6 Destinasi Wisata Tahun 2020

6 tujuan wisata tahun 2020

Tahun 2019 lalu, kami belum sempat bisa liburan. Itu karena saya hamil dan melahirkan jelang pertengahan tahun, sehingga tidak memungkinkan untuk liburan membawa-bawa bayi sementara kakaknya yang super aktif juga masih sangat membutuhkan perhatian, karena usianya juga belum ada tiga tahun. Baru dua tahun lebih sedikit. Selain itu, tenaga saya juga masih terasa rapuh sejak pasca secar untuk kedua kalinya. Kesehatan sering terganggu, sementara keuangan juga sedang tidak stabil. Lengkap sudah halangannya. Alhasil liburan menjadi satu hal yang harus dikalahkan. Sedih.

Akhir dan awal tahun, beranda sosial media dibanjiri oleh postingan yang berkaitan dengan liburan, foto-foto di tempat wisata berseliweran, pusat perbelanjaan, restoran, begitu juga foto di hotel. Biasa lah ya liburan akhir tahun, banyak orang liburan bareng keluarga tentunya. Kurang afdhol dong kalau moment menyenangkan yang belum tentu terjadi setahun sekalii itu tidak diabadikan dalam bentuk foto dan postingan, ye kan?

Saya cukup memandangi, sesekali ikut berkomentar. Mengunjungi blog mereka yang mereview tempat menginap atau menulis perjalanan ke tempat-tempat wisatanya. Siapa tahu kelak bisa kami pakai sebagai refrensi kalau hendak liburan. Sedih sih karena belum bisa ikut merasakan serunya liburan seperti mereka di tahun 2019 lalu. Tetapi tidak mengapalah, mungkin di tahun 2020 kami bisa melakukannya. Minimal staycation di sebuah hotel yang nyaman gitu. Wishing list.

Dulu sewaktu kami masih bekerja, hampir setiap akhir atau awal tahun bisa ikut liburan, itu karena kami tidak perlu mengeluarkan biaya kecuali buat kebutuhan jajan sendiri. Akomodasi, makan, dan penginapan sudah diurus sama kantor, jadi tidak perlu memikirkan besarnya biaya yang harus dikeluarkan. Sekarang kami sama-sama tidak lagi bekerja di luar, karena kami telah memutuskan untuk menjadi freelancer di rumah, agar bisa disambi menjaga kedua anak kami, dan mengurus rumah. Jadilah, kalau mau liburan ya harus menyiapkan biaya sendiri.


Wisata Malang, Wisata Jogja, Wisata Semarang

Target Kota Yang Ingin Kukunjungi

Jakarta

Dalam wish list saya, kota yang paling ingin saya kunjungi adalah Jakarta. Kenapa Jakarta? Karena meskipun sudah pernah tinggal di kota ini selama 10 tahun, saya sama sekali belum pernah mengeksplorasi tempat wisatanya. Bayangin aja, 10 tahun di sana, ke ancol saja saya belum pernah lho. Parah banget kan?

Terus ngapain aja dong selama itu di Jakarta? Sok sibuk! Hehe.

Selain itu, di Jakarta saya memiliki banyak relasi, yang jelas jauh dari mereka membuat saya selalu merindu. Saya ingin kembali bernostalgia bersama mereka.

Bandung

Setelah dari Jakarta, kota selanjutnya yang ingin saya datangi adalah Bandung. Kali ini, bukan karena relasi, bukan pula tempat wisatanya, karena saya sudah lumayan puas jalan-jalan di tempat wisata Bandung walau baru di beberapa tempat saja. Apalagi pernah punya pengalaman tidak enak di salah satu tempat wisatanya. Jadi berasa horror untuk kesana lagi. Wakakakak.

Ke Bandung, saya ingin tahu pusat bisnisnya. Penasaran karena setiap belanja online kebanyakan toko dan produksinya ada di Bandung. Selain itu, saya juga ingin menjelajahi kulinernya. Semoga kesampaian.


Kota Wisata, Wisata Cilacap, Jakarta

Jogja

Meskipun sudah beberapa kali ke Jogja, rasanya dahaga ini terhadap wisata kota Jogja belum juga terpuaskan. Apalagi, dulu ke Jogjanya bukan dengan tujuan wisata, melainkan karena tugas kerja dan pernikahan adik. Jadilah mampir ke wisatanya cuma sekilas pandang saja. Sebab itulah saya ingin kesana lagi dan menginap di hotelnya.

Semarang

Kota ini pernah memberikan kenangan meskipun cuma sebentar. Saya ingin kembali ke sana mengulang pengalaman, dan menuliskannya di blog ini. Iyah, sesederhana itu.

Cilacap

Cilacap merupakan wilayah sebab musabab adanya saya. Konon katanya, dari kota inilah kakek nenek saya berasal. Itu dibuktikan dengan banyaknya anggota keluarga nenek di sana. Saya sendiri pernah kesana karena menemani teman yang ditugaskan oleh kantor tempat kami bekerja. Cilacap menjadi salah satu wish list saya, karena ada banyak hal yang ingin saya lakukan di sana. Plus, saya ingin malakin orang, durian. Ini yang paling seru. Wakakak.

Malang

Kota selanjutnya adalah Malang. Fiuuh.. dari Cilacap ke Malang kan jauh banget yak. Tetapi jaman sekarang mah gak ada masalah, kendaraan umum yang murah banyak. Salah satunya adalah kereta api.

Malang ini menjadi kota impian sejak lama. Ya wisatanya, ya persahabatannya, juga kulinernya. Bisa saja sih saat ini langsung ke Malang karena saya sudah berada di Surabaya. Jarak antara Malang dan Surabaya sudah dekat. Hanya saja, saya ingin melakukannya secara maksimal. Jadi lebih baik menabung dulu. Syukur-syukur inepnya bisa di hotel mewah. Aamiin yaa Razaaqu yaa Fattaah.
Ida Raihan
Ida Raihan

Hanya Seorang Ibu Rumah Tangga Dengan Dua Orang Anak Yang Suka Menulis Dan Membaca

30 comments:

  1. Nggak niat jalan-jalan ke kota Makassar mbak? Sekalian kopdaran sama blogger makassar. Makassar juga menyajikan berbagai macam tempat wisata dan yang terpenting wisata kuliner yang mengugah selera.

    ReplyDelete
  2. Kalau saya plan mau ke jogya, surabaya, bromo dan solo hehe

    ReplyDelete
  3. Wait, waiiitt di bandung ada pengalaman serem di lokasi wisata apa Mak?
    Bisikin doong
    Atau mungkin ada postingannya di blog ini kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mbak, samaan aku juga kepo hihihi mgkn bisa dikasih link di dalem mbak 😇😇

      Delete
  4. Wah, itu mah kota yang mau ku kunjungi juga mbak. Walaupun sebagian udah pernah tapi itu dullu, dah lama banget. Pengennya sekarang bisa ngajak suami dan anak-anak.

    ReplyDelete
  5. Malang, aku juga ingin ke sana. Waktu itu pernah ngelewatin aja tapi enggak sempat menikmati keindahan alamnya. Semoga semua targetnya tercapai ya mba ^^

    ReplyDelete
  6. Saya belum pernah ke Cilacap Mbak, asyik juga tuh bisa jadi wishlist tujuan wisata.
    Pernah liat di IGS siapa ya kapan hari, kayaknya manrik juga di sana, kulinernya enak-enak.
    jadi, kapan nih kita ke Cilacap? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Etapi, kalaupun Cilacap belum tercapai, kayaknya ke Malang dulu juga gapapa, saya pengen nih jalan-jalan ke Malang, tapi pakai kereta atau bus, jadi lebih ada kisahnya.

      Saya belum pernah sama sekali soalnya ke Malang naik kereta atau bus, pernah naik bus, tapi buat jalan-jalan juga, bukan bus umum :D

      Delete
  7. Dan Mba Ida sendiri tinggalnya di kota manakah?
    Pulau jawa atau pulau Sumatera?

    ReplyDelete
  8. Impian kak Ida untuk eksplorasi 5 kota besar tersebut semoga terwujud ya, bisa kok dijelajahi dengan persiapan matang, doa, dan tetap SemangatCiee

    ReplyDelete
  9. Idaaaa....kalau ke Bandung kabar-kabari aku ya. Semoga bisa ketemuan kitaaaa :))

    ReplyDelete
  10. Jakarta, Bandung, Jogja udah biasa lah ya mba. Saya kok pengen foto-foto di hotel yang ada di Semarang or Solo nih. Kayaknya asik deh. Meskipun kita nginap di hotel, sesungguhnya banyak banget area-area di hotel yang bisa menjadi spot foto kece. Gak cuma di kamar hotel doang kan? Bisa foto di restorannya, foto di kafenya, foto di loungenya. Pasti instagramable. Duh, jadi pengen ke Semarang.

    ReplyDelete
  11. Lima destinasi yang pengen saya datangi juga deh Mbak. Apalagi saya memang belum pernah injak tanah Jawa. Ya semoga keinginannya tercapai ya Mbak. Termasuk ke taman mini ancol meski sudah 10 tahun tinggal di sana, hehe

    ReplyDelete
  12. Liburan bersama keluarga memang penting ya, Mbak. Tapi tentunya banyak hal yang harus dipertimbangkan, salah satunya waktu yang pas dan biaya. Sebagai pekerja dari rumah, aku pun harus betul-betul berhitung sebelum memutuskan liburan, hahaha ...

    Tapi pilihan tempat wisatanya masih bisa diakalin tuh, Mbak. Daerah Jawa Tengah biasanya untuk kulineran relatif lebih murah. Semoga kesampaian ya, Mbak ...

    ReplyDelete
  13. Kalau aku yg ku pingin itu ke daerah timur Indonesia. Karena belum sm sekali. Paling mentok di bali dan kalimantan saja. Jadi puingin sanget, tapi nabungnya hrs lebih giat nih kalau mau maksimal di sana hehe

    ReplyDelete
  14. Ke cilacap dlm rangka plg kampung brarti ya mbak...

    Aku blm pernah ke semarang, jadi pgn juga kesana.
    Kota tua nya keren

    ReplyDelete
  15. Saya pengen ke Malang, Bandung dan Jogja mbak.. Tapi ama keluarga biar lebih asyik. Mungkin nunggu beberapa tahun lagi agar anak-anak lebih nyaman diajak bertualang.

    ReplyDelete
  16. Bener juga ya, terkadang kota tempat kita tinggal tidak tereksplor dengan maksimal meskipun sudah bertahun2 tinggal disitu.

    Saya lebih penasaran dengan Cilacap, ada apa saja disana. Karena kota yang lainnya sudah sering dikunjungi.

    ReplyDelete
  17. 6 Destinasi Wisata yang Mbak paparkan dalam artikel merupakan rencana saya juga di 3 Kota Wisata Tahun 2020, semoga bisa terwujud dan tidak ada halangan.

    ReplyDelete
  18. Tambahkan Kebumen dong, Mbak Ida. Wisata kebumen beragam, pas di hati dan kantong, Mbak hahaha.
    Jadi rutenya, dari Jakarta, ke Bandung. Lanjut ke Cilacap, baru ke Kebumen. Selanjutnya lanjut ke Yogya, baru ke semarang. Selanjutnya Malang hehehe.
    Tapi saya memang ingin sekali ke Malang juga Mbak hehehe.

    ReplyDelete
  19. Saya juga belum sempet sempet eksplor Jakarta walau tinggal di area penyangganya haha. Kalau Ancol sih pernah tapi Jakarta masih luas :D
    Kalau tahun ini Malang udah cek list awal tahun. Sebenarnya sblm anak masuk sekolah pengen ke negara sebelah tapi krn isu virus Corona kyknya ditangguhkan dulu, mungkin melipir tipis2 ke Bandung atau Yogyakarta. Duh jd pengen liburan lagi deehh hehe

    ReplyDelete
  20. Kabar-kabar kalau beneran ke Malang kak, siapa tau pas barengan jadwalku ke Malang. Jadinya bisa kita traveling bareng

    ReplyDelete
  21. Mbak Ida gak masukin Medan/Sumatera Utara yak huhuu....danau toba kaldera kelas dunia lho Mbak... Gak pingin liat...hehe... Nice list ya Mbak

    ReplyDelete
  22. Kayanya seru juga berkunjung ke kota-kota itu dengan menggunakan kereta mba. Jadi cerita tersendiri deh pengalaman naik kereta hehehe

    ReplyDelete
  23. 5 dari 6 kota tujuan Mbak Ida, sama seperti saya. Kota Cilacap saja yang harus diganti dengan kota Purwokerto (asal suami). Hihihi

    Saya juga selalu memasukkan Jakarta ke dalam kota tujuan tahunan. Kota ini memanggil-manggil terus, sih.

    ReplyDelete
  24. Kak, ini teh 6 Destinasi apa 6 kota yang akan dikunjungi Kak? Kalau ke Bandung kabari ya Kak, ntar tak traktir Mie Akup. Salah satu mie enak di Bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga mau dong, Mas, ditraktir di sana.
      Hihihi. Malah komentar nylonong.

      Semoga harapan Mbak Ida berlibur di kota-kota ini tercapai ya. Dan setelah itu lebih banyak kota lagi.

      Delete
  25. Kalau ke Malang mampir mbak.
    Semoga wishlist nya ini semua bisa terwujud di tahun ini.

    ReplyDelete