Pentingnya Menjaga Kewarasan


Pernah nggak mak, ngalamin pikiran so blank, kayak beneran kosong sehingga tidak fokus untuk semua hal? Mengacaukan jadwal kerja, anak-anak gak terurus, bahkan diri sendiri pun berantakan, bau, dekil. Kalau gak pernah happy banget hidupmu, Mak.

Beberapa waktu lalu saya sempat berada di posisi itu. Hati serasa tidak ada pada tempatnya. Anak-anak telantar, makan seadanya, bahkan terkadang anak pertama yang baru tiga tahun kudu terima makan tanpa lauk sangking emaknya gak masak. Duh ampuni aku yaa Allah.

Sementara ci bayik, yang kebetulan baru mulai Mpasi cukup diberi bubur instant, dan mandi sehari sekali.

Saya pun tidak menghasilkan apa-apa selain lelah lahir batin. Bawaannya ingin uring-uringan dan menangis. Teriak. Astaghfirullahaladhiim.

Penalty di Mana-mana

Selain menjaga anak di rumah, kegiatan blogging dan berselancar di sosial media adalah rutinitas saya setiap harinya. Tergabung di beberapa WhatsApp group lumayan bisa peroleh ilmu, teman, informasi penting, hiburan bahkan rejeki pun ikut datang. Alhamdulillah.



Dengan bergabung di group seperti itu, kami bisa saling support blogging dengan saling berkunjung, dan berkomentar. Sayangnya, karena ketidakwarasan saya beberapa hari kemarin itu, saya berasa kehilangan arah. Alhasil saya terkena penalty di mana-mana karena tidak mengerjakan tugas tepat pada waktunya. Baik itu Blog Walking maupun Instagram Walking. Tidak tanggung-tanggung, Mak. Penalty ini antara 2 minggu sampai 3 bulan lamanya! Wow emejing yak? Hahahaha. Salah sendiri, Da!

Pentingnya Jaga Kewarasan

Menjaga mood agar tetap waras itu memang susah-susah gampang. Sebagai emak yang setiap hari di rumah dengan kesibukan seputar dapur, sumur (eh, emang masih ada sumur? Hehe),  yang gak ada habisnya, ditambah menghadapi anak-anak yang super aktif, peroleh kelelahan itu pasti. Mood suka swiing itu pasti. Melihat rumah berantakan di semua sisi dan sudut. Hew... Karena itulah kewarasan emak-emak harus dijaga banget. Karena kalo emak sampai gak waras, semua bakal kacau. Setuju kan, Mak?

Tips Agar Emak Tetap Waras

Ini adalah beberapa cara menjaga kewarasna emak versi saya.

  • Makan Apa Yang Pengen Dimakan
Jangan bilang pengen makan orang ya Mak. Wakakak Naudzubillahimindzaalik 😁

Makan apa yang diinginkan bisa mengembalikan kewarasan. Coba aja Mak. Masak mie Instan 2 bungkus misalnya. Ditambah, sawi hijau 1 iket, telur sebutir atau dua. Cabe yang banyakan. Tambah nasi bila perlu. Ini lumayan bikin waras. 

Pastikan bakal bisa ngabisin ya Mak, biar gak mubadzir. Kalo badan kecil saya ini sih, bisa ngabisin porsi tersebut. Hehe.

  • Jalan-Jalan sore
Jalan-jalan sore lumayan juga untuk mengembalikan hati agar waras. Inget, sore ya. Jangan siang-siang pas terik matahari, yang ada tambah jelek mood.

  • Jajan Apa Aja
Ini juga sangat efektif dalam mengembalikan kewarasan emak. Keluar sendirian, jajan apa aja yang enak. Terutama makanan pedas. Bakso, mie ayam, macaroni pedas, dan seterusnya. Sepaket sama minumnya pasti Mak, kalo saya suka jeruk anget atau dingin.

  • Nonton Drama Korea
Hahaha. Bagi saya nonton drama Korea juga kumayan membantu untuk mengembalikan kewarasan.

Itu beberapa versi saya dalam mengembalikan mood. Tips menjaga kewarasan ala Ida Raihan. Barangkali dirimu punya cara lain Mak. Kita sharing aja ya…

Ida Raihan
Surabaya, Kamis, 12 Desember 2019 (10:13)
Ida Raihan
Ida Raihan

Hanya Seorang Ibu Rumah Tangga Dengan Dua Orang Anak Yang Suka Menulis Dan Membaca

13 comments:

  1. Aku termasuk yang jajan apa aja untuk jaga kewarasan Mbak...enggak mikir minyak, enggak juga mikir micin...jajan aja pokoknya hahaha. Biar bagus lagi moodnya.
    yuk habis jajan kita semangat lagi, Mbak

    ReplyDelete
  2. Aku aku aku..
    aku kalo jaga kewarasan biasanya menepi di pinggir sofa sambil minum kopi sachetan. Remeh banget ya mba Ida, haha
    tapi itulah emak-emak, bikin bahagianya hanya perlu hal sederhana.

    ReplyDelete
  3. Halo mbak Ida,aku merasa sangat relate membaca tulisan ini. Tiga hari yang lalu aku haid dan sakit banget, di saat yang bersamaan suamiku DL. Amburadul banget rasanya, dan sebagai obat aku pesen Burger King dong, ahahaha

    ReplyDelete
  4. Wah mba pasti dirimu sangat lelah sekali sampai ngeblank gitu. Aku ikut sedih. Sini aku pelukkkk. Semoga Allah menguatkan dan melapangkanmu Bunda😘. Sehat-sehat ya bun

    ReplyDelete
  5. Duhhh , demo cacing-cacingku mba membaca resep indomie muh...
    aku juga dangkadang bete seperti itu.
    akhirnya tak ajakin anak2ku zumba kwkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  6. cara2 itu untuk menjaga kewarasan harus dilakukan memang. Diri kita sendiri yang harus mengontrol. Jika tida, bahaya. Mana didepan banyak hal hal yg perlu diselesaikan. Kalau capek, ya instirahat sejenak. hehe

    ReplyDelete
  7. Pernah Donk mak pastiny Aku sebagai emak emak juga kadang mengalami hal yang sama seperti itu...jadi yaa begitu deh...harus waras

    ReplyDelete
  8. Uhuy, sama, suka nonton korea juga. Memang hal-hal itu yang penting bisa mengembalikan mood, jadi bisa kembali beraktifitas sebagaimana biasanya

    ReplyDelete
  9. Kalau ditanya, mau pengin makan apa? Makan orang.. Nah, itu malah jauh dari waras ya, Mbak Ida hahaha.
    Tapi ini intinya, bahagia itu sederhana ya, Mbak. dengan melakukan hal-hal kecil yang menyenangkan, maka akan menimbulkan rasa bahagia. kalau bahagia, kan kewarasan terus terjaga hehehe.

    ReplyDelete
  10. Saya juga bingung mengapa Mbak Ida kena penalti terus di WAG, bahkan sampai dikeluarkan oleh adminnya karena Dakan waktu yang ditentukan tidak segera japri.
    Sepertinya berat jadi ibu dengan dua orang anak yang masih kecil. Tantangannya ada saja setiap hari.
    Sabar dan sepertinya cara di atas untuk menjaga kewarasan penting untuk diterapkan.
    Ah ya, saya pengen makan es krim nanti bareng anak saja untuk membangun ikatan dan setidaknya agar saya tetap tenang ketika banyak hal di luar diri bikin kesal.
    Seperti peserta Indonesia Saling Follow yang main unfollow terus tiada habisnya. Hi hi.
    Daripada angot, mending diguyur es krim mulut ini sebelum gatal menyembuhkan umpatan. Soalnya sesabar-sabarnya saya tentu ada batasan. 😁
    Semangat, Mbak. Jajannya sekalian ditambah yang dingin. 🍦

    ReplyDelete
  11. Wkwkwkw pinalti di mana2, huwaaa...
    Semua org punya prioritas sih, emang kadang ngasuh anak aja di rumah membosankan, kita butuh eksistensi kyk ngeblog dll, tapi sebaiknya jangan dibuat setres, nikmatin aja. Kyknya lbh ke menentukan prioritas. Istirahat dengan me time saat kewalahan :D

    ReplyDelete
  12. yup dapat memahami betapa sulit mempertahankan mood baik.Aku suka keluyuran liat liat kalo ada event di mall sambil jajan-jajan yang gak mahal🤣🤣🤣

    ReplyDelete
  13. Saya beberapa kali seperti blank gitu. Wkwkwkwk. Over multitasking, sih ya.
    Memnag pekerjaan ibu itu banyaaaak banget dan ibu itu seperti sebuah pusar atau bundaran. Semua lewat sana.

    ReplyDelete