BLANTERVIO103

Ngeblog Semakin Seru Bersama Blogwalking Asik

Ngeblog Semakin Seru Bersama Blogwalking Asik
11 December 2021

 


Ngeblog+seru+bersama-blogwalking+asik


 

Mengenal dunia blogging itu suatu anugerah bagi saya. Dulu pertama kali membuat blog tidak pernah menyangka jika manfaat dari ngeblog itu sungguh luar biasa. Selain pertemanan yang sangat luas jangkauannya, ilmu dan pengetahuan yang berseliweran di mana-mana, blog juga bisa menjadi ladang penghasilan jika dikelola dengan baik. Hal ini sudah saya rasakan sendiri meskipun sangat terlambat. Saya katakan sangat terlambat, karena saya baru tahu akan hal itu sekitar pertengahan tahun 2019, padahal saya mulai ngeblog sejak jamannya masih ada multiply.com di tahun 2007an. Berapa tahun tuh? Wakakakak.

 

Pertanyaannya: Kemana aja selama itu, Bu? Ngapain aja? Wakakakakak.

 

Ngumpet di balik hape.

 

Itu, awalnya, tanpa sengaja, saya yang tengah gabut saat itu scrolling beranda facebook, dan melihat postingannya Mbak Triani Retno di facebook yang membahas job blogging. Saat saya berkomentar dan menanyakan tata caranya, Teh Eno (panggilan untuk Mbak Triani Retno), mengarahkan saya untuk bergabung di suatu group di Facebook. Saya pun bergabung di sana. Sejak itu saya mulai mengenal tata cara agar peroleh income from blogging dan social media. Yah, walaupun hasilnya belum yang seperti para mastah, yang sampai bisa menghaji dan umrohkan kedua orang tuanya, membangun rumah dan kendaraan beroda empat, atau jalan-jalan ke luar dan seluruh kota wisata di dalam negeri.

 

Bagi saya, semua tetap harus dinikmati, karena semua memerlukan proses. Walaupun penghasilan saya baru sekadar lumayan untuk menambal kebutuhan dapur, maupun jajan anak-anak di rumah. Atau sekadar untuk menyenangkan diri sendiri ketika jenuh melanda, agar tidak ngerecokin keuangan rumah tangga yang dijatah suami. Bagi saya, itu semua pencapaian yang patut disyukuri. Hehe.

 

Mengenal Komunitas

 

Setelah sekian bulan ikut meramaikan dan menyeriusi dunia blogging dan merawat social media, saya pun bertemu dengan beberapa komunitas yang membantu saya menaikkan semangat untuk semakin rajin ngeblog dan bersosial media. Aktif posting dan saling mengunjungi satu sama lain dengan para blogger dari berbagai daerah di nusantara. Juga sebagian mereka yang berada di luar negeri.

 

Job pertama saya pun datang melalui email. Rasanya bahagiaa banget saat itu meskipun yang saya dapatkan baru receh. Wakakakak.


Ngeblog+seru+bersama-blogwalking+asik



Saya pun semakin sering gabung ke grup-grup baru yang ada kaitannya dengan aktivitas blogging. Setiap ada link ajakan ke suatu grup, saya pasti langsung klik dan join. Hingga tak terasa grup whatsapp saya jumlahnya puluhan hingga ratusan. Hehe. Sekarang sih sudah banyak dikurangi, memori ponsel tidak kuaat. Wakakakakak.

 

Komunitas Blogwalking Asik

 

Salah satu group WhatsApp yang asik dan seru adalah Group Blogwalking Asik, yang didirikan oleh Mbak Rini Novita Sari. Atau yang kuketahui sebagai Rini Noe, pemilik blog www.celotehdinihari.com dan dibantu oleh Mbak Hani, pemilik blog www.haniwidiatmoko.com sebagai adminnya.

 

Sejak awal berdirinya group Blogwalking Asik (BWA) pada 20 Nopember 2019 ini, sebenarnya saya sudah mengikutinya, karena memang saat itu kami kami sedang berkumpul di salah satu group freelancer yang didirikan oleh Kang Seno, dan sering mengobrol di sana. Karena seringnya beberapa teman yang suka share link blog post, kemudian tercetuslah untuk membuat group khusus blog walking. Alhamdulillah, di tangan Mbak Rini dan Mbak Hani, Blogwalking Asik menjadi semakin besar dan seru dengan sharing-sharing bermanfaat yang ada setiap harinya.


Percaya deh, group BWA ini tidak pernah sepi loh, meskipun tengah malam. Saya sering kebangun di tengah malam dan group ini masih ada aja yang melek. Jika sehari saja tidak membuka grup, maka ratusan hingga ribuan chat sudah nangkring di sana. Manjaaaat tinggi. 

 

Aktivitas Blogwalking Asik

 

Sesuai namanya yang menyandang kata, ‘Blog Walking’ maka salah satu aktivitas grup BWA adalah saling mengunjungi postingan sesama blogger yang tergabung di Blogwalking Asik. Membaca dan berkomentar sesuai kesepakatan.

 

Selain itu, di BWA juga sering diadakan sharing ilmu melalui webinar, dengan tema yang berbeda-beda, namun masih mengupas seputar dunia blogging. Pembicara juga masih anggota BWA namun memiliki pemahaman luas seputar blogging.

 

Manfaat Bergabung di Blogwalking Asik

 

Nah kalau bagian manfaatnya, bergabung di Blogwalking Asik, sudah pasti banyak ya. Selain pertemanan, dan ilmu, pengetahuan tentang blogging, para member juga jadi dibikin semangat dengan aktivitas ngeblognya. Gimana nggak coba? Ada aktivitas rutin saling mengunjungi blog teman-teman sesame member kan, jadi kita lebih banyak membaca setiap harinya. Semakin banyak ilmu yang bisa didapat. Plus, kita juga jadi terpacu semangatnya untuk terus menulis dan posting di blog. Malu kan kalau blognya lama menganggur, yang disetorkan link lama mulu. Wakakakak.

 

Apalagi jika mengetahui beberapa teman yang baru memenangkan lomba. Rasanya Uwow… pengeen banget bisa kayak mereka-mereka yang sudah langganan menang lomba. Dan salah satu cara untuk bisa mengikuti jejak mereka ya dengan banyak membaca, banyak menulis, dan mengikuti lomba.

 

Tapi tenaaang, kita gak meululu ngomongin soal blog juga kali di BWA. Di beberapa kesempatan, kami juga membicarakan diet, pengobatan, kesehatan, makanan, dan banyaak lainnya. Tarakhir, tema pembicaraan itu pun bisa loh ditulis dan posting di blog. Wakakakak endingnya ngeblog lagi deh. Etapi sumpah ini seruuu.

 

 



Share This Article :
Ida Raihan

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 18 comments:

  1. Haihai...akhirnya update blog deh. Semangaat Kakak...🎉🎊

    ReplyDelete
  2. Hore...akhirnya nulis artikel tentang BWA. Emang sih bikin betah di grup BWA. Chatingnya emang random sih. Tapi entar tau-tau ada yg share job...Asiiik kaan...

    ReplyDelete
  3. Yess aku juga seneng dengan dunia blogging ini. Nggak nyangka bisa bertahan sampai sekarang. Dapet banyak temen se Indonesia Raya, meskipun belum meet up offline tapi berasa udah kenal lama
    Dapet info soal event blog juga, seru.

    ReplyDelete
  4. Seru ya, saya juga join dibgrop blog walking asik, meski jarang komen tp saya brusaha nyimak bahasan di grup. pastinya memotivasi buat nulis hehe

    ReplyDelete
  5. memang seru ya kak, apalagi kalo BW tidak selesai-selesai, deadline sudah mau habis, mau gak mau harus segera dituntaskan daripada di remove sama admin

    ReplyDelete
  6. Mba Ida itu termasuk anggota perintis BWA. Kita sama-sama pindahan dari igryp CWF sebelah ya mba. Hahaha.

    Sekarang lagi sibuk bikin cerpen nih Mba Ida, jarang muncul di grup. Senangnya, baca tulisan ini juga saya akhirnya.

    ReplyDelete
  7. Setuju banget, aku suka berada di grup BWA karena list BW nya cepet banget penuh. Jadi terpentik juga semangat buat update blog biar bisa ikutan ngelist

    ReplyDelete
  8. Hallo sesama anggota grup blogwalking.. Hehe
    Emang menyenangkan ya bisa masuk ke grup ini. Banyak temannya..

    ReplyDelete
  9. Sebagai anggota yang termasuk awal-awal baru bikin, memang grup ini asyik. orangnya ga jaim dan ga pelit bagi ilmu.

    ReplyDelete
  10. Tidak pernah saya menemukan grup/komunitas bloggers yang sering sekali memberikan ucapan selamat pada anggotanya karena menang lomba, haha. On the Next Level emang member Blogwalking Asik.

    ReplyDelete
  11. BWA salah satu komunitas support blogging yang seru sih, membernya master dan suhu menang lomba. Saya pengen gabung lagi nih karena karena kemarin ijin cuti, masih bisa gak ya? Hehe

    ReplyDelete
  12. Asyik ya mbak gabung di bw asik. Seperti namanya BW ASIK. Teman temannya juga ramah dan welcome sih mau membantu misal kita ada kesulitan ngeblog

    ReplyDelete
  13. Emang seru banget BWA tuh, orang-orangnya juga humble kalo pas ditanyain sesuatu tentang blog sama pas kalo dimintain tolong buat baca2 blog naikin PV

    ReplyDelete
  14. Benar sekali mba, gabung sama komunitas tuh penting banget. Kita bisa jadi tambah ilmu dari para mastah yang sudah terjun atau memiliki ilmu lebih dalam terkait blogging.

    ReplyDelete
  15. Iya kalau berkomunitas yang juga menambah ilmu atau sharing yang bermanfaat, tentunya menyenangkan ya mba. Walau hasilnya mungkin belum kayak mastah2 itu, tapi setidaknya blog kita update perlahan ya :D

    ReplyDelete
  16. Enak juga kalau ketemu group yang seru ya Mbk, jadi makin happy BW apalagi bisa sharing soal lainnya.

    ReplyDelete
  17. Baru tahu ada blogwalking asik mba,ini seru ya bisa nambsh pv dan silaturahmi

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah ya mbak, seru banget baca ceritanya mbak mengikuti komunitas blogwalking asik. kerasa banget silaturahimnya ya, gak melulu sekadar BW yaa. Keren BWA ini mbak, jadi pengen masuk juga jadi membernya hehe

    ReplyDelete
1897012769711992300