Pages

23 January 2017

Pengalaman Berburu Clodi

Sepertinya saya bakal peroleh predikat baru mulai sekarang. Miss Diskon! Begitu kata suami sambil tertawa.
"Lihat Bundamu, semua dibeli kalo ada diskon. Butuh nggak butuh kalo diskon pasti dibeli. Beli Clodi pun diskon." Katanya ke putri cantik kami yang baru berumur dua bulan semingguan, saat saya membuka bingkisan kecil yang dikirim dari Jogja.
Ya. Itu memang benar. Sejak fullday menjadi ibu rumah tangga, saya memutuskan untuk lebih cerdas dalam banyak hal. Termasuk dalam pengelolaan keuangan. Saya mengajak suami pergi belanja ke Giant juga hanya setiap Sabtu atau Minggu saja. Alasannya, selain libur kerja suami hanya di hari Minggu, di Giant banyaknya produk diskon pada setiap week end. Dan yang menguntungkan bagi saya, produk yang saya butuhkan selalu ada diskon. Seperti rinso cair, tissue, susu UHT dan banyak lagi lainnya. Kadang sayuran juga diskon 50%. Kalau buah paling hanya jeruk yang sering saya beli di Giant. Karena nggak ada di penjual di jalanan.
"Cantik warnanya." Saya mengomentari Clodi yang baru saja saya buka. Warna pilihan penjual untuk bayi perempuan dengan berat 5,3 kg.


Pada awal kelahiran, saya sebenarnya merencanakan untuk tidak memakaikan pampers apapun pada anak saya. Niatnya mau manual saja seperti orang-orang jaman dulu. Seperti ibu saya yang mengurus kedelapan bayinya tanpa penggunaan diapers sama sekali (kan memang jaman itu belum ada). Lebih sehat saya rasa. Dan juga tidak nyampah. Tetapi, ternyata saya hanya bisa bertahan selama beberapa malam saja. Kurang tidur membuat saya semakin pusing jika harus sebentar-sebentar mengganti popok bayi setiap malam. Akhirnya saya meminta suami untuk membelikan pampers sekali pakai. Hanya digunakan ketika malam. Rasanya nggakbtega kalau siang juga harus dipakaiin pampers.


Seiring berjalannya hari, informasi mengenai kehebatan clodi pun saya pertimbangkan. Clodi menjadi banyak pembicaraan para Bunda di forum-forum ibu hamil, menyusui, dan Mpasi. Mulailah saya berburu info mengenainya. Mencari dan membaca review dari Google. Plus komentar-komentar yang berseliweran di Facebook. Sekaligus mengecek harga di banyak toko online.

Dari informasi yang saya peroleh, merk Clodi Babyland sepertinya banyak menjadi pilihan para Bunda. Akhirnya saya putuskan untuk mengerucutkan pencarian, yaitu hanya merk Baby land. Saya intipin satu persatu orang-orang di sekitar saya yang menjual clodi. Saya banding-bandingkan harganya. Wajib. Karena sebagai fullday ibu rumah tangga gitu loh. Yang hanya mengandalkan penghasilan dari suami. Sedangkan kebutuhan semakin banyak. Jadi seperti yang sudah saya tulis di awal, saya harus pandai-pandai memgatur keuangan. Hingga akhirnya pilihan saya jatuh pada sebuah toko yang tampak sangat ramai peminatnya. Toko yang dipembukaan lapaknya bertuliskan CUCI GUDANG.

Di penjual ini, clodi yang rata-rata di para penjual lain (dari sekian toko yang pernah saya intip) harganya antara 60.000 - 72.000, hanya dijual dengan harga 54.000/pcs. Dan masih lebih murah jika beli tiga sekaligus. Maka, here I am. Saya beli 3 sekalian karena saya yakin, kebutuhan clodi untuk anak saya adalah sejumlah itu. Setelah proses tanya-tanya selesai, saya pun menunggu kiriman dari Jogja dengan menggunakan paket termurah. Wahana. Kiriman diterima suami tiga hari sejak pemesanan. Mudah-mudahan setelah ini anak saya tidak perlu lagi menggunakan popok sekali pakai. Yang artinya, selain lebih hemat, kami bisa mengurangi sampah yang menumpuk. 

Ida Raihan
Jati Pilar, Selasa, 24 Januari 2017 (11:29)

22 comments:

  1. kemarin baru aja ngobrol soal clodi. dulu pas punya bayi belum marak clodi atau setidaknya saya belum punya akses ke sana. sekarang mau punya bayi lagi, jadi mikirin clodi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak. Saya juga baru mau nyoba ini. Semoga saja cocok dengan kondisi anak.

      Selamat ya Mak untuk kehamilannya. Semoga dilancarkan nanti persalinannya. Sehat ibu dan anak.

      Delete
  2. Saya juga sempat makein anak saya clodi mbak, karena idealisme gak mau pake diapers. Tapi terkendala beberapa hal dan akhirnya kembali ke diapers. Kendala tsb a.l. mesti punya stok clodi minimal 1 lusin, begitu kena pup harus lgsung dicuci sdg saya hanya bisa nyuci 1x sehari, dll. Tapi jangan khawatir, banyak kok para bunda yang berhasil menjaga "idealisme" tsb. Kalo mau clodi second dengan kualitas bagus, gabung aja di Grup "clodi preloved" mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gitu... Saya baru mau memulai sih, Mak, jadi belum tau nanti prakteknya gimana. Sebelumnya pernah baca riview penulis bilang 3 cukup , yang dibanyakin insertnya.

      Saya kalo pake second gak berani Mak soalnya yang pernah pake pasti ada anak yang udah makan selain asi. Makasih ya, Mak.

      Delete
  3. aku juga pernah pake wahana mbak...murah banget ya ternyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak. Dati Jogja ke Cikarang cuma 8 ribu. Hemat deh :D

      Delete
  4. Aq juga pengguna clodi, pernah review di blog yg merk pem pem. Lumayan enak emang kalo buat siang2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru mau nyoba Mak. Ini masih direndem, belum dicuci.

      Delete
  5. salam kenal mak. Art jjuga didi pakein clodi, karena art pipisnya banyak didi sama abang beli 20 dengan insertnya, sehari art bisa ganti 10-12 kali selain pipisnya banyak art juga ngak betahan kalo clodinya basah.

    Clodinya art merk Panda Luv Me dengan bahan serat bambu, kalo malem art pake diaper dengan merk sama.
    pergi-pergi juga art pake diaper bukan clodi.
    syukurnya dari bayi art cuma sekali aja kena ruam popok karena pake diaper biasa pake panda so far so good 3 bulan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mak Didi.

      Oh gitu... Berarti tetap kudu ada diapers di rumah ya Mak. Makasih banyak sharingnya Mak Anak saya juga pipisnya banyak.

      Delete
    2. iya kalo buat art sih kudu ada diapers. yuk mari berteman yah mak.

      Delete
  6. aku baru list perlengkapan baby, baru denger nama clodi pas di cek ternyata sudah banyak yang pakai clodi ini ya. Pengen coba juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bunda Mariana. Saya juga baru tau ketika hamil tua. Ini baru mau coba pake.

      Semoga persalinanya dimudahkan ya Bunda. Sehat ibu dan anak.

      Delete
  7. Replies
    1. Saya belum tau hasilnya bakal kayakbapa sih Bund. Soalnya belum dicoba pakein. Masih saya rendem belum dicuci. He...

      Delete
  8. semangat ya mbk,
    iyup, pakek clodi bs jd lebih hemat, bahkan hemat bgd. aku duh ngerasain hematnya soalnyag, hahayyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaah... ada testimoni dari pemakai. Makin mantap deh. Makasih ya Mak Inda.

      Delete
  9. Aku punya selusin aneka merk hihi
    Sekarang nurun buat adiknya. Pengen beli yg motif biru deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di antara semua yang paling bagus apa Jeng? Buat review dunk.

      Delete
  10. kalau udh diskon, pasti gak bisa di tahan, yang penting bisa dapet itu barang dengan harga yang gak biasa nya wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha... Udah menjadi naluri emak-emak kali ye.. :D

      Delete