Pages

09 May 2015

AGAR JODOH SEGERA DATANG

Gambar diambil dari Google
Luasnya bumi persada ini, memberikan banyak kesempatan kepada kita untuk menemukan si dia, sosok peneduh yang ditunggu-tunggu. Namun tidak sedikit di antara kita yang merasa begitu sulit menemukannya? Mengapa?

Karena jodoh ada di 'tangan' Tuhan. Wajar jika kita merasa tidak mudah mengambil/menjemputnya. Mengapa? Karena kita terlalu kecil, sedangkan Tuhan Maha Besar.
Lalu bagaimanakah caranya agar kita bisa menjemput jodoh kita? Dipinta dulu pada, Tuhan.
Meminta kepada Tuhan bukan dengan kekerasan, bukan pula dengan pemaksaan. Tetapi Tuhan akan memberikan jika kita pinta dengan kelembutan. Memenuhi apa yang dipinta Tuhan, dan menemui-Nya di saat yang tepat.


Memintalah dengan sungguh-sungguh dan penuh keyakinan. Karena jika doa dipanjatkan dengan kesungguhan yang mendalam serta penuh keyakinan insya Allah Arsy akan lebih mudah terguncang untuk mengabulkan doa si hamba. Menangislah jika memang harus menangis. Masuklah ke dalam penghayatan hingga kita rasakan, tubuh kita bak melayang menemui Sang Ilaahi Rabbi.

Rajin-rajinlah sedekah. Bisa jadi jodoh kita adanya di langit ke tujuh, dan membutuhkan tiket pesawat untuk turun ke bumi, sedangkan dia membutuhkan bantuan untuk membeli tiketnya. Maka tidak ada salahnya jika kita membantunya. Bersedekah dan bisikkan, “Yaa Allah, jika kedatangannya harus menggunakan kendaraan, jadikanlah ini sebagai tebusannya.”

Minta kepada orang yang kita beri sedekah untuk mendoakan sesuai yang kita inginkan. Kita tidak pernah tahu, doa siapa yang akan terkabul lebih dulu, kita atau orang yang menerima sedekah kita. Jika ternyata doa orang tersebut yang lebih dulu makbul, maka kita tetap akan diuntungkan dengan makbulnya doa yang kita inginkan.

Terakhir, teruslah perbaiki diri. Tingkatkan amal shalih, karena kita harus menyeimbangkan diri dengan jodoh kita. Jika jodoh kita ternyata orang shalih/shalihah yang taat beribadah, dengan kualitas bintang, sedangkan kita masih dengan kualitas rendah bin acak adut, stuk di bumi, jangan harap jodoh kita akan cepat datang. Allah masih akan menyimpannya hingga kita benar-benar bisa sejajar dengannya. Karena seperti banyak riwayat yang sering kita baca dan dengar, jodoh kita adalah gambaran diri kita sendiri.

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk menjumpai Tuuhan? Cobalah waktu-waktu berikut ini:

1. SUJUD PADA SHOLATMU: Pada sujud disebutkan saat yang tepat untuk meminta kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Karena pada saat itu kita merasa benar bahwa kita hanyalah hamba yang lemah. Kita bersujud memuji keagungan-Nya, Subhana Rabbiyal a'la wa bihamdih. Dan Rasulullah juga pernah berkata, "Hamba yang paling dekat kepada Tuhannya adalah hamba yang sedang sujud, maka perbanyaklah do’a oleh kamu sekalian pada waktu sujud.”(HR.Muslim)"
Meminta pada saat sujud boleh menggunakan bahasa kita sendiri, namun pun begitu, kita tidak boleh melisankannya karena pada saat sholat kita hanya diperbolehkan membaca bacaan sholat yang menggunakan bahasa Arab. Maka sebutkanlah permintaan kita di dalam hati.

2. PADA SAAT TURUN HUJAN: Sabda Nabi, "Doa tidak tertolak pada dua waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun” (HR Al Hakim)" Bedolah di waktu itu, karena hujan itu rahmat yang turun dari langit. Bersama turunnya rahmat insya Allah ada berkat.
3. DI ANTARA ADZAN DAN IQAMAH: Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak” (HR. Tirmidzi)

4. PADA HARI JUM'AT dan SAAT BERPUASA: Pada hari Jum'at dinyatakan sebagai rajanya hari, ada penjelasan bahwa hari-hari besar akan terjadi di hari Jum'at (di antaranya hari kiamat). Dan banyak pula hari-hari besar terjadi di hari Jum'at (di antaranya lahir, turun, dan wafatnya Nabi Adam). Sebaik-baik hari yang disinari matahari ialah hari Jum’at –  “Di dalamnya terdapat satu waktu, tidaklah seorang muslim melakukan shalat bertepatan dengan waktu tersebut, lalu ia memohon sesuatu kepada Allah melainkan Allah akan mengabulkan permintaannya itu.” (Hadits Abu Hurairah)
Pada saat berpuasa, tidak ada makanan apapun yang masuk ke dalam perut kita. Pada saat itu perut kita bersih, jangankan dari makanan yang haram, yang halal pun tidak. Jadi dalam kondisi bersih, insya Allah doa akan lebih mudak terkabulkan.

5. DI SEPERTIGA MALAM: Sepertiga malam adalah waktu yang sepi, sangat tepat untuk seorang hamba menjumpai Rabbnya. Berbisik dalam munajat yang penuh kekhusyukan.

Demikian waktu-waktu makbul untuk meminta kepada Allah. Masih banyak lagi riwayat yang menjelaskan waktu-waktu mustajab lainnya, tetapi saya mengambil enam waktu di atas, karena saya telah merasakan makbulnya doa ketika saya meminta. Alhamdulillah.

Doa yang terkabul pada saat itu bukan hanya yang berkenaan dengan jodoh, tetapi bagi yang sedang amatsangat mendambakan jodoh, cobalah untuk fokus meminta jodoh. Jangan serakah meminta segalanya dalam waktu bersamaan, mintalah satu-satu hingga doanya dikabulkan.

Semoga bermanfaat. Dan doa sahabat segera terkabul

Ida Raihan
Kramat Jati, Ahad, 10 Mei 2015 (08:18)

No comments:

Post a Comment