BLANTERVIO103

SOSIALISASI TK SULTAN AGUNG ROMOKALISARI

SOSIALISASI TK SULTAN AGUNG ROMOKALISARI
24 February 2022

 

TK+Sultan+Agung+Surabaya


Bersama Bank Syariah Amanah Sejahtera.


Tahun ini anak sulung kami sudah berusia lima tahun. Sudah saatnya masuk sekolah. Termasuk ketinggalan sih karena teman-teman seusinya di lingkungan sini sudah berada di kelas TK A di pelajaran tahun ini. Sedangkan sulung kami baru akan TK A tahun ajaran depan. Perjuni nanti, insya Allah.


Pertimbangan kami tidak segera menyekolahkan dia bareng dengan teman-temannya, salah satunya adalah pandemi. Saya tidak sanggup jika harus mendampingi anak kreatif ini belajar online, karena saya tahu betul bagaimana dia. Saya tidak siap jika harus emosi dan memukulnya setiap hari.


Kedua, usianya juga bakal nanggung, belum pas untuk masuk sekolah dasar jika tahun kemarin kami daftarkan. Dia lahir di bulan Nopember, yang jika dikaitkan dengan tahun pelajaran, usianya disebut tanggung, karena pemerintah Indonesia menetapkan anak sekolah dasar usia minimal tujuh tahun. Sedangkan anak sulung kami jika sekolah tahun ini, maka dia akan lulus TK di usia 6,7 tahun. Kurang lima bulan untuk masuk ke SD.


Sosialisasi TK Sultan Agung Romokalisari - Surabaya


Pada akhirnya, kami memutuskan untuk mendaftarkan anak sulung kami di sebuah TK terdekat dengan rumah. Yaitu sekolah TK Sultan Agung. Selain pertimbangan jarak yang dekat. Sekolah TK Sultan Agung juga memiliki program yang menarik untuk anak-anak. Di antaranya:


Menghafal Al-Qur’an Juz 30. Siapa sih yang tidak ingin memiliki anak hafal ayat-ayat suci Al-Qur’an? Sebagai ummat Islam kita orang tua pasti sangat menginginkan itu. Apalagi, kita sebagai emak bapaknya saja belum tentu hafal. Ye kan? *sembunyiin muka di balik plastik kresek.


Menghafal Asmaul Husna. Selain menghafal juz 30, anak-anak di TK Sultan Agung juga diajari menghafal Asmaul Husna. Nama-nama Allah yang baik, yang seharusnya menjadi zikir ummat Islam di segala kegiatan.


Calistung Sambil Bermain. Mendengar kata calistung, awalnya saya juga kaget dan kurang sreg di hati. Soalnya, setahu saya, untuk anak seusia TK belum waktunya belajar calistung yang berat. Namun kemudian, ketika kepala sekolah, Bu Umi Farida, menjelaskan, saya pun paham, bahwa calistung di sinipun masih menyesuaikan dengan usia anak-anak, dikemas dengan fun dan penuh permainan. Jadi pikiran anak-anak tidak diforsir untuk berpikir. Alhamdulillah lega.


TK+Sultan+Agung+Surabaya



Perkenalan 5 Centra


Kemarin, Kamis, 24 Februari 2022, saya memaksakan diri untuk hadir di acara sosialisasi TK Sultan Agung dan Bank Amanah Syariah Sejahtera, yang bertempat di sekolah Sultan Agung 1 Romokalisari. Saya katakan memaksakan diri, karena sebenarnya saya sedang tidak enak badan. Terhitung sejak Rabu, 16 Februari 2022 sore. Yah, sama seperti yang lainnya, batuk pilek, dingin tetapi suhu badan panas. Lemas, diare, sempat bersin-bersin, dan sakit kepala. Lagi musim di Indonesia sakit seperti ini beserta keluarga-keluarganya. Kalian yang masih sehat, jaga diri ya…


Kembali ke laptop.


Di acara pertemuan kemarin, Bu Umi Farida, kepala sekolah TK Sultan Agung, menyampaikan 5 Centra kegiatan yang akan dilakukan untuk tahun ajaran 2022 nanti. Antara lain;


Alam / Nature, yaitu pembelajaran tentang alam. Bumi dan sebagainya.


Persiapan, yaitu pembelajaran tentang pengenalan huruf, angka, dan simbol-simbol.


Pengenalan Balok,  pembelajaran tentang membangun, dan mengenal bentuk geometri, dan sebagainya. Kebetulan anak kami baru paham bulatnya saja. Hehe.


Main Peran, Wah kayaknya bakal seru nih kalau ada kegiatan main peran. Saya sendiri belum tahu, main peran ini apakah akan mengangkat tentang tema dan tugas-tugas keluarga atau dilatih bermain sandiwara. Saya belum menanyakannya lebih jauh. Hehe..


Kreativitas, Ini point yang menurut saya paling dibutuhkan anak-anak. Kreativitas, karena kehidupan anak-anak memang tidak jauh dengan kegiatan-kegiatan yang membutuhkan kreativitas tinggi.


Selain lima kegiatan centra di atas, di sekolah TK Sultan Agung, anak-anak juga akan dikenalkan dengan kegiatan baik lainnya. Seperti bakti sosial untuk mengajari anak gemar sedekah. Manasik Cilik, di sini anak-anak dikenalkan dengan manasik haji.


Dari semua kegiatan itu akan ada puncak tema yang akan dilakukan di puncak kegiatan. Jadi gak ragu deh untuk menyekolahkan anak di TK Sultan Agung.


Sosialisasi Bank Syariah Amanah Sejahtera


Untuk meraih puncak kebaikan, seseorang harus memulainya dengan sesuatu yang baik. Tubuh kita adalah apa yang kita makan. Sebab itulah halalan thoyyiban selalu menjadi pokok penting dalam setiap asupan yang masuk ke dalam tubuh manusia, agar ketika menjadi daging, tenaga, dan pikiran, semua hal-hal baik yang terpancar dari dalam diri. Selamat dunia akhirat.


Selain sosialisasi TK Sultan Agung kemarin, pihak sekolah juga menghadirkan beberapa pembicara dari sebuah bank rekanan syariah. Yaitu Bank Syariah Amanah Sejahtera. Ada Bapak Rosyidin selaku penasihat Bank Syariah Amanah Sejahtera, yang menerangkan batas riba dan sebagainya. Sehingga banyak ilmu yang bisa kami dapatkan di kesempatan tersebut.


Dengan bank yang berbasis syariah, anak-anak TK Sultan Agung kelak akan diajak menabung setiap hari.


Share This Article :
Ida Raihan

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 25 comments:

  1. Semoga dilancarkan dan dimudahkan nanti anaknya bersekolah di TK Sultan Agung Romokalisari ya Mbak. Memang selain faktor jarak, program yang baik dan menarik dari TK yang dituju mesti jadi pertimbangan kita. Bagus sekali ini materi sosialisasi dari sekolah TK-nya. Jadi makin yakin orangtua menyekolahkan anak mereka di sini

    ReplyDelete
  2. Sedang hunting sekolah untuk anaknya mba? Klaau dibaca dari artikel ini sepertinya program TK Sultan Agung bagus ya mba.

    ReplyDelete
  3. Masya Allah... lihat program sosialisasinya bagus sekali ini, sedari TK sudah mulai diajarkan untuk menghafal Qur'an juz 30 dan juga mengenalkan Asmaul Husnah. Semoga kelak anak-anak bisa jadi hafiz Quran ya mbak.

    ReplyDelete
  4. TK Sultan Agung Romokalisari ini memenuhi semua syarat dan keinginan untuk menyekolahkan si buah hati di sini ya Mbak. Sudah dekat dari rumah, bidang keagamaannya juga lengkap. Memang tambah dini anak-anak belajar tentang agama semakin paham mereka di saat dewasa

    ReplyDelete
  5. Program dari TK Sultan Agung Romokalisari ini bagus yaa. Ilmu agama dan ilmu umumnya diserasikan dan tidak lupa diselingi dengan bermain supaya anak tidak bosan dan jenuh jadi makin balance.

    ReplyDelete
  6. Konsep sekolahnya bagus ya, Mbak. Ada agama dan dekat dengan alam juga. Semoga bisa betah sekolah di sini. Dapat ilmu yang diharapkan. Aamiin

    ReplyDelete
  7. Menarik sekali ada 5 Centra kegiatan yang diusung oleh TK Sultan Agung Romokalisari : Alam dan Main Peran. Dan sepertinhya tidak semua TK ada ya mom. Terutama untuk kegiatan alam. Sukses untuk TK Sultan Agung.

    ReplyDelete
  8. bagu nih program 5 sentranya, jadi anak-anak akan belajar dalam suasana yang menyenangkan. Sejak dini bakal diajari menabung juga.

    ReplyDelete
  9. Seru sekali acara sosialisasi TK Sultan Agung Romokalisari ini mbak
    Keren ya,punya lima centra kegiatan
    Semoga lancar nanti TK nya

    ReplyDelete
  10. Aku yakin anak anak tuh suka bermain peran. Soalnya aku juga suka. Hehehe. Senangnya jika sekolah TK punya banyak kegiatan menarik seperti ini ya mba

    ReplyDelete
  11. Bagus banget nih mba programnya dari TK Sultan Agung. Apalagi dari kecil udah diajarin menabung ya, jadi membantu si kecil untuk belanjar mengelola uang sakunya. Kalo dari kecil udah biasa nabung, nanti kebawa sampai dia beranjak dewasa.

    ReplyDelete
  12. Senangnya udah mulai masuk TK ya, gak apa-apa agak telat apalagi kalau usianya nanggung menidng dimatangkan aja dulu ya takutnya nanti susah saat masuk SD kalau umurnya kurang.
    Anak TK Islam sekarang juga diajarkan untuk menghapal juz 30 ya. Dulu anakku juga gitu mbak.

    ReplyDelete
  13. Seneng yaa..kalau visi dan misi pengasuhan dan pendidikan di rumah, sama dengan di sekolah anak-anak.
    Jadi mudah untuk mengarahkan dan bekerjasama.

    Rekomendasi sekolah TK Sultan Agung Romokalisari untuk sambut tahun ajaran baru.

    ReplyDelete
  14. Lengkap Juga mba tapi yg terpenting klo masuk TK tuh anak2 nyaman blajar nya gàk merasa tertekan krn bnyk PR,,,, aplg sudah d perkenalkn dg kegiatan bakti sosial boleh nih kurikulum sekolah TK Sultan Agung,

    ReplyDelete
  15. program TK memang harus sesuai dengan kebutuhan anak yaa, insyaAllah berkah TK Sultan Agung. Baca 5 sentranya benar-benar diperuntukkan untuk kebaikan anak anak yang bersekolah di sana yaa. barakallah.

    ReplyDelete
  16. Tos mba, anak keduaku malah semenjak pandemi off ga jadi masuk TK. Karena aku kudu pilih mendampingi kakaknya yg saat itu masih kelas 1 SD menuju kelas 2,plus ada bayi berusia 3 bulan. Bisa pecah kepalaku kalau hrs 2 anak yg skul online. Dia sempat ikut SMM 6 bulan, tapi ga betah karena online. SMM yg offline sih dia mau. Terus aq muter2 nyari TK deket rumah yg offline, tp Sayang rata2 bersedia anak harus dr TK A, ga bisa langsung ke TKB. Hiks sedih deh. Beruntung ada TK Sultan Agung yg offline

    ReplyDelete
  17. sebelum masuk sekolah emang wajib banget buat cari tahu sekolahnya lebih dalam ya maaak.. akupun dulu juga ikutan sosialisasi sekolah dulu, plus anaknya nyobain trial class dulu buat tau dia suka atau ngga sekolah disana.. hehe

    ReplyDelete
  18. Saya juga pernah mengalami datang ke sekolah dalam rangka pengenalan/sosialisasi sekolah anak-anak. Supaya orang tua bisa selaras dengan pendidikan yang diberikan oleh guru ya ...

    ReplyDelete
  19. Mbak Ida, Romokalisari ini Romo, Surabaya yg mepet Gresik?
    Bagus yah TK-nya pakai metoda sentra jadi anak bisa eksplorasi berbagai hal yang ia suka.
    Semoga si sulung bahagia yaa nantinya sekolah di sini. Semoga juga udah aman untuk PTM. Puyeng memang kalo masih online.

    ReplyDelete
  20. semoga lancar dan cocok sekolahnya ya mak
    tahfiz itu kepake kok mak bismillah moga jadi penerus Al Quran
    Sekolah anakku masih tk b dua kali rencananya mau pindah sekolah lagi TKnya. Bismillah

    ReplyDelete
  21. Gak ketinggalan kok mbak, anak usia 5 tahun pasti masih enak2 nyaman sama ibunya hehe. Wah asyik nih udah masuk sekolah, semoga sekolah terbaik yang dituju buat anak maupun ortunya ya mbak. Program2 sekolahnya juga apik banget :D

    ReplyDelete
  22. Semangat nemenin anak yang mau sekolah TK ya mba Ida. Sekolahnya kok satu almamater dnegan aku, tapi tingkat SMA sih. Sama-sama satu yayasan kayaknya karena namanya sama

    ReplyDelete
  23. Pembelajarannya dikemas dengan cara fun ya mba, berbagai aktivitas di atas bakalan bikin anak terlatif motorik maupun kemampuan sosial emosinya.

    ReplyDelete
  24. Wah sama kita Mbak Ida, tahun ini aku juga survey TK buat anak sulungku. Kemarin teman-temannya juga sudah pd dimasukkan sekolah, tapi aku skip karena ga sanggup harus online dan anaknya pun ga suka duduk lama di depan laptop. Btw, TK Sultan Agung nawarin paket komplit ya Mbak; akademis sama agamisnya dapet. Smg lancar sekolahnya buat ananda ya :)

    ReplyDelete
  25. anakku juga nanggung mbak umurnya masuk SD soalnya lahir bulan desember. tapi tahun kemarin kumasukin ke TK sih jadi mungkin tahun 2023 nanti masuk SD umur 6,5 tahun

    ReplyDelete
1897012769711992300