BLANTERVIO103

Review Mortgage Calculator Money Games Cara Mudah Mengajari Anak Mengenal Uang Dan Bisnis

Review Mortgage Calculator Money Games Cara Mudah Mengajari Anak Mengenal Uang Dan Bisnis
09 February 2023


Review-mortgage-calculator-money-games

"Bund, Mama, Ibu… minta uang"


Siapa yang sering mendengar kalimat tersebut di rumahnya?

Hahaha.., Sama dong kitaah. Setiap hari, kalimat tersebut tidak pernah absen di rumah kami. Sehari bisa berkali-kali, dari kedua anak kami yang sangat aktif, berusia enam dan empat tahun. Biasanya saya akan langsung bertanya, "Buat apa sih, Kak?" Jika yang meminta uang anak sulung. Atau "Dek" jika yang meminta anak bungsu.


Terkadang saya memberi uang pas dua ribu rupiah kepada setiap anak. Namun, terkadang bisa lebih dari itu jika sedang tidak ada uang dua ribuan. Tentunya saya selalu memberi pesan lanjutan jika uang yang dibawa oleh mereka lebih dari dua ribu, "harus ada kembalian ya".


Sayangnya, hal itu kurang efektif. Lebih sering meleset karena anak-anak belum paham dengan nominal uang. Alhasil, saya masih sering harus menemani mereka, saat keduanya membeli jajan dengan uang yang lebih dari dua ribu.


Belajar Keuangan Dengan Game Seru, di Mortgagecalculator.org


Nah, belakangan ini saya mengetahui ada website luar negeri tentang money games yang seru. Saya pun penasaran, dan ingin mencoba memainkannya.


Pertama kali membuka saya mengalami kendala, karena belum mengerti cara memainkannya. Namun tidak butuh waktu lama, saya langsung menikmati keseruan main gamesnya. Hal itu membuat saya berfikir, games online satu ini sepertinya cocok untuk dimainkan oleh anak-anak, sekaligus mengajarkan mereka agar lebih mengenal keuangan. Saya pun mengajak anak-anak, terutama si sulung, untuk memainkannya bersama. Bagi anak-anak zaman sekarang bermain games di gadget bukanlah hal yang sulit, mengingati dalam kesehariannya, mereka sangat akrab dengan berbagai jenis games dan tontonan online.


Cash Back Games



Cash Back games merupakan permainan yang pertama kali terlihat saat kita membuka website mortgage calculator. Pada level termudah (easy), anak-anak bisa dengan mudah memainkan games satu ini, karena tugasnya hanya memberikan kembalian sesuai perintah. Saya dan anak sulung berhasil memainkannya hingga bisa peroleh delapan kali penjualan.


Sayangnya, begitu kami mencoba level sulit (hard), penjualan tidak pernah lebih dari tiga kali karena angkanya mulai menggunakan pecahan cent. Saya kesulitan menghitung secara cepat. Wakakakakak, tantangan ini. Gak masalah sih, yang penting kami happy dan anak-anak bisa belajar menghitung uang dengan tepat.


3 Games Favorit di Mortgage Calculator Money Games


Nah, setelah pengalaman dengan satu games di atas, saya menelusuri yang lainnya dong, gak bayar ini kan bermain games di mortgage calculator. Selain gratis, kita juga tidak perlu mengunduh ke dalam ponsel, karena games di sini bisa dimainkan secara online. Dengan begitu, kita bisa main sepuasnya, dan tidak perlu mempertimbangkan memori yang penuh. Penasaran kan games apa yang menjadi favorit saya di website ini? Berikut adalah review mortgage calculator money games yang saya sukai.


Lego City Build And Protect

Menurut saya ini tu permainan yang paling seru. Pasalnya, ini mirip dengan permainan pertanian yang dulu pernah ada di aplikasi biru itu loh, yang menghasilkan uang dari tanaman. Namun, di Lego City Build and Protect Games ini tidak ada tanam-menanam, melainkan membangun gedung penghasil uang. Proses menghasilkan uangnya pun jauh lebih cepat dari permainan yang ada di pertanian itu.


Awalnya kita diberi saldo sebanyak $1000, untuk digunakan sebagai modal awal menggali barang, berupa bahan bangunan, yang kita butuhkan untuk mendirikan gedung penghasil uang. Di sana juga kita bakal bertetangga dengan kantor polisi, dan juga pemadam kebakaran. Tugas kita adalah memperluas wilayah untuk mendirikan bangunan serta menghasilkan banyak uang. Ini cukup mudah sih menurut saya. Kamu boleh langsung cobain ya untuk menikmati keseruannya.


Kingdom Wars



Jika kamu pernah bermain game monopoly, maka kamu bisa dengan mudah memainkan Kingdom Wars Games. Permainan ini juga menggunakan dadu yang  harus kita lemparkan untuk mengetahui berapa langkah kita perlu berjalan, dan di mana kita akan berhenti.


Saat kita berhenti, di situ akan ada penjelasan apa yang seharusnya kita lakukan. Apakah membeli bangunan tersebut, atau menyewa. Pilihannya tergantung apakah di tempat kita mendarat itu sudah ada pemiliknya atau belum. Jika belum maka kamu bisa membelinya. Namun jika sudah dimiliki oleh pemain lain, maka kamu harus membayar sewa. Dan seterusnya, sampai lawan mainmu bangkrut, atau kamu yang dibuat bangkrut oleh lawan mainmu. Hoho...


Coffee Shop



Sejujurnya saya memiliki impian memiliki cafe sejak lama. Namun, kendala modal dan tempat membuat saya belum bisa mewujudkan impian tersebut. Jadi, menemukan game Coffee Shop ini semacam simulasi buat saya untuk belajar mengelola Cafe. Siapa tahu kan kelak beneran terwujud impian memiliki cafe yang ramai. Aamiin


Cara memainkan Coffee Shop Games ini lumayan mudah. Pemilik Coffee Shop diberi waktu sebulan untuk mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya dari penjualan di kedai kopi. Pemain juga harus bisa mengelola inventaris Cafe, menganggarkan arus kas, meracik kopi dengan bahan yang ada, menetapkan harganya, serta merencanakan dan memaksimalkan pendapatan harian.


Seperti kedai minuman umumnya pada kehidupan nyata, games Coffee Shop ini juga dipengaruhi oleh cuaca lho. Ketika orang berjualan es misalnya, pembeli akan sangat ramai di musim panas, dan mulai berkurang di musim dingin. Begitu juga dengan permainan Cofffee Shop ini. Permintaan akan meningkat di kala musim dingin tiba, dan akan menurun di musim panas.


Games ini juga sangat cocok untuk anak-anak, karena akan mengajarkan mereka, bagaimana menjalankan suatu bisnis dengan baik dan benar.


Jadi gimana, Gaes? Mau mengajak anak-anaknya bermain Money games di Mortgage Calculator? Ada banyak sekali pilihan lainnya. Bagi yang ingin belajar main saham, di sana juga ada games Stocks loh!


Share This Article :
Ida Raihan

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 11 comments:

  1. wah bagus juga ya gamesnya untuk edukasi tentang keuangan ke anak-anak, bisa saya mainkan dengan keponakan-keponakan di rumah niy mba Ida, apalagi mereka belakangan ini pasti soal keuangan ini boros sering jajan yang kurang penting, sehingga penting diberikan pengarahan mengenai pengelolaan uang melalui games yang fun

    ReplyDelete
  2. kayaknya gamenya menarik nih, apalagi banyak pilihan juga ya Mbak.
    bisa jadi ide bermain sambil belajar berhitung bersama anak ini mah, biar anak jadi lebih semangat ya dalam belajar mengenal uang dan juga berbisnis :)

    ReplyDelete
  3. Aku udah lama gak ngegame. Bisa nih dicoba sama Keponakan biar sekalian belajar finansial sederhana. Jadi lebih menarik kan daripada itungan ribet ini itu

    ReplyDelete
  4. Udah lama gak main games jadi penasaran mau coba, mengajarkan ke anak sejak dini mengelola keuangan ya, apalagi era digital ini kadang boros tanpa disadari huhu...

    ReplyDelete
  5. Menarik banget nih, ada game yang selain bikin fun juga ngajarin anak belajar soal uang. Double benefit ya. Btw games ini lewat situs resminya atau semacam aplikasi game yang di unduh di play store? Mau juga dong mainin game ini bareng anak yang kebetulan mulai tertarik jualan 😁

    ReplyDelete
  6. Menarik banget nih, ada game yang selain bikin fun juga ngajarin anak belajar soal uang. Double benefit ya. Btw games ini lewat situs resminya atau semacam aplikasi game yang di unduh di play store? Mau juga dong mainin game ini bareng anak yang kebetulan mulai tertarik jualan 😁

    ReplyDelete
  7. Wah game baru lagi ya? Kayaknya kalau dilihat model2 game roblox ya? Seru sepertinya

    ReplyDelete
  8. Yang games tentang saham, cocok untuk ibu-bapaknya nih. Sebelum main saham beneran.

    ReplyDelete
  9. Seru juga ya main game sambil belajar, anak-anak sepertinya bakal lebih nangkep nih di otaknya kalau belajarnya sambil main game kayak gini. Lebih nyantol juga di otak mereka apalagi kalau gamenya mirip banget dengan kegiatan sehari-hari

    ReplyDelete
  10. seru banget sih ya kak morgtage calculator game ini buat anak-anak ataupun dewasa sama-sama suka nih. bermanfaat banget juga buat belajar ya

    ReplyDelete
  11. Jadinya anak bisa bermain game sambil belajar ya, jadi pengen kenalkan juga nih game ini ke anak sulung saya yang doyan main game. Sepertinya gamenya juga sangat menarik

    ReplyDelete
1897012769711992300