Pages

16 March 2018

Sawer Pengantin, Tradisi Berkah Cikarang Utara

Indonesia, negeri tercinta yang memiliki berbagai macam budaya dan adat-istiadat dari berbagai daerah. Di antaranya adat pernikahan.

Sungguh menyenangkan ketika kita berhasil menyaksikan sebuah adat pernikahan yang unik. Salah satunya adalah yang saya temui siang ini (Sabtu, 17 Maret 2018) di wilayah Cikarang Utara.



Saat kami sedang duduk menikmati hidangan, kami diajak untuk menyaksikan pengantin yang diarak menuju pintu masuk. Di sana, bersama seorang Ustadzah pengantin duduk di sebuah kursi berjejer. Tidak lama kemudian, suara sorak-sorai terdengar. Para ibu-ibu yang duduk di kursi terdekat dengan kedua mempelai berkumpul dan berebut uang yang dilemparkan seorang ustadzah yang mewakili kedua mempelai. Penuh tawa dan doa.



Menurut beberapa sumber, saweran dipernikahan memang sudah menjadi adat di wilayah Cikarang. Sementara menurut pengantin, saweran tersebut adalah sebuah tujuan agar pernikahan menjadi berkah. Sebagai bentuk pembuktian bahwa kepemilikan rizki juga merupakan karunia yang harus dibagi dengan orang lain.



Ah iya, ada juga lho yang menyertakan kupon di uang saweran tersebut. Hadiahnya bisa berupa barang-barang elektronik seperti rice cooker dan lainnya.

Semoga langgeng semua pernikahan.

Ida Raihan 
Cikarang, Sabtu, 17 Maret 2018 (12:36)

10 comments:

  1. suka dengan kearifan lokal ya dan indonesia banyak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa... beruntunglah kita yang jadi warga Indonesia.

      Delete
  2. Baru tahu ada saweran di pernikahan. Ah, budaya di negara kita unik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, saya juga baru tau sekarang ini.

      Delete
  3. Masing-masing daerah punya tradisi acara pernikahan sendiri-sendiri ya. Rata-rata unik dan punya ciri khas yang berbeda dengan daerah lainnya. Jadi kekayaan budaya negara kita ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Saya juga gak menyangka ada adat seperti ini. Di awal pernikahan mereka sudah bagi bagi berkah. Semoga seterusnya berkah hidup mereka.

      Delete
  4. Hadiahnya bisa macam-macam ya, Mbak...

    ReplyDelete
  5. Hampir semua pernikahan di Jawa Barat mengenal istilah saweran ya mak.. Kalau kata orangtua dulu sih sawer itu mengandung makna bahwa rezeki yang kita dapat ada bagian untuk oranglain.. Luar biasa ya orang zaman dulu sempet2nya mikirin hal2 yang beginian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus banget ya maknanya, Mak. Sebuah kepedulian terhadap orang lain. Subhanallah.

      Delete