26 November 2018

5 Warung Makan Dan Restoran Favorit


Tinggal di sebuah kota besar seperti Jakarta atau Surabaya tentu tidak sulit untuk menemukan makanan favorite. Beda dengan ketika kita berada di sebuah pedesaan yang penghuninya rata-rata adalah petani. Di kampung, ibu rumah tangganya sangat rajin mengolah makanan sendiri, sehingga orang pun enggan untuk berdagang makanan, karena harapan untuk laku terjual sangat sedikit.
Di Jakarta atau Surabaya, banyak perantau yang bekerja. Pun ibu rumah tangga harus ngantor dari pagi hingga sore, sehingga ketika sampai di rumah, mereka sudah kelelahan untuk mengolah makanan, sehingga beli menjadi pilihan. Ada banyak pilihan makanan yang enak dan disukai. dari harga yang paling murah hingga harga mahal pun ada.
Berikut adalah makanan dan tempat favorite saya ketika malas makan di rumah. Atau tidak sempat memasak untuk keluarga.
1.       Soto Lamongan Pak Djie. Terletak di Jl. Azalea Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang. Ini adalah soto paling enak yang pernah saya makan selama ini. Dengan perpaduan kuah bening sedikit kuning, dan campuran koya sebagai sentuhan akhir si kuah. Soto Lamongan Pak Djie, terasa sangat memanjakan lidah pengunjung. Pokoknya favorit banget deh. Sayangnya, sekarang soto ini sudah pindah dari Taman Lembah Hijau.


2.       Nasi Bebek Cak Selem. Terletak di Surabaya. Jalan Samanhudi. Warung ini sangat ramai oleh pengunjung karena memang rasanya yang mantap. Jika di beberapa tempat bebek dihidangkan dengan pilihan potongan bulat bagian tubuh tertentu, seperti paha, dada, ati-ampela, dll, di tempat Cak Selem, pilihannya adalah, daging, tulangan, ati, dan ampela. Dilengkapi dengan lalapan dan  ramuan sambal yang khas dan pedas, rumah makan Cak Selem selalu menjadi favorite untuk dikunjungi. Rasanya belum pas jika datang ke Surabaya belum mampir ke rumah makan Nasi Bebek Cak Selem.
Hanya Ilustrasi


3. Sop Ayam Klaten Pak Min. Kalau ini cabangnya sudah ada di mana-mana, Sepertinya di seluruh Indonesia sudah ada. Dengan kuah yang bening, dan potongan ayam kampung empuk, Sup ayam Klaten yang didirikan oleh Pak Min ini menjadi favorit keluarga kecil kami. Dari suami dan anak yang masih dua tahun pun suka dengan sup Ayam Pak Min ini.
4.       Nasi Bebek Madura. Terletak di Jl. Raya Tengah, Kramat Jati Jakarta Timur. Sewaktu di Jakarta, beli makan malam di sini tiap malam pun rasanya tetap nagih. Sambal hitam khas Maduranya benar-benar mantap, dengan pedas maksimal. Bebek Madura. Terletak diJl. Raya Tengah, Kramat Jati Jakarta Timur. Sewaktu di Jakarta, beli makan malam di sini tiap malam pun rasanya tetap nagih. Sambal hitam khas Maduranya benar-benar mantap, dengan pedas maksimal.
5.       Rumah Makan Padang Minang Sepakat. Terletak di kawasan industri dekat pabrik SHOWA, daerah Cikarang Barat. Kentalnya kuah gulainya, dan pilihan lauk khas Padang, rumah makan Minang Sepakat yang menganut system prasmanan ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Lauk yang menjadi favorite saya di tempat ini adalah, Peyek udangnya yang renyah, gurih, dan ukuran yang lumayan besar. Dengan harga dimulai dari Rp. 17.000, pengunjung bisa makan sepuasnya, karena semua mengambil sendiri.

Itulah lima warung makan dan reatoran yang menjadi favorite saya. Sebenarnya masih ada lagi sih. Yaitu, Nasi Goreng Merah Tuban. Ini bukan sebuah restoran. Hanya sebuah rumah biasa yang bagian depannya ditempati sebagai warung nasi goreng. di pinggir jalan di daerah Tuban. Tetapi karena tugas saya hanya menulis lima, jadi ya lima di atas saja. 

Jadi, apa warung makan dan makanan favoritmu, Mak? Yuk share di komentar.

28 comments:

  1. Sop ayam pak Min Klaten emang ngehits banget ya mak. Di Solo beberapa kali mampir, tapi lebih suka ke tempat aslinya di Klaten. Entah deh, tapi agak beda gitu penyajiannya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mak. Di mana aja rame terus itu SUP. Penasaran deh ama yang di Klaten asli. Soalnya di Jakarta ama Cikarang aja rasa juga udah beda. Warna juah juga ada bedanya.

      Delete
  2. sekarang serba dimudahkan ya kalau tinggal di kota, ga masak ya tinggal beli di restoran favorit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Jadi emak emak gak perlu rempong klo lagi males.

      Delete
  3. Suami orang klaten, dan saya ok dengan sop ayam pak miin. Dan tahun ini di medan ada sop ayam pak miin (iya i-nya dua haha). Entah kenapa i-nya dua, yang penting bisa mengobati kangen sama sop ayam klaten

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama atau beda orang Mbak? Biasanya di ujung spanduknya akan ada nama anaknya Mbak "Ragil" atau siapa gitu.

      Delete
  4. wah pas ke Surabaya aku makan nasi bebek apa gitu lupa ga tau ada nasi bebek cak selem next ah kalau kesana kulineran biasanya sama rekan kerja orang sana cuman kasih rawon mulu kan bosan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di sini kebanggannya kayaknya rawon ama nasi krawu. Dua duanya aku gak suka. Di Cak Selem ini mantap banget rasanya Mbak. Beda ama bebek lainnya.

      Delete
  5. Sop ayam pak Miin hits ya...pernah lihat cabangnya di bogor tp blm pernah mampir

    ReplyDelete
  6. Banyak cabangnya ya SOP ayam pak min

    ReplyDelete
  7. Malah jadi penasaran sama Nasi Goreng Merah Tuban.

    Sekarang di kota kecil juga udah marak warung atau resto. Seperti Boyolali, Klaten, Kudus, Pemalang, banyak rumah makan yang buka untuk pilihan keluarga yang ingin makan di luar rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap banget itu Mbak. Saya kepingin tapi belum bisa kesana ampek sekarang.

      Iya ya. Krmajuan itu. Tapi di Lampung tempat mamak saya masih susah. Hehe...

      Delete
  8. Warung nasi padang sering jadi favorit ya.. Kalo saya disni juga suka wr nasi padang namanya uda denai hehee.. Semua ada, harga murah dan enakkk

    ReplyDelete
  9. Jalan Samanhudi di Sby itu di mana ya mbak? Baru denger hehe.
    Kalau bebek di Surabaya biasanya yg terkenal yg deket Tugu Pahlawan itu, trus yg di Rungkut Palupi, eh tapi kyknya semua bebek di Sby enak, bahkan yg di kaki lima sekalipun #malahbahasbebek hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deket Pasar Gresik Mbak. Aih lupa. Nasi Bebek Cak Selem bukan di Surabaya, tapi di Gresik. Hahaha... saking saya tinggal di Surabaya tapi ngeluyurnya ke Gresik jadi ingetnya masih Surabaya aja.

      Memang yang lain enak, tapi gak semantap punya Cak Selem menurutku.

      Delete
  10. Aku udah jarang makan nasi bebek nih. Mau nyari yang sesuai lidah agak susah

    ReplyDelete
  11. Kalau saya di sini resto favoritnya kebanyakan restoran seafood. Ikan, kepiting, udang, siput, dan sejenisnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap itu Mbak. Di tempatku sini jarang ada.

      Delete
  12. Wisata kuliner di tmpat pavorit itu paling enak banget mnk, apalagi klo makanannya enak ada juga spot foto. Bakal sering kesana deh.

    ReplyDelete
  13. Wah, jadi ngiler liat postingan ini. Aku udah lamaaaa sekali enggak makan Soto Lamongan. Koyanya itu loh yg bikin sedep ya.

    ReplyDelete
  14. Sop Ayam Klaten Pak Min memang juara. Di kota kami juga ada warungnya. Rasa sopnya memang top banget..

    ReplyDelete
  15. Soto Lamongan, Sop Ayam...
    Duduuduu~
    Kesukaan semwaaa...

    Makanan beli memang nyaamm yaa...mba.
    Hehhe~

    Soalnya kalo masak, uda cape duluan.
    Makannya jadi males.

    ReplyDelete
  16. Saya suka banget soto lamongan mbk, sudah lama nih nggak akan Soto. Apalagi kalau lagi ketemu Soto yang enak, nambuh biasanya saya mah, hihi

    ReplyDelete
  17. Wak Selem aku tahunya di Gresik. Uwenak tenan! yang dekat Ramayana itu lho.

    ReplyDelete