Pages

10 March 2017

Ta'aruf, Komunitas Perjodohan Besar di Facebook


Pendiri group Ta'aruf, Arya Saunjaya

Tahukan pengantin wanita yang sedang ramai menjadi perbincangan di sosial media saat ini? Ariyati. Wanita yang meminta  kain kafan sebagai mahar pernikahannya.

Ingin tahu komunitas yang mempertemukan Ariyati dan suaminya? Adalah Komunitas Ta'aruf. Yang pendirinya adalah seorang mantan preman yang bertaubat.


Berangkat dari keprihatinan seorang Arya Saunjaya (37), akan kebebasan pergaulan kala itu, pacaran yang rentan dengan perbuatan maksiat, dan sulitnya para pemuda-pemudi yang berniat serius menikah menemukan pasangan, maka ia menggagas sebuah komunitas di dunia maya. Komunitas yang ia tujukan khusus sebagai wadah bagi mereka yang kesulitan menemukan pasangan hidup. Yaitu group Ta'aruf. Yang kemudian disusul dengan group kedua, Tempat Bertemunya Para Pencari Jodoh (TBPPJ). Sayangnya, dikemudian tahun, group yang kedua diretas oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, sehingga ketika member mencapai 30 ribuan, group tersebut menghilang dari permayaan. Arya Saunjaya beserta jajaran admin (pengurus) yang kala itu berjumlah belasan (sekarang sudah puluhan) akhirnya memutuskan untuk fokus pada group Ta'aruf.
Arya bersama istri tercinta

Adapun tujuan terciptanya group Ta'aruf adalah membantu sesama Muslim/Muslimah menemukan pasangan hidup mereka.

Hingga saat ini anggota yang telah tergabung di group Ta'aruf telah mencapai 113.000 lebih. Namun tentu saja di antara mereka tidak semuanya mencari jodoh. Ada yang sekadar ingin sharing ilmu pernikahan, mencari kawan, atau hiburan. Sementara untuk yang serius ingin menikah, benar-benar ingin mencari pasangan hidup, maka admin mewajibkan member untuk mengirim biodata lengkap, yang disertai scan KTP dan dua lembar photo, full body dan close up. Semua ini untuk tujuan menghindari PHP (Pemberi Harapan Palsu) alias modus.
Pernikahan oleh Ta'aruf

Berapa biaya yang harus mereka/anggota keluarkan untuk meminta bantuan admin? TIDAK ADA BIAYA! Alias FREE.
Admin benar-benar bekerja lillahi ta'ala. Hanya mengharap ridho dan pahala dari Allah Subhanahu wa Ta'ala. Bahkan admin membiaya semuan perjalanan dalam memproses member (seperti biaya internet, biaya transportasi mempertemukan calon pasangan, mengantar calon pasangan bertemu calon mertua, mengantarkan khitbah (tunangan), hingga menghadiri pernikahan dengan uang pribadi. Tidak jarang admin harus keluar kota demi kelancaran mempertemukan dua sejoli untuk sampai pada gerbang pernikahan. Lagi-lagi, dengan biaya sendiri.
Logo Ta'aruf

Apakah para admin digaji? Tentu saja TIDAK. Karena member tidak dipungut biaya, maka tidak ada gaji bagi admin. Sekali lagi, para admin bekerja lillahi ta'ala. Tidak berharap imbalan apapun dari manusia. Semua dilakukan semata-mata karena Allah. Jadi biaya yang digunakan oleh admin adalah hasil kerja admin masing-masing.
Udah kayak artis kan wajah pendiri Ta'aruf? :D

Hingga detik ini, sudah sekitar 500an pasang yang telah berhasil diproses dan dinikahkan oleh Ta'aruf (baca kisah unik yang berhasil menikah di Ta'aruf). Puluhan di antaranya telah dikarunia anak.

Seiring perjalanannya waktu, Ta'aruf tidak hanya ada di dunia maya (facebook), pertemuan demi pertemuan yang dilakukan Ta'aruf, akhirnya mengikat para pendiri, admin dan member untuk terus menyambung silaturrahmi, kerja nyata Ta'aruf tidak lagi hanya diperjodohan. Tetapi Ta'aruf mulai membuka kerjasama dengan beberapa pihak untuk kegiatan sosial. Ta'aruf juga sering mengumpulkan dana baik dari member maupun admin unyuk nyantuni anak Yatim dan Dhuafa. Menambah kegiatan dengan program-program lainnya. Di antaranya adalah: 
1. Sekolah dan pesantren gratis untuk yatim, dhuafa, dan anak member group sampai lulus SMA.
2. Kajian bulanan 
3. MABIT.
4. Silahturahmi acara kopdar 
5. Ruqyah 
6. Pengobatan syar'i
7. Perjodohan syari

Nah bagi kamu, khususnya yang masih jomblo, boleh lho gabung dengan Ta'aruf. Selama kamu mematuhi peraturan, insya Allah akan dimudahkan bertemu dengan jodohmu. Yuk ah gabung... 

Ida Raihan
Cikarang, Sabtu, 11 Maret 2017 (00:37)

6 comments:

  1. ternyata banyak juga ya mediasi taaruf via online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak, Mbak. Salah satunya ya Ta'aruf ini.

      Delete
  2. Bagaimana mendaftar jd anggota taaruf? Kemana barus mendaftarnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa inbok FB saya Mbak, nanti saya arahkan ke sana.

      Delete
  3. Replies
    1. Wakaakka... Boleh boleh *sambil bawa sapu. Hush... Hush...

      Delete