10 Langkah Menjadi Pemimpin Bersama Sekolah Leader

SekolahLeader, 10 Langkah Menjadi Pemimpin, menuliskan mimpi, cita cita

Beberapa hari lalu saya berkesempatan mengikuti sebuah kelas spesial bersama Indscript. Yaitu kelas Sekolah Leader. Tidak tanggung-tanggung, kelas ini dilaksanakan selama 10 hari, plus 1 hari sebagai evaluasi. Kegiatan yang sangat menyenangkan untuk mengisi moment #StayAtHome.


Sebagai online seller yang pernah memiliki 30an orang reseller, lalu gagal, dan bubar, Sekolah Leader ini banyak membuka wawasan saya yang selama ini nol banget pengetahuan tentang kepemimpinannya. Bersyukur sekali saya peroleh kesempatan mengikuti kelas ini. Ilmunya keren sekali.

BACA JUGA: TIPS BEKERJA DARI RUMAH

Apa Sih Sekolah Leader

Sekolah Leader adalah sebuah kelas yang diperuntukkan bagi para wanita, untuk bisa mempelajari tentang kepemimpinan. Sebagaimana yang kita ketahui, di zaman sekarang ini peran wanita sangat diperhitungkan. Wanita yang memiliki bisnis, ibu rumah tangga seorang guru, dan lain-lain, sangat perlu memiliki pemahaman terhadap leadership. Karena tidak menutup kemungkinan suatu hari nanti mereka akan memimpin. 


SekolahLeader, 10 Langkah Menjadi Pemimpin, menuliskan mimpi, cita cita
Para mentor

Persiapan Menjadi Leader

Kelas Leader yang diikuti lebih dari 400 peserta dengan beberapa mentor ini juga merupakan kelas berbayar dengan harga yang sangat terjangkau. Sehingga pesertanya membludak. Dengan materi yang super duper keren, biaya Rp. 99.000 - 250.000 itu sangat murah. Ye kan, Mak?

Lalu apa donk yang dipelajari?

Yuk lanjut baca, Mak.


SekolahLeader, 10 Langkah Menjadi Pemimpin, menuliskan mimpi, cita cita


HARI-1, PENGGALIAN DIRI

Siapakah Aku? Apa kelebihan dan kekuranganku?
Bagaimana memoles kelebihan dan mengurangi kekurangan?
Apa yang membedakanku dengan leader lainnya

Itu adalah materi di hari pertama. Dengan pembicara Teh Euis, Leader of Canva, *Eh...

Maksudnya Teh Euis ini mahir dalam mengulik canva gitu Mak. Beliau ini memiliki kelas canva. Jadi bagi emak yang suka bikin-bikin desain, flyers dan lain-lain bisa banget nih mengikuti kelasnya Teh Euis.

Di hari pertama ini Teh Euis membagikan ilmu bagaimana seorang leader harus mengenal dirinya sendiri. Memahami kapabilitas dirinya sendiri, tidak baperan, sehingga mampu memimpin orang lain. Mampu menerima kekurangan dan kelebihan orang lain yang dipimpinnya.

Selanjutnya Teh Euis lebih pada menceritakan pengalamannya, yang dengan waktu begitu singkat berhasil meraih omzet 80an juta dan team reseller mencapai 200 orang lebih.

BACA JUGA: PELATIHAN JURNALISTIK DENGAN JAWA POS

HARI KE-2

Apa yang membedakan jaringanku dengan jaringan lainnya? 
Apa keistimewaanku dan jaringanku di mata orang lain

Ini cocok untuk yang bekerja team saya rasa ya, menggali kelebihan jaringan untuk kemudian dikembangkan bersama-sama.

HARI KE-3, MANAJEMEN KEPEMIMPINAN

Strategi pengembangan jaringan
Strategi perbaikan jaringan
Strategi penyempurnaan langkah

Menjadi leader memang tidak mudah ya Mak, Harus memiliki managemen yang bagus, strategi yang bagus, untuk kemudian dibagikan kepada anak buahnya. Nah di hari ketiga ini, mentor mengupas tuntas bagaimana membuat strategi pengembangan jaringan, perbaikan jaringan dan menyempurnakan langkah. Sehingga bisa mencapai target yang diinginkan.

HARI KE-4

Strategi pengelolaan capai target
Strategi manajemeni waktu dan hati

Awal-awal menjadi reseller dulu, mencapai target ini pembahasan yang paaling membuat saya berasa mules. Ketika leader sudah mulai membicarakan pencapaian target, maka saya memilih berhenti.

Di sini juga dibahas tentang memanagemen waktu, hati, dan stress. Bagaimana seorang pemimpin harus memiliki strategi mengelola stress secara sehat.

HARI KE-5, PERSONAL BRANDING

Apa keunikan diriku?
Bagaimana pola membangun branding sebagai leader 

Menurut Mbak Yaya, pemateri di hari kelima ini, membangun personal branding beda dengan pencitraan. Karena personal branding adalah mengenalkan siapa kita kepada masyarakat, mengenalkan produk kita dengan sebenar-benarnya. Sedangkan pencitraan itu orang yang mengikuti selera pasar. Uhuk...

Hari kelima ini sangat penting bagi siapa saja yang ingin mmebangun branding diri mau pun perusahaan.


HARI KE-6

Sejauh mana orang mengenalku 
Sudahkah orang mengenal kelebihan produk dan jaringanku

Ini merupakan PR bagi para leader. Seorang leader harus tahu, sejauh mana orang mengenalinya. Karena seorang leader tidak boleh hanya merasa ge er, seolah-olah dirinya sudah dikenal, padahal hanya tidak. Kalau oun dikenal ya hanya di lingkungannya saja. Deuh nggak banget kan ya. Nah di hari keenak ini pemateri menjelaskan dengan tuntas mengenai hal tersebut.

HARI KE-7, MOTIVASI DAN TEKAD

Kelola mood 
Apa yang aku takutkan dan khawatirkan?
Bagaimana menghadapi tantangan dan kesulitan 
Apa yang membuat aku tidak menyerah mengembangkan jaringan

Wajar banget ya kita mengalami mood swing, kadang merasa drop, males ngapa-ngapain, mudah emosi, dan lain-lain. Sayangnya seorang leader, dituntut harus bisa mengelola mood. Harus bisa kontrol emosi. Intinya harus tampil sempurna, karena leader akan selalu didatangi oleh anak buahnya untuk curhat berbagai hal. Jasi leader harus selalu siao. Gimana bisa memberikan solusi jika diri sendiri sedang bad mood? Ye kan, Mak?

Di bagian ini Mbak Yuni, Ambassador BUKUIN aja di Indscript memberikan tips-tips menarik berdasarkan pengalaman beliau.

HARI KE-8, KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI

Public speaking for leader
Teknik follow up dengan jaringan yang introvert
Memulai percakapan dalam grup yang sepi 

Bagian ini ilmunya sangat saya butuhkan. Saya yang introvert, kurang pandai memulai pembicaraan, peroleh manfaat besar dari Kelas Leader ini. Teknik follow up dengan jaringan yang introvert, hahah introvert ketemu introvert nih jadinya.

Sebagai leader Public speaking tentu sebuah keharusan untuk dikuasai, karena leader akan bertemu dan berbicara dengan banyak orang. Di Kelas Leader, mentor mengajari tekhnik public speaking ini.

HARI KE-9

Membangunkan semangat jaringan yang melemah
Menyampaikan target dengan cara yang menyenangkan

Ah.. jika saja saya mengetahui tehnik ini sejak lama. *Plak! Diperbaiki lagi aja Mak, gak usah mengandai. Hahaha, Iyah, maksud saya jika saja sejak dulu tahu tehniknya, kan jaringan yang pernah saya miliki mungkin tidak akan bubar gitu. Bisa dirawat dan pelan-pelan bisa menyampaikan target.

HARI KE-10, MEMBANGUN ANTUSIASME


SekolahLeader, 10 Langkah Menjadi Pemimpin, menuliskan mimpi, cita cita


Mendesain mimpi
Being inspiration
Tetap antusias dalam kondisi bermasalah
Antusias belajar dan menjadi yang terdepan

Di hari kesepuluh ini peserta diajak mencatat semua mimpi-mimpinya. Dan cara mewujudkannya. Karena sukses milik mereka yang mau mengusahakannya.

Dulu saya telaten mencatat semua mimpi saya, di laptop. Sekarang laptopnya gak bisa dibuka, dan mimpi itu tersimpan di sana. Entah sudah berapa mimpi saya yang terwujud, saya belum bisa mengeceknya.

TAMBAHAN HARI KE-11, EVALUASI

Daaaan, akhirnya waktu 10 hari pun terasa begitu cepaat berlalu. Hari terakhir ini merupakan bonus khusus untuk evaluasi selama mengikuti Kelas Leader 10 hari.
Ida Raihan
Ida Raihan

Hanya Seorang Ibu Rumah Tangga Dengan Dua Orang Anak Yang Suka Menulis Dan Membaca

25 comments:

  1. Ini programnya bagus banget loh mbak, apalagi tentang pembelajaran diri ya. Jadi pengen ikutan juga deh kelasnya, ini bikin mind maping juga ya berarti ya?

    ReplyDelete
  2. Hua, keren ilmu yang diperoleh dari sekolah leader ini, Mak. Di mana pun bisa diterapkan ini. Dalam lingkup laling kecil sekalipun.

    ReplyDelete
  3. memang yaaa kalau udah ikutan pelatihan itu jauh beda ama yang belajar otodidak,
    ini step by stepnya kayak brainstorming dan enlightning

    ReplyDelete
  4. Wah, lama juga ya pelatihannya 😁 Tentu manfaat yang diperoleh banyak ya dan pasti mbak senneg banget. Aku pernah bertemu wajah Teh Indari sekitar 2011 atau 2012 dulu di BSD semacam workshop menulis. Memang deh kalau udah hobi, nulis itu menyenangkan 😍

    ReplyDelete
  5. Beugghh, keren sekaliii sekolah leader ini
    Perempuan jaman now wajib ikutan nih
    sekalian kita belajar supaya survive di pandemic ini ya

    ReplyDelete
  6. Keren ya bisa ngeluangin waktu seksekolah online dgn tema yg mnrtku cukup relevan di era 4.0 hrs bisa jd leader buat diri sendiri keluarga dan tim bisnis juga

    ReplyDelete
  7. Satu lagi bukti, corona bukan melulu tentang hal negatif.

    Corona menginspirasi orang untuk berpikir kreatif, misalnya menciptakan kelas leader seperti ini

    ReplyDelete
  8. salah satu "menangkap mimpi" adalah dengan menuliskannya, noted!

    ReplyDelete
  9. Bermanfaat materi kelasnya ini. Jadi pemimpin bukan berarti nikmati enaknya aja ya, butuh manajemen hati, stress dan strategi.

    ReplyDelete
  10. senangnyaaa bisa punya kesempatan untuk belajar dari ahlinya mba...semoga bermanfaat dan berkah yaaa

    ReplyDelete
  11. Seru ya. detail banget diajarin step by step gitu. Btw gimana hasil evaluasinya mbak?

    ReplyDelete
  12. Walaupun di rumah aja tapi tetap produktif & bisa mempelajari ilmu baru ya seperti sekolah leader ini. 10 hari lumayan juga ya tapi kalau niat, konsisten,& fokus Insya Allah semua materi bisa dipelajari dengan mudah

    ReplyDelete
  13. Dengan harga terjangkau dapet materi pembelajaran yang bagus begitu mba. Worth to try ya. Semoga bisa direalisasikan ya mba segala rencana dari hasil belajarnya

    ReplyDelete
  14. Wahhh pengen ikutan juga deh jadinyaa sekolah leader. Caranya gimana?
    Btw, profilenya mba Indari buanyak bangeet yaa perjalanannya...

    ReplyDelete
  15. Ini harus diikuti selama 10 hari ya mba. Kalp offline aku maulah. Kalo onlinr kuatir gak bisa fokus padahal materinya bagus ya

    ReplyDelete
  16. Kereen sekali Mbak sekolah leader ini. Programnya 10 hari ya. kayaknya oke semua nih programnya. Belum pernah ikut kelas Teh Indari Mastuti sih. Tapi kayaknya seruu ya. Jadi banyak pengalaman dan wawasan

    ReplyDelete
  17. ini keren banget ilmunya mba, suka banget nih pembahasan begini. 10 langkahnya aku harus catet.

    ReplyDelete
  18. hebat ya indscript ini...tak henti berkarya. saluuuut

    ReplyDelete
  19. Pantas membludak ya materi bagus dan biaya murah meriah. Terjangkau oleh semua kalangan.

    ReplyDelete
  20. Ihaw.. saya suka dengan kalimat branding diri tidak sama denga pencitraan. Pencitraan mengikuti pasar biar diakui. Betuuul.. kalau personal branding lebih ke eksklusif. This is me, not others.

    ReplyDelete
  21. Programnya bagus banget buat perempuan lebih berkembang, dari hari ke 1-10 bisa saling berkesinambungan dan bikin berdaya jika di implementasikan

    ReplyDelete
  22. Selalu suka dengan semangat teh indari mastuti utk mengajak perempuan maju. Ada aja ide-nya utk ngomporin perempuan leboh berdaya. Sekolah leader ini salah satunya. Sy pun pertama nyemplung di dunia menulis jg banyak dipengaruhi oleh beliau scr tdk langsung. Berkah selalu kehidupannya teteh....

    ReplyDelete
  23. Waduh, programnya bagus banget, Mbak. Aku tertarik juga untuk ikutan nih. Kapan lagi adanya, Mbak?

    ReplyDelete
  24. Wah seakin banyak ya ruang untuk perempuan belajar. ulai dari self improvement sampai dengan leadershio dan bisnis. Seru juga, seoga istiqoah diterapkan dalam keseharian

    ReplyDelete
  25. MasyaAllah mbak, keren banget bisa ikutan kelas ini. Jadi bener bnerr terarah ya dengan kelas 10 hari ini. Moga sukses ya mbak menjadi emak leader yang sukses

    ReplyDelete