Bermain Bersama Anak-anak Sambil Berbisnis, Dengan Bisnis Daycare


Siapa yang tak mau menjalankan bisnis diselingi dengan bermain? Nah, bagi Anda yang senang dengan anak-anak kecil, ternyata keseruan tersebut bisa dijadikan sebagai peluang usaha dengan keuntungan besar, yakni dengan menjalankan bisnis daycare rumahan. Mengapa bisnis ini bisa diselingi dengan kegiatan bermain? Terlebih bisnis ini memang menjadi salah satu bisnis yang menyenangkan, karena dikerjakan seperti bermain.

Bisnis daycare menjadi bisnis yang memiliki prospek cerah


Tidak hanya itu, bisnis daycare rumahan juga terlihat memiliki prospek cerah, dimana saat ini banyak para orangtua yang super sibuk, karena pekerjaan dan karirnya. Sehingga, mereka tidak memiliki banyak waktu untuk bermain bersama anak, apalagi mengasuh, dan penitipan anak atau daycare di sini, tentunya sangat dibutuhkan. 

Bisnis daycare hanya menyasar golongan menengah ke atas


Namun, adanya bisnis daycare rumahan ini juga, memiliki pasar tersendiri. Dimana pasarnya adalah menyasar golongan menengah ke atas, yang notabene adalah orang super sibuk dalam pekerjaannya. Meski Anda bisa menjalankan bisnis ini di rumah sendiri, namun setidaknya bisnis daycare rumahan yang akan Anda bangun berada di daerah perkotaan. 



Hal itu dikarenakan, jika Anda membuka bisnis daycare rumahan di daerah pedesaan, akan sangat jarang untuk dibutuhkan. Bahkan, di pedesaan hampir tidak ada orangtua yang super sibuk dengan pekerjaan seperti halnya di perkotaan. Sesibuknya orangtua di pedesaan, mungkin hanya pergi ke pasar, ke sawah atau ke sungai, di mana mereka pasti akan mengajak anak-anaknya.

Memanfaatkan ruangan kosong dan lahan rumah yang luas


Sehingga, jika Anda menekuni bisnis ini, Anda hanya cukup menjadikan beberapa ruangan rumah Anda untuk dijadikan tempat bisnis daycare rumahan. Terlebih, jika memang Anda mempunya lahan atau pekarangan rumah yang luas, hal ini bisa lebih menguntungkan, sehingga Anda tidak perlu lagi menyewa tempat. 

Namun, jika rumah Anda tidak memungkinkan, mungkin menyewa tempat menjadi solusi yang tepat. Akan tetapi, akan lebih baik menggunakan lahan rumah sendiri, agar keuntungan bisa lebih besar, ketimbang harus menyewa tempat. 

Menyediakan berbagai fasilitas  

Untuk bisa membuka bisnis daycare rumahan, tentunya Anda perlu modal yang juga lumayan besar. Karena, Anda membutuhkan banyak barang-barang yang nantinya digunakan sebagai fasilitas daycare rumahan. Seperti, peralatan bayi mulai dari peralatan makan, mandi, bermain, hingga tempat tidur. 

Tidak lupa fasilitas lainnya seperti AC dan CCTV. Karena kedua barang tersebut setidaknya menjadi syarat yang penting, agar bisa meningkatkan kepercayaan orangtua dan bisnis daycare rumahan milik Anda. Sehingga, orangtua juga tidak segan untuk menitipkan sang buah hatinya. 

Mencari tenaga pekerja sebagai pengasuh anak 

Selain, menyediakan berbagai fasilitas, Anda juga perlu mencari tenaga kerja bantuan yang handal, dalam bidang tersebut. Karena, tidak mungkin rasanya Anda mengasuh beberapa anak sendirian. Pasalnya mengasuh anak juga merupakan tanggung jawab yang besar. 



Carilah pengasuh yang bisa merawat anak dengan penuh kasih sayang, mendidik dengan benar, aman dan juga profesional. Jika perlu Anda juga mencari pengasuh yang telah memiliki pengalamam bekerja di dunia daycare. Lalu pastikan juga jumlah pengasuh sebanding dengan jumlah anak-anak yang dititipkan. 

Tidak hanya hal-hal tersebut, karena masih ada hal lain yang wajib Anda siapkan untuk membangun bisnis daycare rumahan. Mulai dari menyediakan perlengkapan bermain, pemilihan kurikulum, hingga mengurus legalitas atau surat izinnya. Dan semua informasi tersebut bisa Anda lihat secara detail di link artikel berikut ini: https://www.cekaja.com/info/memulai-bisnis-daycare-apa-saja-yang-dibutuhkan/ 

Comments

  1. Kalau mau bisnis daycare, kayaknya mesti banyak belajar dulu, ya. Mungkin perlu sekolah juga. Soalnya, ada kurikulum yang perlu disiapkan. Memilih staff juga perlu jeli. Tapi, prospek bisnisnya memang tampak menggiurkan, terutama di sekitar kota bisnis.

    ReplyDelete
  2. Kok skrg ga ada adsense nya lagi nih blognya

    ReplyDelete
  3. Seandainya lingkungan tempat tinggal saya di Cianjur Selatan ini sudah meningkat seperti perkotaan, saya yakin bisa buka bisnis daycare ini. Secara di rumah setiap hari kami memang "mengasuh" banyak anak orang. Hanya sayang karena lokasi di kampung, jadi semacam daycare itu blm banyak diketahui apalagi diminati. Semoga segera diterima masyarakat. Titip anak itu mengeluarkan biaya, maksudnya...

    ReplyDelete
  4. <nak Ida pengen coba bisnis ini juga? Tinggal di kota lebij muda, tetapi di pinggiran kota juga masih banyak orang tua yang bekerja dan terpaksa menitipkan anaknya pada yang tiadk profesional seperti tetangga atau orang tuanya sendiri.
    Di Day Care ada banyak manfaat anak bisa bermain dan bersosialisasi sekaligus belajar.

    ReplyDelete
  5. Daycare sekarang sering bergandeng sama paud, tk dan sd. Jadi kalo yang daycare murni sepertinya harus berinovasi yang berbeda biar lebih menarik

    ReplyDelete
  6. Saat ini Day Care jadi kebutuhan bagi kebanyakan ibu, karena sekarang ibu bekerja bukan hanya di kota, di pedesaan juga banyak ibu bekerja. Manfaatnya bagi anak, salah satunya menumbuhkembangkan sikap mandiri anak-anak

    ReplyDelete
  7. Prospek bisnis daycare memang menggiurkan banget ya, bund. Karna realitanya di kota besar banyak orang tua yang sibuk bekerja & menitipkan anaknya.

    Namun perlu jeli memilih lokasi juga sih biar tepat sasaran :)

    ReplyDelete
  8. Dulu tuh aku sempat ada wacana mau bikin daycare.
    Tapi ya maju mundur, karena kuatir engga bisa ngurus bocah2 dgn optimal
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  9. Wah iya juga ya. Ide bagus. Tapi anakku udah kuliah semua. Ntar kali ya, disambi dititipin cucu bisa buka daycare sekalian :)

    ReplyDelete
  10. aku kepikiran banget bisnis daycare, enak banget bisa jaga anak2 sementara ibunya kerja. Anak2 juga bisa sambil belajar di daycare

    ReplyDelete
  11. Bener banget mbak...
    sekarang daycare itu jadi kebutuhan buat para karyawan.
    bahkan di kantor saya pun sampai bikin unit bisnis yang ngurusin daycare :D

    ReplyDelete
  12. Di sekitar rumah saya sekarang mulai menjamur day care dan penitipan bayi karna di sekitar sini banyak kantor

    ReplyDelete
  13. Bisnis daycare memang prospeknya menjanjikan untuk daerah perkotaan ya mbak, tapi kita memang harus benar-benar menyiapkan banyak hal, terutama para pengasuh yang memang benar-benar bisa bertanggungjawab atas anak-anak yg dititipkan, supaya bisnis ini mendapat kepercayaan penuh dr para orang tua yang menitipkan anak2 mereka.

    ReplyDelete
  14. Bener banget mba, apalagi di daerah perkotaan keknya daycare udah jadi salah satu kebutuhan penting bagi mamak muda mileniyal ya. Keren ni kalo bisa jd salah satu bisnis kita.

    ReplyDelete
  15. Yang punya bisnis daycare harus sabar & telaten sama anak-anak ya supaya bisa menjaga anak-anak lain. DI deket rumah ada beberapa daycare juga nih tapi biasanya jadi satu sama TK

    ReplyDelete
  16. Aku juga kepikiran nih untuk bisnis daycare karena lingkungan juga mendukung untuk usaha itu. Tapi belum tau kapan realisasi yang tepat hehehe

    ReplyDelete
  17. Kalau dilihat sekarang daycare lumayan banyak di daerah saya mak soale kebanyakan ibu nya pekerja juga dan mereka memilih anaknya dititipkan di daycare soale lebih aman.

    ReplyDelete
  18. Apalagi kalo orang telaten dan suka Ama anak kecil emang cocok buat daycare. Makin dibutuhkan ya

    ReplyDelete
  19. Aku ada beberapa temen yg bisnis daycare. Ada suka duka tetep.
    Yg jelas buat salah satu temenku yg emang kreatif banget, dia enjoy krn banyak kegiatan sama anak2 daycare

    ReplyDelete
  20. Kalo di perkotaan, bisnis daycare ini memang menjanjikan ya. Banyak orang tua yang kerja yang perlu tempat menitipkan anak. Kalo di kota kecil kayak tempatku, masih belom memungkinkan kayak di kota.

    ReplyDelete
  21. Day care emang laris kalo dikota yang ibu-ibunya pada bekerja. pekerjaan mulia karena turut membentuk karakter seseorang dikemudian hari

    ReplyDelete
  22. Nah, ini jalur yang tepat buat mereka yang sangat suka dengan anak-anak. Semoga banyak daycare yang tumbuh dengan baik dan amanah ya

    ReplyDelete
  23. Jaman sekarang dimana banyak ibu bekerja yang sulit mendapatkan pengasuh untuk anaknya, kehadiran daycare bagaikan oase di padang tandus ya. Sangat membantu para ibu yang harus membagi waktu antara pekerjaan di kantor dengan merawat anaknya di rumah.

    ReplyDelete
  24. Aku dulu pernah buka daycare pas sebelum kuliah. Masya Allah asyik banget. Tapi capeknya lumayan heheheh

    ReplyDelete
  25. Daycare memang bisnis yang luar biasa menyenangkan mbak, apalagi bisa ketemu sama anak-anak yang lucu dan juga bisa mendidik mereka.

    ReplyDelete
  26. Bener - bener bisnis yang luar biasa memang day care mba.. aku juga pernah pakai

    ReplyDelete
  27. Nah, keren banget nih bisnisnya Mbak. Jadi sambil buka bisnis daycare kita bisa tetap bermain bersama anak ya. Apalagi bagi yang memang suka dengan anak2 pastinya ini bakal jadi bisnis yang menyenangkan.

    ReplyDelete

Post a Comment

back to top