yang sebenarnya udah lama. Tetapi entah bagaimana keinginan cuma keinginan, bahkan tidak kepikiran untuk menabung sekalipun. Hehe... aneh kan sayah!

5. Lebih aktif lagi blogging dan writingnya. Lebih banyak bisa menebar dan peroleh manfaat melalui tulisan. Keinginan ini nih yang paaling sulit dilakukan. Dari kapan tahun ingin aktif ngeblog dan nulis-nulis lagi seperti dulu. Kirim-kirim tulisan lagi, tapi selalu saja gagal lagi dan lagi. Kemauan yang perlu dicharge lagi. Semoga tahun ini benar-benar bisa fokus dan mencapai semua target. Aamiin.

Itulah 5 mimpi saya di 2019, yang sebagiannya masih diadopsi dari mimpi-mimpi tahun sebelumnya. Lalu, apa mimpimu, Mak? Yuk sharing...

No comments:

Post a Comment