Perbedaan Kehamilan Pertama Dan Kedua



Menikah, hamil dan memiliki anak adalah impian hampir setiap manusia. Karena anak adalah asset terbesar suatu kehidupan. Kepada mereka kita kelak berharap untuk didoakan. Tak heran jika ada orang yang ingin memiliki banyak anak. Melahirkan tiga, empat, dan seterusnya.



Penasaran  nggak Mom, rasanya melahirkan hingga ketiga ke empat dan seterusnya? Kalo saya sih nggak. Dan nggak ingin lagi merasakan kehamilan. Cukup dua kali saja (tiga kali sama yang BO di kehamilan pertama). Karena itulah saya mau berbagi cerita tentang perbedaan kehamilan pertama dan kedua saja bedasarkan pengalaman saya.

1. Mudah Lelahnya Beda

Setiap kehamilan, ketika masuk trimester tiga (6 bulan ke atas), pasti akan merasakan mudah lelah. Dan mudah lelahnya kehamilan kedua beda banget sama kehamilan pertama.

Waktu hamil Ci Akak, saya pikir mudah lelah yang saya rasakan itu sudah maksimal, tetapi ternyata pada kehamilan kedua bisa dibilang dua kali lipat dari yang pertama. Jika waktu hamil Ci Akak saya masih betah jalan, nyuci, masak, bebikinan kue, dan cuci piring. Di kehamilan kedua, rasanya seperti kehabisan tenaga jika saya gunakan untuk mengerjakan hal-hal di atas. Apalagi jika pas jemur baju dan nyuci piring, saya harus tiduran lama sekali untuk memulihkan tenaga kembali.

2. Kontraksi Palsu

Saat usia kandungan memasuki trimester akhir ibu hamil akan sering merasakan kenceng-kenceng di perut seperti halnya akan melahirkan. Ini perlu dilihat usia kandungan dan jedanya untuk membedakan itu kontraksi palsu atau mau melahirkan sungguhan. Bedanya kontraksi melahirkan sungguhan adalah perut terasa kenceng-kenceng, disertai mules yang beraturan (10 atau 5 menit sekali)  sementara kontraksi palsu tidak beraturan.

Yang  saya rasakan, pada kehamilan pertama, kontraksi palsu tidak sesering kehamilan kedua.



3. Lebih Santai

Ya, tentu saja. Karena sudah pernah mengalami kejadian yang sama, jadi hamil kedua lebih santai. Jika hamil pertama sedikit-dikit ingin ke dokter, hamil kedua lebih santai menjalani proses. Tidak mudah cemas. Malam pun bisa tidur lebih baik dari kehamilan pertama yang selalu begadang.

4. Ngemil

Memasuki usia kandungan lima bulan ke atas, kebanyakan ibu hamil doyan makan.

Saat hamil pertama, saya hampir setiap hari membuat kue. Entah itu bolu, brownies, atau camilan lainnya. Saya ingin makan terus setiap melek. Kehamilan kedua, saya merasa cukup hanya dengan makan nasi alakadarnya saja.

Itu aja sih perbedaan yang saya alami saat kehamilan pertama dan kedua. Mungkin ceritamu beda, Mom. Yuk sharing di komentar. 


Comments

  1. Meskipun menghuni rahim yang sama, ternyata banyak bedanya ya Mak hihihi. Apapun itu, berjuta cinta untuk buah hati kitaaaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mak. Anak kedua lebih melelahkan karena sambil ngmeong ci Akak.

      Delete
  2. Wah apa ya lupa. Nggak terlalu ingat detilnya karena jaman susah, masih kerja kantoran jadi nggak dirasain. Paling yg pertama kurang darah aja di awal2 hamil. Cuma yg kedua itu nafsu makan luar biasa, sampai laci meja kerja isinya makanan. Sempat kumat asma juga, tapi nggak sampai opname.

    ReplyDelete
  3. Masing-masing masa kehamilan ternyata punya cerita sendiri-sendiri ya. Sehat-sehat selalu Ibu dan anak-anak yaa.

    ReplyDelete
  4. Saya juga beda Mbak pas hamil pertama dan kedua. Yang kedua emang jelas lebih santai tapi trus agak teledor urusan makan. AKhirnya sempat kurang gizi. Ya ampun, malu banget suamiku pas nganterin periksa. Habis aku makannya jadi nggak serajin kehamilan pertama.Akhirnya trimester ketiga dikejar sampai bobot bayi cukup dan kecukupan gizi ibu serta janin juga oke. Nggak kebayang kalau hamil lagi. Dua aja deh, biar kayak program Orde Baru, wkwkwk

    ReplyDelete
  5. kalo aku yang berasa ya karena kehamilan kedua jadinya lebih santai gitu. Meski mikir ini kok makanku terserah banget, ga terlalu mikir gizi atau apa. Huaha... tapi suplemen dari dokter rutin sih.

    ReplyDelete
  6. Hadduuhhh aq sih cukup sekali aja merasakan kehamilan. Drama banget sih selama hamil dan dulu bawaannya lemes tapi pengen klayapan. Nah lho. Jadi sekarang fokus buat ngurus anak baik2 aja deh, maklum anak semata wayang

    ReplyDelete
  7. Saya baru ngerasain dua kali hamil Mbak. pasti dong beda beda, secara saya sama kakak saya juga sifatnya beda, hehehee. Kehamilan pertama tu, malah selow, nyante, ndak rewel dan baik baik saja, meski ada drama drama manjalah ya. Kalau kehamilan kedua eh malah kebanyakan manjanya dibandingkan tegarnya, apalagi hamil anak kedua, sudah pasti ngurus anak pertama juga kan, makanya lebih berat menurutku, hehehe

    ReplyDelete
  8. Bahagianya ya jadi ibu yang sudah merasakan hamil dan melahirkan. Kalau aku belum dapat momongan mbak masih terus usaha jadi belum bisa share pengalaman hamil hehe. Semoga sehat selalu ya mbak.

    ReplyDelete
  9. Hamil dan menyusui pengennya ngemil ya,,, aku hamil anak kedua kurang beruntung karena keguguran, nanti pas hamil ketiga kayaknya lebih seru karena anak pertama udah lumayan besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa hamil dan nyusui kepinginnya ngemil yaaa, hamil anak pertama dan kedua, aku sama sama banyak ngemil tapi ndak naik drastis di badanku.

      Delete
  10. Duh jadi pengen cepat-cepat berada di fase kehamilan kedua secara sudah menunggu lama. Sudah lupa rasa sakitnya melahirkan hehe.

    ReplyDelete
  11. Proses kehamilan beda-beda ya, meski dari Ibu yang sama. Tetep aja ada yang membedakan. Kehamilan yang kedua bisa dikatakan lebih santai karena sudah mengalami di hamil yang pertama ya.

    Saya jadi ingin segera hamil deh... Mohon doanya ya, Mbak..

    ReplyDelete
  12. Semakin bertambahnya umur memang biasanya kondisi tubuh akan lebih mudah lelah. Dulu pas hamil anak kedua posisi usiaku udah 35an, rasanya juga gampang capek. :)

    ReplyDelete
  13. Sayang aku belum bisa sharing, karena hamilnya baru sekali. Hamil Yasmin, putriku yang kini berusia 18 tahun.

    Pernah keguguran di tahun 2006 dan 2010, dengn alasan sama, janin tidak berkembang.

    Tapi, kalau pernah baca-baca literasi, kehamilan pertama dan selanjutnya itu memang jarang dengan kondisi sama ya, mba.

    Masing-masing kehamilan itu unik!

    ReplyDelete
  14. Iya, setiap kehamilan beda-beda, makanya kadang nggak habis pikir pas kemarin ada artis dibully gara-gara hamil muda terus didorong naik kursi roda untuk keliling mal oleh suaminya, ada yang bilang manja, dulu gue bisa tawaf di mal sehat aja,d ya kan beda-beda hehe

    ReplyDelete
  15. saya juga insyaallah cukup 2 kali ngerasain.. hahha.. beda ya tiap anak karakternya. tapi Alhmdulillah sih semuanya sehat lancar dan gak ada kesulitan...

    ReplyDelete
  16. Apa kehamilan kedua selalu lebih rewel yak? Dulu hamilnya Zril, saya jalan2 pun tak pernah ada masalah. Nah pas hamil lg, mudik cuma 2 jam langsung kram dan berujung keguguran. Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku justru kehamilan kedua santai aja tapi memang agak capek aja sih daripada kehamilan pertama karena umur mungkin ya

      Delete
  17. Perbedaan mungkin karena bertambahnya umur kita saat hamil ya, aku pun mengalami perbedaannya kok. Dan gak mau hamil lagi cuma dua aja hihihi. Selama kehamilannya sih gak ada masalah cuma pas lahirannya yang bikin aku trauma, Allhamdulillah berakhir lancar setelahnya

    ReplyDelete
  18. Aku hamil dua kali juga banya bedanya, yang pertama lahiran susah. Tapi yang kedua malah mbrojoli, karena nggak terasa apa2, wkwkwkkk

    ReplyDelete
  19. Aku udah 6 kali hamil dan melahirkan dan semuanya ga ada yang sama. Beda semua hahahaga. Sifat tiap anak juga beda2

    ReplyDelete
  20. Anak kedua lebih tenang dan nyaman ya Kak. Bawaan bayi juga kali ya Kak. Alhamdulillah sehat semua keduanya. Kakak juga sehat sampai lahiran.

    ReplyDelete
  21. Aku kehamilan kedua lebih santai
    Makan susah tapi semua jenis makanan mau
    Beda waktu hamil pertama
    Apapun ga mau masuk

    ReplyDelete
  22. Aku hamil anak pertama ngebo orang Jawa bilang, bawaannya pengen tidur terus dan malas ngapa-ngapain termasuk masak dan dandan, sementara kalau anak kedua masih rajin beberes rumah, masak gitu tapi lebih cepat capek

    ReplyDelete
  23. Rajin Mak, lagi hamil tetep bebikinan kue.

    Hamil anak pertama perempuan (alm), hamilnya nyantai. Pas hamil anak kedua hidungku sensitif banget.

    ReplyDelete
  24. Dan saya hanya merasakan kehamilan pertama saja.
    Soal kontraksi palsu, itu entah apa saya alami juga, tetapi sebelumnya sempat mulas dan merasa akan melahirkan cuma ternyata belum saatnya.
    Kehamilan pertama biasanya sulit apalagi jika melahirkan anak lelaki. Entah itu mitos atau bukan. Kalau pada saya yang jelas karena tidak punya tenaga akibat faktor psikis yang memengaruhi fisik.
    Jadinya Bumil harus dijaga baik-baik dan bisa menjaga dirinya.

    ReplyDelete
  25. Saya baru sekali merasakan hamil, dan waktu itu tetap aktif bekerja hingga malam. Proses hamilnya adem ayem ajah, proses melahirkannya yang membuat berpikir banyak untuk hamil lagi.
    Ternyata, setiap kehamilan itu berbeda2 yang dirasakan seorang ibu ya.
    Sehat terus ibu dan anak.

    ReplyDelete
  26. Beda ama saya mba, hamil pertama dan kedua, pas semester akhir malah cuek, bahkan anak kedua, seminggu sebelum lahiran, saya hiking mendaki di Batu hahaha.

    Tapi apapun itu, setiap kehamilan memang punya cerita yang berbeda dan semuanya indah :)

    ReplyDelete
  27. Sehat selalu ya Mbak. Semoga anaknya soleh solehah min. Semoga menular kepada istri saya juga. Sudah 6 tahun menanti kehamilan kedua. Mohon doanya

    ReplyDelete
  28. Setiap kehamilan unik selalu ya..aku lima kali melahirkan semuanya ada cerita tersendiri..��

    ReplyDelete
  29. Pengalaman saya beda mbak. Kehamilan kedua lebih santai. Yang pertama malah sempat perdarahan dan hampir keguguran jadi harus bedrest 2 bulan.

    ReplyDelete
  30. Karena guru adalah pengalaman sehingga membuat kita jadi belajar dari kehamilan sebelumnya. Naik berapa kilo Bunda saat hamil, soalnya makan nasi sekedarnya aja

    ReplyDelete
  31. Pengalaman hamil berbeda-beda, ya. Jangankan beda ibu. Dari pengalaman hamil seorang aja bisa beda-beda pada tiap kehamilan, ya. Jadi, nggak perlu saling membandung kayaknya. Yang pasti, pengalamin hamil itu amazing.

    ReplyDelete
  32. Aku kehamilan ketiga ini tepar bo. Sering sakit, mudah lelah, mual lebih lama, plus beser terus. Bismillah semoga kuat bayi dan ibu nya sehat. Mohon doanya ya

    ReplyDelete
  33. Perempuan suka gitu yaa...kapok lombok.
    **ini becandaan kalau kumpul bareng bude-bude yang anaknya uda pada gede-gede. Dan orang dulu, gak ada anak jumlah sedikit. Selalu 3 lebih.

    Jadi,
    Aku ga berani ngeluh kalau di depan sodara-sodara.
    Yang ada malah dijadikan bahan becandaan.

    Kalau hamil-menyusui, alhamdulillah...
    Di jalani saja, semoga sehat selalu...aamiin~

    ReplyDelete
  34. Mumpung masih di bawah 30 tahun, akan lebih baik kalau hamil lagi ya, Mbak, ini untuk diriku. Baca-baca komentar di atas membuatku punya tekad ih untuk hamil lagi sebelum di usia 30 tahun.

    ReplyDelete
  35. Wah, beda nih sama aku. Hamil kedua aku lebih banyak stres. Huhuhu... soalnya gak direncanain. Tapi itu cuma di awal-awal aja. Ke sananya sih enjoy, dan lebih tenang. Terusnya lebih kuat juga.

    ReplyDelete
  36. duh baca ini aku jadi kangen hamil lagi haha tapi rasanya belum siap karna ga mungkin Qonita disapih, sayang banget baru 1,1 tahun hehe nunda deh sampe sekitar 1,5 tahun biar bisa hamil smbil menyelesaikan masa ASI qonita

    ReplyDelete
  37. Setiap kehamilan ada rasa dan sensasi yang berbeda. Dan setiap anak punya pengalaman yang luar biasa. Namun, untuk semuanya selalu bersyukur ketika si kecil sudah hadir ke dunia ya mbak.

    ReplyDelete
  38. Aku suka liat ibu hamil mba, soalnya demen makan banget ya kan
    aku ini kan malas makan wkwkwk kalo liat orang makan lahap jadi keikutan
    waa makasih mba aku belum pernah ngerasain hamil nih

    ReplyDelete
  39. Hamil anak pertama, kedua atau ketiga tidak pernah sama, banyak keseruan dan kenangan yang mungkin tidak pernah balik lagi

    ReplyDelete
  40. alhmdulilah semoga anak anak nya di kasih ke sehatan^^
    dan doa kan saya bisa secepatnya di kasih momongan

    ReplyDelete
  41. iya ya mbak, melahirkan anak pertama lebih gelisah ya ... Selalu was-was kenapa-napa. Tapi pas anak kedua jadi lebih tenang, mungkin karena udah pengalaman ya ..

    ReplyDelete

Post a Comment

back to top