Minuman Herbal Pencegah Corona

Obat corona, pencegah corona, covid 19, herbal pencegah virus corona

Cuek menghadapi situasi saat ini sungguh tidaklah tepat. Meskipun berusaha tidak panik, namun kenyataannya was-was tetap ada. Apalagi dengan rasa tubuh yang terus-menerus terasa tidak nyaman. Flu, sakit kepala, sakit tengkuk hingga naik ke atas, sering sesak dada, rasanya cukup membuat hati ini merasa khawatir dan takut. Ah pasti hanya efek karena mengurus dua bocah yang juga baru pemulihan dari sakitnya. Seringnya sesak dada ini juga bisa jadi karena pikiran yang terlalu khawatir kan?



Iyah. Sudah kurang lebihnya dua mingguan ini Nurul dan Nadine batuk pilek disertai panas badannya. Alhamdulillah Nurul sudah sembuh, tinggal Nadine yang masih batuk, pilek dan rewel terus. Semoga lekas sehat ya, Nak.

Ramuan Empon-empon Untuk Daya Tahan Tubuh Ala Saya

Sejauh ini sudah sering mendengar tentang empon-empon yang konon katanya bisa sebagai ramuan pencegahan virus corona. Bahkan harga bahan-bahan tersebut langsung melejit tinggi, terutama jahe merah. Yang sebelumnya beli 2 ribu masih dapat, sekarang sudah tidak lagi. Apalagi jahe merah yang perkilonya mencapai 90 ribuan, padahal sebelumnya hanya sekitar 25 ribuan. Itu pun para petani masih kewalahan memenuhi pesanan pembeli. Mungkin inilah hikmah dibalik ukian covid 19 saat ini bagi para petani jahe.

Obat corona, pencegah corona, covid 19, herbal pencegah virus corona

Sebenarnya dari dulu saya sudah sering membuat minuman berbahan empon-empon ini. Tetapi hanya sebagai minuman yang segar, baik diminum dingin maupun hangat. Bahan-bahannya saya peroleh kiriman dari mamak saya yang sebagiannya diambil dari kebun sendiri di Lampung.

Inilah yang sering saya rebus.

Temu Lawak
Sudah bukan rahasia lagi, kalau temulawak ternyata memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Dua diantaranya adalah untuk daya tahan tubuh dan pencegahan infeksi, bakteri dan virus, sebab itulah temulawak cocok dijadikan minuman sebagai upaya pencegahan virus corona.

Kayu Manis
Manfaat kayu manis juga tidak kalah banyak dengan temu lawak, salah satunya dapat meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh. Dapet mencegah datangnya penyakit serta menjadikan tubuh tetap sehat. Dalam kondisi suasana mencekam karena ancaman Covid-19 ini, menambahkan kayu manis pada minuman sepertinya cocok juga.

Obat corona, pencegah korona, covid 19, herbal pencegah virus corona

Cengkeh
Seperti dua bahan di atas, lagi-lagi cengkeh juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus membunuh bakteri.

Kapulaga
Manfaat kapulaga jelas tidak kalah banyaknya ya, dan saya menambahkan pada minuman yang sering saya buat, karena selain mencegah bakteri, kapulaga juga bisa mengurangi stress.

Anak juga saya beri minuman ini, karena setiap usai minum, esoknya dia doyan makan dan ngemil. Mungkin pangaruh temu lawaknya yang memang salah satu manfaatnya juga bisa menambah nafsu makan.

Cara Membuat Minuman Herbal Pencegah Corona

Cara memasak ramuan ini pun sangat mudah. Ambil sekitar 10 lembar irisan temu lawak yang sudah dikeringkan. Cuci bersih, taruh di panci yang akan dipakai buat merebus. Tambahkan 2 jari kayu manis, sekitar 7 biji kapulaga, 3 - 5 biji cengkeh. Cuci semuanya dan masukkan ke panci bersama temu lawak. Tuang air sebanyak 1 liter. Didihkan. Gampang sekali bukan?


Obat corona, pencegah corona, covid 19, herbal pencegah virus corona

Jika pas bahan-bahan tersebut sedang tidak ada, maka saya cukup merebus jahe yang saya iris-iris campur dengan asam. Hangatnya jahe rasanya sangat menenangkan. Kalau lagi malas ya cukup jeruk nipis ditambah gula, dan siram air panas. Atau yang lebih praktis lagi, beli di Mbok jual jamu keliling yang lewat depan rumah berupa kunyis asem. Hehe.

Terkadang saya cukup merebus jahe yang saya iris-iris campur dengan asam. Hangatnya jahe rasanya sangat menenangkan. Kalau lagi malas ya cukup jeruk nipis ditambah gula, dan siram air panas. Atau yang lebih praktis lagi, beli di Mbok jual jamu keliling yang lewat depan rumah berupa kunyis asem. Hehe.

Terkadang juga utinya suka membuat jahe dengan sereh. Ini kami tinggal minta saja donk, minuman enak yang menghangatkan tubuh, siapa sih yang tidak mau?

Itulah beberapa jenis minuman herbal versi saya Mak. Bagaimana dengan milikmu? L

Semoga wabah corona ini segera berlalu ya, kita semua terlindungi dan sehat selalu bersama keluarga. Tetaplah di rumah agar terjamin keselamatannya ya Mak. Jika terpaksa harus keluar karena tuntutan hidup, keluarlah seperlunya, kita bantu upaya pemerintah untuk memutus penyebaran virus yang mengerikan ini.
Ida Raihan
Ida Raihan

Hanya Seorang Ibu Rumah Tangga Dengan Dua Orang Anak Yang Suka Menulis Dan Membaca

8 comments:

  1. Sejak ramai wabah Corona, harga empon-empon melejit. Teman-temanku yang jualan jamu mengeluh juga. Btw aku suka bikin jahe, serai, kayu manis dan gula aren. Aku rasa ini nggak seperti jamu lha wong enak sih. Hangat trus kemringet kalau abis minum ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakka. Sama, yang kubuat juga kayak minuman segar aja.

      Delete
  2. Simbah saya juga berpesan untuk mengkonsumsi ramuan tradisional, utamanya jahe sama temulawak. Saya pernah mendapatkan wejangan, "setiap sakit, pasti ada obatnya". Saya optimis dengan itu.

    ReplyDelete
  3. Semenjak corona datang, aku cari-cari cukup susah lho, Teh. Kebetulan kan aku suka beli Yang biasanya stock kalau beli wedang uwuh gitu, jadi satu pelastik sudah lengkap sama racikan2 herbal gitu. Biasanya setiap beli selalu banyak, pas adanya corona sampe kehabisan beli yang pak-pakan..

    Semoga covid 19 segera berlalu ya, Teh..

    ReplyDelete
  4. Bagus nih buat meningkatkan sistem tubuh kita ya Mba Ida,, agar bs bertahan melawan Corona

    ReplyDelete
  5. wah bisa di coba nih di rumah resepnya. ibu saya juga kirimin saya empon-empon katanya untuk menambah imun. seger dan hangat ya di tubuh, saya juga suka minumnya.

    ReplyDelete
  6. resepnya enak nih kelihatannya, beberapa bahan ada yang kutanam di pekarangan rumah yeaayyy

    ReplyDelete